Daftar Isi: 

Hampir semua pengguna internet tidak asing lagi ketika mendengar apa itu hashtag, hashtag adalah sebuah simbol kecil berbentuk seperti pagar.

Umumnya, hashtag atau tanda pagar (tagar) ini digunakan pada setiap postingan di media sosial, marketplace, hingga website.

Rupanya keberadaan hashtag yang bagi sebagian orang hanya simbol biasa ini juga dapat membantu memaksimalkan promosi bisnis online yang Anda jalankan.

Pada dasarnya, hashtag adalah suatu simbol tagar # yang digunakan pertama kali oleh Chris Messina, seorang web marketing specialist Twitter. Penggunaan hashtag ini pertama kali muncul di musim panas pada tahun 2007. Kala itu, Messina menyarankan penggunaan hashtag sebagai bentuk penanda untuk tweets yang saling berhubungan pada suatu topik.

Nah, sejak saat itu, penggunaan hashtag pun mulai meluas. Saat ini, hashtag bahkan tidak hanya digunakan pada media sosial Twitter saja, beberapa platform besar media sosial lainnya pun turut menggunakan hashtag.

Apa Itu Hashtag?


Hashtag adalah sebuah kata yang ditulis dan diawali dengan simbol pagar (#), misalnya #GudangSSL atau #SSLMurah, dan sebagainya.

Penulisan hashtag wajib diawali dengan simbol (#) dan diikuti kata tanpa spasi.

Hashtag dipakai untuk mengelompokkan postingan atau konten yang memiliki topik tertentu agar lebih mudah ditemukan.

Dilansir dari laman Hubspot, hashtag adalah suatu frasa kata kunci yang dieja tanpa menggunakan spasi, dengan tanda tagar di bagian depannya, misalnya saja seperti #accurate, #bisnisjadimudah dan #UKMnaikkelas.

Hashtag ini nantinya akan mengikat percakapan publik dari seluruh pengguna yang berbeda ke dalam suatu aliran. Anda bisa menemukannya dengan mencari kata kunci ataupun memilih hashtag, atau dengan menggunakan suatu tools tertentu.

agar postingan yang dibalut dengan hashtag ini bisa muncul di penelusuran semua orang, maka postingan dengan menggunakan hashtag ini harus bersifat lebih publik.

Bagi pebisnis yang menggunakan platform online untuk promosi, mempelajari bagaimana cara menggunakan hashtag sangatlah penting karena dapat membantu meningkatkan jangkauan dan engagement.

Semua media sosial yang ada kini memiliki hashtag, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi.

Jika Anda perhatikan, banyak pebisnis atau penjual yang menggunakan hashtag dalam setiap postingannya.

Selain mempermudah untuk ditemukan, hashtag memiliki manfaat lain yang tidak kalah mengagumkan.

Dengan hashtag, jangkauan konten Anda akan semakin luas karena siapa saja dapat membukanya melalui hashtag.

Namun, pastikan Anda tidak mengunci profil Anda, sehingga hashtag akan ‘mengelompokkan’ konten Anda untuk dapat dilihat oleh banyak orang yang bahkan tidak tahu siapa Anda sebelumnya.

Selain itu, penulisan hashtag juga tidak dapat dilakukan dengan simbol-simbol khusus lainnya.


Sejarah Peran Hastagh di Instagram

Jika kalian sudah lama berkecimpung di dunia media sosial, tentunya kalian sudah tak asing lagi dengan Tagar atau Hashtag yang dapat digunakan di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, Pinterest, Facebook dan Google+. Meski telah banyak pengguna Tagar di media sosial, adakah di antara kalian yang tahu apakah sebenarnya Tagar itu dan fungsi serta sejarah kemunculannya?

Selama berpuluh tahun lamanya sebelum era media sosial, kita hanya mengenal Tagar (#) hanya sebagai simbol yang kita pakai sehari-hari untuk memeriksa saldo pulsa yang kita miliki atau untuk permainan Tic Tac Toe. Baru belakangan ini kita mengenalnya lebih baik melalui Twitter, diawali oleh Chris Messina yang dianggap sebagai pencetus Tagar di media sosial. 

Apakah betul begitu? Bahkan pada perkembangannya, penggunaan Tagar di media sosial telah berevolusi menjadi sebuah simbol yang diasosiasikan dengan trends dan diskusi di media sosial. Tidak hanya menggiring opini dan diskusi bagi mereka yang tidak saling follow namun Tagar mampu membentuk gerakan-gerakan sosial yang bermula dari media sosial.

Jika kita flashback ke sekitar tahun 1988 ketika masa-masa kejayaan MIRC atau IRC (Internet Relay Chat), pada saat itu Tagar digunakan untuk memisah-misahkan kategori seperti gambar, pesan, video dan konten lainnya. Tagar di IRC sangat memungkinkan pengguna untuk dengan mudahnya mencari konten yang relevan bagi mereka. Meski sudah ada penggunaan tagar di sini namun efeknya belumlah sebesar sekarang ini. Lalu baru pada 23 Agustus tahun 2007, Chriss Messina mengicaukan ide tentang penggunaan Tagar di Twitter. “How do you feel about using # (pound) for groups. As in #barcamp [msg]?” Faktanya, 

Chris Messina bukanlah bagian dari Twitter itu sendiri hanya pengguna biasa seperti kita. Namun kicauan Messina itulah yang dianggap sebagai awal kebangkitan tagar di media sosial. Bahkan saat ini hampir semua media sosial teratas menggunakan tagar yang telah berevolusi sebagai penggiring opini dan diskusi bahkan juga gerakan sosial. Tagar yang pertama kali menjadi viral pada tahun yang sama adalah #Sandiegofire yang dikicaukan oleh Nate Ridder. Namun istilah hashtag sendiri tidak muncul begitu saja. 

Karena Twitter melihat kekuatan ini, maka pada tahun 2009 Twitter mengadopsi penggunaan hashtag ke dalam kode yang otomatis me-link ke beragam diskusi yang berkembang. Tidak sebatas itu, hashtag menemui kejayaannya pada tahun 2010 saat Twitter mengasosiasikannya dengan “Trending” dan “Trending Topics” berdasarkan popularitasnya. Bahkan Ginger Wilcox, salah satu pendiri Social Media Marketing Institute pernah menyatakan di New York Times bahwa tahun 2010 adalah tahunnya ‘hashtag’.

Pada awalnya orang-orang yang tidak terbiasa dengan hashtag akan sedikit merasa terganggu dengan keberadaan hashtag. Namun jika saja kalian tahu fungsinya yang luas, maka akan memaklumi hal tersebut. Hashtag di media sosial kini telah menjadi kebutuhan. Kalian sebagai personal users atau business users bisa secara aktif terlibat dengan target audiens loh. Bahkan untuk dunia bisnis, hashtag bisa jadi pancingan untuk membangun kesadaran merek. 


Selain itu ada juga #hashtivism yang menggunakan hashtag sebagai gerakan sosial politik di media sosial. Atau kita juga seringkali melihat banyak user media sosial di Indonesia yang ikut-ikutan beropini melalui hashtags yang sedang masuk Trending Topic WorldWide, entah dengan tujuan sekedar beropini atau ikut-ikutan saja supaya tetap eksis.



Fungsi Peran Hastagh di Instagram

Karena banyak orang yang memanfaatkan hashtag ini untuk mencari sesuatu yang dibutuhkannya secara cepat, maka penggunaan hashtag memang sangat efektif untuk digunakan. Berikut beberapa poin penting terkait fungsi hashtag:

1. Dapat Menambah Jumlah Followers dan Kepopuleran

Kini ada banyak orang yang tiba-tiba viral dengan berbagai keunikannya, maka semua itu tentu tak lepas juga dari peran kerja hashtag instagram yang membuat mereka dapat dengan mudah ditemukan dan dilihat oleh seluruh dunia. Jadi jangan kaget bila seorang yang sedang viral tersebut memiliki jumlah followers banyak, hal ini disebabkan karena keunikan merekalah yang jadi daya tarik utama.

