Mari Mengenal Bisnis Live Streaming
Pengertian Bisnis Live Streaming
Istilah streaming sudah tidak asing lagi di era media digital seperti sekarang ini. Saat Anda melihat berbagai konten di media sosial, dengan mudah akan melihat video tersebut secara otomatis tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa itu live streaming?
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian streaming. Pertama, streaming merupakan proses transfer konten baik itu audio maupun video dalam bentuk telah dikompres via internet. Lalu dimainkan secara langsung tanpa harus melakukan download terlebih dahulu.
Pendapat lainnya, streaming merupakan proses transfer data dari server ke host, dimana data yang dikirim mempresentasikan informasi secara langsung. Pengiriman data yang dimaksud berupa audio, video, grafik, aplikasi real time, atau web tours.
Streaming adalah teknologi pengiriman data, video, atau audio melalui jaringan internet dalam bentuk kompresi untuk ditampilkan oleh suatu pengguna secara realtime. Pengguna membutuhkan aplikasi khusus untuk mendekompresi dan mengirimkan data berupa video ke tampilan layar monitor dan audio ke speaker.
Intinya adalah membagikan data encoding, lalu mengirimkan melalui jaringan internet. Ketika data itu sampai pada user maka akan dilakukan decoding dan pembacaan data.
Secara umum, streaming adalah prosedur pengiriman konten dalam bentuk audio atau video secara realtime melalui internet. Selanjutnya diputar secara live tanpa harus mengedit dan mengunduhnya dahulu. Agar bisa ditonton, pengguna tidak perlu mengunduh seluruh file secara penuh.
Sedangkan live streaming merupakan penyiaran konten video via internet yang disiarkan secara realtime melalui platform tertentu. Misalnya saja YouTube, Twitch, Facebook, Instagram, apliakasi streaming dan lain sebagainya.
Jadi, konten yang terkirim saat merekamnya langsung akan memudahkan pemirsa melihat atau mendengarkan secara live. Kebanyakan kegiatan live streaming ini melalui multicasting.
Sangat berbeda dengan tayangan yang ada di TV, multicast khusus akan mentransfer konten kepada pengguna yang telah memilih untuk menonton atau mendengarkan streaming.
Metode seperti ini sangat cepat untuk mentransmisikan berbagai konten ke beberapa tempat sekaligus. Biasanya arti streaming video mengarah pada prerecorded streaming, yaitu sebuah perekaman terlebih dahulu dalam bentuk file. Kemudian mengunggahnya dalam layanan berbagi video supaya dapat dilihat oleh banyak orang.
Live streaming merupakan konten video yang disiarkan secara langsung melalui internet, dimana Anda tidak perlu lagi melakukan editing dan post production. Anda hanya perlu menyalakan kamera lalu mulai merekam kapanpun Anda mau. Live streaming juga bersifat interaktif sehingga audience dapat langsung meninggalkan komentar serta reaksi selama video Anda berlangsung.
Selain itu, followers akun Anda juga akan mendapatkan notifikasi setiap kali Anda melakukan live streaming. Biasanya, video setelah selesai juga akan langsung tersimpan sehingga anda bisa menontonnya kembali. Dengan begitu, teman-teman anda yang ketinggalan video Anda dapat menontonnya juga.
Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.
Sebenarnya penggunaan video streaming ini sudah lama kita lakukan, mungkin kita sudah lupa dengan penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype, youtoube atau yang sejenisnya, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv kini sudah sampai tvone.
Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi dengan internet menjamur di segala penjuru dunia kita makin mudah mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia, seperti saat kita di Singapur, Amerika, dan lainnya kita masih bisa menyimak tayangan televisi di tanah air tanpa perangkat antena televisi atau parabola.
Kemudahan tersebut membuat kita semakin merasa dunia dalam genggaman, kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat dari sebuah teknologi video streaming.
Ide Konten Bisnis Live Streaming
1. Interview dan Q&A
Menurut laman Color Whistle, salah satu bentuk konten live streaming yang paling diminati audiens adalah interview dan Q&A.
Ide konten satu ini sangatlah cocok bagi para marketer yang hendak tingkatkan kredibilitas perusahaan atau channel mereka.
Terutama bila yang diundang untuk sesi interview adalah seorang pakar yang mengakui produk atau layanan perusahaan.
Sebagai contoh, perusahaan otomotif Citroen menggunakan streaming Q&A bersama para pakar.
Strategi ini menghasilkan 1.100 prospek yang sangat berkualitas dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan mereka hingga 97%. Cukup menarik bukan?
2. Video tutorial
Jenis konten live streaming selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah video tutorial.
Ide konten tersebut sangatlah efektif untuk tingkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.
Sebab, dengan membantu orang lain menggunakan solusi yang terpercaya, kamu akan mendapatkan kepercayaan dan loyalitas mereka secara cepat.
Sebagai contoh, perusahaan Hercules Candy menarik banyak penonton dengan video streaming tutorial.
Video tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan membuat penonton memahami konsep dengan jelas.
Hasilnya, penjualan mereka pun meningkat dan angka retensi pelanggan tumbuh secara drastis.
3. Behind the scenes
Video BTS atau behind the scenes juga bisa menjadi konten live streaming yang apik.
Pasalnya, menurut laman Restream, jenis video tersebut akan membuat audiens merasa dekat dan memercayaimu.
Untuk konten BTS, kamu bisa mulai dengan menunjukkan streaming setup atau alat-alat yang kamu gunakan selama live.
Setelah itu, kamu bisa mulai dengan hal-hal yang lebih menarik, seperti proses pembuatan produk atau aktivitas sehari-harimu.
4. Newsjacking
Bagi kamu yang belum tahu, newsjacking adalah praktik menyelaraskan brand dengan peristiwa terkini.
Nah, menurut Many Cam, konten tersebut sangatlah cocok untuk live streaming karena dapat menghasilkan perhatian media dan meningkatkan eksposur brand.
Meskipun terkadang kurang etis, strategi ini sejatinya legal dan efektif untuk berhadapan dengan kompetitor.
Contoh penggunaan konten ini dibuktikan oleh Burger King. Mereka mempromosikan menu baru yang seakan menyindir kasus trademark nama Big Mac milik McDonald’s.
5. Video kolaborasi
Apabila kamu ingin mendatangkan ribuan audiens baru dengan cepat, ciptakan konten kolaborasi dalam acara live streaming.
Di sini, kamu bisa mengundang influencer maupun streamer ternama untuk sesi wawancara atau melakukan aktivitas bersama.
Inisiatif ini terbukti efektif untuk hidupkan sesi streaming dan memungkinkanmu untuk meraih perhatian dari audiens tamu.
Contoh luar biasa dari sesi kolaborasi yang menarik adalah podcast Joe Rogan, di mana ia mengundang banyak artis ternama untuk sesi interview.
6. Upcycle content
Melansir laman Salma Jafri, ide konten live streaming menarik berikutnya adalah upcycle content.
Upcycle content sendiri merupakan bentuk konten yang didaur ulang dari media milik perusahaan.
Sebagai contoh, kamu bisa ciptakan video live streaming berdasarkan konten-konten dalam blogmu.
Jenis konten ini efektif untuk menambahkan dimensi dan perspektif lain ke konten yang sudah ada.
Ia juga menambah nilai karena bisa memperluas topik dengan cara yang bermanfaat dan mendidik.
7. Live event
Live event juga bisa menjadi konten yang baik untuk sesi live streaming.
Sesi live event ini merupakan cara yang jitu untuk tingkatkan antusiasme dan kredibilitas channel.
Terutama bila kamu dapat memberikan komentar atau bertemu langsung dengan orang-orang yang terlibat pada acara tersebut.
Sebagai contoh, apabila berkecimpung di dunia teknologi, kamu bisa hadir ke acara peluncuran produk tertentu dan memberikan komentar yang memadai.
8. Demo produk
Menurut Color Whistle, demo produk merupakan konten live streaming yang efektif untuk tingkatkan angka penjualan.
Mengapa demikian? Sebab, ide konten ini dapat meningkatkan rasa penasaran pelanggan dengan mumpuni.
Tak hanya itu, demo produk juga bisa mendorong audiens untuk melakukan pembelian.
Namun, supaya bisa lebih efektif, jangan lupa untuk sediakan CTA pembelian di akhir sesi live stream.
Dengan begitu, audiens akan menjadi lebih tertarik untuk segera membeli produk yang dipertunjukkan.
9. Unjuk bakat
Konten live streaming terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah unjuk bakat dan kemampuan.
Jenis konten satu ini merupakan salah satu video live streaming yang paling dicari di internet.
Hal ini berlaku karena video unjuk bakar sifatnya menghibur dan mendidik, khususnya bagi audiens yang ingin ikut andil dalam dunia bakat tersebut.
Fungsi Bisnis Live Streaming
- Usaha Bisa Diketahui Banyak Orang
- Kesempatan Untung Besar Terbuka Lebar
- Peluang Usaha Lebih Sukses Lagi
Perbedaan Live Streaming dan Streaming
- Streaming
- Live Streaming
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar