Mengenal Landing Page
Pengertian Landing Page
Perbedaan Landing Page dan Homepage
Lantas apa perbedaan antara landing page dan homepage? Antara landing page dan homepage bisa diibaratkan sebuah acara pameran. Jika homepage merupakan sebuah pameran secara umum atau keseluruhan, Sedangkan Landing page adalah bagian dari pameran tapi memiliki tempat khusus dan tentunya yang dipamerkan spesifik atau jelas.
Jadi bisa disimpulkan hubungan antara homepage dan landing page adalah jika website merupakan laman keseluruhan yang ada, Sedangkan landing page adalah bagian dari website namun Landing page adalah laman khusus dan landing page hanya memiliki satu fungsi yang spesifik. Antara landing page dan Homepage memiliki karakteristik yang berbeda, Apa saja?
- Ciri – Ciri Homepage
Merupakan laman umum yang berisi semua informasi tentang website.
Umumnya merupakan tampilan utama sebuah website.
Adanya tombol navigasi yang menuju halaman penting di website.
- Ciri – Ciri Landing Page
Merupakan laman khusus yang spesifik.
Memiliki Fungsi Khusus, Misalnya laman Produk, penawaran, dll.
Laman yang mengkhususkan pengguna untuk lebih fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi.
Mengajak pengguna untuk melakukan aksi sesuai Call To Action yang dibuat seperti Formulir, Newsletter, Pembelian Produk, dll.
Manfaat Landing Page
1. Menjadi Tempat Promosi
Manfaat yang pertama adalah bisa menjadi sarana promosi yang efektif bagi bisnis. Hal ini karena anda bisa memasukkan informasi singkat menggunakan tulisan dengan font yang cukup besar, sehingga pesannya mudah ditangkap oleh audiens.
Dengan begitu, target audiens yang mengunjungi halaman tersebut fokus pada promosi bisnismu. Melalui destination page ini, anda juga bisa membuat promosi yang bebas karena halaman tersebut memang milik perusahaan. Jadi, tidak akan khawatir dengan pesaing karena suatu halaman destination page hanya berisi promosi bisnis kamu.
2. Menghimpun Data Pelanggan
Dengan landing page, anda juga bisa mengumpulkan data pelanggan secara lebih mudah. Misalnya, dengan meminta audiens untuk mencantumkan nama atau alamat email untuk mendapatkan penawaran menarik.
Tergantung pada jenis destination page yang digunakan, anda juga bisa mendapatkan informasi pelanggan lainnya, seperti usia hingga jenis kelamin. Nantinya, data pelanggan tersebut bisa digunakan untuk membuat keputusan dalam bisnis. Jadi, data tersebut dapat dianalisis dan ditindaklanjuti untuk keperluan perusahaan.
Namun, pastikan bahwa anda hanya meminta informasi yang memang dibutuhkan. Jangan meminta terlalu banyak data pribadi karena ini dapat meninggalkan kesan negatif pada calon pelanggan dan menjauhkan mereka dari landing page.
3. Mempeluas Prospek Bisnis
Penggunaan landing page yang optimal dapat meningkatkan pengenalan merek, sehingga mendorong prospek dan lalu lintas yang memenuhi syarat ke situs web sekaligus meningkatkan SEO.
Hal ini pun didukung oleh studi MarketingSherpa, di mana sekitar 68 persen perusahaan business-to-business (B2B) menggunakan destination page untuk memperoleh aliran prospek yang stabil untuk konversi di masa mendatang. Sebuah survei dari HubSpot juga menyebutkan bahwa, sebanyak 7.000 bisnis memiliki 10 hingga 15 landing page yang dapat meningkatkan prospek mereka hingga 55 persen.
Dengan demikian, landing page sangat penting untuk memperoleh lebih banyak prospek dan meningkatkan peluang konversi bisnis. Tentu saja, anda perlu mengetahui cara membuat destination page yang efektif bagi bisnis sehingga hasilnya maksimal. Bisa juga memanfaatkan keahlian desainer web dan penyedia layanan penulisan konten.
4. Meningkatkan Penjualan
Dengan destination page, anda juga bisa meningkatkan penjualan. Hal ini pun didukung oleh penelitian dari Omniture yang menyebutkan bahwa penggunaan landing page bisa meningkatkan konversi penjualan hingga 25%.
Pasalnya, destination page dapat membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah, sehingga disukai pelanggan dan dianggap lebih nyaman. Jadi, pelanggan bisa mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli secara cepat dan efisien.
5. Mengumpulkan List Email
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, landing page bisa membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan data-data para pelanggannya. Salah satu data yang sering kali diminta adalah alamat email. Dengan destination page ini, kamu pun bisa mengumpulkan list email lebih banyak.
Jadi, data tersebut bisa digunakan untuk mengoptimalkan email marketing sehingga menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan yang lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa menawarkan produk atau layanan melalui email pelanggan secara lebih mudah.
Bahkan, menurut studi yang dilakukan McKinsey & Company, email marketing 40% lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook.
6. Menciptakan Kredibilitas dan Brand Awareness
Dengan memberikan informasi terkait produk atau layanan, serta perusahaan, dan menampilkan testimoni di landing page, hal ini bisa meningkatkan kredibilitas dan brand awareness. Maka, pelanggan yang membacanya pun menjadi lebih percaya dengan bisnis milik kamu dan ketertarikan mereka untuk melakukan pembelian bisa lebih besar.
Peningkatan pengunjung pada destination page pun akan membuat pelanggan lebih familiar dalam mengenali bisnis kamu.
7. Meminimalkan Pelanggan Beralih ke Pesaing
Destination page merupakan halaman khusus yang dibuat oleh perusahaan sehingga meminimalkan adanya pesaing. Dibandingkan menggunakan platform e-commerce, atau yang lainnya, destination page pun bisa mencegah pelanggan kamu beralih ke pesaing.
Pasalnya, informasi yang disediakan lebih bersifat pribadi karena hanya menyasar orang-orang yang menjadi segmentasi pasar kamu. Jadi, minimalnya navigasi pada landing page dapat membuat audiens lebih fokus kepada informasi produk dan layanan yang kamu tawarkan. Kemungkinan pelanggan untuk membeli pun menjadi lebih tinggi dengan destination page ini
Karakteristik Landing Page
1. Call-To-Action (CTA) yang Jelas
2. Pemisahan Bagian Konten
3. Teks Bersih dan Ringkas
4. Penggunaan Informasi Visual
5. Skema Warna yang Menarik
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.
Komentar
Posting Komentar