Mengenal Perbedaan Website & Landingpage



Daftar Isi: 

Melihat dari tujuan landing page vs website memiliki perbedaan yang cukup jelas. Keduanya memang punya tujuan ke arah promosi dan menaikkan traffic web. Namun, tujuan landing page lebih spesifik sedangkan tujuan website lebih umum. Website mewakili suatu perusahaan atau bisnis secara garis besar dan keseluruhan. 

Berikut adalah tujuan landing page berdasarkan jenisnya: 

a. Lead Generation Landing Page

Pengunjung akan diminta untuk memasukkan data dalam formulir digital seperti nama, email, no hp dan sebagainya. Pengunjung akan memasukkan data untuk mendaftar event atau penawaran promo terbatas dan sebagainya. Data yang didapat akan digunakan untuk perkembangan bisnis dan meningkatkan penjualan.

b. Click Through Landing Page

Landing page ini bertujuan untuk memberi informasi ke pengunjung tentang layanan atau produk tertentu. Tujuannya supaya terjadi transaksi penjualan langsung melalui tombol call to action yang ditujukan kepada pengunjung. 

Landing page fokus pada satu tujuan seperti memberi info event, penawaran promo terbatas, mendorong pengunjung untuk subscribe dan lain-lain

Ciri- Ciri Website & Landingpage

Dari ciri-cirinya akan lebih mudah mengenali perbedaan landing page vs website.

a. Target Audiens

Walaupun web dan landing page berada dalam satu bagian namun bisa saja memiliki target audiens berbeda. Target audiens landing page biasanya lebih spesifik yaitu pengunjung yang tertarik dengan info atau penawaran pada landing page. Target audiens web adalah semua pengunjung web yang potensial menjadi pelanggan.

b. Konten

Web terdiri dari halaman-halaman, navigasi dan banyak menu. Dalam web kamu bisa memilih menu about us, etalase toko online, home, blog dan lain-lain. Konten pada landing page hanya fokus menawarkan satu informasi atau ajakan kepada pengunjung saja tergantung tujuan landing page tersebut. Contoh, info diskon 50% saat harbolnas cocok ada pada landing page daripada di bagian menu web supaya lebih mudah dilihat oleh pengunjung web. 

c. Desain

Dari segi desain landing page lebih simpel agar mudah dipahami pengunjung. Sedangkan, desain web pastinya cukup kompleks karena perlu memuat banyak informasi bisnis.

Manfaat Website & Landingpage

Bagaimana sudah bisa membedakan landing page vs website? Supaya semakin jelas dan paham mana yang lebih dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis online kamu saat ini, mari bahas manfaatnya. 

a. Manfaat Website Untuk Memperkenalkan Bisnis

Menjadi media untuk sebuah brand atau perusahaan memperkenalkan bisnisnya ke masyarakat luas melalui media digital dan internet. Web digunakan oleh pengunjung internet untuk mencari informasi terkait profil perusahaan, layanan bisnisnya, produk yang dijual, kontak, lokasi kantor atau toko dan sebagainya. 

b. Manfaat Website untuk Branding dan Promosi

Branding dan promosi bertujuan untuk mengembangkan bisnis, mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menaikan penjualan. Tujuan ini bisa lebih mudah dicapai melalui web yang bisa diakses siapa saja dan kapan saja. 

c. Manfaat Website Membangun Hubungan Baik dan Kepercayaan Pelanggan

Web tidak hanya sebagai tempat promosi atau jualan, web juga punya manfaat untuk membangun hubungan baik dan kepercayaan pelanggan. Pelanggan lebih percaya sebuah bisnis tersebut profesional melalui profil dan informasi lain yang ada pada web. 

d. Manfaat Landing Page Memberi Edukasi Kepada Pengunjung

Landing page memberikan edukasi atau informasi khusus kepada pengunjung mengenai brand, produk, layanan, kegiatan, promo dan lainnya terkait bisnis. Namun, edukasi atau informasi yang ditampilkan fokus terhadap satu tujuan. Misal, landing page untuk info diskon saja. 

e. Manfaat Landing Page Mengajak Pengunjung Melakukan Aksi

Landing page punya tujuan yang lebih fokus dan tepat sasaran untuk mengajak pengunjung melakukan suatu aksi. Aksi tersebut bisa berupa mengumpulkan data pengunjung, mengajak pengunjung melihat daftar produk diskon, mengajak pengunjung mengambil kesempatan voucer diskon dan lain-lain. 

f. Manfaat Landing Page sebagai Media Promosi yang Efektif dan Efisien

Landing page adalah salah satu media promosi di dalam web yang lebih efektif dan efisien. Khususnya bagi pelaku bisnis pemula dengan anggaran promo terbatas maka bisa memanfaatkan landing page untuk membuat penawaran promo menarik yang akan lebih mudah dilihat oleh pengunjung. Selain itu landing page juga fleksibel untuk diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan promo, brand awareness dan lain-lain.

Perbedaan Website & Landingpage

Perbedaan antara landing page dan website terletak pada jenis pengunjung yang datang berkunjung ke laman tersebut. Landing page merupakan halaman dengan pengunjung jenis kedua dengan tujuan khusus. Sementara, website memiliki pengunjung jenis pertama yang hanya melihat-lihat. Nah, agar Anda lebih memahami perbedaan keduanya, mari simak penjelasan berikut ini.

  1. Tujuan

Perbedaan antara landing page dan website, yaitu tujuannya. Sebuah website dibuat dengan tujuan mengenalkan perusahaan Anda kepada umum, baik itu calon pembeli maupun leads. Laman website biasanya berisikan semua informasi tentang bisnis Anda. Misalnya seperti jenis layanan atau produk, kontak bisnis, about us, dan lainnya.

Berbeda dengan landing page sebagai bagian dari website. Laman ini biasanya khusus dibuat dengan tujuan marketing. Laman ini bertujuan untuk mendorong para pengunjung yang datang untuk membuat sebuah aksi. Misalnya seperti “Get started now!”, “Buy Now”, atau “Pesan Sekarang”.

  1. Audiens

Perbedaan antara landing page dan website selanjutnya yaitu terletak pada jenis atau target dari audiensnya. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, website memiliki jenis pengunjung yang hanya melihat-lihat saja. Biasanya mereka hanya ingin “berkenalan” lebih dulu dengan bisnis Anda. Mencari tahu seperti apa perusahaan ini dan apa yang mereka tawarkan.

Sementara, landing page memiliki jenis pengunjung yang sudah memiliki tujuan pasti. Mereka yang mengunjungi laman ini sudah pasti bertujuan untuk membeli atau mengikuti. Pengunjung yang datang ke laman ini biasanya berasal dari iklan ataupun dari homepage. Dalam laman ini, sebutan mereka bukan lagi pengunjung, tetapi leads.

  1. Isi Konten

Jika perbedaan antara landing page dan website terletak pada tujuannya, tentu saja isi konten dari kedua laman juga harus berbeda. Website sebagai laman utama perusahaan Anda secara online, menampilkan banyak konten. Hal ini karena isi dari website merupakan keseluruhan baik itu landing page maupun laman lain seperti kontak atau about. Tentu saja terdapat banyak tombol navigasi disana.

Tetapi, isi landing page hanya memiliki satu konten spesifik saja. Biasanya laman ini berisikan konten mengenai penawaran produk atau jasa lengkap dengan informasi. Selain itu, laman ini juga dilengkapi dengan tombol CTA (Call to Action) yang akan langsung mengarahkan Anda pada laman khusus seperti pembelian.

  1. Desain

Perbedaan terakhir dari landing page dan website, yaitu terdapat pada desain keduanya. Website memiliki isi konten yang beragam yang mencakup keseluruhan website. Oleh karena itu, desain yang Anda aplikasikan juga kompleks. Terdapat banyak tombol navigasi serta perintah untuk menuju ke laman selanjutnya. Misalnya, terdapat tombol navigasi blog, kontak, tentang kami, dan pelayanan.

Berbeda dengan landing page yang hanya berisikan satu konten spesifik saja. Desain yang diaplikasikan pada laman ini seharusnya desain yang sederhana. Hanya berisikan penjelasan produk atau formulir disertai dengan tombol CTA. Jadi, jika dibandingkan, desain pada landing page terlihat lebih sepi daripada website.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111 

Komentar

Postingan populer dari blog ini