Mengenal Manfaat Aplikasi Untuk Bisnis
Daftar Isi:
1. Pengertian Aplikasi
2. Manfaat Aplikasi Untuk Perkembangan Bisnis
3. Mengapa Pemasaran Aplikasi Penting?
Pengertian Aplikasi
Sebagai pengguna smartphone, Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai istilah aplikasi. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa pengertian aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone tersebut? Jika ditinjau berdasarkan ilmu komputer, aplikasi berupa perangkat lunak/program komputer.
Perangkat lunak/program komputer tersebut nantinya akan beroperasi pada sistem tertentu yang sengaja dibuat kemudian dikembangkan agar dapat melakukan perintah tertentu yang diinginkan. Perancang dan pengembang aplikasi yang disebut dengan developer akan merancang atau merakit aplikasi mereka yang kemudian menjualnya. Namun begitu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi gratis di Store smartphone Anda.
Mungkin saja bagi seorang pengguna, aplikasi adalah hasil akhir dari sebuah pengembangan yang bisa membantu mereka. Tapi bagi Anda yang masih bingung mengenai istilah tersebut, maka kenali lebih lanjut mengenai seluk beluk aplikasi di bawah ini. Simak dan ketahui apa saja yang disebut dengan aplikasi mulai dari pengertian, fungsi, klasifikasi, hingga contohnya secara detailnya.
Mengenal Pengertian Aplikasi
Aplikasi (lebih dikenal sebagai aplikasi) adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. Aplikasi sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler. Sejak kedatangan iPhone pada 2007 dan App Store pada 2008, aplikasi telah menjadi cara utama pengguna memasuki revolusi ponsel cerdas atau smartphone.
Selain itu, aplikasi telah membantu menciptakan sejumlah industri multi-miliar dolar. Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar per tahun, sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook secara besar-besaran berkontribusi pada pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal.
Peningkatan popularitas besar-besaran ini berdampak langsung bagi pengiklan. Penggunaannya yang meluas membuat penggunaan seluler sebagai saluran periklanan utama menjadi semakin penting bagi perusahaan. Baik perusahaan menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau iklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler sebagai industri yang berharga dalam skala global. Disamping itu, aplikasi seluler juga penting karena keserbagunaannya yang bisa membantu banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat.
Manfaat Aplikasi untuk perkembangan Bisnis
Seiring berkembangnya zaman, Penggunaan Smartphone semakin meningkat, sehingga memicu banyak penggiat usaha untuk mengembangkan bisnisnya melalui banyak cara yang salah satunya adalah digital marketing dan SaaS (Software as a Services) dengan memulai membuat website maupun apps.
Di pasar Mobile Apps sendiri, terdapat dua platform terpopuler, yang salah satunya adalah Android.
Android adalah Platform yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2008 dan terus berkembang hingga saat ini, Android juga merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai macam smartphone dari berbagai merek dan jenis juga komunitas Developer yang memadai, sehingga memudahkan bisnis kita agar dapat dijangkau oleh berbagai pengguna dan mudah untuk dieksekusi.
Selain manfaat tersebut, Android juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis, berikut Manfaat Aplikasi Android untuk perkembangan bisnis kamu :
Jangkauan Pengguna yang luas
Ketika mengembangkan sebuah Aplikasi Android untuk bisnis kamu, secara tidak langsung kamu memilih pasar yang luas, berdasarkan data dari statcounter pengguna aplikasi android di Indonesia hingga Feb 2021 mencapai 92.01% dari populasi, sehingga bisa disimpulkan bahwa memilih platform Android adalah hal yang tepat jika ingin menjangkau pengguna yang lebih banyak.
Mudah Dieksekusi, Dikembangkan, dan Terjangkau untuk User dan Developer
Salah satu kelebihan Android adalah platformnya yang Open-Source, sehingga Komunitas Developer dan resource Android sangat terjangkau, dan hal tersebut berdampak bagi Developer maupun bagi pengguna, berbeda dengan pesaingnya IOS yang mengharuskan Developernya untuk menggunakan Device khusus berupa Macbook dan Penggunanya yang diharuskan menggunakan Iphone.
Simplenya, ketika perusahaan kamu ingin membuat aplikasi Android, kamu tak akan kesulitan untuk mencari Developer, kamu tidak perlu menyediakan Device khusus untuk Developer, kamu tidak perlu membayar jutaan rupiah perbulan untuk mengupload Aplikasi kamu di store, dan pengguna tidak perlu smartphone yang mahal untuk mengakses Aplikasi kamu sehingga aplikasi kamu bisa digunakan oleh semua kalangan tanpa halangan faktor ekonomi, hebat bukan?.
Smartphone Disukai oleh Semua Orang
Sudah bukan rahasia lagi jika di jaman sekarang, sangat jarang didapati orang yang tidak memiliki Smartphone di luar faktor ekonomi dan budaya, dimana salah satu alasannya dikarenakan smartphone bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.
Penggunaan kapanpun dan dimanapun tentu saja menjadi sebuah nilai plus bagi smartphone, dan Android sebagai bagian dari hal tersebut tentu saja memilikinya, sehingga Aplikasi kamu sangat mungkin menjadi sebuah kebutuhan bagi pengguna.
