Pengertian Google Bisnis
Di era digital, menjangkau pelanggan lewat internet menjadi salah satu prioritas utama bagi para pebisnis. Salah satu tool yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai hal tersebut adalah Google My Business.
Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur dari Google yang satu ini.
Dengan fitur tersebut, pebisnis dapat memikat pelanggan dengan jumlah yang banyak lewat informasi-informasi bisnis yang mereka berikan.
Lantas, seperti apa pengertiannya? Seberapa besar dampak yang diberikan jika menggunakannya?
Tenang, berikut Glints telah merangkumnya untukmu.
Apa Itu Google My Business?
Menurut Hubspot, Google My Business adalah tool dari Google yang dapat digunakan untuk mengelola tampilan bisnis di halaman pencarian Google serta Google Maps.
Setiap kamu membuka suatu bisnis di halaman pencarian Google, pasti di samping kanan layar ada informasi-informasi mengenai bisnis tersebut, seperti informasi alamat, jam buka, telepon, dan lain-lain.
Nah, dengan Google My Business atau Google Bisnisku, kamu dapat mengisi informasi-informasi tersebut secara terperinci.
Tujuannya adalah untuk memberitahukan kepada pelanggan mengenai informasi bisnismu saat mencarinya lewat Google.
Tidak hanya mengenai informasi-informasi yang telah disebutkan, bisnismu juga kemungkinan bisa mendapatkan review atau ulasan langsung dari pelanggan lewat Google Bisnisku.
Review atau ulasan memberikan dampak yang positif terhadap bisnismu. Sebab, review yang bagus akan semakin menarik pelanggan lain untuk mengetahui bisnismu.
Google Bisnisku (GMB), atau Google My Business adalah fitur gratis dari Google yang mudah digunakan oleh para pebisnis maupun organisasi untuk keperluan mengelola kehadiran mereka di internet, termasuk juga di hasil pencarian dan Maps.
Dengan hanya memverifikasi dan mengedit informasi bisnis/usaha, maka Anda dapat membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dan menceritakan kisah tentang bisnis anda kepada mereka (calon pelanggan).
Ini adalah upaya Google membantu para pelaku bisnis supaya lebih mudah ditemukan di internet, serta informasi lengkap dari bisnis tersebut. Karena sebuah usaha yang termuat telah mempunyai informasi lengkap serta terverifikasi pada saat mendaftarkan bisnis/usahanya.
Sejarah Google Bisnis
Saat ini Google menjadi sahabat perkembangan zaman. Setiap harinya ada milyaran orang yang menggunakan google. Google merupakan perusahaan mesin pencarian yang didirikan pada tahun 1998. Google menjadi salah satu situs paling besar dan lengkap di dunia. Tidak hanya itu, layanan yang diberikan google juga beragam, seperti akun email, browser web, perangkat lunak produktivitas, ponsel dan aplikasi, alat pemetaan, e-book, iklan internet, serta berbagai video dan situs jejaring sosial lainnya.
Melalui Google kita bisa dengan mudah mencari berita atau informasi terkini maupun masa lampau. Kita tinggal mencari apa yang ingin diketahui dengan membutuhkan daya internet sebagai pendukung dari google. Platform tersebut berada dibawah naungan Google LLC, yaitu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang juga khusus mengeluarkan produk jasa dan juga internet.
Google memiliki misi sebagai pemberi informasi yang ada di dunia dan membuat dapat diakses dan berguna secara universal. Maka tak heran jika Google menjadi situs web yang paling diminati, karena fitur yang diberikan pun beragam serta banyak sekali manfaat nya dari menggunakan Google.
Larry Page dan Sergey Brin mendirikan google saat mereka masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka merupakan pemegang saham 16% di perusahaan. Google dijadikan sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Sejak saat itu, pertumbuhan perusahaan tumbuh dengan cepat hingga menghasilkan berbagai produk, akuisisi, serta kerja sama di bidang mesin pencari inti Google.
