Google Bisnis
2. Manfaat Menggunakan Google Bisnis
3. Cara Membuat Akun di Google Bisnis
4. Bagaimana Cara Menggunakan nya?
5. Apa Fitur Baru Google Bisnis Profil?
Di era digital, menjangkau pelanggan lewat internet menjadi
salah satu prioritas utama bagi para pebisnis. Salah satu tool yang bisa
dimanfaatkan untuk menggapai hal tersebut adalah Google My Business.
Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan
fitur dari Google yang satu ini.
Dengan fitur tersebut, pebisnis dapat memikat pelanggan
dengan jumlah yang banyak lewat informasi-informasi bisnis yang mereka berikan.
Lantas, seperti apa pengertiannya? Seberapa besar dampak
yang diberikan jika menggunakannya?
1. Mudah ditemukan
Tak bisa dimungkiri, salah satu manfaat besar yang diberikan
dari Google My Business adalah bisnismu mudah ditemukan oleh pelanggan.
Saat mereka mencari bisnismu di Google, di situ akan ada
beragam informasi, termasuk alamat.
Nah, dari alamat tersebut, pelanggan dapat langsung
menggunakan Google Maps untuk menunjukan jalan menuju tokomu.
Selain itu, menurut Hootsuite, akun Google Bisnis juga
membantumu dalam meningkatkan SEO.
Saat orang mencari bisnismu di Google, ada kemungkinan
bisnismu muncul di halaman pertama pencarian Google.
Ditambah lagi, Google Bisnisku punya fitur analytics
sehingga memungkinkanmu untuk menganalisis performa bisnis dan mengatur
strategi periklanan yang tepat.
2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, review atau ulasan
dari pelanggan bisa kamu dapatkan dengan Google Bisnisku.
Dengan ulasan-ulasan yang terkumpul, kepercayaan pelanggan
terkait bisnismu tentu akan semakin meningkat.
Mereka tidak ragu untuk membeli produk atau layanan yang
kamu tawarkan.
Sebab, menurut penelitian dari Think With Google, 88%
pelanggan memercayai ulasan online sama seperti halnya rekomendasi dari
orang-orang terdekatnya.
Semakin banyak dan bagus review dan ulasan yang kamu
dapatkan, semakin besar kesempatanmu untuk meraih keuntungan yang tinggi ke
depan.
3. Memberikan informasi kepada pelanggan
Di era digital saat ini, banyak pelanggan yang melakukan
riset online terlebih dahulu sebelum mendatangi tempat bisnis yang mereka tuju.
Nah, Google My Business adalah solusi yang tepat untuk
memberikan informasi-informasi mengenai pelanggan supaya mereka mengetahui
lebih detail terkait bisnismu.
Dengan informasi detail, pelanggan tentu tidak akan ragu
untuk langsung mendatangi tempat bisnismu.
Sebagai contoh, ada pelanggan yang ingin datang ke
restoranmu. Ia mencari nama restoranmu di Google dan melihat ada beragam menu
yang disajikan beserta harganya.
Selain itu, tertera juga informasi alamat dan jam bukanya.
Cara Membuat Akun Google My Business
1. Sign in Google My Business
Langkah pertama untuk membuat akun Google My Business adalah
melakukan sign in terlebih dahulu lewat situs resminya.
Kamu bisa menggunakan akun Google yang sudah dimiliki atau
membuat akun Google baru.
2. Masukkan nama bisnismu
google my business adalah
Setelah masuk, tulis nama bisnismu yang ingin ditampilkan di
halaman pencarian Google nanti.
Kemudian, pilih kategori bisnismu, apakah toko makanan,
mainan atau toko pakaian.
3. Tentukan lokasi
Tulis alamat lengkap untuk lokasi bisnismu. Pasalnya, alamat
yang kamu isi tersebut nanti akan muncul langsung di Google Maps sehingga
memudahkan pelanggan untuk menemukannya.
4. Isi informasi kontak
Isi informasi kontakmu, seperti nomor telepon dan website.
Kamu juga bisa menggunakan halaman Facebook jika tidak ada website.
5. Kelola bisnismu
google my business adalah
Klik “Finish” setelah semuanya selesai. Lalu, kamu tinggal
mengelola bisnismu dengan memasukkan informasi-informasi. Itu dia gambaran
singkat mengenai Google Bisnisku beserta cara-cara membuat akun di dalamnya.
Pada dasarnya, Google My Business adalah tool gratis yang
memudahkan pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya melalui internet.
Untuk bisa menggunakan fitur dari Google Bisnisku ini Anda
perlu mendaftar akun Google Bisnisku. Cara daftar Google Bisnisku membutuhkan
akun Google. Jika Anda sudah punya akun Google ikuti langkah-langkah berikut
ini untuk mulai membuat Google Bisnisku:
• Kunjungi https://www.google.co.id/intl/id/business dan
login dengan akun Google Anda.
• Isilah formulir mengenai data dan informasi bisnis yang
ingin Anda daftarkan dengan lengkap dan akurat.
• Setelah menyelesaikan proses pendaftaran Anda perlu melakukan
verifikasi dengan cara yang disediakan.
• Profil dan informasi bisnis Anda baru tersedia setelah
proses verifikasi selesai.
Itulah beberapa hal penting mengenai Google Bisnisku yang
bermanfaat untuk bisnis Anda.
Apa Fitur Baru Google Business Profile? Pengumuman
rebranding ini tentunya datang dengan beberapa fitur baru juga. Dengan Google
Business Profile, Anda tidak perlu lagi repot-repot login ke Google My Business
untuk melakukan editing atau beriklan. Kini, Anda bisa mengklaim, mengedit
profil bisnis, hingga melakukan verifikasi langsung melalui Google Search atau
Google Maps. Untuk melakukannya, cukup cari nama bisnis Anda di penelusuran
Google atau di aplikasi Google Maps dan Anda akan melihat opsi untuk
memverifikasi Profil Bisnis Anda atau menyelesaikan masalah lain, misalnya
penangguhan. Dari Search atau Maps juga dapat mengedit informasi yang dilihat
orang saat mereka menelusuri bisnis Anda. Seperti alamat, jam buka, membuat
postingan, menanggapi ulasan, dan banyak lagi. Selama beberapa bulan ke depan,
semua bisnis yang membuat Profil Bisnis di Google akan diizinkan untuk
menyelesaikan penyiapannya langsung di Google Search dan Maps. Anda juga dapat
melihat apakah profil Anda dapat dilihat oleh publik. Menggunakan Google
Business Profile Untuk Optimalkan Local SEO Salah satu strategi Local SEO
terbaik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari (search
engine result page) dan mendapatkan klien lokal adalah dengan mengklaim dan
mengoptimalkan Google Business Profile. Local SEO adalah proses pengoptimalan
SEO untuk bisnis sehingga mendapatkan peringkat tertinggi pencarian lokal di
mesin pencarian Google. Sebagai user, mungkin Anda sering menemukan hal seperti
ini saat mencari sesuatu di Google. Contohnya, saat Anda sedang mencari
restoran terdekat. Dari pencarian tersebut, Google otomatis akan menampilkan
hasil restoran yang lokasinya berada di dekat Anda. Namun, mengklaim GBP Anda
hanyalah langkah pertama. Anda harus mengoptimalkan, sering memeriksa, dan
memperbarui profil bisnis Anda dengan informasi baru untuk mendapatkan hasil
yang maksimal. Menurut Ipsos Research, berikut ini adalah kelebihan menggunakan
GBP untuk Local SEO: 2,7x lebih mungkin untuk dianggap lebih bereputasi.
Mendapat 7x lebih banyak klik. 70% lebih mungkin untuk menarik kunjungan
lokasi. 50% lebih mungkin mengarah pada pembelian.
Fitur Pengeditan Lainnya Jika fitur-fitur sebelumnya masih
belum cukup, ada lebih banyak fitur pengeditan yang tersedia untuk Anda. Di
kotak gulir, Anda dapat mengedit lebih banyak informasi, seperti menambahkan
gambar eksterior, melihat riwayat panggilan, serta menambahkan pos pembaruan
dengan cepat dan mudah. Perhatikan bahwa apa yang Anda lihat mungkin berbeda
bergantung pada kategori Anda atau fitur apa yang telah Anda “aktifkan” di
Google Business Profile Anda. Itulah ulasan mengenai Google Business Profile
serta cara optimalisasinya untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga ulasan ini
bermanfaat, mengingat saat ini jenis strategi pemasaran dengan digital
marketing memang sangat populer. Pasalnya, menjangkau pelanggan lewat internet
menjadi salah satu prioritas utama bagi para pebisnis. Untuk itulah, penting
bagi Anda untuk memahami Google Business Profile.
Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar