Google Ads




Daftar Isi: 

1. Jenis-Jenis Google Ads
2. Cara Google Ads Mengembangkan Bisnis 
3. Biaya Google Ads 
4. Kelebihan Google Ads 
5. Kekurangan Google Ads

Jenis-Jenis Google Ads

Beriklan di Google merupakan salah satu strategi digital marketing yang perlu kamu coba. Karena peluang iklan kamu dilihat oleh banyak orang menjadi lebih besar. Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan Google Ads yang bisa kamu pilih, yaitu.

1. Search Ads

Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari.

Misalnya ketika user melakukan pencarian menggunakan keyword “digital marketing agency”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa agensi digital marketing yang menggunakan iklan Google ads.

Ada beberapa keunggulan menggunakan jenis iklan ini, seperti iklan bisa dilihat oleh banyak orang dan kamu juga bisa menentukan target audiens dengan lebih spesifik.

2. Display Ads

Pernahkah kamu membuka sebuah website tertentu, dan menemukan berbagai iklan yang muncul. Biasanya iklan tersebut berupa gambar.

Nah, iklan tersebut dinamakan dengan display ads. Jenis iklan ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis dan peluang iklan yang di klik juga lebih besar, karena tampilan visual iklan lebih menarik dibandingkan iklan yang hanya terdiri dari teks.

Google akan menampilkan iklan di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens. Google juga hanya akan menampilkan iklan di website yang relevan dengan sebuah iklan.

3. Shopping Ads

Jika kamu seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok kamu gunakan. Jenis iklan ini akan membantu kamu dalam menaikkan trafik website bisnis kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menjangkau lebih banyak calon klien untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Shopping ads juga membantu transaksi penjualan menjadi lebih mudah.

4. Video Ads

Google tidak hanya menyediakan iklan dengan format teks atau gambar. Ada juga iklan dengan format video untuk Youtube, yaitu Video Ads.

Video ads yaitu jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.

Jenis iklan ini memiliki beberapa tipe iklan yang bisa kamu pilih. Ada Skippable in-Stream Ads yang bisa di skipDiscovery Ads yang akan muncul di halaman hasil pencarian hingga Non-video Ads yang formatnya bisa berupa teks atau gambar.

Video ads dapat digunakan untuk berbagai tujuan bisnis, mulai dari meningkatkan brand awarenessproduct consideration, meningkatkan trafik website atau leads.

5. Google AdMob

AdMob (Advertising on Mobile) adalah jenis iklan Google yang membantu kamu mempromosikan produk melalui aplikasi seluler. Melalui jenis iklan ini, banner iklan kamu akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna.

Google AdMob bersifat multiplatform, artinya mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.

Jenis iklan ini cocok untuk bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para klien. Kamu juga dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian, Play Store, atau YouTube..

Iklan ini juga akan mendorong mereka agar mendownload aplikasi tersebut. Untuk mempromosikan aplikasi tersebut, kamu perlu menyediakan konten yang menarik, anggaran biaya yang dibutuhkan untuk mendownload (jika ada), dan beberapa penawaran menarik setelah mendownload aplikasi tersebut.

Jenis iklan yang Mana yang Akan Anda Gunakan?

Jika kamu seorang pemilik bisnis, dan berencana membuat iklan Google, ada banyak jenis iklan Google Ads yang bisa digunakan untuk menunjang upaya promosi produk yang kamu tawarkan.

Setiap jenis iklan Google menawarkan berbagai format sesuai dengan tujuan yang akan kamu capai. Jika kamu ingin meningkatkan brand awareness, kamu bisa menggunakan format iklan display ads atau video ads.
Tetapi jika kamu ingin mempromosikan aplikasi bisnis kamu, kamu bisa menggunakan jenis iklan Google AdMob. 

Cara Google Ads Mengembangkan Bisnis

1. Penargetan Niche

Google Ads bisa membantu mengembangkan bisnis anda, salah satunya, adalah karena kemampuannya dalam menargetkan audiens yang spesifik. Anda bisa menargetkan beberapa hal seperti browser, bahasa, perangkat, lokasi hingga waktu. Anda bisa menargetkan pelanggan yang tepat dengan membidik kata kunci tertentu. Karena target anda mulai melakukan pencarian di Google, anda menargetkan orang yang tepat sekaligus di saat orang tersebut mencari produk/layanan anda.

2. Brand Awareness

Jika anda membidik kata kunci yang tepat, maka anda bisa memastikan bahwa bisnis anda akan muncul entah pelanggan anda mengetikkan nama perusahaan anda atau tidak. Anda bisa memperluas kata kunci dengan memilih kata-kata yang mungkin akan dicari oleh pelanggan. Ini membuat anda bisa menonjolkan brand produk anda.

3. Fokus Secara Geografis

Salah satu keunggulan Google Ads adalah kemampuannya untuk menentukan lokasi geografis tertentu. Jika anda menargetkan area tertentu maka pesan anda tentu akan terkirim pada tempat yang telah anda tentukan. Bisnis anda juga akan berkembang pada semua tempat yang tepat. Penargetan yang tepat bisa membantu meningkatkan ROI. Investasi anda akan kembali dengan lebih cepat.

4. Memberikan Kemampuan Bersaing

Jika anda mencari sesuatu di Google dan tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan. Ketika anda mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk anda, anda hanya akan menemukan produk milik pesaing anda. Dengan menggunakan Google AdWords, anda bisa bersaing dengan perusahaan besar pada era digital saat ini. Pelanggan anda sedang online. Anda harus muncul ketika mereka sedang mencari produk/layanan anda.

5. Mengukur ROI

Google Ads akan memberikan metrik yang presisi pada anda seperti keyword mana yang efektif dan tidak efektif, apa yang membuat peringkat anda naik dan turun, CTR dan lain sebagainya. Laporan ini akan membuat anda mampu melihat apa yang berguna dan mengubah kampanye iklan sesuai dengan keinginan anda.

Biaya Google Ads

Anda sudah mengetahui segala tentang Google Ads dan kegunaannya, cara kerja Google Ads, hingga jenis campaign di Google Ads. Jika anda ingin beriklan di Google Ads, anda pasti bertanya-tanya berapa biaya untuk memasang iklan khususnya di Google Ads Indonesia?

Kelebihan memakai Google Ads adalah anda mempunyai kontrol penuh atas biaya untuk beriklan, jadi bisa menyesuaikan kemampuan bisnismu. 

Namun, harga untuk beriklan di Google Ads bisa bervariasi dikarenakan beberapa faktor yaitu quality score yang menggambarkan kualitas website hingga kesanggupan untuk melakukan penawaran. Semakin berkualitas website dan quality score baik maka harga semakin murah untuk anda juga mendapatkan posisi beriklan yang baik.

Ada beberapa cara menghitung biaya Google Ads di antaranya yaitu ketika anda sudah mengetahui quality score dan ad rank, maka cukup mengaplikasikan rumus:

Biaya Iklan = (Ad Rank Posisi di Bawah Kamu/QS) + 1 cent (USD).

Jika Google Ads Indonesia 1 USD = 15000 rupiah maka 1 cent bisa 150 rupiah.

Kelebihan Google Ads 

1. Situs Anda langsung naik ke halaman pertama

Berbeda dengan SEO organik, yang dimana kita harus benar-benar memikirkan dengan betul optimisasi kata kunci, kemudian merancang elemen-elemen lainnya yang masih memiliki keterkaitan dengan SEO. Bahkan ketika Anda mendapatkan keyword tepat, Anda harus menunggu beberapa waktu agar terindex dan masuk peringkat bagus.

Untuk Google Adwords, Anda tidak perlu melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu karena secara otomatis situ Anda akan masuk ke halaman pertama Google Search. Sangat mudah bukan? Dalam waktu singkat saja dan tidak perlu menunggu index serta tidak akan berhubungan dengan algoritma Google.

2. Langsung muncul dengan kata kunci

Anda menggunakan keyword ‘sewa mobil’ , ‘rental mobil’ atau ‘sewa mobil klungkung’. Nantinya setiap orang yang mengklik kata kunci tersebut maka konten Anda akan langsung muncul. Penggunaan kata kunci inilah yang menjadi andalan Google Adwords.

3. Pengiklanan bisa lokal maupun global

Seperti halnya pengiklanan Facebook, ternyata Google Adwords juga dapat diatur untuk pengiklanan secara lokal maupun global. Jadi Anda bisa memilih wilayah mana saja yang akan dimunculkan oleh iklan Anda, baik negara, provinsi, kota, atau jarak tempuh yang ditentukan dari lokasi bisnis Anda. Pengiklanan yang cerdas, tepat , tertarget dan memungkinkan mendapat pelanggan potensial.

4. Biaya pendaftaran gratis alias tidak dikenakan biaya sepeser pun

Dalam situs resmi Google untuk pengulasan Adwords dikatakan bahwa registrasi untuk Google AdWords sepenuhnya tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya akan membayar saat ada seseorang yang mengeklik iklan untuk mengunjungi situs web Anda, atau saat ada yang menghubungi Anda. Jadi intinya pembayaran hanya dilakukan ketika iklan Anda berhasil menjangkau orang lain.

Kekurangan Google Ads 

1. Terdapat keterangan pada iklan

Situs yang menggunakan layanan Google Adwords tentu dibedakan kemunculannya di Pencarian Google. Memang akan masuk peringkat Pertama,Kedua atau Ketiga, dihalaman pertama, namun terlihat keterangan tulisan ‘iklan’ yang menunjukan bahwa situs kita naik bukan karena SEO.

yang notabene banyak pengguna Google yang suka memilah-milah untuk masuk ke halaman tertentu, dan enggan masuk ke halaman yang berisi iklanan. Akan lebih baik jika keterangan iklan di hilangkan.

2. Harga masih lumayan mahal

Biaya Adwords masih terbilang lumayan mahal, bahkan menurut kabar angin yang beredar di Eropa dan Amerika layanan Google Adwords mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan jarang sekali yang menerima klien dengan anggaran untuk layanan dibawah USD 1000.

Berbeda di Indonesia yang masih fleksibel dalam anggaran Google Adwords. Meski begitu tetap saja dirasa masih mahal bagi UKM, karena per kliknya berkisar antara Rp 500 – Rp 1000 , meskipun begitu untuk bulan selanjutnya nominal per klik bisa dikurangi seminim mungkin.

3. Pembayaran 

Seperti biasa, untuk layanan semacam ini pasti Anda sudah bisa menebak bahwa sistem pembayarannya pasti lewat kartu kredit. Dan masalahnya tidak semua orang mempunyai kartu kredit, inilah yang membuat banyak orang agak enggan menggunakan layanan semacam ini.

Namun alternatifnya Anda bisa menggunakan jasa pengiklan dari pihak lain. Jasa semacam ini biasanya menawarkan paket dan memudahkan dalam segi pembiayaan, serta Anda akan dibantu dalam efektivitas pengiklanan.



Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.

Komentar

Postingan populer dari blog ini