Dan juga hal ini akan membantu kamu untuk membangun bisnis kamu agar dipercaya oleh pengguna, bukan hanya sebagai pembeli, tapi sebagai pelanggan yang akan setia menantikan produk – produk maupun fitur – fitur aplikasi kamu.
Meningkatkan Loyalitas dan Interaksi antara Pengguna dan Perusahaan
Ketika aplikasi diunduh oleh pengguna, maka proses tersebut adalah sebuah tanda jadi dari konsumen bahwa mereka tertarik dan bersedia melihat atau menggunakan bisnis kamu, yang tentunya seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, akan sangat menjadi penentu apakah pengguna menjadi konsumen setia, atau menjadi kecewa, yang mana hal ini akan menjadi proses yang mahal.
Sebagai contoh, ketika aplikasi yang diinstall oleh konsumen secara performa dan fitur sesuai harapan dan ekspektasi nya, maka selamat! kamu telah mendapat konsumen loyal.
namun perlu diingat ketika performa dan fitur aplikasi kamu tidak sesuai bahkan jauh dari harapan dan ekspektasi pengguna, maka sejak pengguna meng-uninstall aplikasi kamu, akan sulit mengembalikan kepercayaan pengguna dan pengguna hanya akan mengingat hal buruk yang dialaminya, sehingga penting bagi kamu selaku pelaku bisnis untuk rutin menguji aplikasi, memilih Developer yang handal dan melakukan banyak pertimbangan sebelum dan saat aplikasi dibuat.
Meningkatkan Reputasi, Profit dan Brand Awareness
Dengan membuat aplikasi Android, kamu telah memberikan sarana secara langsung tentang apa dan bagaimana bisnis kamu bekerja, dan Aplikasi tersebut juga akan menjadi sarana yang secara langsung membuat pengguna mengenal dengan baik brand kamu, yang akan membuat bisnis kamu berkembang dengan sangat pesat dan dikenal oleh banyak orang.
Mengapa Pemasaran Aplikasi Penting?
Tahukah Anda bahwa pengembangan aplikasi global pengeluaran mencapai hampir $30 miliar pada 2019? Apakah Anda juga tahu bahwa lebih dari 65% dari bisnis kecil dan organisasi besar sama-sama memiliki setidaknya aplikasi seluler?
Sosok-sosok itu berteriak, “kompetisi!” Oleh karena itu, Anda hanya akan mengabaikan pemasaran aplikasi seluler jika Anda tidak peduli untuk membuat audiens target Anda menggunakan dan tetap menggunakan aplikasi Anda. Ini tidak penting jika Anda tidak peduli tentang mendapatkan pengguna untuk aplikasi Anda.
Tapi saya kira Anda ingin pengguna selalu di aplikasi Anda. Oleh karena itu, pemasaran aplikasi seluler sangat penting. Namun, untuk memastikan kita berada di halaman yang sama, Anda harus tahu bahwa corong pemasaran aplikasi seluler terdiri dari lima tahap.
Lima tahap ini meliputi eksposur atau penemuan, pertimbangan, konversi, hubungan pelanggan, dan retensi.
Pada tahap pertama corong pemasaran seluler yang dikenal sebagai eksposur, apa yang akan Anda lakukan di sini akan memperkenalkan aplikasi Anda kepada audiens target Anda. Semua pesan dan pemasaran Anda akan membuat mereka sadar bahwa Anda memiliki aplikasi yang dapat membantu mereka memecahkan masalah tertentu.
Pada langkah selanjutnya, disebut pertimbangan, Anda akan ingin memberikan informasi yang diperlukan tentang aplikasi sambil menyoroti nilai dan keunggulan kompetitifnya. Pada tahap ini, Anda akan menjawab pertanyaan, “mengapa Anda?”
Pada tahap konversi, Anda memotivasi audiens untuk mengunduh aplikasi dan memegangnya dengan tangan melalui proses orientasi. Yang berikutnya sangat penting karena di sinilah Anda harus mendengarkan umpan balik mereka setelah menggunakan aplikasi Anda dan merespons. Tahap itu disebut Hubungan Pelanggan.
Tahap terakhir adalah penyimpanan. Di sinilah Anda memastikan bahwa audiens Anda yang telah mengunduh aplikasi melihat alasan untuk tidak berhenti menggunakannya. Anda harus terus membuat konten dan fitur baru sambil memberikan pengalaman pengguna yang sempurna.
Setelah mengatakan semua itu, jelas bahwa pemasaran aplikasi seluler bukanlah aktivitas satu kali. Anda harus terus membawa audiens target Anda melalui loop. Dan dengan persaingan yang akan Anda dapatkan dari bisnis lain, kini Anda tahu bahwa memasarkan atau mempromosikan aplikasi Anda bukanlah opsional, dan itu wajib!
Jadi, bagaimana tepatnya Anda mempromosikan aplikasi untuk menuai hasil kerja keras Anda dalam membuatnya? Mari kita cari tahu.
Buat Halaman Arahan Untuk Aplikasi
Cara terbaik untuk memasarkan aplikasi adalah tip pemasaran lama yang sederhana yang selalu berhasil, dan perbedaannya hanya pada audiens yang Anda pasarkan. Dan tip pertama dalam pemasaran aplikasi iOS atau pemasaran aplikasi android di sini adalah membuat halaman arahan untuk aplikasi.
Kami setuju bahwa situs web Anda biasanya merupakan kesempatan pertama Anda untuk mengesankan calon pelanggan Anda, jadi bukankah bijaksana untuk memiliki laman landas yang membahas titik kesulitan yang ditujukan pada aplikasi Anda? Anda akan ingin memastikan bahwa halaman arahan ini berbicara kepada pengunjung dalam bahasa mereka. Anda juga harus memastikan bahwa itu tidak kotor, menarik, ramah pengguna, dan kompatibel dengan semua browser dan perangkat.
Seperti halnya produk lain yang Anda promosikan, halaman arahan adalah alat hebat yang bertindak sebagai titik awal perjalanan pengguna. Anda harus menganggap ini serius.
Buat halaman arahan, tetapi pastikan itu berfungsi untuk membantu audiens target Anda melihat alasan untuk mendaftar atau mengunduh aplikasi Anda sekarang.
Periksa Dan Evaluasi Aplikasi Anda
Ketika orang memutuskan untuk mengunduh aplikasi, mereka biasanya langsung menuju ke App Store atau Play Store. Menurut Anda di mana mereka memeriksa sebelum menginstal aplikasi? Bagian ulasan dan peringkat!
Betul sekali; orang memeriksa apa yang dikatakan orang lain tentang aplikasi sebelum membuat keputusan akhir. Dan jika menurut Anda perilaku orang akan berubah dengan aplikasi Anda, Anda harus berpikir lagi.
Jadi apa yang harus Anda lakukan di sini? Periksa dan evaluasi aplikasi Anda. Langkah pertama adalah mendorong pengguna aplikasi untuk meninjau dan menilai aplikasi Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat fitur yang memudahkan penulisan ulasan, terutama tanpa keluar dari aplikasi.
Jika Anda menginginkan opini yang lebih kredibel, Anda dapat meminta peninjau profesional untuk meninjau aplikasi Anda. Anda harus mencatat di sini bahwa ulasan negatif itu sendiri tidak buruk, dan apa yang kami anggap buruk adalah ketika Anda tidak memperhatikan ulasan ini.
Saat pengguna berkomentar tentang masalah dengan aplikasi Anda, adalah tugas Anda untuk merespons dan berusaha lebih keras untuk memecahkan masalah tersebut. Tindakan itu akan memberi tahu calon pelanggan Anda bahwa Anda mendengarkan pengguna Anda dan bersedia untuk meningkatkan.
Jadi, dorong pengguna untuk meninjau dan menilai aplikasi Anda. Kemudian, buat rencana untuk memperbaiki masalah apa pun yang dimiliki pengguna Anda. Menjawab ulasan dan memberikan solusi untuk masalah tersebut adalah strategi akuisisi aplikasi seluler yang hebat yang tidak boleh Anda jadikan bahan lelucon.
Gunakan Loop Viral
Viral loop dapat mendorong pertumbuhan eksponensial untuk aplikasi Anda dan, pada akhirnya, bisnis Anda jika dilakukan dengan benar. Secara sederhana, viral loop adalah proses yang dilalui pengguna aplikasi dari saat mereka pertama kali berhubungan dengan aplikasi Anda hingga saat mereka merekomendasikannya kepada orang lain.
Pada dasarnya, Anda akan melakukannya dengan viral loop untuk membuat pengguna mengiklankan aplikasi untuk Anda. Jadi, mereka menemukan aplikasi dan menginstalnya, lalu sangat menyukainya sehingga mereka memberi tahu orang lain tentangnya. Banyak pembuat aplikasi telah menggunakannya untuk meningkatkan jumlah unduhan aplikasi, dan Anda juga dapat menggunakannya untuk mendorong pertumbuhan Anda.
Ada berbagai loop viral yang dapat Anda coba untuk mempromosikan aplikasi Anda. Namun, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi aplikasi Anda sebelum viral loop dapat bekerja untuk Anda.
Ini termasuk basis pengguna aktif, pengguna yang cukup menyukai aplikasi Anda sehingga ingin merujuknya ke orang lain, insentif rujukan yang dapat Anda berikan, dan pengguna yang cukup untuk mempertahankan program rujukan Anda.
Setelah itu, Anda dapat memutuskan jenis loop virus yang ingin Anda gunakan. Beberapa yang populer termasuk yang berikut;
Konten yang dibuat pengguna
Insentif
Buzz khusus undangan
Pengalaman bersama
Beri lebih banyak untuk mendapatkan lebih banyak
Minta bantuan teman
Misalnya, dalam jenis konten yang dibuat pengguna dari loop viral, pengguna didorong untuk membagikan yang terbaik, skor tinggi, lencana atau pencapaian, kuis, dan avatar khusus mereka. Untungnya, mudah untuk menyertakan fitur yang memungkinkan pengguna berbagi konten mereka dengan teman-teman mereka.
Dengan pembuat aplikasi seperti Andromo, misalnya, dengan satu klik, Anda dapat menyertakan tombol bagi pengguna untuk berbagi konten di berbagai platform media sosial.
Pengoptimalan Untuk Toko Aplikasi
Dua toko aplikasi paling populer, Google Play dan Apple App Store, memiliki sekitar 5 juta aplikasi digabungkan, menunjukkan persaingan yang jelas. Bagaimana Anda memastikan aplikasi Anda tidak tersesat di keramaian? Optimalisasi aplikasi untuk menyelamatkan.
Beberapa orang menyebut istilah ASO yang berarti App Store Optimization. Tetapi pada dasarnya, ini berarti praktik menggunakan faktor peringkat seperti judul, kata kunci, dan peringkat untuk menarik pengguna mengunduh aplikasi.
Kami telah menetapkan persaingan ketat di berbagai perangkat dan toko aplikasi, jadi tidak mengherankan jika ASO adalah strategi yang populer. Dan Anda akan setuju bahwa jika Anda serius mempromosikan aplikasi Anda, strategi pengoptimalan toko aplikasi bukanlah opsional.
Jika milik Anda adalah aplikasi pemasaran digital, misalnya, bagaimana Anda memastikan bahwa pengguna baru atau calon pengguna dapat menemukan, menginstal, dan terus menggunakan aplikasi Anda? Langkah pertama adalah mengoptimalkan toko aplikasi.
Setelah mengatakan semua itu, lalu apa kiat pengoptimalan toko aplikasi yang akan memastikan bahwa aplikasi Anda ditemukan di toko aplikasi? Mari kita periksa.
Penamaan Aplikasi: Nama aplikasi Anda memiliki kekuatan untuk membuat atau merusak upaya promosi Anda. Sebagai aturan, Anda ingin menghindari nama yang sulit untuk dieja. Selain itu, meskipun nama aplikasi Anda sederhana dan mudah, pastikan itu memiliki kata kunci target di dalam tag judul. Ini penting karena aplikasi Anda juga dapat muncul di kategori Anda saat pengguna menelusuri kata kunci tertentu.
Subtitle: Subjudul adalah tempat Anda memiliki kesempatan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada audiens tentang aplikasi dan menyoroti fitur dan manfaat menarik yang membedakan Anda dari yang lain. Anda juga dapat memasukkan kata kunci target kategori aplikasi Anda di sini jika terlalu panjang untuk disertakan dalam judul.
Desain Ikon: Ini adalah fitur lain yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda tidak memiliki detail yang tidak perlu dalam desain Anda. Anda juga harus menghindari teks kecil karena persyaratan dimensi ikon yang berbeda.
Video Pratinjau: Video pratinjau toko aplikasi adalah video pendek putar otomatis dengan audio yang dibisukan. Jadi, pastikan Anda memiliki video pratinjau yang menarik secara visual dengan hamparan teks bagus yang dengan jelas mengomunikasikan tujuan dan manfaat penggunaan aplikasi. Beberapa pengembang aplikasi salah mengarsipkan orang yang menggunakan aplikasi, jangan lakukan itu. Hanya sertakan cuplikan aplikasi itu sendiri.
Tangkapan layar: Inilah kesempatan Anda untuk menampilkan fitur aplikasi dan antarmuka pengguna Anda. Anda dapat menyertakan hingga 10 tangkapan layar menggunakan perangkat yang berbeda. Jika Anda memerlukan ide untuk aplikasi atau tangkapan layar Android, Anda dapat memeriksa toko aplikasi untuk melihat aplikasi lain apa yang diletakkan di bagian tangkapan layar.
Deskripsi: Tidak ada gunanya menjelaskan bahwa deskripsi Anda harus deskriptif dan menarik karena ini adalah kesempatan Anda untuk memukau pengguna bahkan sebelum mengunduh aplikasi Anda. Yang ingin Anda hindari di sini adalah memasukkan informasi harga. Halaman produk kemungkinan besar mencakup itu; tidak ada gunanya menyebutkan itu dalam deskripsi Anda.
Kata kunci: Jangan menghindar dari kata kunci berekor panjang. Sertakan yang relevan dan biarkan pengunjung toko aplikasi menemukan aplikasi Anda. Anda tidak boleh menyertakan nama duplikat, istilah bermerek dagang, nama aplikasi pesaing, dan kata kunci lain yang tidak relevan. Jangan juga menyertakan spasi di antara koma dalam kata kunci ekor panjang Anda. Misalnya, "koreksi tata bahasa, Peringkat, Pengoptimalan App Store."
Tinjauan dan Peringkat: Tanggapi umpan balik sebanyak mungkin, tetapi lebih suka yang negatif. Pengguna dapat memperbarui peringkat ulasan mereka, jadi ketika Anda menanggapi komentar negatif dengan cara yang ramah, kemungkinan mereka akan memikirkan kembali dan memberikan peringkat yang lebih baik atau bahkan meminta pengguna lain untuk mengunduh aplikasi. Jangan juga bergabung dengan orang lain yang menyetel ulang peringkatnya saat mereka merilis versi aplikasi baru. Rendahnya jumlah ulasan dapat memengaruhi unduhan Anda. Biarkan penilaian apa adanya.
Pembaruan Versi: Orang-orang menyukai kereta yang bergerak. Ruang untuk pembaruan versi menunjukkan kepada pengguna bahwa Anda bekerja keras untuk membuat aplikasi lebih baik dan mendengarkan keluhan mereka. Gunakan bagian ini untuk mengomunikasikan fitur baru, peningkatan, perbaikan bug, dan konten tambahan. Anda juga harus sering memperbarui untuk menggambarkan pemeliharaan aplikasi aktif dan menjaga data tetap segar.
Banyak bisnis dan pengembang aplikasi tidak terlalu memperhatikan Pengoptimalan App Store. Tapi tidak harus begitu denganmu. Mendapatkan lalu lintas untuk mengunduh aplikasi Anda dari sumber lain dianjurkan dan dimungkinkan, tetapi mengapa mengutuk media tempat aplikasi Anda dihosting?
Bicara Tentang Aplikasi Di Email Anda
Tip lain dalam rencana pemasaran aplikasi seluler kami adalah berbicara tentang aplikasi di email Anda. Terlepas dari apa yang dapat dikatakan oleh banyak pakar pemasaran kepada Anda, email masih merupakan media yang baik untuk menarik perhatian audiens Anda di zaman ini.
Itu berarti bila dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan komunitas menarik dari orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda. Sekarang, kemungkinan Anda sudah mengirim banyak email ke beberapa daftar mingguan. Apakah Anda mengirim email, dukungan teknis, buletin, atau bahkan konfirmasi pembayaran, tidak menyertakan aplikasi Anda di email Anda seperti menembak diri sendiri.
Kemungkinannya adalah pelanggan Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda telah menyiapkan aplikasi untuk diunduh, dan bahkan mereka yang mengetahuinya mungkin belum melihat kebutuhannya. Cara terbaik untuk mengubah narasi itu adalah dengan membicarakan aplikasi di email Anda.
Untuk setiap email yang Anda kirim, iklankan aplikasi di footer. Sertakan manfaat mengunduh aplikasi dan Ajakan Bertindak yang tepat dengan tautan untuk mengunduh aplikasi.
Gunakan Situs Web Seluler Anda
Situs web adalah salah satu media paling fungsional tempat pelanggan potensial bertemu bisnis. Jadi, jika Anda memiliki situs web yang fungsional dan ramah seluler, ini adalah tambang emas untuk ditanggapi dengan serius. Aplikasi untuk mempromosikan bisnis dapat memiliki tautan untuk mengunduhnya di situs web Anda.
Di sini, Anda memiliki dua opsi. Yang pertama adalah Anda dapat membuat pengguna Anda menikmati semua manfaat aplikasi di situs web Anda sementara mereka juga dapat mengunduh aplikasi tersebut. Atau, Anda dapat membatasi semua manfaat untuk aplikasi.
Apapun kasus yang Anda adopsi, Anda dapat menggunakan situs web untuk mempromosikan aplikasi. Dan melakukan itu relatif mudah. Anda memiliki tempat di situs web Anda, seperti bagian dari footer, sebagai tempat permanen untuk mempromosikan aplikasi. Anda juga dapat memiliki tampilan halaman pop-up setiap kali pengunjung masuk ke situs web Anda. Tujuannya di sini adalah untuk memberi tahu atau mengingatkan setiap pengunjung bahwa Anda memiliki aplikasi, dan mereka bisa mendapatkan manfaat tertentu yang akan Anda sebutkan dalam pesan Anda saat mereka mengunduh aplikasi tersebut.
Jika Anda menggunakan pembuat aplikasi seperti Andromo, Anda juga dapat membuat aplikasi bisnis dan menambahkan tautan ke situs web sebagai layar tampilan web. Dengan begitu, saat Anda mempromosikan aplikasi, Anda juga tidak menghilangkan manfaat dari keterlibatan bisnis Anda oleh pengguna.
Tangkap Pemirsa Video
Video promosi aplikasi juga telah ditampilkan untuk membantu mempromosikan aplikasi. Seperti kampanye pemasaran aplikasi seluler lainnya, video adalah cara yang bagus untuk memamerkan aplikasi Anda. Mereka tidak hanya memberi tahu dalam beberapa detik semua yang ditawarkan aplikasi Anda, tetapi juga dapat digunakan di berbagai media.
Saat Anda membuat video promosi sekali, itu menjadi aset untuk strategi aplikasi seluler Anda, yang dapat Anda gunakan di situs web Anda, di email, di YouTube, dan di semua platform media sosial.
Anda ingin menugaskan tim untuk menayangkan video jika Anda menginginkan hasil terbaik. Ini karena Anda akan menyelesaikan proyek lebih cepat dan tanpa kesalahan atau lebih sedikit.
Namun, berhati-hatilah untuk tidak menganggap produksi video Anda hanya sekali. Seperti konten promosi lain yang Anda miliki untuk mempromosikan aplikasi Anda, Anda harus terus memperbarui video Anda secara teratur atau sesuai kebutuhan.
Jika Anda membutuhkan inspirasi untuk membuat video Anda, jangan ragu untuk memeriksa apa yang telah dilakukan orang lain, tetapi ingatlah bahwa video Anda, seperti konten lain yang Anda dorong, harus fokus pada bagaimana aplikasi Anda dapat membantu audiens target Anda memecahkan masalah tertentu.
Buat Kit Pers
Kit pers atau kit media adalah seperangkat materi promosi yang menyediakan semua informasi yang membantu menceritakan kisah menarik tentang bisnis atau produk. Pada dasarnya, alat penekan akan mencakup ikhtisar perusahaan, detail kontak, informasi atau deskripsi produk, logo, aset media seperti tangkapan layar resolusi tinggi dari aplikasi dan video promosi, dan beberapa hal lain seperti siaran pers, artikel, biografi eksekutif, dan penghargaan penting.
Dalam kasus kami tentang cara memasarkan aplikasi dengan sukses, membuat kit pers akan membantu Anda menyatakan dengan jelas tujuan Anda kepada jurnalis, reporter, dan penerbit saat Anda menjangkau mereka untuk meliput aplikasi Anda.
Banyak bisnis yang salah menghubungi blogger dan jurnalis tentang meliput aplikasi mereka sebelum membuat kit pers. Itu bukan cara yang tepat untuk melakukan sesuatu. Anda ingin memiliki semua yang mungkin diminta oleh profesional sebelum menjangkau mereka. Dengan begitu, Anda tampak tertarik untuk bekerja dengan mereka dan dengan sengaja meningkatkan unduhan aplikasi atau mempelajari cara meningkatkan pemasangan aplikasi.
Beberapa tips yang menurut Anda berguna saat menghubungi wartawan adalah sebagai berikut:
Teliti daftar blogger, influencer, atau jurnalis yang mungkin meliput aplikasi Anda.
Kirim kit pers ke jurnalis yang bersedia berminggu-minggu sebelum tanggal peluncuran Anda dan tentukan tanggal yang Anda harapkan dari mereka untuk menyebutkan aplikasi Anda kepada audiens mereka.
Sertakan panduan yang menjelaskan ide di balik aplikasi Anda, masalah yang dipecahkan, cara kerjanya, fitur, dan hal lain yang Anda anggap penting untuk ditambahkan.
Buat kesan pertama yang luar biasa dan biarkan mereka merasakan aplikasi dengan menyertakan tangkapan layar berkualitas tinggi dari aplikasi Anda.
Cari blogger dan jurnalis yang membicarakan masalah yang dipecahkan aplikasi Anda di media sosial dan memulai percakapan.
Biarkan kit pers Anda dengan jelas menguraikan nilai yang ditawarkan aplikasi Anda kepada pengguna.
Gunakan fakta dan angka untuk mendukung poin Anda.
Jalankan Iklan Di App Store
Kami telah menyebutkan Pengoptimalan App Store sebelumnya, tetapi sementara itu berkaitan dengan peringkat Anda secara organik, Anda juga dapat membayar toko aplikasi. Ini akan membantu tentang cara mempromosikan aplikasi Anda. Menjalankan iklan di app store mirip dengan kampanye bayar per klik dengan Google Ads, dan satu-satunya perbedaan di sini adalah Anda mempelajari cara mempromosikan aplikasi.
Saat Anda tidak yakin bagaimana mendapatkan pengguna untuk aplikasi Anda, media ini adalah cara yang baik untuk dengan mudah mendapatkan di bagian atas hasil pencarian ketika calon pelanggan mencari aplikasi serupa. Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan adalah memilih kata kunci dan membayar per klik.
Publikasikan Siaran Pers
Anda telah membuat kit pers, tetapi Anda tidak bisa berhenti di situ. Sesekali, Anda harus mempublikasikan siaran pers. Apa yang dilakukan adalah membuat publik tahu apa yang Anda lakukan, dan juga memberi tahu mereka tentang bisnis Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari Anda.
Siaran pers untuk mempromosikan aplikasi Anda akan menjelaskan aplikasi Anda secara lengkap dan sederhana, untuk siapa aplikasi itu dikembangkan, dan masalah yang dipecahkannya. Idealnya, siaran pers akan melakukan tugasnya ketika audiens Anda membacanya dan dapat memberi tahu tentang bisnis Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari Anda. Membuat siaran pers juga merupakan cara yang baik untuk menemukan cara kreatif untuk mengatur aplikasi Anda karena Anda tahu mata baru akan melihat setelah keluar.
Memiliki Kehadiran Media Sosial
Pentingnya media sosial di zaman dan waktu ini tidak dapat diremehkan. Ini adalah jalan besar yang digunakan para ahli untuk memecahkan masalah, "bagaimana memasarkan aplikasi seluler." Tidak peduli audiens target Anda, salah satu tempat terbaik untuk bertemu mereka berbondong-bondong adalah media sosial. Dan memang benar jika Anda ingin dilihat atau dilihat audiens Anda, Anda harus berada di media sosial. Tidak ada tapi-tapian tentang itu.
Saat Anda aktif di media sosial, Anda tidak hanya akan memberikan aplikasi Anda visibilitas yang diperlukan, tetapi Anda juga akan bisa mendapatkan wawasan berharga tentang audiens Anda. Anda akan memahami apa minat, demografi, dan hobi mereka.
Anda juga akan memahami bahwa berbagai orang dan grup memiliki preferensi platform media sosial, dan Anda akan dapat fokus pada platform di mana Anda akan mendapatkan keterlibatan maksimal. Ini penting karena Anda tidak bisa tidak terlibat dengan pengguna Anda di media sosial saat Anda mempromosikan aplikasi Anda.
Sekarang Anda memiliki kehadiran media sosial, saatnya Anda mulai mempromosikan aplikasi Anda. Cari tahu apakah audiens Anda ada di Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Pinterest, atau platform media sosial lainnya, lalu hubungi mereka.
Dari profil media sosial Anda, pastikan Anda memiliki aplikasi dan maksud atau tujuannya jelas. Anda juga harus menyertakan tautan untuk mengunduh aplikasi. Selain profil Anda, Anda harus memposting secara teratur tentang pembaruan, manfaat, dan fitur perusahaan yang akan membuat pengikut Anda bersemangat untuk menggunakan aplikasi.
Misalnya, jika aplikasi Anda adalah aplikasi media sosial, bagian dari hal yang akan Anda posting mungkin termasuk menanyakan pengikut Anda tentang ide aplikasi media sosial yang mereka sukai. Dalam diskusi Anda, Anda akan tahu fitur apa yang mereka harapkan dan mengapa.
Selain aktif di media sosial dan mempelajari cara mendapatkan pengguna untuk aplikasi Anda, Anda juga dapat membuat hal-hal menarik dengan membagikan ulang konten pengguna Anda. Ini efektif karena menunjukkan kepada pengikut Anda apa yang dapat mereka nikmati saat mereka mengunduh aplikasi Anda.
Jadi, Anda ingin mendorong pengguna Anda untuk lebih banyak berbagi konten dari aplikasi. Dan untungnya, kami telah membahas cara menggunakan loop viral sebagai pasar aplikasi untuk Android dan iOS.
Dapatkan Bantuan Dari Orang-Orang Berpengaruh
Tidak peduli seberapa berpengaruh Anda, kemungkinan bisnis Anda masih membutuhkan koneksi asing ini untuk menyampaikan berita tentang aplikasi atau bisnis Anda secara luas. Tanpa ragu, influencer dapat memengaruhi sikap pembelian atau keterlibatan kelas orang tertentu, tetapi itu tidak berarti bahwa semua dan semua jenis influencer akan meningkatkan pemasangan aplikasi.
Pertama, dibutuhkan banyak uang untuk mendapatkan influencer A-list untuk mempromosikan aplikasi Anda. Jadi, kecuali Anda memiliki anggaran ribuan dolar untuk pemasaran influencer, Anda mungkin ingin melangkah dengan lembut di sini.
Dan seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahkan jika Anda memiliki anggaran untuk membuat Kardashian memasarkan aplikasi Anda, itu tidak berarti semua pengikut mereka akan mengunduh aplikasi Anda. Meskipun mereka melakukannya, itu tidak berarti mereka tidak dapat atau tidak mau mencopot pemasangan setelah mengetahui bahwa aplikasi tersebut bukan untuk mereka. Jadi, meskipun kami telah menetapkan bahwa mendapatkan bantuan dari orang-orang berpengaruh sangat bagus untuk mempromosikan aplikasi Anda, bagaimana Anda memastikan bahwa upaya Anda tidak sia-sia?
Dekati Influencer yang Tepat: Sebelum memilih influencer, pastikan pengikut mereka adalah audiens target Anda. Jika tidak, usaha Anda akan sia-sia. Anda juga harus mengetahui kepribadian influencer dan apa yang membuatnya unik.
Jika pendekatan mereka terhadap pemasaran tidak sesuai dengan bisnis Anda, maka usaha Anda mungkin juga akan sia-sia jika Anda mendekati mereka untuk pemasaran. Jika Anda mendekati influencer yang suara mereknya tidak sesuai dengan Anda, pesannya akan gagal dan sebagian besar tidak efektif. Karenanya, dekati influencer yang tepat.
Berikan Penawaran Menarik: Influencer populer mendapatkan penawaran setiap saat. Tak perlu dikatakan, jika Anda ingin mereka bekerja dengan Anda, maka Anda lebih baik memiliki tawaran yang memberikan nilai dari pengikut mereka dan tidak merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Anda dapat memberikan akses eksklusif ke beberapa fitur di aplikasi Anda, diskon, atau hadiah menarik lainnya yang menurut Anda akan mereka hargai.
Personalisasikan Pitch Anda: Ini adalah tempat lain di mana poin pertama kami dapat diterapkan. Anda tidak dapat mempersonalisasi promosi Anda jika Anda belum meneliti influencer dan menegaskan bahwa merekalah yang tepat untuk aplikasi Anda. Anda tidak akan membantu diri Anda sendiri jika promosi Anda ke influencer tidak dipersonalisasi. Biarkan penelitian Anda tampil di lapangan Anda dan beri mereka alasan untuk bekerja dengan Anda.
Ciptakan Rasa Urgensi: Karena sifat pekerjaan influencer, jika Anda tidak menciptakan rasa urgensi, kemungkinan mereka tidak akan bisa mempromosikan aplikasi Anda tepat waktu untuk menuai keuntungan dari investasi Anda. Jadi, saat Anda menghubungi influencer, pastikan untuk menyertakan kerangka waktu kapan Anda ingin kampanye dimulai dan pastikan mereka mematuhinya.
Pertahankan Pitch Anda Sederhana: Tidak ada yang ingin bosan dengan kata-kata panjang dan info yang bisa mereka dapatkan nanti. Jadi, ketika Anda menjangkau influencer, langsung ke intinya. Perkenalkan diri Anda dan nyatakan bisnis Anda dengan kata-kata yang sederhana dan singkat. Jika mereka menyukai penawaran Anda, mereka akan menghubungi dan meminta info lebih lanjut.
Jika dilakukan dengan benar, pemasaran influencer memiliki kekuatan untuk memberikan aplikasi Anda paparan besar-besaran dalam catatan waktu. Tetapi pastikan Anda melakukan semua yang seharusnya Anda lakukan. Dekati hanya influencer dengan pengikut yang memiliki masalah yang diselesaikan aplikasi Anda, lakukan riset sebelum menjangkau, ciptakan rasa urgensi, dan buat promosi Anda tetap sederhana.
Blog Secara Teratur
Statistik telah menunjukkan bahwa bisnis yang membuat blog secara teratur mendapatkan 126% lebih banyak prospek daripada mereka yang tidak. Itu adalah alasan yang cukup untuk memulai blogging secara teratur, dan manfaatnya jauh lebih besar daripada tidak mencoba sama sekali. Anda tidak hanya akan dapat meningkatkan visibilitas Anda di halaman hasil mesin pencari, tetapi Anda juga akan dapat melenturkan keahlian industri Anda.
Hal baiknya di sini adalah konten blog Anda dapat dibagikan dalam berbagai format seperti buletin email Anda, diposting ulang di media sosial, dalam e-book, infografis, atau sumber daya lain yang dapat diunduh di situs web Anda.
Sekarang pertanyaan yang harus Anda ajukan adalah jenis topik apa yang harus Anda tulis saat menemukan cara untuk memasarkan aplikasi Anda. Tidak ada jawaban tunggal untuk itu. Jenis konten untuk ditulis akan tergantung pada pencarian audiens target Anda di mesin pencari. Teliti kata kunci populer di niche Anda dan berikan nilai di sekitarnya.
Selain itu, Anda juga ingin membuat keributan tentang peluncuran aplikasi Anda dan setiap fitur dan kemitraan yang Anda buat. Pada dasarnya, soroti berita dan pembaruan terbaru Anda dan pertahankan audiens Anda tentang apa yang terjadi.
Buat Program Afiliasi
Membuat program afiliasi adalah cara lain yang efektif untuk memasarkan aplikasi. Seperti bekerja dengan influencer, program afiliasi bekerja dengan kolaborator atau mitra eksternal untuk mendorong pertumbuhan aplikasi Anda. Dan sebagai imbalannya, Anda akan menawarkan insentif atau komisi untuk setiap pemasangan yang mereka dorong.
Karena strategi ini terbukti efektif, banyak bisnis yang menggunakannya sebagai strategi pemasaran aplikasi seluler yang saling menguntungkan. Satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan adalah afiliasi Anda puas dengan sistem penghargaannya.
Setelah diselesaikan, Anda akan membuat sistem untuk menghasilkan kode rujukan unik untuk setiap afiliasi sehingga kedua belah pihak dapat melacak kemajuan mereka dan diberi imbalan yang sesuai.
Salah satu program afiliasi yang unik saat ini adalah program afiliasi Shopify. Mereka membuat afiliasi senang dengan menawarkan komisi tinggi, membuat konten hebat yang dapat dibagikan dengan mudah oleh afiliasi, dan menawarkan dukungan maksimal untuk membantu kesuksesan mereka.
Dorong Unduhan Dengan Mengiklankan Pemasangan Aplikasi
Anda dapat mendorong dan mendorong unduhan aplikasi dengan mengiklankan iklan pemasangan aplikasi di berbagai platform. Iklan ada di mana-mana akhir-akhir ini, dan sebagian besar mendapatkan daya tarik besar-besaran. Jadi, masuklah ke dalam game dan tingkatkan pemasangan aplikasi Anda.
Saat menjalankan iklan di mesin telusur, targetkan kata kunci yang spesifik dan relevan dengan audiens target yang tersegmentasi dan tampilkan aplikasi Anda di hadapan mereka. Anda juga dapat menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Pinterest, Instagram, dan Twitter untuk menjalankan iklan dan menarik pengguna baru.
Tulis Postingan Blog Tamu
Kami telah menyebutkan bahwa Anda harus membuat blog secara teratur, tetapi itu dengan bisnis atau blog internal Anda. Dalam strategi baru ini, Anda akan menjangkau blog lain yang menerima posting blog tamu.
Ada masalah tertentu yang dipecahkan oleh aplikasi Anda, dan membicarakannya di blog yang relevan adalah cara yang baik untuk mempromosikan aplikasi Anda dan menunjukkan keahlian industri Anda.
Blog akan selalu menghargai konten yang mendidik, informatif, menarik, dan ditulis dengan baik, jadi pastikan konten Anda melakukan semua itu dan banyak lagi.
Idealnya, Anda ingin meneliti blog relevan yang menerima blog tamu. Setelah Anda mengidentifikasi mereka, Anda akan membuka situs web mereka untuk mengetahui penerimaan mereka atas posting tamu. Jika mereka tidak memilikinya, Anda dapat menghubungi pemimpin redaksi melalui email atau media sosial untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memposting di blog mereka.
Beberapa blog meminta untuk melihat bagian dari artikel Anda sebelum menyetujui, dan yang lain setuju jika Anda melanjutkan untuk menulisnya setelah topik Anda disetujui. Proses dari awal menjangkau hingga akhirnya mendapatkan posting Anda di blog mereka mungkin lama, tetapi manfaatnya banyak, terutama jika itu adalah blog dengan pembaca yang besar. Jadi, menulis posting blog tamu adalah cara terbaik untuk membuat kebisingan tentang aplikasi Anda.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar