Mari Mengenal Sales Script
Pengertian Sales Script
Siapa bilang script hanya dibutuhkan oleh seorang pemain sinetron? Nyatanya, seorang sales juga sangat membutuhkan script dalam pekerjaan sehari-harinya, lho!
Dikutip dari RingDNA, script sales adalah serangkaian poin pembicaraan yang biasanya digunakan telemarketer dan sales representative ketika berbicara dengan calon pelanggan.
Isi script tersebut bisa saja berbeda, tergantung peran dan kebutuhan sales itu sendiri.Biasanya, script paling sederhana diisi dengan poin-poin utama yang akan disampaikan sales selama presentasi.
Namun, jika ingin lebih detail, script bisa juga berisi kata-kata dari awal hingga akhir percakapan sales dengan calon pelanggan. Biasanya, sales script yang detail tersebut digunakan oleh telemarketer ketika berbicara melalui telepon.
Meski demikian, banyak orang menganggap sales script tidak terlalu penting. Sales script dianggap membatasi cara berbicara dan intonasi sales. Jadi, sales tidak dapat mengekspresikan kata-kata seperti saat berbicara seperti biasanya.
Namun, sales script sebenarnya sangat berguna, terutama bagi sales pemula. Sales script adalah solusi yang bisa membantu seorang sales untuk menyiapkan pertanyaan, respons, dan jawaban terbaik. Jadi, apa yang dikatakan sales akan fokus dan sesuai dengan tujuan perusahaan.
Fungsi Sales Script
Sales script adalah salah satu tools yang amat dibutuhkan oleh mereka yang berkecimpung di bidang penjualan.
Namun, sebenarnya apa saja fungsi sales script?
1. Memulai percakapan
Hal tersulit dari public speaking adalah memulai percakapan, termasuk dalam pembicaraan sales.Jika sudah dimulai, anda akan lebih mudah merangkai kata-kata dalam percakapan tersebut. Oleh karena itu, anda membutuhkan sales script. Script ini akan membantumu memulai percakapan dengan baik.
2. Menjaga fokus pembicaraan
Sales pemula mungkin akan kesulitan untuk fokus pada poin-poin yang ingin disampaikan. Ketika calon pelanggan merespons suatu hal di luar konteks, anda mungkin akan terus menanggapinya.
Kemudian, anda baru sadar jika percakapanmu dengan calon pelanggan sudah di luar konteks yang seharusnya. Nah, sales script adalah solusi yang tepat untuk menjaga fokus pembicaraan.
3. Mengevaluasi strategi sales
Fungsi sales script berikutnya adalah mengevaluasi strategi sales. Setiap menggunakan sales script, anda akan semakin memahami mana bagian-bagian yang mendapat respons baik dari calon pelanggan dan mana yang tidak.
Kemudian, anda bisa mengevaluasi dan menggantinya dengan kata atau poin lain yang lebih baik.
4. Menumbuhkan kepercayaan diri
Apakah anda sering grogi karena tidak tahu harus bicara apa? Atau, apakah anda sering menggumam, “Hmm,” ketika berpikir apa yang harus anda katakan berikutnya? Itu tandanya anda sedang tidak percaya diri.
Nah, sales script bisa membantumu lebih percaya diri. Dengan adanya poin-poin percakapan, kamu tidak perlu khawatir akan apa yang harus kamu bicarakan dengan calon pelanggan.
5. Membantu mengingat informasi detail
Ada kalanya seorang sales perlu menyampaikan hal-hal yang bersifat teknis dan detail kepada calon pelanggan. Dengan sales script, anda tidak perlu menghafal satu per satu informasi tersebut.
Anda tinggal melirik script yang telah anda buat. Jadi, kamu pun terhindar dari kesalahan penyebutan.
6. Menjawab berbagai respons
Jawaban calon pelanggan bisa saja tidak terduga. Kamu mungkin mengharapkan jawaban A, tetapi mereka menjawab B, C, atau D. Nah, sales script adalah hal yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.
Cara Membangun Sales Script yang Efektif
1. Lakukan riset terlebih dahulu
Tips sales pitch pertama adalah riset. Riset haruslah menyediakan informasi mengenai calon customer (lead) Anda dan apa yang paling mungkin menarik minat mereka, kemudian membuat produk atau jasa Anda menjadi solusi yang mereka cari. Karena itu, Anda tidak bisa hanya menginformasikan mengenai brand Anda dan berharap leads mengerti dan tertarik. Berusahalah untuk membuat calon customer merasa jika kebutuhannya diperhatikan.
2. Pastikan Anda mengenal dan memiliki akses kepada para penentu keputusan
Tips sales kedua untuk melakukan pitch yang efektif adalah mengenal. Jika Anda memberikan informasi dan berusaha mengatasinya semenarik mungkin namun Anda tidak memiliki koneksi ke penentu keputusan pembelian, maka sales pitch Anda dapat berpotensi dilewatkan begitu saja. Untuk itu, pastikan orang yang Anda ajak berbicara adalah orang yang tepat. Jangan menghabiskan waktu Anda maupun waktu orang lain.
3. Mulailah menjelaskan secara lebih mendetail bagaimana brand Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka
Tips sales pitch selanjutnya bermulai dengan penjelasan produk/jasa Anda. Fokuslah pada cara-cara memenangkan hati leads, memicu mereka merubah pikiran dan melakukan tindakan. Caranya adalah dengan menyediakan visi dan menjelaskan bagaimana mereka dapat memenuhinya dengan cara yang lebih baik. Memenangkan hati customer tidak hanya soal berjualan, namun lebih kepada mengutamakan kepentingan mereka di atas keperluan brand awareness Anda.
4. Tanggapi penolakan customer dengan “penolakan” balasan
Yang dimaksud dengan “penolakan” balasan adalah informasi yang sudah dipersiapkan seandainya penolakan terjadi dari calon customer Anda. Kebanyakan penyebab terjadinya penolakan adalah adanya masalah pada budget, otoritas pengambil keputusan, pertentangan dengan kebutuhan serta waktu yang belum sesuai. Persiapkan argumen dalam keempat hal ini dan terbukalah untuk mengadakan diskusi dalam sales pitch Anda. Anda dapat mengetahui apa saja hal-hal yang dianggap paling berharga oleh calon customer Anda tersebut.
5. Pastikan Anda mendengarkan apa yang diinginkan calon customer
Jangan menjadi terlalu fokus terhadap sales pitch yang sempurna sehingga Anda menjadi tidak peduli akan apa yang sebenarnya diinginkan oleh calon customer Anda. Jangan berusaha mencekoki calon customer dengan pengetahuan Anda dan jagalah agar pikiran Anda tetap terbuka untuk menerima kritik dan saran dari calon customer sehubungan dengan brand Anda.
6. Sales pitch yang efektif memiliki call to actions
Setelah mendengarkan kritik dan saran serta apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh customer Anda, simpulkan sales pitch Anda dengan melakukan call to actions yang masuk akal agar menjadi efektif. Bagaimanapun keputusan akhir calon customer, Anda tetap harus mempertimbangkan prospek yang mungkin terjadi sebelum berpindah ke follow up atau masa percobaan. Jadilah proaktif dengan melakukan call to actions.
7. Sales pitch yang efektif memasukkan referral
Dalam melakukan tips sales pitch ini, pastikan Anda masukkan juga referral yang Anda peroleh dari klien Anda saat ini. Referral ini dapat membantu terjadinya penjualan langsung setelah sales pitch diberikan jika calon customer mendapatkan rekomendasi dari klien Anda yang juga sudah dikenal sang calon customer.
Pastikan materi presentasi yang Anda hadirkan juga jelas dan tidak terlalu panjang untuk menjaga perhatian calon customer tetap terfokus.
Cara Membuat Sales Script
Pasalnya, sales script adalah tulisan yang bersifat dinamis. Kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan penjualanmu.
Berikut langkah-langkah membuat sales script.
- Pahami produk atau jasa yang ditawarkan
- Pahami siapa calon pelangganmu
- Cari tahu manfaat produk atau jasamu bagi calon pelanggan
- Hubungkan manfaat tersebut dengan pain point calon pelanggan
- Tanyakan pain point yang mereka alami
- Jangan terlalu banyak bicara
- Selalu tutup dengan pernyataan yang berhubungan dengan calon pelanggan
Lalu bagaimanakah cara membuat naskah tersebut? Berikut beberapa cara menyusun sales script untuk dobrak omset, yaitu:
1. Pahami Produk yang Akan Ditawarkan
Sebelum bertemu dengan calon konsumen untuk menawarkan barang atau produk yang Anda miliki. Mulai dari bahan pembuat produk tersebut, kelebihan, cara kerja produk, ketahanan produk, kualitas produk, hal yang tidak boleh dilakukan terhadap produk, dan detail produk lainnya.
Jangan lupa pula sebelum menjelaskan detail produk dan lain-lainnya, Anda perkenalkan dulu perusahaan Anda, nama Anda (jika perlu), serta pengertian dari produk tersebut.
2. Kenali Calon Pembeli
Cara selanjutnya yaitu dengan mengenal calon pembeli agar Anda bisa memahami calon pembeli tersebut. Misal jika target pasar Anda adalah Ibu Rumah Tangga, maka cari tahu serba-serbi tentang Ibu Rumah Tangga.
Dengan Anda memahami mereka, calon pembeli akan berpikir bahwa Anda bisa mengerti keadaan mereka dan berada di pihak mereka.
3. Sebutkan Kelebihan Produk yang Ditawarkan
Cara menyusun sales script berikutnya yakni dengan menyebutkan semua kelebihan produk yang Anda tawarkan. Atau Anda bisa menyebutkan beberapa kelebihan saja yang kiranya menarik di mata target.
Misal untuk produk Alat Kebersihan Modern memiliki kelebihan pengguanaan praktis, hemat listrik, terbuat dari bahan yang aman, harga terjangkau, dan kelebihan lainnya. Dari beberapa kelebihan tersebut cukup sebutkan penggunaan praktis, harga terjangkau, dan hemat listrik saja untuk target Anda seorang Ibu Rumah Tangga.
4. Sebutkan Manfaatnya atau Urgensinya untuk Kebutuhan Sehari-hari
Setelah menyebutkan kelebihan produknya, jangan lupa untuk menyusupkan kata-kata yang berisi manfaat dari produk tersebut. Rubah juga mindset calon pembeli dengan menjelaskan urgensi atau alasan kenapa mereka harus membeli barang tersebut dari Anda saat itu juga.
5. Siapkan Jawaban Atas Kemungkinan Pertanyaan yang Muncul
Memang tidak wajib, tapi terkadang konsumen menanyakan beberapa hal yang belum Anda jelaskan. Misal untuk produk pembersih rumah yang modern. Calon pembeli akan menanyakan apakah alat itu mudah dipakai? Apakah alat tersebut tidak berbahaya dipakai oleh orang awam? Dan masih banyak lagi.
Kesimpulannya, sales script adalah hal yang sangat krusial bagi seorang sales. Script bisa menjaga fokus pembicaraan sales dan mempersiapkan respons untuk calon pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan contoh sales script di atas untuk membuat script yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar