Mengenal Google Ads
Pengertian Google Ads
Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, setiap pebisnis online tentu akan memerlukan sebuah fitur yang mampu membantu proses pemasaran bisnisnya agar mampu dijangkau oleh target pasar yang sudah diincar. Google pun memberikan jawaban atas permasalahan tersebut dengan memberikan fitur yang disebut dengan Google Adwords.
Google Adwords atau yang sering disingkat sebagai Google Ads merupakan salah satu platform yang dibuat oleh Google untuk perihal periklanan bagi semua bisnis di dunia internet. Dengan platform ini Anda bisa mengatur penempatan iklan pada mesin pencari Google sesuai yang diinginkan. Google Adwords memang sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan bisnis serta penjualan.
Google sendiri sudah memberikan fitur-fitur yang kompleks, yang mana melalui fitur-fitur yang ada, Anda bisa mengatur maupun merencanakan suatu strategi pemasaran bisnis online tersebut menjadi tidak terbatas. Dengan menggunakan Google Ads, iklan untuk bisnis Anda secara otomatis bisa muncul di halaman pertama pada pencarian Google. Dan inilah beberapa manfaat lainnya.
- Pengertian Google Ads
Google Adwords adalah sebuah fitur yang berguna untuk mengiklankan bisnis Anda di dalam halaman mesin pencarian Google dengan menggunakan suatu kata kunci tertentu yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Tentunya fitur ini diklaim mampu menjawab berbagai keresahan yang dirasakan para pebisnis online.
Pada tahun 2018 lalu, tepatnya di tanggal 24 Juli, Google pun secara resmi mengubah nama Google Adwords menjadi Google Ads. meskipun ada perubahan nama, namun cara penggunaannya tidak ada yang berbeda sama sekali.
- Definisi Google Ads
Google Ads adalah program periklanan online Google. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang Anda tawarkan.
- Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan traffic ke situs.
- Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran.
- Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum dan Anda menetapkan dan mengontrol anggaran Anda sendiri. Anda dapat memilih tempat iklan muncul, menetapkan anggaran yang sesuai bagi Anda, dan mengukur pengaruh iklan dengan mudah.
Sejarah Google Ads
Cara Menggunakan Google Ads
Setelah kita mengetahui bersama tentang apa itu Google Adwords dan keuntungan dalam menggunakannya, maka sekarang kita harus mengetahui cara menggunakan Google Adwords. Nah, cara menggunakan Google Adwords adalah sebagai berikut:
1. Buat Akun Google
Untuk bisa menggunakan Google Ads, sebenarnya Anda bisa menggunakan akun pribadi Google Anda. Tapi jika Anda enggan untuk menerima email masuk yang banyak dari Google Ads, maka Anda bisa membuat akun Google yang baru demi keperluan Google Ads Anda.
2. Pilih Goal
Jika sudah berhasil masuk, hal pertama yang akan Anda lihat adalah kalimat “pick a goal for your ad”. Di dalam goal itu nantinya akan ada tiga pilihan goal atau tujuan, yakni call your business, visit your storefront dan take an action on your website.
Anda bisa mempelajari ketiga goal tersebut lebih dulu, jika sudah Anda tinggal klik tulisan “pock goal” yang terletak di bagian kanan bawah halaman.
3. Pilih Target Lokasi
Dalam halaman ini, Anda harus memilih target lokasi secara bebas sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memperluas atau mempersempit target lokasi Anda di sini. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Google Ads.
4. Pilih Kategori Bisnis
Selanjutnya, Anda harus bisa menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk atau layanan jasa Anda. jika Anda menjalankan bisnis F&B atau bisnis kuliner, maka Anda harus memilih kategori bisnis tersebut.
Hal ini dilakukan agar nantinya Anda bisa menentukan pasar secara tepat dan juga sesuai dengan target. Jangan sampai Anda salah dalam memilih kategori bisnis, karena hal ini akan berdampak besar di masa depan.
5. Membuat Copy Iklan
Pada halaman ini, Anda harus pandai dalam menggunakan kemampuan copywriting, kenapa? Karena copy iklan adalah bagian yang sangat penting saat Anda ingin beriklan menggunakan Google Adwords. Google pun membatasi karakter untuk copy iklan yang ingin Anda buat.
Untuk bagian headline iklan, Google memberikan batasan sebanyak 30 kata saja. Sedangkan untuk isi iklannya sendiri, Google memberikan batasan hingga 80 karakter kata. Dengan demikian, Anda tidak boleh asal dalam membuat copy iklan.
Berusahalah untuk membuat iklan yang mampu menjalankan bisnis Anda secara jelas, jangan sampai Anda menggunakan kata yang clickbait. Karena, audiens memerlukan penjelasan produk yang lebih jelas, bukan yang membuat mereka penasaran.
6. Memasukkan Foto
Pilihlah Foto Logo bisnis Anda, namun memasukkan foto logi ini sifatnya opsional dan tidak wajib.
7. Menentukan Biaya
Salah satu keuntungan yang akan Anda rasakan dari Google Adwords adalah Anda bisa menentukan biaya iklan Anda sendiri secara bebas. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya iklan yang mahal, karena Google bisa menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click.
Dengan adanya sistem ini, Anda hanya perlu membayar bila bila iklan buatan Anda di klik oleh para audiens. Cara ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya. Sehingga, Anda bisa bebas dalam menetapkan estimasi biaya iklan Anda.
Tapi jika Anda baru pertama kali menggunakan layanan Google Ads, maka kami sarankan untuk menentukan biaya yang paling rendah terlebih dahulu.
8. Memilih Metode Pembayaran
Terakhir, Anda harus memilih metode pembayaran. Metode pembayaran dari Google Ads sangat banyak, mulai dari transfer bank hingga menggunakan kartu kredit. Untuk Anda yang tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank untuk membayar iklan Google Ads Anda.
Cara Kerja Google Ads
1. Pengiklan Menentukan Tujuan
2. Pengiklan Menentukan Opsi Bid
3. Pengiklan Melakukan Bid pada Keyword
4. Harga Ditentukan oleh Quality Score
5. Penentuan Posisi Iklan oleh Ad Rank
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.
Komentar
Posting Komentar