Google berasal dari kesalahaan ejaan gogol atau istilah dari matematika untuk angka satu dan diikuti oleh seratus nol dalam desimal. Pada tahun 2000 Google populer ketika menjadi mesin pencarian salah satu situs populer yaitu Yahoo!. Kemudian, pada tahun 2004 layanan Yahoo! ditiadakan, akhirnya pencarian Google meningkat mencapai 200 juta kali dalam sehari.
Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring atau dalam jaringan. Selain itu google juga menawarkan juga surat elektronik atau surel, paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Perusahaan ini juga meliputi perkembangan sistem operasi Android yang berguna untuk telepon genggam. Google Chrome OS juga berguna untuk jajaran netbook Chromebook.
Setelah itu Google juga beralih ke perangkat keras komunikasi. Google juga bekerja sama dengan berbagai pihak produsen elektronik besar yang berguna untuk memproduksi perangkat Nexus nya, serta juga untuk mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei tahun 2012. Disaat tahun 2012 infrastruktur serat optik dipasang di Kansas yang gunanya sebagai fasilitas layanan internet pita lebar Google Fiber.
Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia. Tak hanya itu, diperkirakan juga dapat memproses lebih dari satu milyar kueri pencarian dan sekitar dua puluh empat petabyte data buatan pengguna di setiap harinya. Desember tahun 2012, google.com disebut sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia.
Situs-situs yang tersedia pada Google masuk peringkat seratus teratas, seperti halnya YouTube dan Blogger. Google pun demikian, juga menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Tetapi dominasi pasar mendapatkan kritik hak cipta, penyensoran serta privasi. Pada tahun 2014 Google juga mendapatkan penghargaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki merek paling bernilai.
Pada tanggal 10 Agustus tahun 2015, Google mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet yang menjadi perusahaan induk mencakup Google serta usaha lainnya yang tidak terkait dengan bisnis utama dari Google.
Pada restrukturisasi, Larry Page bakal menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sedangkan Sergey Brin menjabat sebagai Presiden. Sergey Brin didampingi oleh Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. CEO Google sendiri akan dijabat oleh Sindar Pichai.
Cara Membuat Akun Google Bisnis
1. Sign in Google My Business
Langkah pertama untuk membuat akun Google My Business adalah melakukan sign in terlebih dahulu lewat situs resminya.
Kamu bisa menggunakan akun Google yang sudah dimiliki atau membuat akun Google baru.
Menggunakan browser di laptop atau PC buka situs resmi Google Bisnisku di https://www.google.com/business/. Di sudut kanan atas klik Login dan masuk menggunakan akun Google. Setelah login, masukkan nama bisnis.
2. Masukkan nama bisnismu
Setelah itu masukkan alamat lengkap bisnis. Calon pengguna Google Bisnisku juga akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps agar memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis pebisnis.
Jika bisnis tidak memiliki lokasi fisik, tetapi beroperasi di area layanan, bisa mencantumkan area layanan sebagai gantinya. Jika sudah selesai klik berikutnya.
Baca artikel detikinet, "Cara Daftar Google Bisnisku Agar Bisnis Dilihat Banyak Orang" .
Kemudian, pilih kategori bisnismu, apakah toko makanan, mainan atau toko pakaian.
3. Tentukan lokasi
4. Isi informasi kontak
Masukkan detail kontak yang ingin ditunjukkan kepada pelanggan. Data kontak ini bisa berupa nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi.
Pebisnis juga akan diminta untuk memasukkan URL situs bisnis yang didaftarkan. Jika tidak punya, bisa klik opsi 'Saya tidak butuh situs'. Tapi jika ingin membuat situs gratis, Google akan menyediakan jasanya.
Isi informasi kontakmu, seperti nomor telepon dan website. Kamu juga bisa menggunakan halaman Facebook jika tidak ada website.
5. Kelola bisnismu
Cara verifikasi Google Bisnisku mudah saja. Setelah mengisi semua informasi dengan lengkap dan benar, pilih opsi verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Setelah itu klik Kirim Kartu Pos.
Tunggu surat dari Google tiba di alamat yang sudah kalian masukkan. Perlu diingat bahwa selama proses verifikasi kalian tidak bisa mengedit informasi yang sudah ditulis sebelumnya.
Jika ada informasi yang salah, kalian bisa mengeditnya sebelum melakukan verifikasi. Caranya dari akun Google Bisnisku kalian buka Menu dan klik Kelola Lokasi.
Kemudian klik Info yang ada di sisi kiri layar. Klik edit di bagian yang ingin diubah, kemudian masukkan informasi yang sesuai.
Fungsi Google Bisnis
Dengan membuat profil bisnis gratis di Google My Business, kamu bisa mendapatkan pelanggan baru.
Selain itu, ada berbagai manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari tools Google yang satu ini, apa saja? Simak selengkapnya!
1. Meningkatkan Visibilitas
Fungsi Google My Business yang pertama adalah bisa meningkatkan visibilitas bisnis kamu di internet, terutama di seluruh layanan Google.
Jadi, profil bisnis kamu bisa muncul pada penelusuran Google, Google Maps, hingga Google Shopping.
Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu, karena bisnismu akan lebih banyak dilihat orang di internet. Mereka pun bisa saja tertarik dan melakukan transaksi bisnis di toko milikmu.
Melansir laman HootSuite, Google My Business akan lebih baik digunakan untuk toko fisik (offline store). Jika kamu memiliki toko online, bisa memanfaatkan tools Google lain, seperti Google Ads dan Google Analytics.
2. Mempromosikan Bisnis
Fungsi Google My Business selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai tempat promosi bisnis secara gratis.
Dengan membuat profil bisnis di Google My Business, kamu pun bisa memberitahu lebih banyak orang tentang keberadaan perusahaan kamu dan informasi lain terkait bisnismu.
Dalam hal ini, promosi yang dilakukan terutama pada layanan Google lain, seperti Google Maps. Menurut data, ada lebih dari 1 miliar populasi di seluruh dunia yang menggunakan layanan Google Maps.
Nah, dengan Google My Business, bisnis kamu pun berkesempatan untuk dipromosikan oleh aplikasi pemetaan digital yang populer ini.
Tak hanya secara lokal, Google My Business bisa mempromosikan toko fisik kamu secara global. Para pelanggan pun akan lebih mudah dalam menenemukan lokasi bisnis kamu.
3. Mendapatkan Pelanggan
Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan dari Google My Business tersebut, kamu pun berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan di toko.
Terlebih lagi lokasi toko kamu bisa dengan mudah ditemukan melalui layanan Google Maps. Jadi, siapa pun bisa menemukan toko fisik milikmu dengan cepat dan mudah.
Selain meningkatkan penjualan, Google My Business bisa menciptakan kredibilitas bisnis yang positif.
Dengan informasi bisnis yang jelas, pelanggan pun akan lebih percaya dan yakin untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.
4. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari
Fungsi Google My Business berikutnya adalah dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari. Karena seperti yang kamu ketahui, Google merupakan salah satu mesin pencari yang populer di dunia.
Dengan memanfaatkan fiturnya, Google akan membantu bisnis kamu lebih mudah untuk ditemukan ketika pelanggan mencarinya di internet.
Selain itu, membuat profil Google My Business juga dapat meningkatkan SEO lokal. Pasalnya, secara khusus, cantuman untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan Google Maps mereka.
Jadi, selain meningkatkan penjualan di toko fisik, SEO juga bisa mendatangkan traffic di website toko online kamu.
5. Memperoleh Review Pelanggan
Fungsi Google My Business lainnya yang menguntungkan ialah kamu bisa mendapatkan ulasan dari pelanggan.
Google My Business menyediakan fitur review, sehingga pelanggan yang berkunjung ke toko fisikmu bisa memberikan pendapatnya secara jujur.
Ulasan pelanggan yang positif tentu saja bisa menguntungkan bagi bisnismu, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan mendatangkan pelanggan baru.
Kamu juga bisa melakukan interaksi dengan pelanggan melalui fitur review tersebut. Dengan begitu, ulasan pelanggan dapat meningkatkan brand awareness bisnis kamu
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar