Mengenal Bisnis Live Streaming




Daftar Isi: 

1. Jenis-Jenis Bisnis Live Streaming
3. Jenis Live Streaming yang Kini Digunakan
4. Tips dan Trik Bisnis Live Streaming

  • Live Streaming Broadcast Video

Live streaming broadcast video adalah suatu proses perekaman audio dan video secara live (langsung) dimana output yang dihasilkan akan seketika ditayangkan lewat aplikasi atau platform yang dipilih. Live streaming broadcast video, mencakup hal yang luas mulai dari Live Radio, Internet Radio, Live televisi, lnternet televisi dan Live Blogging. Misalnya pada Live televisi, adalah siaran langsung produksi televisi secara real time yang dan bisa mengacu pada streaming televisi via internet.

Seperti yang kamu tau, acara yang disiarkan secara langsung diantaranya siaran berita, acara pagi, acara penghargaan, dan program olahraga. Tentunya, siaran langsung yang ditayangkan Televisi tidak diedit dan hanya ditampilkan sebagaimana yang direkam secara real time.
Kamu tau Instagram, Facebook, Youtube? Yups! Aplikasi ini tentunya sudah tidak asing kamu dengar. Pada awalnya streaming banyak sekali dipakai dengan menggunakan pesawat televisi, namun seiring berjalannya waktu live streaming sudah bisa dilakukan melalui platform-platform seperti Instagram, Facebook, Youtube dan aplikasi media sosial lainnya yang membolehkan pengguna menjalankan video live streaming dari ponsel mereka.

Dalam prosesnya, live streaming berfungsi untuk melihat seberapa banyak penonton yang melihat acara yang kamu buat, sehingga dapat membangun engagement antara host dan audience. Kamu bisa menjangkau penonton mereka secara real time seraya melakukan streaming konten tentang produk, tanya jawab, game, kelas, event online dan banyak lagi.

  • Usaha Bisa Diketahui Banyak Orang

Sudah tentu hal yang satu ini, bisa menjadi bagian dari sejumlah manfaat yang ada. Sebagai seorang pengusaha dibidang online, yang kemudian lakukan proses live streaming, tentu saja hal yang satu ini bisa menjadi manfaat paling dasar dan juga mudah diketahui oleh semua orang. Karena media sosial yang memiliki cakupan yang tak terbatas, dengan audience yang sangat luas, bisa memberikan hal yang satu ini kepada semua orang yang menggunakannya.

Jika sebuah brand yang Anda miliki, lengkap dengan produk yang Anda masukan ketika live streaming diketahui banyak orang. Maka dengan demikian, akan banyak sekali orang yang bisa lebih mengenal apa saja yang Anda jual atau tawarkan. Tentu saja dengan demikian, bisa memberikan angin segar untuk Anda semua yang lakukan proses tersebut tentunya.

  • Kesempatan Untung Besar Terbuka Lebar

Selanjutnya, setelah Anda lakukan proses live streaming dan tentunya sudah banyak sekali orang yang mengetahui perihal usaha Anda. Maka tentu saja bukan tidak mungkin lagi, jika kemudian Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Hal ini karena banyaknya orang yang menonton live streaming, dan kemudian merasa tertarik hingga ini membeli apa yang Anda jual tersebut.

Kesempatan untuk bisa dapatkan keuntungan tentu saja akan lebih terbuka lebar. Jika kemudian Anda bandingkan ketika sebelum lakukan proses live streaming tersebut. maka chance nya akan terasa lebih berbeda. Hal inilah yang kemudian harus menjadi sebuah poin yang mesti disadari oleh Anda semuanya. Mulai dari sekarang jika ingin dapatkan keuntungan besar. Jangan segan untuk lakukan live streaming tentunya.

  • Peluang Usaha Lebih Sukses Lagi

Selain itu juga, ketika Anda sebagai seorang pengusaha dibidang online lakukan live streaming. Hal yang satu ini bisa dengan sangat otomatis Anda dapatkan. Tentunya karena sudah banyak orang yang bisa mengetahui produk Anda. Juga lebih dari itu, banyaknya orang yang melakukan proses order terhadap produk yang dimilliki. Maka sudah tidak mungkin, Anda bisa dapatkan peluang usaha yang lebih sukses dan juga besar lagi dibandingkan yang sebelumnya.

