Mari Mengenal Zero Marketing
Pengertian Zero Moment Of Truth
Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah pengambilan keputusan tanpa melihat produk secara langsung, atau dengan cara membandingkan review dan ulasan mengenai sesuatu hal atau produk yang dijadikan rujukan konsumen lain dalam menentukan suatu tujuan atau mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian.
Zero Moment of Truth (ZMOT) memang termasuk sesuatu yang baru dalam perkembangan teknologi saat ini. Zero Moment of Truth (ZMOT) terjadi ketika anda ingin membeli atau mencari sesuatu dan anda mencari informasi di internet dengan cara membanding-bandingkan antara satu dengan lainya serta melihat ulasan dari pelanggan lain untuk meyakinakan keputusan untuk menentukan pilihan.
Sebagai contoh, anda sekeluarga akan berlibur ke kota A untuk pertama kalinya dan merencanakan tujuan wisata mana saja yang akan anda tuju. Anda mencari berbagai ulasan mengenai pengalaman orang lain yang telah berkunjung di berbagai tempat wisata di kota A.
Setelah membaca berbagai ulasan dan melihat foto-foto di internet, anda mantap untuk menentukan obyek wisata mana saja yang akan anda kunjungi di kota A. Selain obyek wisata, hotel dan budget yang akan anda gunakan juga hasil dari membaca review dari orang lain di website ataupun di media sosial. Nah, contoh cerita diatas adalah contoh Zero Moment of Truth (ZMOT).
First Moment of Truth (FMOT)
First Moment of Truth (FMOT) sebuah konsep yang pertama kali diusulkan pada tahun 2005 oleh perusahaan Procter & Gamble atau yang lebih dikenal dengan P&G yang memproduksi produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, sampo, dan lain sebagainya. First Moment of Truth (FMOT) adalah momen ketika seorang calon customer berhadapan langsung dengan produk yang mereka butuhkan.
Dalam First Moment of Truth (FMOT) tampilan kemasan dan isi informasi produk sangat berpengaruh dalam mengambil alih hati konsumen. Dalam momen ini, seorang calon konsumen dapat merubah keputusan pembelian produk yang sebelumnya telah direncanakan hanya dengan melihat tampilan produk dan informasi yang disampaikan.
Di era sekarang, First Moment of Truth (FMOT) tidak hanya pada konsumen melihat produk di rak-rak supermarket, melainkan mencakup ke hal yang lebih luas seperti halnya Seorang calon pembeli restoran melihat gambar-gambar yang ada di poster dan menu restoran atau wisatawan yang melihat gambar-gambar di brosur sebelum memilih untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Second Moment of Truth (SMOT)
Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen ketika konsumen memakai produk yang telah dibeli. Momen ini adalah momen yang sangat mempengaruhi loyalitas konsumen. Apakah produk yang ditawarkan memiliki kemampuan seperti seharusnya.
Sebagai contoh, seorang konsumen membeli makanan yang menurutnya enak ketika melihatnya di banner, namun ketika dia mencobanya, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasinya dan menjadikan kepuasan konsumen tersebut rendah dan membuat konsumen tidak ingin membelinya lagi.
Oleh sebab itu, Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen terpenting yang sangat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.
Proses Mendapatkan Customer Zero Moment Of Truth
Sebelum berkembangnya internet dan dunia online, proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau barang yang dilakukan oleh konsumen ditentukan oleh stimulus, first moment of truth (FMOT), dan second moment of truth (SMOT). Penjelasan proses tersebut dijabarkan sebagai berikut:
- Stimulus, merupakan sebuah proses dimana calon konsumen mendapatkan informasi terkait produk yang ingin dibeli.
- First Moment of Truth (FMOT), Kemudian setelah calon konsumen mendapatkan informasi, barulah masuk ke tahap First Moment of Truth (FMOT), dimana seorang konsumen melihat secara langsung produk atau barang dengan mendatangi tokonya atau dimana barang atau jasa tersebut berada.
- Second Moment of Truth (SMOT), Setelah konsumen membeli produk atau jasa yang diinginkannya, konsumen akan memakai produk tersebut. Dan berlanjut pada proses Second Moment of Truth (SMOT), dimana konsumen merasa puas dengan menggunakan produk dan jasa yang dibelinya.
Namun, proses diatas saat ini sudah tidak relevan lagi karena berkembangnya dunia online, dimana untuk proses memenangkan konsumen menjadi sedikit berbeda. Saat ini, setelah calon konsumen melalui proses stimulus, mereka tidak langsung menuju ke tahap First Moment of Truth (FMOT).
Namun mereka akan menuju ke tahap Zero Moment of Truth (ZMOT) terlebih dahulu. Dan berikut adalah proses mendapatkan konsumen dengan Zero Moment of Truth (ZMOT).
- Stimulus, Proses dimana calon konsumen mendapatkan produk atau jasa yang akan dibeli
- Zero Moment of Truth (ZMOT), Proses dimana calon customer akan mencari informasi terkait produk yang akan dibeli. Pencarian tersebut meliputi rekomendasi produk dari orang berpengalaman, review dari orang yang sudah memakai dan ulasan terkait produk yang ingin dibeli. Informasi-informasi tersebut akan mempengaruhi calon konsumen dalam pengambilan keputusan untuk membeli barang yang diinginkan.
- First Moment of Truth (FMOT), Proses dimana konsumen melihat produk atau jasa secara langsung, hal ini bisa dilakukan dengan membeli produk terlebih dahulu jika pembelian secara online, atau melakukan pengecekan di toko yang menyediakan produk atau jasa yang dimaksud.
- Second Moment of Truth (SMOT), Proses dimana konsumen sudah mencoba produk atau jasa yang dia beli. Hasil mencoba produk tersebut akan dijadikan review oleh calon konsumen lain yang ingin membeli produk tersebut.
Konten Pada Moment Of Truth
Pada dasarnya moment of truth adalah permainan konten untuk mendapatkan hati dari konsumen. Agar konten anda bisa diterima oleh masyarakat, sebaiknya konten sesuai dengan target market yang telah anda tentukan. Selain memiliki konten yang sesuai dengan target market dari produk anda, hal yang tak kalah penting adalah melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan di berbagai termasuk media online (media sosial, website, mesin pencari, dan lain sebagainya) maupun secara offline.Konten dapat dibagi dari proses bagaimana seorang konsumen mengambil keputusan dalam membeli produk. Dan berikut adalah rekomendasi konten pada setiap proses moment of truth sebuah produk.
- Zero Moment of Truth (ZMOT), Konten yang ditampilkan pada proses Zero Moment of Truth (ZMOT) harus memuat informasi layanan mengenai produk. Anda perlu memahami calon konsumen anda dengan apa yang mereka butuhkan dan dengan gambar yang menarik serta informasi yang informatif. Jika anda sudah memiliki beberapa konsumen, mintalah untuk memberikan testimoni dan review guna lebih meyakinkan bahwa produk anda adalah produk yang meyakinkan untuk dibeli.
- First Moment of Truth (FMOT), pada tahap ini konsumen sudah mengetahui terkait produk yang mereka cari, dan anda tinggal lebih meyakinkan mereka agar mereka memutuskan membeli produk tersebut. Konten yang dimuat dalam First Moment of Truth (FMOT) adalah konten yang memperkuat keputusan pembelian seperti contoh berikut.
- Spesifikasi produk, berisi spesifikasi, FAQ dan pengiriman produk.
- Penawaran khusus, bisa berupa diskon ataupun bonus produk lain.
- Ulasan, Ulasan cukup penting dalam pengambilan keputusan oleh konsumen
- Testimoni, Hal yang dirasakan dan didapat setelah konsumen yang telah membeli produk
- Studi kasus, Menunjukkan produk benar-benar bisa dipercaya dengan menunjukan produk sudah diuji secara langsung
- Keterlibatan media sosial, Tanggapi setiap respon yang ada di media sosial
- Dukungan pelanggan, cantumkan kontak untuk membantu konsumen yang ingin bertanya atau menyampaikan pendapat.
- Second Moment of Truth (SMOT), merupakan momen dimana seorang konsumen sudah mencoba produk yang telah mereka beli. Dari sini lah akan muncul ulasan, review dan testimoni yang akan digunakan dalam Zero Moment of Truth (ZMOT). Berikut adalah jenis konten yang mendukung Second Moment of Truth (SMOT):
- FAQ produk, membantu konsumen dalam menjawab pertanyaan yang umum dilontarkan oleh konsumen lain
- Panduan pengguna, panduan pengguna berisi cara menggunakan produk tersebut serta pemecahan permasalah ketika terjadi permasalahan
- Media Sosial, Selain media pendukung dalam bentuk fisik, panduan ataupun FAQ juga dapat ditampilkan pada media sosial dengan tampilan yang lebih menarik
- Kuisioner, membantu dalam mengumpulkan feedback yang digunakan untuk perbaikan dan peningkatan layanan ke depannya.
Strategi Menjalankan Zero Moment Of Truth
1. Gunakan Search Engine Optimization (SEO)
2. Kumpulkan Ulasan dan Testimoni Positif
3. Optimalkan Social Media Marketing
4. Bangun Komunikasi yang Baik dengan Konsumen
Kesimpulan
Di era seperti sekarang ini Zero Moment of Truth (ZMOT) sangat berpengaruh dalam menentukan pengambilan keputusan konsumen. Review, ulasan, testimoni menjadi hal yang mudah diakses dan mudah untuk dibaca orang lain. Sehingga, calon konsumen yang akan membeli terbantu dengan testimoni atau ulasan konsumen yang sudah membeli produk tersebut agar lebih meyakinkan dalam pengambilan keputusan. Pada intinya kualitas produk sangat menentukan bagaimana sebuah produk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Sama halnya dalam memilih aplikasi yang ideal untuk perusahaan distribusi. SimpliDOTS telah meraih ribuan kepercayaan dan ulasan positif dari klien dan mitra bisnis yang sudah membuktikan penggunaannya.
Didukung fitur lengkap untuk mengelola, melacak, serta meningkatkan penjualan dan distribusi barang. SimpliDOTS juga memiliki tim ahli yang siap membantu kendala bisnis dalam hal distribusi. Yuk, pakai SimpliDOTS sekarang juga klik tautan ini, GRATIS tanpa kontrak apapun selama 14 hari.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar