Google Ads
Jenis-Jenis Google Ads
1. Search Ads
2. Display Ads
3. Shopping Ads
4. Video Ads
5. Google AdMob
Jenis iklan yang Mana yang Akan Anda Gunakan?
Cara Google Ads Mengembangkan Bisnis
1. Penargetan Niche
Google Ads bisa membantu mengembangkan bisnis anda, salah satunya, adalah karena kemampuannya dalam menargetkan audiens yang spesifik. Anda bisa menargetkan beberapa hal seperti browser, bahasa, perangkat, lokasi hingga waktu. Anda bisa menargetkan pelanggan yang tepat dengan membidik kata kunci tertentu. Karena target anda mulai melakukan pencarian di Google, anda menargetkan orang yang tepat sekaligus di saat orang tersebut mencari produk/layanan anda.
2. Brand Awareness
Jika anda membidik kata kunci yang tepat, maka anda bisa memastikan bahwa bisnis anda akan muncul entah pelanggan anda mengetikkan nama perusahaan anda atau tidak. Anda bisa memperluas kata kunci dengan memilih kata-kata yang mungkin akan dicari oleh pelanggan. Ini membuat anda bisa menonjolkan brand produk anda.
3. Fokus Secara Geografis
Salah satu keunggulan Google Ads adalah kemampuannya untuk menentukan lokasi geografis tertentu. Jika anda menargetkan area tertentu maka pesan anda tentu akan terkirim pada tempat yang telah anda tentukan. Bisnis anda juga akan berkembang pada semua tempat yang tepat. Penargetan yang tepat bisa membantu meningkatkan ROI. Investasi anda akan kembali dengan lebih cepat.
4. Memberikan Kemampuan Bersaing
Jika anda mencari sesuatu di Google dan tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan. Ketika anda mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk anda, anda hanya akan menemukan produk milik pesaing anda. Dengan menggunakan Google AdWords, anda bisa bersaing dengan perusahaan besar pada era digital saat ini. Pelanggan anda sedang online. Anda harus muncul ketika mereka sedang mencari produk/layanan anda.
5. Mengukur ROI
Biaya Google Ads
Kelebihan Google Ads
1. Situs Anda langsung naik ke halaman pertama
Berbeda dengan SEO organik, yang dimana kita harus benar-benar memikirkan dengan betul optimisasi kata kunci, kemudian merancang elemen-elemen lainnya yang masih memiliki keterkaitan dengan SEO. Bahkan ketika Anda mendapatkan keyword tepat, Anda harus menunggu beberapa waktu agar terindex dan masuk peringkat bagus.
Untuk Google Adwords, Anda tidak perlu melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu karena secara otomatis situ Anda akan masuk ke halaman pertama Google Search. Sangat mudah bukan? Dalam waktu singkat saja dan tidak perlu menunggu index serta tidak akan berhubungan dengan algoritma Google.
2. Langsung muncul dengan kata kunci
Anda menggunakan keyword ‘sewa mobil’ , ‘rental mobil’ atau ‘sewa mobil klungkung’. Nantinya setiap orang yang mengklik kata kunci tersebut maka konten Anda akan langsung muncul. Penggunaan kata kunci inilah yang menjadi andalan Google Adwords.
3. Pengiklanan bisa lokal maupun global
Seperti halnya pengiklanan Facebook, ternyata Google Adwords juga dapat diatur untuk pengiklanan secara lokal maupun global. Jadi Anda bisa memilih wilayah mana saja yang akan dimunculkan oleh iklan Anda, baik negara, provinsi, kota, atau jarak tempuh yang ditentukan dari lokasi bisnis Anda. Pengiklanan yang cerdas, tepat , tertarget dan memungkinkan mendapat pelanggan potensial.
4. Biaya pendaftaran gratis alias tidak dikenakan biaya sepeser pun
Dalam situs resmi Google untuk pengulasan Adwords dikatakan bahwa registrasi untuk Google AdWords sepenuhnya tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya akan membayar saat ada seseorang yang mengeklik iklan untuk mengunjungi situs web Anda, atau saat ada yang menghubungi Anda. Jadi intinya pembayaran hanya dilakukan ketika iklan Anda berhasil menjangkau orang lain.
Kekurangan Google Ads
1. Terdapat keterangan pada iklan
Situs yang menggunakan layanan Google Adwords tentu dibedakan kemunculannya di Pencarian Google. Memang akan masuk peringkat Pertama,Kedua atau Ketiga, dihalaman pertama, namun terlihat keterangan tulisan ‘iklan’ yang menunjukan bahwa situs kita naik bukan karena SEO.
yang notabene banyak pengguna Google yang suka memilah-milah untuk masuk ke halaman tertentu, dan enggan masuk ke halaman yang berisi iklanan. Akan lebih baik jika keterangan iklan di hilangkan.
2. Harga masih lumayan mahal
Biaya Adwords masih terbilang lumayan mahal, bahkan menurut kabar angin yang beredar di Eropa dan Amerika layanan Google Adwords mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan jarang sekali yang menerima klien dengan anggaran untuk layanan dibawah USD 1000.
Berbeda di Indonesia yang masih fleksibel dalam anggaran Google Adwords. Meski begitu tetap saja dirasa masih mahal bagi UKM, karena per kliknya berkisar antara Rp 500 – Rp 1000 , meskipun begitu untuk bulan selanjutnya nominal per klik bisa dikurangi seminim mungkin.
3. Pembayaran
Seperti biasa, untuk layanan semacam ini pasti Anda sudah bisa menebak bahwa sistem pembayarannya pasti lewat kartu kredit. Dan masalahnya tidak semua orang mempunyai kartu kredit, inilah yang membuat banyak orang agak enggan menggunakan layanan semacam ini.
Namun alternatifnya Anda bisa menggunakan jasa pengiklan dari pihak lain. Jasa semacam ini biasanya menawarkan paket dan memudahkan dalam segi pembiayaan, serta Anda akan dibantu dalam efektivitas pengiklanan.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.
Komentar
Posting Komentar