SEO



Daftar Isi:

1. Jenis-Jenis SEO
2. Indikator Utama SEO
3. Manfaat Adanya SEO 
5. Tipe Trafik SEO
6. Kelebihan SEO
7. Kekurangan SEO

Jenis-Jenis SEO

1. SEO On Page

Jenis yang pertama adalah melakukan optimasi dengan SEO on page. Penerapannya dapat dilakukan dengan melakukan beberapa perbaikan dan perubahan pada konten dan halaman website anda. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Sebelum membuat sebuah website, pastikan anda telah melakukan riset kata kunci yang berhubungan dengan bisnis anda. Tujuannya adalah supaya anda dapat mengetahui seberapa besar proyeksi trafik yang bisa anda peroleh sesuai dengan keyword yang relevan dengan bisnis anda.

Selain itu juga, perlu untuk mengecek keyword yang digunakan oleh kompetitor anda, supaya anda dapat membuat halaman dengan konten yang lebih baik dari kompetitor bisnis. Pastikan juga untuk membuat konten atau tampilan halaman situs yang menarik dan unik, agar saat Google melakukan crawling, website anda tidak dianggap sebagai spam atau mengandung unsur duplikasi atau plagiasi konten.

  • Perbaikan Hal Teknis

Untuk mempermudah pekerjaan dari web crawler pastikan anda untuk selalu melakukan audit mengenai masalah teknis dalam SEO on page. Perbaikan dari hal teknis, meliputi pengecekan sitemap, mengganti link yang rusak (broken link), menghindari kesalahan dalam proses redirect, hingga perbaikan URL yang rusak.

  • Optimasi Halaman Web

Langkah yang ketiga yaitu melakukan perbaikan, khususnya untuk bagian konten dari situs web anda. Optimasi tersebut meliputi penambahan meta title dan description, pembuatan heading yang baik, persebaran keyword density, penulisan alt image, struktur konten yang jelas, serta pembuatan konten yang relevan dengan keyword yang anda targetkan. 

  • Menyesuaikan User Experience

Dan yang terakhir adalah, penyesuaian dari setiap elemen, warna, teks, gambar, hingga tombol dari halaman website anda supaya pengunjung mendapatkan pengalaman yang baik. Disamping itu, anda juga harus memperhatikan kecepatan web, hingga pengembangan struktur konten yang sesuai dengan tema yang dibuat.

Semakin mudah user dalam mengakses situs anda, maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya trafik pengunjung dan menambah nilai authority dari website anda.

2. SEO Off Page

Jenis yang kedua adalah optimasi website dengan cara SEO off page. Untuk langkah ini biasanya berfungsi untuk membantu meningkatkan trafik website, apabila dalam perkembangannya optimasi on page dirasa masih belum cukup dan mampu untuk meningkatkan konversi trafik untuk bisnis anda.

  • Menambahkan Backlink

Backlink merupakan cara yang paling sering digunakan oleh pemilik website untuk dapat meningkatkan authority jika situs link anda ditempatkan atau berada pada pemilik website yang lain. Jadi, situs link yang anda miliki akan berada pada website lain dan biasanya menjadi bentuk rekomendasi terhadap situs anda.

  • Melakukan Promosi

Anda juga dapat melakukan promosi dengan cara mengunggah halaman website anda pada situs media sosial yang anda miliki. Tujuannya adalah untuk mendapatkan cakupan pengunjung yang lebih luas lagi. Untuk platform media sosial yang dapat anda sasar adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pada ketiga platform tersebut juga menyediakan promosi dalam bentuk iklan berbayar untuk mempromosikan produk bisnis anda. Semakin banyak relasi yang terbentuk dapat menambahkan jumlah trafik yang masuk pada situs yang anda buat.

Indikator Utama SEO

Terdapat setidaknya ada 8 indikator utama untuk mengoptimalkan halaman web dengan SEO. Berikut ini merupakan penjelasan terkait dengan kedelapan indikator tersebut.

1. Struktur URL

Indikator pertama yang harus diperhatikan adalah pembuatan struktur URL yang benar dan sesuai dengan topik yang dibahas. Selain itu, pastikan juga untuk membuat permalink atau slug yang mengandung main keyword dari halaman konten web anda.

