Mengenal SEO




Daftar Isi:

1. Pengertian SEO
2. Sejarah SEO
3. Pengertian SEO Menurut Para Ahli
5. Cara Kerja SEO

Pengertian SEO

SEO adalah salah satu cara untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dan bisnis anda. Website merupakan salah satu media atau platform yang banyak digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing saat ini. Website juga dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk dalam bentuk barang atau jasa. 

Sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat dilakukan selain SEO. Mulai dari SEM (Search Engine Marketing) yang berfokus pada iklan di Google, kemudian optimasi media sosial, dan berbagai metode lain dalam bidang marketing channel. Pada artikel kali ini, kami hanya berfokus pada pembahasan yang berkaitan dengan pengertian, jenis, tipe, dan manfaat dari SEO.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi digital marketing yang bertujuan untuk menampilkan website atau blog Anda di posisi teratas hasil pencarian google untuk kata kunci (keyword) pilihan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna search engine google. Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari.

Sayangnya, banyak penggunaan strategi yang tidak tepat dapat meningkatkan bisnis Anda dikarenakan kurangnya pemahaman algoritma Google. Apabila hal itu terus dilanjutkan, bisnis Anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari. Sebagai contoh, untuk produk usaha ‘toko bunga’, apabila ingin muncul di hasil pencarian utama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), usaha tersebut harus memaksimalkan strategi SEO.

Masalahnya, spot tempat teratas yang menampilkan hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat saja. Website dengan peringkat teratas hasil mesin pencarian dipercaya selain membangun brand lebih terkenal di mata pengguna mesin pencari, juga mampu meningkatkan trafik pengunjung. Sedangkan setiap pemilik usaha ingin agar usaha mereka berada di posisi atas hasil pencarian. Untuk itulah Anda perlu memahami pengertian SEO dan memanfaatkan cara kerja SEO dengan tindakan optimasi website yang baik.

Jadi, definisi umum dari SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google.

SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik dan berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan oleh Google. Sehingga, jika anda membuat sebuah website, maka akan lebih baik untuk melakukan optimasi dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena anda harus membutuhkan dana atau modal untuk melakukan promosi iklan di Google. 

Sejarah SEO

Siapa yang sudah tahu tentang SEO atau Search Engine Optimization? Dalam perjalanannya, semakin banyak orang yang tahu SEO dan apa inti dari salah satu strategi dalam digital marketing. Sebagai sebuah strategi yang berhubungan erat dengan mesin pencari di internet, termasuk Google, sayangnya masih banyak yang belum tahu tentang sejarah SEO.

Tentu saja SEO memiliki sejarah yang panjang. Jika Anda berpikir bahwa SEO itu baru muncul dan dijalankan oleh beragam bisnis pada beberapa tahun ke belakang, anggapan Anda sangatlah salah besar. Sebenarnya perjalanan SEO sudah cukup banyak di dalam dunia internet. Namun ada masanya ketika orang-orang tidak tahu tentang hal ini dan walaupun tahu, dianggap sebagai strategi yang tidak terlalu berguna.

Namun pada akhirnya, sekarang strategi SEO semakin terkenal dan menjadi suatu solusi bisnis yang tepat. Jadi bagaimana seluk beluk sejarah SEO? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Diawali pada Dekade 1990-an

Perjalanan sejarah SEO tentunya diawali pada dekade 1990-an, tepatnya ketika mesin pencari pertama muncul, yaitu Yahoo. Diciptakan oleh Jerry Wang dan David Filo, tepatnya pada tahun 1994, Yahoo menjadi pembuka sejarah mesin pencari dan menjadi cikal bakal mengapa SEO bisa ada hari ini.

Tidak hanya ada Yahoo saja. Larry Page dan Sergery Brin juga menciptakan Google pada tahun 1996. Sebagai sebuah mesin pencari, Google sudah fokus untuk memberikan situs-situs populer kepada para penggunanya.

Namun yang membuat teknik optimasi website menjadi tumbuh pada masanya adalah kemunculan Search Engine Watch pada tahun 1997. Diciptakan oleh Danny Sullivan, Search Engine Watch memberikan informasi menarik terkait teknologi mesin pencari hingga bagaimana membuat peringkat website menjadi lebih baik.

Dengan semakin banyak yang tertarik dengan teknologi mesin pencari, akhirnya pada tahun 1999 diselenggarakan konferensi Search Engine Strategies. Konferensi ini semakin membuat popularitas teknologi mesin pencari beserta cara optimasinya menjadi lebih dikenal.

Mulai Berkembang pada Dekade 2000-an

Memasuki dekada 2000-an, akhirnya istilah Search Engine Optimization mulai muncul dan populer. Walaupun terkesan lambat dari segi popularitas, bukan berarti SEO tidak dikenal secara luas. Banyak penulis, blogger, hingga para ahli IT yang sadar bahwa SEO bisa membawa pengaruh positif yang besar bagi website yang serius melakukan optimasi.

Dari besarnya popularitas SEO, akhirnya beragam mesin pencari seperti Google mulai menerapkan aturan agar optimasi yang dilakukan bisa seimbang. Google ingin agar cara optimasi dari setiap website benar-benar bersih dan tidak disalahgunakan dengan cara-cara yang aneh. Itulah mengapa muncul algoritma Google yang terus di-update hingga detik ini.

Semakin Besar Hari Ini

Pada akhirnya, SEO tidaklah dikesampingkan atau dianggap sebagai strategi yang biasa saja. Sudah banyak perusahaan yang sadar bahwa mereka harus fokus melakukan optimasi SEO sejak dini. Mau perusahaan kecil, sedang, hingga besar, SEO menjadi jawaban dari usaha optimalisasi website dengan menaikkan trafik, brand awareness, hingga penjualan.

Pengertian SEO Menurut Para Ahli 

Agar lebih memahami mengenai apa itu SEO, kita harus merujuk pada pendapat para ahli mengenai definisi dan pengertian mereka tentang SEO (Seach Engine Optimization).

Adapun beberapa pengertian SEO atau Search Engine Optimization menurut para ahli adalah sebagai berikut. 

1. Danny Sullivan

Dalam memahami SEO, menurut Danny Sullivan, SEO adalah proses dari seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari informasi dan memastikan mereka atau klien mereka terlihat di area pencarian gratis yang telah disediakan.

2. Neil Patel

Menurut Neil Patel, SEO adalah mesin pencari untuk mencari mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan itu untuk membuat website yang memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari (dalam hal ini biasa disebut google page-one).

3. Dax Herrera

Menurut Dax Herrera, untuk dapat mengerti apa itu SEO, yaitu dimulai dengan memahami misi google yaitu adalah mengatur semua informasi dari seluruh dunia dan memfasilitasi akses dan manfaat. Jadi misi SEO dan pengertiannya adalah mengatur informasi dari klien untuk memudahkan akses ke bot (search engine) untuk menghasilkan uang.

4. Rand Fishkin

Menurut Rand Fishkin, SEO adalah sebuah kombinasi teknik, kombinasi, dan strategi yang disetujui tetapi tidak disetujui oleh optimalisasi dari informasi, seperti:

  • User Friendly; Kemudahan penggunaan (ramah pengguna).
  • Content; Fokus pada konten (artikel).
  • Audiens; Menargetkan audiens, pengembangan situs, dan desainnya.
  • Keywords; Penelitian tentang kata kunci (kata kunci), pembuatan tautan.
  • Etc.; Semua jenis elemen online dan offline yang mendukung tujuan menerima yang lebih banyak dari mesin pencari.

5. QuadsZilla (Aktivis Dunia Black Hat SEO)

QuadsZilla adalah aktivis dari Dunia Black Hat SEO. Menurut QuadsZilla, SEO adalah cara sekumpulan orang yang mencoba melakukan penipuan dan mengambil jalan pintas untuk membuat situs dan website yang mereka akan ditampilkan lebih tinggi dalam hasil pencarian (berdasarkan peringkat) daripada yang seharusnya mereka terima.

Cara Kerja SEO

Berdasarkan penjelasan arti SEO atau Seach Engine Optization di atas, SEO adalah akronim yang merupakan singkatan dari yang kita sebut dengan optimasi mesin pencari, ini merupakan proses mengoptimalkan website Anda untuk mendapatkan lalu lintas organik, atau yang tidak berbayar, dari halaman hasil mesin pencari.

Dengan kata lain, proses SEO disini melibatkan pembuatan perubahan tertentu pada desain Website Anda dan konten yang membuat situs Anda lebih menarik bagi mesin pencari. Anda melakukan ini dengan harapan bahwa mesin pencari akan menampilkan situs web Anda sebagai hasil teratas pada halaman hasil mesin pencari.

Meskipun SEO (Seach Engine Optization) ini menjadi sangat kompleks ketika datang ke semua faktor yang berbeda yang akan mempengaruhi peringkat Anda, proses dasarnya tidak sulit untuk dipahami. Mesin pencari ingin memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Ini berarti memberikan hasil pada halaman mesin pencari yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga relevan dengan apa yang dicari oleh pencari.

Untuk melakukan ini, Search Engine (Mesin Pencari) akan memindai, atau yang biasa di sebut crawl (merayapi) berbagai situs web untuk lebih memahami tentang apa situs tersebut. Hal ini membantu mereka memberikan hasil yang lebih relevan bagi mereka yang mencari topik atau kata kunci tertentu.

Demikian pula, mesin pencari tersebut akan memindai situs untuk menentukan betapa mudahnya menavigasi dan membaca, memberi hadiah kepada situs ramah-pengguna dengan peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

Pada gambar cara kerja SEO di atas, kita tahu bahwa SEO merupakan proses yang dilalui organisasi, perusahaan ataupun perorangan untuk membantu memastikan bahwa peringkat situs mereka tinggi di mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang relevan.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki artikel tentang cara membangun rumah walet. Untuk mendapatkan konten Anda di depan orang yang tepat, Anda ingin mencoba mengoptimalkan postingan blog Anda ini sehingga akan muncul sebagai hasil teratas bagi siapa saja yang mencari frasa “membangun sangkar burung walet”.



Kesimpulan

Search Engine Optimization merupakan solusi untuk mengoptimalkan halaman website anda agar mendapatkan peringkat di halaman hasil pencarian Google Search Engine. Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO On Page dan Off Page. Pastikan untuk menerapkan semua indikator yang telah kami jelaskan, dan selalu ikuti perkembangan dari algoritma update setiap saat. Selain itu, buatlah konten yang tidak mengandung unsur plagiasi dan duplikasi dengan kompetitor anda.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.


Komentar

Postingan populer dari blog ini