Mengenal Sosial Media Instagram
Pengertian Sosial Media Instagram
Bagi kaum milenial dan generasi z, Instagram mungkin sudah tidak asing lagi. Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto maupun video hingga berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Pertumbuhan pengguna Instagram dari waktu ke waktu juga meningkat secara signifikan. Selain sebagai media informasi dan komunikasi antar pengguna, Instagram juga menjadi model peluang bisnis online baru.
Istilah Instagram diambil dari kata “Insta” yang berasal dari kata “Instan”. Nama ini diambil dari kamera polaroid yang merupakan kamera instan. Sedangkan kata “gram” diambil dari kata “Telegram” yang mampu mengirimkan informasi dengan cepat.
Dalam hal ini, kata-kata dibuat sesuai dengan tujuan Instagram yang mampu mengirim foto dan video di jaringan internet secara instan dan cepat.
Secara umum Instagram dapat diartikan sebagai aplikasi yang dapat berfungsi sebagai media untuk berbagi foto dan video dalam suatu jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, serta menambahkan filter untuk menambah kesan menarik pada foto dan video tersebut.
Instagram bisa diakses melalui perangkat smartphone seperti Android dan iOS. Namun, pengguna tetap menjalankan Instagram dalam mode aplikasi web, meski dengan fitur terbatas.
Sama seperti jejaring media sosial lainnya, Instagram memiliki konsep interaksi antar pengguna dengan cara mengikuti (following) atau pengikut (follower). Pengguna juga dapat menambahkan komentar ke foto dan video, menyukai, mengirim, dan menyimpannya di akun mereka.
Sejarah Sosial Media Instagram
Sejak peluncurannya pada bulan Oktober 2010 silam, Instagram bisa dikatakan sebagai salah satu media sosial yang berkembang sangat pesat melebihi medsos lainnya. Bukan tanpa sebab, pesatnya perkembangan yang diperolehnya ini, lantaran medsos satu ini memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.
Instagram pertama kali dikembangkan di San Francisco, Amerika Serikat oleh perusahaan startup Burbn, Inc dari CEO Kevin Systrom dan Mike Krieger. Versi pertama dari Instagram adalah Burbn yang hanya dapat digunakan pada perangkat iPhone. Pada awalnya, versu Burbn terlalu banyak fitur-fitur, akhirnya Kevin Systrom dan Mike Krieger mulai memfokuskan fitur untuk berbagi foto, komentar, dan menyukai.
Pada tahun 2012, Facebook resmi mengakuisisi Instagram senilai $1 juta dalam bentuk tunai dan saham. Beberapa waktu kemudian, Instagram rilis untuk perangkat Android. Dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali waktu kurang dari 1 hari. November 2012, Instagram rilis pada bentuk web app sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui browser desktop meskipun dalam fitur terbatas.
Maret 2014, Instagram merilis Geotagging yang memungkin pengguna menambahkan lokasi pada foto. Fitur ini dapat digunakan secara real-time dan tepat ketika pengguna mengaktifkan GPS pada smartphone. Namun perkembangan Instagram saat ini telah memungkinkan pengguna menambahkan lokasi foto; semisal kota atau tempat liburan tanpa harus mengaktifkan fitur GPS.
Tentu saja, kepopulerannya tidak serta merta didapat begitu saja, ada sejarah dibalik kemunculannya.
Apabila berbicara tentang sejarah Instagram, maka orang yang pertama kali merilis media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna medsos ini adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger. Mereka adalah CEO dari perusahaan Burbn Inc yang bergerak dalam pengembangan aplikasi ponsel.
Mulanya Instagram masih bernama Burbn mengikuti nama perusahaan yang didirikan oleh Mike Krieger dan Kevin Sistrom. Aplikasinya pun hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone saja dan memiliki banyak fitur. Namun, fitur-fitur tersebut dikurangi dan hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan like sehingga lebih memanjakan penggunanya.
Baru dua tahun sejak perilisannya, Facebook mengambil alih manajemen Instagram. Dan setelah empat tahun berlalu atau tepatnya di tahun 2016 silam, logo resmi Instagram pun diubah dengan menampilkan konsep yang lebih menarik, elegan, dan gaya seperti yang dilihat sampai saat ini.
Instagram sendiri berasal dari kata “insta” atau “instan” yang terinspirasi dari kamera polaroid yang dulunya terkenal dengan sebutan “foto instan”. Sama halnya dengan polaroid tersebut, Instagram juga bisa menampilkan foto secara instan.
Sementara, “gram” berasal dari kata “telegram”, di mana cara kerja dari telegram ini adalah mengirimkan informasi kepada orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Begitu pula dengan Instagram, di mana mampu mengirim foto ke pengguna lain hanya dengan memanfaatkan jaringan internet yang digunakan.
Fitur Sosial Media Instagram
Saat ini tersedia berbagai fitur dan fungsi Instagram. Fungsi Instagram tidak lagi hanya sebagai tempat berbagi foto dan video.
Namun kini, fungsi Instagram juga untuk meningkatkan interaksi penggunanya dengan berbagai fitur layanan baru. Berikut fitur yang ada di instagram:
1). Instagram Questions
Instagram Questions adalah fitur yang diperkenalkan pada Juli 2018. Fungsi Instagram Questions adalah untuk memungkinkan pengguna menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengikutnya.
Jika kamu mengirim pertanyaan kepada seseorang yang kamu ikuti, mereka dapat memposting pertanyaan tersebut ke cerita atau cerita mereka, dan menulis tanggapan atau jawaban tanpa harus menandai kamu sebagai orang yang mengajukan pertanyaan tersebut. Ini adalah fitur populer di kalangan influencer.
2). Instagram Direct
Instagram Direct memungkinkan kamu berbagi foto, video, halaman hashtag, profil, dan lokasi dengan satu orang atau sekelompok kecil orang (hingga 15 orang) langsung dari umpan berita pengguna. Kamu dapat mengakses dan menikmati fungsi Instagram Direct melalui ikon Kotak Masuk di sudut kanan atas aplikasi.
3). Instagram Stories
Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna memposting foto/video pilihan ke dalam satu cerita. Fungsi Instagram akan menghilang setelah 24 jam. Instagram stories tidak diposting ke profil pengguna atau di Beranda.
Instagram Stories mengikuti pengaturan privasi yang sama dengan profil Instagram pengguna. Misalnya, jika pengguna memiliki akun pribadi dan memposting cerita, hanya teman pengguna yang dapat melihat cerita ini.
4). Video Instagram
Kamu mungkin akrab dengan postingan Video Instagram. Fungsi Video Instagram sama seperti postingan foto biasa. Namun, video berdurasi hingga 60 detik yang berguna untuk menjelaskan dan mempromosikan produk yang kamu jual. Kamu juga dapat menambahkan filter, teks, dan menandai lokasi sebelum membagikan kiriman.
Postingan video menghasilkan lebih banyak keterlibatan pengguna daripada foto di Instagram. Fungsionalitas Video Instagram sangat besar untuk merek yang ingin memenangkan algoritma baru Instagram, di mana ia melacak keterlibatan pengguna dalam posting kamu untuk menentukan apakah konten yang akan ditampilkan secara luas atau tidak.
5). Video live Instagram
Fitur dan fungsi Video Live Instagram berbeda dengan Video Instagram biasa karena fitur yang satu ini disiarkan secara langsung atau real time. Cara kerjanya adalah, pengikut akan mendapatkan pemberitahuan push yang memberi tahu mereka bahwa kamu akan memiliki video langsung.
Pengikut dapat berkomentar atau menyukai streaming video langsung kamu secara real time. Video langsung ini akan hilang setelah kamu mengakhirinya dan tidak disimpan ke akun kamu.
Fitur ini adalah cara lain bagi pemasar untuk membangun transparansi dan keaslian merekKedua hal ini penting, sejalan dengan update algoritma terbaru Instagram.
6). IGTV
Instagram TV atau IGTV adalah aplikasi di dalam Instagram yang memberi penggunanya kemampuan untuk berbagi video hingga satu jam seperti episode TV.
Ini adalah fitur pilihan bagi pembuat konten yang menyukai konten video, salah satu tren yang paling cepat berkembang dalam pemasaran konten karena lebih dari 80% bisnis saat ini menggunakan pemasaran video.
IGTV memberi pemasar kemampuan untuk membagikan konten video yang lebih panjang. Fungsi Instagram TV ini menguntungkan pengguna dengan pemberitahuan secara real time ketika penjual membagikan video yang biasanya berisi penawaran produk terbaru, diskon, dan acara menguntungkan lainnya.
Manfaat Sosial Media Instagram Untuk Bisnis
1. Platform yang populer
2. Plattform yang sangat visual
3. Memiliki jangkauan yang luas
4. Memungkinkan Anda beriklan ke pelanggan potensial
5. Memberikan dukungan pada bisnis
6. Memberikan komisi kepada pengguna
- Undian Giveaway
- Kode kupon di Stories Ads
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.
Komentar
Posting Komentar