Tentu saja hal tersebutlah yang selalu diinginkan oleh semua orang yang memiliki usaha online. meski tidak hanya kepada pengusaha online saja tentuny, karena semua pengusaha dibidang dan jenis usaha apapun yang ditekuninya, akan menginginkan hal yang sama dalam proses perjalan kariernya dibidang usaha online. Sudah tidak aneh lagi bukan.?

Untuk bisa lakukan live streaming dan juga bisa menarik minat dari para penontonnya. Tentu saja Anda harus melakukan sejumlah hal terlebih dahulu. Apasajakah itu? Anda bisa menyimak dan juga mengetahui informasinya dibawah ini. Tujuannya agar lebih menyukseskan usaha Anda, dan juga bisa memberikan peluang kesuksesan elebih besar lagi nantinya.


Jenis Live Streaming yang Kini Digunakan

Jika dilihat dari jenisnya, setidaknya ada beberapa macam streaming yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Berikut sekilas penjelasannya:

  • Prerecord Streaming

Jenis yang pertama ini dijalankan dengan terlebih dahulu merekam video atau konten yang akan disiarkan, kemudian menyimpannya pada media tertentu (bisa media online atau media fisik seperti hardisk). Setelah disimpan, baru kemudian host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

Adalah merekam dulu sebuah video kemudian disimpan ke harddisk, lalu menayangkannya. Misalnya saja YouTube yang menempatkan jutaan video milik pengguna ke server sebelum memutarkannya ke pengguna lain. Ada banyak layanan prerecord streaming selain YouTube seperti Vimeo, Dailymotion, Metacafe dan masih banyak lagi.

Hari ini, YouTube boleh dikatakan sebagai website prerecorded streaming terpopuler yang mempunyai ratusan juta pengakses tiap harinya yang mampir untuk menyaksikan beragam muatan video youtube yang ditawarkan. Dari YouTube ini para pengguna pun dapat meng-upload video mereka sendiri agar bisa disaksikan pengguna lain dari berbagai belahan dunia.

Sedikit berbeda dengan Prerecord Streaming, Live Streaming dilakukan dengan konsep kerja seperti siaran langsung pada televisi. Artinya, pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan pada media yang dimilikinya. Nantinya host dapat melihat secara langsung setiap detik yang dilalui oleh pemilik konten tersebut, sehingga engagement yang terjalin dapat lebih erat.

Kata “streaming” dan “live streaming” kerap dipakai secara bergantian, meski keduanya punya arti berbeda. Arti streaming yaitu menyediakan media lewat Internet yang bisa dimainkan ketika didownload. Sedangkan arti live streaming yaitu tipe streaming spesifik yang di-broadcast di waktu berbarengan. Biasanya live streaming lebih bersifat pribadi, apa adanya, dan tidak penting.

Live streaming  cenderung memperoleh keterlibatan penonton hingga 10x lebih banyak dibanding prerecord streaming. Itu adalah pengalaman dimana pembuat video “harus hadir” saat itu. Penonton punya pilihan untuk memberikan komentar dan reaksi yang tersedia di layar secara real-time, Hal mudah untuk mengecek apakah pengguna sedang menyaksikan live streaming yakni apakah video tersebut mempunyai panjang yang ditentukan. Apabila tak ada penghujung akhir video dan pengguna pun tak bisa melompat maju , maka video itu adalah live streaming.

Kebanyakan live streaming pun menunjukkan tanda “live” di bagian tertentu di layar. Hanya saja, video yang direkam sebelumnya boleh jadi juga menampilkan tanda “live” sehingga pengguna bisa terkecoh. Kebanyakan perangkat lunak live streaming pun biasanya menawarkan antarmuka chat langsung di sebelah tampilan video. Fitur tersebut akan memudahkan pengguna menikmati video sambil memberikan komentar atau respon dari video tersebut.

  • Live Broadcast Video

Yaitu melakukan proses perekaman audio dan video secara live dimana output yang dihasilkan akan seketika ditayangkan lewat aplikasi yang dipilih. Live Broadcast sendiri mencakup hal luas mulai dari Live radio, Live television, Internet television, Internet radio, Liveblogging, dan tak terkecuali Live streaming. Live television misalnya adalah siaran langsung produksi televisi secara real-time, sebagaimana yang ada saat ini. Live television pun bisa mengacu pada streaming televisi via internet.

Di kebanyakan hal, siaran langsung seperti yang ditayangkan di TV, namun tidak diedit dan hanya ditampilkan sebagaimana yang direkam sebelum ditayangkan. Acara yang disiarkan live itu mencakup siaran berita, acara pagi, acara penghargaan, program olahraga, program realitas dan, adakalanya episode serial televisi.

  • Platform Live Streaming

Twitch merupakan contoh platform live streaming yang terkenal, utamanya dipakai oleh para gamers yang ingin menayangkan aktifitas game mereka secara live dari Internet. Platform ini pun berguna menayangkan siaran eSports secara live.

Kemudian ada lagi perangkat lunak streaming pribadi, misalnya Periscope dan Facebook Live yang membolehkan pengguna menjalankan streaming video live dari ponsel mereka.

Sementara YouTube Live adalah kemudahan melakukan siaran langsung yang dapat dilakukan para pemilik akun di YouTube yang bisa disaksikan oleh jutaan pemilik akun lain.

  • YouTube Live Streaming

Live Video tak bisa dibantah adalah salah satu cara terefektif untuk menyampaikan konten sekaligus meningkatkan komunitas online. Lewat pengalaman live streaming, pembuat konten bisa mempresentasikan bisnis dan merek mereka langsung ke pemirsa, sekaligus berinteraksi dengan mereka secara live, sembari mengembangkan jaringan lebih jauh.

Hingga beberapa tahun silam, YouTube menjadi platform video dengan fokus ke video on demand. Pengguna bisa meng-upload video mereka kemudian membagikannya di channel mereka. Bersama peningkatan popularitas live streaming YouTube pun mengembangkan Live YouTube sebagai sarana streaming langsung bagi para pengguna.

Berkat YouTube live maka pengguna bisa menjangkau penonton mereka secara real time seraya melakukan streaming konten tentang produk, Tanya Jawab, game, kelas, dan banyak lagi. Termasuk kelebihan YouTube live yang paling nyata dibandingkan Facebook Live yaitu fasilitas untuk memonetisasi live streaming tersebut. Walaupun Facebook live menawarkan berbagai fitur baru demi memperbaiki sistem monetisasi mereka bagi para kreator namun masih belum segampang di YouTube.

  • Live Streaming YouTube TV

Google di tahun 2017 lalu meresmikan layanan live streaming terbaru yang dinamakan ‘YouTube TV‘. Layanan ini menyediakan banyak konten televisi premium yang akan disiarkan bersama-sama dengan jutaan konten YouTube yang lain dengan mengakses tv.youtube.com.

YouTube memiliki maksud membidik pangsa pasar masyarakat yang belum sekalipun punya akses berlangganan TV kabel dengan menyediakan alternatif saluran lewat YouTube TV. Para pengguna YouTube TV bisa menggunakan layanan berlangganan dari beberapa penyedia konten besar misalnya ABC, CBS, NBC dan FOX.

Live streaming YouTube ini berbayar dengan biaya $ 35 / bulan. Para pelanggan bisa menikmati lebih dari 30 channel TV populer, di samping berbagi single subscription hingga enam akun pengguna dalam satu keluarga. Jadi tiap anggota keluarga akan mempunyai akses ke akun YouTube pribadi mereka masing-masing ketimbang mesti berbagi satu akun yang sama. Sehingga, tiap pengguna akan bisa menikmati pengalaman menonton konten yang dibuat khusus dengan kemampuan content-specific algorithms.

Kendati enam pengguna bisa login ke satu akun langganan untuk beberapa akun YouTube, namun akses live streaming ini ditentukan cuma untuk tiga video pada waktu tertentu. Layanan streaming YouTube ini pun support fitur DVR berplatform Cloud yang mempunyai kapasitas penyimpanan unlimited.

Hanya saja tersedianya konten lewat layanan streaming YouTube ini dibatasi penyiar channel sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Pun HBO dan Turner Broadcasting belum ikut bergabung dengan Google untuk memberikan layanan live streaming channel mereka. Itu artinya para pelanggan YouTube tak akan punya akses menikmati channel TV seperti TBS, CNN dan TNT, AMC Networks, A + E Networks, dan Discovery Communications.


Tips dan Trik Bisnis Live Streaming

  • Pilih platform yang Anda mau

Jika Anda sudah mau memulai live streaming, Pertama-tama yang harus Anda pikirkan adalah platform apa yang ingin Anda pakai. Seperti yang sudah disebutkan diatas, hampir semua sosial media sudah mendukung fitur Livestreaming. yang paling populer yaitu Instagram Live dan YouTube Live.
  1. YouTube Live merupakan salah satu platform live streaming yang paling populer. Dengan YouTube Live, Anda juga dapat mengintegrasikan video Anda ke sosial media lain seperti Facebook. YouTube Live juga menyediakan untuk desktop dan mobile. Kalau Anda ingin memonetisasi Livestreaming Anda, Anda dapat menambahkan ads ke Livestreaming Anda walau tidak kami sarankan karena dapat mengganggu.
  2. Instagram Live merupakan platform live streaming yang juga banyak pakai. Dengan dirilisnya fitur Instagram Stories dan IGTV, Instagram telah menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai wilayah market video mobile. Dengan fitur tersebut, mereka ingin engagement user mereka di  Instagram meningkat. Jika Anda ingin livestream dengan Instagram, Anda dapat kemudian menyimpan videonya ataupun langsung posting ke IGTV serta Instagram Stories.
  3. Facebook Live juga adalah salah satu platform livestreaming yang banyak digunakan. Facebook masih mempunyai tempat khusus di pasar livestreaming. Facebook fleksibel yang memungkinkan user untuk memakai berbagai pilihan kamera dan audio. Selain itu, facebook masih memprioritaskan livestreaming dalam feed Facebook serta semakin fokus pada konten video.

  • Tetap lakukan persiapan

Meskipun spontanitas merupakan salah satu daya tarik livestreaming, tetap ada baiknya jika Anda untuk mempersiapkan 3 hal berikut :
  1. Atur jadwal. Jika Anda melakukan livestream lalu hanya ada sedikit orang yang menonton, tetap lanjutkan livestream Anda. Pastikan bahwa Anda memulai livestreaming sesuai jadwal. Jangan kecewakan audiens yang sudah menunggu anda.
  2. Siapkan sesi tanya jawab. Selama presentasi formal, ada waktunya sesi tanya jawab di mana audience bisa mengajukan pertanyaan dan pembicara akan menjawabnya. Setiap livestreaming mungkin tidak akan menjadi presentasi formal, namun Anda tetap perlu mengatur waktu untuk sesi menjawab pertanyaan dan sesi dialog dengan audience.
  3. Jangan batasi waktu livestreaming Anda. Kalau Anda sudah mendapat banyak pertanyaan menarik dari audience Anda, tidak ada salahnya Anda untuk melanjutkan diskusi. Apalagi jika pertanyaan mereka memberi nilai lebih untuk audience Anda. Anda dapat meningkatkan engagement dengan konten terpopuler yang lebih menarik dan informatif.

  • Promosikan event live streaming Anda

Sama seperti event pada perusahaan lainnya, jangan lupa untuk mempromosikan event terbaru anda. Anggaplah event live streaming Anda sebagai sebuah konferensi web yang paling bergengsi. Pilihlah topik terhangat yang Anda rasa dapat mengundang banyak orang untuk menontonnya. Undang pembicara expert di topik tersebut dan dapat menarik perhatian audience Anda. Dengan mengundang pembicara yang ahli, Anda dapat memberi nilai lebih untuk mereka yang menonton. Lalu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan digital advertising melalui sosial media untuk mencari peserta sebanyak mungkin dengan mempromosikan topik dan siapa saja pembicaranya. 

  • Berikan konten eksklusif untuk para peserta

Salah satu cara mudah untuk mencari peserta live streaming yang paling sering dipakai adalah dengan menawarkan mereka berbagai jenis konten eksklusif. Bisa dalam bentuk :
  1. Informasi dari expert yang jarang dibahas untuk publik
  2. Resources yang bisa mereka dapatkan jika mereka telah melakukan registrasi
  3. Informasi khusus yang hanya bisa didapatkan jika mereka telah melakukan registrasi
  4. Diskon khusus untuk pembelian produk tertentu bagi peserta livestreaming
Masih ada banyak hal lain yang dapat Anda tawarkan untuk menarik perhatian banyak orang supaya mau bergabung dan menyaksikan video Anda.



Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111 


Komentar

Postingan populer dari blog ini