2. Penggunaan SSL/TLS 

Sejak tahun 2014, Google lebih memprioritaskan website yang menggunakan SSL/TLS. Dengan adanya SSL, dapat meningkatkan keamanan data pengguna karena telah dienkripsi ketika proses transfer data yang terjadi pada website. 

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sangatlah penting dalam mengoptimalkan website. Cara untuk mengetahui, apakah website anda mempunyai SSL/TLS atau tidak adalah dengan cara melihat URL anda. Jika masih menggunakan HTTP, maka website anda sudah dipastikan tidak memiliki SSL/TLS. Namun, apabila mempunyai bukti sertifikat, maka URL anda akan berawalan HTTPS.

3. Menentukan Topik Konten

Setelah melakukan beberapa persiapan diatas, selanjutnya adalah menentukan topik yang ingin anda kuasai. Untuk mendapatkan konten yang menarik, dengan trafik yang besar, kami menyarankan untuk melakukan keyword research untuk mendapatkan informasi secara lebih detail yang relevan dengan bisnis anda.

4. Menentukan Search Intent

Indikator berikutnya adalah dengan menentukan search intent terlebih dahulu. Search intent sendiri merupakan pembagian kata kunci berdasarkan tujuan bisnis yang hendak dicapai. Setidaknya, terdapat empat macam search intent, meliputi:

  • Informational, untuk kebutuhan dalam memberikan berbagai informasi topik secara luas.
  • Navigational, untuk mengarahkan kata kunci pada nama perusahaan / brand langsung.
  • Commercial Investigation, untuk kebutuhan yang bersifat komersial dan membandingkan dua produk.
  • Transactional, yaitu kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis.

5. Membuat Struktur Konten

Selanjutnya, membuat struktur konten yang baik dan sesuai dengan prinsip penulisan artikel yang baik. Pada umumnya akan menggunakan prinsip 5W + 1H. Jangan lupa untuk membuat heading structure, menambahkan gambar, video atau infografis untuk menunjang konten yang anda buat.

6. Menambahkan Meta Tags

Indikator yang keenam adalah menambahkan meta title dan description. Hal ini sangatlah penting, untuk membantu Google dalam mengenali halaman website anda. Dalam pembuatannya, juga terdapat aturan penting, dimana tidak menuliskan meta title dan description terlalu banyak.

7. Menambahkan backlink

Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, maka Google akan menganggap website anda mempunyai kredibilitas yang tinggi. Pastikan backlink yang anda dapatkan berasal dari blog atau website yang berkualitas.

8. Mengoptimalkan kecepatan website

Untuk indikator yang terakhir, merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan. Sejak tahun 2018, Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading website, baik pada desktop maupun mobile termasuk dalam salah satu indikator SEO. Semakin cepat website anda, maka semakin anda mudah untuk mendapatkan ranking pada halaman pencarian di search engine.

Manfaat SEO

Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari adanya SEO. Berikut ini, merupakan beberapa penjelasan berkaitan dengan hal tersebut.

1. Meningkatkan Trafik Pengunjung

Dengan adanya SEO, maka manfaat yang dapat anda dapatkan adalah meningkatnya jumlah trafik pengunjung website secara organik. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi iklan. 

2. Meningkatkan Konversi Bisnis

Nilai konversi juga akan ikut meningkat dengan adanya SEO. Pastikan untuk menargetkan keyword transactional untuk mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk atau jasa anda.

3. Menjangkau User yang Lebih Luas

SEO juga dapat menjangkau user yang lebih luas. Cukup dengan membuat artikel blog, dengan menerapkan keyword yang bersifat informasional, serta melakukan optimasi baik dengan on page, maupun off page.

4. Mendapatkan Keuntungan Bisnis dalam Jangka Waktu yang Panjang

Dan manfaat yang terakhir adalah mendapatkan keuntungan (profit) dalam jangka waktu yang lebih lama. Pastikan juga untuk selalu melakukan optimasi terhadap website anda secara berkala dan melakukan riset kompetitor dan mengikuti perkembangan dari algoritma update Google.

Tipe Trafik SEO

Selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai beberapa jenis tipe trafik dari SEO. Untuk sekarang, terdapat tiga jenis trafik yang dapat digolongkan sesuai dengan fungsi dan kinerjanya masing – masing.

1. Quality Traffic

Tipe yang pertama adalah quality traffic atau lebih dikenal dengan trafik yang berkualitas. Untuk menentukan nilai kualitas trafik, dapat diukur dari seberapa besar nilai dari konversi yang dihasilkan dari data pengunjung yang masuk pada website anda.

Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik dari website anda. Pada umumnya, pengunjung akan melihat dan mencari tahu apa saja produk yang anda tawarkan. Sehingga, hal tersebut termasuk ke dalam trafik dengan menggunakan bantuan kata kunci transaksional.

2. Quantity of Traffic

Kuantitas dari sebuah trafik juga sangat diperhitungkan untuk meningkatkan performa sebuah website. Semakin banyak pengunjung yang masuk pada setiap halaman website anda, maka semakin besar nilai trafik yang dapat anda peroleh. 

Jadi, ketika anda mengembangkan situs web bisnis, maka anda perlu memperbanyak halaman dengan konten yang berkualitas. Dimana, anda dapat membuat kumpulan artikel dalam bentuk blog yang mengandung keyword yang bersifat informasional. 

3. Organic Traffic

Dan tipe yang terakhir adalah trafik organik, dimana sangat disukai oleh pemilik website karena tidak membutuhkan biaya atau gratis. Dengan trafik organik, juga dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak serta meningkatkan konversi.

Sebagai contoh, ketika seseorang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari di sebuah browser, dan selanjutnya user tersebut akan meng-klik link yang ditampilkan pada hasil pencarian. Nah, kunjungan link tersebut yang merupakan sebuah organic traffic.

Kelebihan SEO

Seseorang yang sudah melakukan proses SEO tentu bisa merasakan banyak manfaat. Tetapi di balik semua keuntungan yang ditawarkan, ada juga banyak kekurangan dalam SEO yang mungkin saja belum anda ketahui. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan SEO yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan strategi optimasi yang satu ini.


Hampir semua orang yang ada di dunia merasa sangat senang dengan kegiatan SEO khususnya ketika mencari topik, berita dan beberapa konten tertentu. Mesin pencarian seperti Google dipandang sangat penting karena mayoritas orang di internet mengakses mesin pencarian untuk melihat berbagai informasi mengenai sebuah produk atau jasa.

Beberapa kelebihan SEO antara lain:

1. Organik Alias Bukan Iklan Berbayar

Ini artinya pengunjung website sangat membutuhkan produk atau informasi yang diberikan dalam website. Nantinya, para pengunjung yang akan datang ke website bukan karena terpengaruh oleh iklan. Pengunjung akan menemukan website anda jika website anda memang jawaban dari permasalahan yang tengah dihadapi.

Oleh karena itu, konten yang panjang dan berkualitas akan menjadi penentu keberhasilan SEO. Jika anda bisa memahami kebutuhan para pelanggan maka anda bisa berhasil dalam menjalankan strategi SEO tersebut.

2. Meningkatkan Rujukan yang Menuju Situs Website

Nantinya, anda bisa mendapatkan banyak rujukan pencarian yang diberikan oleh mesin pencari ketika website anda memiliki visibilitas SEO yang sangat kuat. Hal ini pun bisa anda lihat dari keyword yang tertarget, kualitas konten sampai dengan panjang konten yang bisa memberikan banyak manfaat bagi pengunjung.

3. SEO Gratis, Tidak Perlu Bayar

Kelebihan lain dari SEO adalah anda tidak perlu membayar mahal-mahal seperti jasa Google Ads. Ketika anda ingin menjalankan SEO maka anda tidak perlu mengeluarkan budget seperti ketika anda menggunakan iklan Google maupun media sosial.

Namun hasil dari kerja SEO ini tidak bisa instan. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga membutuhkan kesabaran ekstra. Harus diingat bahwa SEO adalah cara organik untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan kekuatan konten serta SEO.

4. Mendapatkan Pengunjung yang Tertarget

Dengan bantuan keyword ketika membuat konten yang SEO friendly maka pengunjung yang datang nantinya adalah pengunjung yang memang tertarget. Para pengunjung ingin kemungkinan besar bisa dikonversi menjadi pelanggan atau calon klien anda berikutnya.

5. Meningkatkan Visibilitas Website

Website tersebut bisa mendapatkan visibilitas yang jauh lebih tinggi dengan SEO dengan gratis. Oleh karena itu, strategi SEO memang sangat tepat digunakan untuk website yang memiliki tujuan bisnis. Sebagai pemilik website, anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dan pengunjung yang juga semakin banyak.

6. Bisa Memantau Traffic Visitor 

Jika anda menggunakan strategi SEO website, anda bisa melihat serta memantau perkembangan traffic pengunjung setiap hari dengan jauh lebih mudah.

7. Website Lebih Dikenal

Kelebiihan SEO lainnya yaitu membuat website milik anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat atau pengunjung. Website yang telah dioptimasi dengan teknik SEO akan membuat website tersebut bisa dikenali oleh pengunjung dengan lebih mudah.

8. Banyak Software Pendukung

Banyak sekali software pendukung yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan SEO mengingat setiap tahapan untuk optimasi website memang rumit. Meskipun banyak sekali software pendukung yang bisa anda gunakan namun anda tetap harus melewati berbagai tingkat kesulitan yang membutuhkan banyak waktu.

Kekurangan SEO

Selain memiliki keuntungan seperti yang telah dijelaskan di atas, SEO ternyata juga memiliki kekurangan apalagi untuk bisnis. Berikut ini kekurangan dari strategi SEO.

1. Hasil Tidak Instan

Agar hasil website bisa terindeks dengan baik oleh Google maka hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai beberapa hari hingga beberapa minggu agar hasilnya pun bisa terlihat.

2. Dibutuhkan Investasi Tenaga & Waktu

Banyak sekali langkah serta tahap yang harus dilakukan agar SEO yang ditampilkan bisa berkualitas dan memberikan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, banyak pemilik website yang menggunakan jasa SEO agar websitenya bisa diindeks dengan baik oleh mesin pencarian.

3. Kompetitif

Agar hasil website bisa terindeks dengan baik oleh Google maka hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai beberapa hari hingga beberapa minggu agar hasilnya pun bisa terlihat.

4. Mengikuti Perkembangan Algoritma dan Sistem Kerja

Dengan menggunakan SEO, itu berarti anda harus selalu mengikuti perkembangan algoritma dan sistem kerja. Ini menjadi hal yang harus dilakukan agar ketika mesin pencarian sedang mengalami perubahan sistem kerja atau algoritma maka anda bisa mengedit website milik anda secepatnya agar tidak sampai bertentangan dengan peraturan search engine tersebut.

5. Sangat Tergantung Pada Search Engine

Artinya ketika sedang melakukan proses SEO maka semuanya akan sangat tergantung pada sistem kerja, algoritma serta berbagai ketentuan dari search engine tersebut.

Sedangkan mesin pencarian yang kerap menjadi acuan dalam proses SEO adalah Google karena menjadi mesin pencarian yang paling besar dan paling banyak digunakan. Jika terjadi kerusakan pada pusat maka website anda juga bisa rusak jika tidak diselamatkan secepatnya.

Banyak blog dan website yang menerapkan strategi SEO sehingga tidak mengherankan jiika SEO sangat kompetitif. Sebagai pebisnis, anda mungkin tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk menerapkan strategi SEO pada website anda. Bukan hanya melakukan strategi tetapi juga melakukan maintenance/pemeliharaan secara terus menerus.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi website bisnis anda.


Kesimpulan

Search Engine Optimization merupakan solusi untuk mengoptimalkan halaman website anda agar mendapatkan peringkat di halaman hasil pencarian Google Search Engine. Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO On Page dan Off Page. Pastikan untuk menerapkan semua indikator yang telah kami jelaskan, dan selalu ikuti perkembangan dari algoritma update setiap saat. Selain itu, buatlah konten yang tidak mengandung unsur plagiasi dan duplikasi dengan kompetitor anda.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.


Komentar

Postingan populer dari blog ini