2. Untuk Memudahkan Pencarian Lokasi

Pada aplikasi instagram, maka Anda yang men-download-nya selalu akan dimintai izin untuk melihat lokasi Anda terkini. Dengan begitu maka hal ini sungguh menguntungkan untuk para pelaku bisnis, terutama para reseller yang menyediakan suatu produk. Karena biasanya seseorang akan mencari produk itu dalam daerahnya sendiri, supaya ongkos kirimnya pun lebih terjangkau pula.

3. Untuk Mengelompokan Adanya Konten Tertentu

Berikutnya, hashtag instagram berfungsi dalam mengelompokan suatu konten tertentu, yang bisa kita contohkan seperti adanya konten kuliner. Maka bila Anda ketikan hashtag atau tanda pagar, yang disertai dengan kata tambahan tertentu seperti “Kuliner Tradisional”, maka munculah semua konten terkait makan-makan, cara masak, ataupun semuanya terkait kuliner makanan tradisional tertentu. Konten yang Anda temukan ini bisa berupa video ataupun foto, yang di posting dengan adanya info caption beserta hastag tersebut.

4. Untuk Akses Promosi Produk di Instagram

Online shop, pasti akan terbantu dengan adanya hashtag di Instagram. Karena hashtag ini selain bisa dipajang di posting an, namun juga bisa tertera dalam biografi akun Anda, serta juga di Instagramstory. Maka beberapa influencer ataupun selebgram, biasanya akan mempromosikan suatu produk dengan menggunakan hashtag juga supaya mudah dicari dan ditemukan. Dengan begitu, proses promosi produk dengan menggunakan hashtag ini bisa menjadi lebih luas dan semakin cepat menyebar.

5. Untuk Mempermudah Anda Menemukan Suatu Event

Bila ada suatu event, maka mereka akan membiasakan untuk menggunakan hashtag instagram supaya banyak orang yang akan ikut berpartisipasi dalam acara. Contoh saja bila ada giveaway suatu produk, maka akan ada hashtag yang berbunyi keterangan produk tersebut. Misalkan saja produk kecantikan, maka ada khusus hashtag yang berbunyi “Cantik Alami Bersama...” yang menyebutkan nama produknya, ataupun jargon lain yang unik dan mudah dihafal.

6. Untuk mengelompokan konten dan memudahkan pencarian

Fitur tagar ini lah yang kemudian mewakili suatu percakapan yang sedang hangat dibicarakan, sehingga orang lain bisa mengikuti percakapan mengenai satu topik tertentu.

Hashtag atau tagar bisa digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa teks, foto, video, event, dan lain-lain.

Dengan menyertakan hashtag atau tagar pada postingan tersebut, maka nanti semua update tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

7. Untuk kampanye lintas platform

Hashtag atau tagar juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial.

Misalkan saja, jika biasanya kita menyertakan hashtag atau tagar Instagram, maka dengan menyertakan hashtag atau tagar di media sosial seperti Facebook atau Twitter tentang postingan yang sama, maka post yang kamu share di Instagram akan muncul pula di Facebook atau Twitter dengan mudah karena adanya hashtag yang sama tersebut.

Dengan kata lain, hashtag yang kalian tulis di Instagram akan dengan mudah ditemukan juga di Facebook maupun Twitter.

Keberadaan hashtag atau tagar di media sosial memang dinilai dapat memberikan manfaat lebih khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online.


Itulah Penjelasan mengenai peran hastagh di instagram dari kami, semoga bermanfaat!


Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111 

Komentar

Postingan populer dari blog ini