Mengenal Tiktok Ads



Daftar Isi: 

1. Alasan Kenapa Harus Menggunakan Tiktok Ads
2. Jenis-Jenis Tiktok Ads
3. Tips Menggunakan Tiktok Ads

Kenapa Harus Menggunakan Tiktok Ads

Akhir – akhir ini, TikTok ads sedang ramai dibicarakan, karena banyak sekali perusahan – perusahaan besar yang mulai memasarkan produknya melalui TikTok ads untuk campaign marketing mereka.

Hal tersebut sudah cukup membuktikan bahwa iklan di TikTok adalah strategi yang tepat untuk digunakan oleh para digital marketer.

20 Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Menggunakan TikTok Ads
Terdapat 20 alasan yang akan kita bahas di artikel kali ini, kenapa anda harus menggunakan TikTok adsuntuk bisnis anda. Berikut adalah ulasannya.

1. Jumlah pengguna besar

Dilansir dari mediakix, pertumbuhan pengguna TikTok dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Pada tahun 2018, TikTok telah diunduh sebanyak 660 juta unduhan. Lalu, pada tahun 2019, TikTok menghasilkan 615 juta unduhan, dan pada tahun 2020, jumlah unduhan mengalami kenaikan yang lebih signifikan lagi yaitu kanaikan 80% dari 2019.

Di lihat dari data tersebut, tentu anda sudah bisa membayangkan betapa efektifnya TikTok untuk digunakan sebagai alat promosi bisnis.

2. Pengguna TikTok menyukai konten hiburan

Karena pengguna TikTok menyukai konten yang bersifat hiburan, anda juga harus mampu mengemas konten yang anda sajikan supaya memiliki sifat yang lebih menghibur. Ada beberapa jenis konten hiburan yang direkomendasikan yaitu seperti social madia challenge, video dance, tutorial dan sebagainya yang sering masuk FYP.

3. Penguna TikTok rata – rata sangat aktif

Dilansir dari obelo, rata – rata pengguna TikTok menghabiskan waktunya selama 52 menit untuk membuka TikTok, itu berarti ada sekitar 52 video yang mereka tonton setiap harinya. Bisa jadi salah satunya adalah konten video promosi anda.

4. Lebih mudah menarik perhatian

Dengan TikTok anda bisa lebih mudah menarik audience, karena rata – rata pengguna TikTok sangat aktif dalam membuka dan bermain TikTok. Konten video yang memilki rasio penuh secara tidak sadar akan membuat perhatian penonton menjadi lebih fokus untuk menonton dan tidak melewatkan konten yang anda buat, jika anda mengemasnya dengan menarik.

5. Mayoritas pengguna TikTok adalah remaja

Remaja memiliki tingkat konsumtivitas yang lebih tinggi jika dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, memasarkan produk anda di TikTok adsadalah strategi terbaik untuk memasarkan produk anda supaya menjadi lebih ramai pembeli.

6. Mudah digunakan

Membuat konten video promosi untuk TikTok jauh lebih mudah jika dibandingkan membuat video promosi untuk sosial media lainnya, karena sosial media lainnya tidak memiliki fitur edit video selengkap di TikTok. Jadi anda harus melakukan pengeditan lewat aplikasi lainnya dulu baru di upload.

Sedangkan dengan menggunakan TikTok, anda tidak perlu lagi melakukan hal tersebut, karena anda bisa mengedit videonya secara langsung di aplikasi lalu mengunggahnya.

7. Ada banyak Influencer

Sudah banyak Influencer yang bertebaran di TikTok. Hal tersebut memungkinkan anda untuk melakukan kerja sama dengan mereka supaya jangkauan anda menjadi lebih luas. Anda bisa membayar influencer tersebut untuk membayar produk anda atau membuat challenge bersama mereka untuk produk yang anda buat.

8. Konten TikTok relatif lebih sering di – share

Anda pasti sering melihat konten TikTok muncul di IG, status WA, dan lainnya. Hal tersebut menandakan bawa konten di TikTok lebih sering di share oleh para penggunaanya. TikTok telah menghadirkan fitur untuk menyimpan video atau men­-download-nya. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah membagikan video dari TikTok ke platform lainnya.

9. Lebih cepat viral

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa konten vide TikTok lebih sering di-share, hal tersebut memungkinkan pemilik konten menjadi lebih mudah viral.

10. Mempunyai layanan iklan In-Feed Video

Layanan iklan In-Feed video adalah fitur yang ada di TikTok adsyang cara kerjanya adalah dengan menempatkan iklan di bawah video TikTok. Iklan tersebut dinilai cukup efektif dan paling sering digunakan oleh para digital marketer karena harga yang terjangkau.

11. Memiliki layanan iklan brand takeover

Brand take over adalah layanan iklan dari TikTok yang cara kerjanya adalah dengan mengambil sepenuhnya layar pengguna dalam durasi tertentu ketika sedang membuka aplikasi. Jika durasi iklan telah terpenuhi, maka iklan tersebut akan hilang dan akan menjadi in- feed video ads lagi.

12. Memiliki layanan iklan hashtag challenge

Layanan iklan tersebut bisanya muncul di bagian discovery. Iklan tersebut biasanya berisi tantangan mengenai sesuatu hal yang sering terjadi belakangan ini.

13. Memiliki layanan iklan Top View

Layanan iklan top view layanan iklan dari TikTok yang akan memculkan iklan berupa video TikTok anda ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi.

14. Bisa mengatur iklan sesuai kebutuhan

Dengan TikTok ads, anda memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam mengatur iklan. Mulai dari biaya, durasi, jenis video dan lainnya sesuai dengan tujuan iklan anda.

15. Belum banyak advertiser

Meskipun TikTok sudah memiliki fitur unggulan berupa TikTok ads, namun TikTok belum memiliki advertiser yang banyak.

Dengan begitu, tentu biaya beriklan di TikTok menjadi jauh lebih murah dengan jangkauan audience yang lebih luas juga. Bahkan tanpa menggunakan TikTok adspun video anda bisa masuk FYP jika memang menarik.

16. TikTok bersifat adiktif bagi penggunanya

Video pendek yang ditampilkan di TikTok bisa dengan sukses membuat penggunanya kecanduan. Karena sifat adiktifnya tersebut, otomatis TikTok menjadi sering dibuka oleh banyak orang. Kesempatan anda untuk dijangkau orang – orang tersebut tentu menjadi lebih tinggi dibanding sebelumnya.

17. Cara membuat TikTok ads relatif mudah

Anda hanya perlu 5 langkah untuk membuat TikTok ads yaitu

Buat lebih dulu akun TikTok ads-nya
Buat campaign-nya
Tentukan penempatan, detail dan target
Lakukan pengontrolan iklan, durasi dan tujuan
Desain iklan anda semenarik mungkin

18. Durasi video yang pendek

TikTok hanya mampu menampun konten dengan durasi hingga 1 menit saja. Dengan durasi yang pendek tersebut, pengguna yang melihat video iklan anda menjadi lebih fokus dan bahkan mereka bisa saja melihatnya hingga selesai. Karena durasi iklan yang panjang terkadang malah membuat penonton jenuh.

19. TikTok memiliki banyak filter

TikTok memiliki banyak filter unik dan beragam yang tentunya berbeda dengan aplikasi lainnya. Filter tersebut bisa anda gunakan untuk video anda supaya tampak lebih meyakinkan dan menarik perhatian penonton.

20. Bebas Menggunakan Background Musik

Anda bisa memilih banyak background music dengan bebas di aplikasi TikTok. TikTok telah menyediakan beragam pilihan background musik untuk dimasukan ke dalam video yang anda buat supaya lebih menarik.

Itulah beragan alasan kenapa anda harus mulai menggunakan TikTok ads untuk bisnis anda. Ada banyak sekali kelebihan bukan? Tunggu apa lagi? Gunakan TikTok ads sekarang juga.\

Jenis - JenisTiktok Ads

Seperti yang sudah dijelaskan, memahami jenis-jenis iklan di TikTok ads, bakal membantumu dalam menyesuaikan tipe iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Berikut pemaparan mengenai macam-macam iklan di TikTok ads yang dapat kamu manfaatkan.

1. In-feed video

Jenis TikTok ads yang pertama adalah In-feed video.

In-feed video merupakan media promosi yang akan muncul saat pengguna sedang scrolling di feeds atau menonton konten di TikTok.

Perbedaannya dengan konten TikTok yang biasa kamu lihat adalah tulisan promoted beserta tombol yang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi tautan milik pembuat iklan.

Jika ingin membuat jenis iklan ini, kamu harus bisa membuat konten menarik disertai dengan kualitas editing yang baik.

Selain itu, jangan lupa untuk sertakan call to action (CTA) yang jelas supaya pengguna bisa tertarik untuk membeli, sebagai contoh dengan menyelipkan kata atau tombol “Shop Now“.

2. Brand Takeover

Jenis TikTok ads berikutnya yang sering digunakan oleh banyak pebisnis adalah Brand Takeover.

Saat membuka aplikasi TikTok, pasti kamu akan mendapatkan tayangan video pendek berdurasi 3 sampai 5 detik dari suatu brand. Nah, konten inilah yang dinamakan dengan TikTok ads Brand Takeover.

Jenis iklan ini bertujuan untuk kamu yang ingin menambah traffic menuju halaman website atau profil TikTok.

Cara membuatnya juga cukup simpel. Kamu tinggal mencantumkan URL website bisnis atau URL akun TikTok dalam tayangan iklan tersebut sebagai trik untuk menggaet audiens.

3. Hashtag Challenge

Hashtag challenge merupakna jenis TikTok ads selanjutnya yang kerap digunakan oleh para pebisnis.

Tipe video ini sejatinya cukup serupa dengan konten yang sering kamu lihat di TikTok.

Bedanya adalah topik konten mengacu pada tantangan atau challenge viral yang bakal mendorongmu untuk menggunakan hashtag tertentu.

Strategi konten ini dinilai sebagai cara yang cepat untuk mempromosikan produk. Sebab, hashtag tersebut akan membuat video mudah dilihat oleh audiens yang berada dalam niche-mu.

Tak hanya itu, pengguna juga bakal ikut terpancing untuk mengikuti challenge dalam iklan. Sehingga, videomu bisa menjadi viral dalam waktu singkat.

Untuk membuat jenis iklan ini, kamu bisa coba mengunjungi halaman Discovery yang berada di aplikasi TikTok.

Di sana, terdapat banyak daftar hashtag beserta challenge yang ditampilkan dan bisa diikuti oleh pengguna.

4. Branded Augmented Reality (AR)

Jenis TikTok ads lainnya adalah Branded Augmented Reality atau AR. 

Pada dasarnya, TikTok dianggap menarik karena format video singkat beserta ketersediaan stiker disertai filter.

Nah, kamu sebagai pebisnis bisa meningkatkan brand awareness dengan membuat stiker dan filter unik yang menunjukkan identitas brand.

Dengan begitu, stiker yang nantinya diluncurkan tersebut bisa menarik perhatian pengguna TikTok untuk ikut mencobanya.

Inilah yang dinamakan dengan Branded Augmented Reality. Menarik bukan?

5. TopView Ads

Jenis TikTok ads yang terakhir merupakan TopView Ads, adalah iklan berupa video pertama yang dilihat oleh pengguna TikTok dalam feeds mereka.

Jika kamu ingin meningkatkan personal branding bisnis, kamu dapat menggunakan jenis iklan TikTok ini.

Namun, perlu diingat bahwa konten ini bisa mencapai 60 detik, jadi kamu harus membuat video yang mampu menarik perhatian, tapi, tetap bisa menghibur target audiens.

Nah, itulah kelima jenis iklan TikTok ads yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan promosi bisnis. Kira-kira, mana tips iklan yang bakal kamu gunakan?

Tips Menggunakan Tiktok Ads

Seperti yang sudah Glints jelaskan, menggunakan TikTok Ads adalah inisiatif jitu bagi brand yang hendak meningkatkan reach mereka.

Hal ini tentunya ikut terbantu oleh TikTok yang kian populer dan menjadi salah satu media sosial terbaik untuk tingkatkan engagement dan awareness brand.

Meskipun demikian, tool ini tak bisa digunakan secara sembarangan. Bila ingin meraih hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu ikuti dan pertimbangkan.

Penasaran apa saja? Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan TikTok Ads secara mumpuni. Disimak, ya!

1. Buat video vertikal

Menurut Appsflyer, video TikTok Ads baiknya dibuat dalam bentuk vertikal.

Mengapa demikian? Sebab, pada dasarnya TikTok adalah platform video sharing yang mendukung format vertikal untuk audiens mobile.

Maka dari itu, video vertikal dengan resolusi 9:16 px sudah pasti akan memiliki performa yang lebih baik.

2. Buka video dengan hook yang persuasif

Membuka konten dengan hook yang persuasif juga menjadi hal yang diperlukan dalam video TikTok Ads.

Hal satu ini diperlukan agar audiens tidak langsung melongkapi video Ads-mu ketika muncul di berandanya.

Nah, untuk membuat hook yang baik, temukan hal-hal yang dapat memotivasi audiensmu dan buat mereka tetap terlibat.

Hal-hal ini bisa menjadi suatu hal yang menarik perhatian atau bahkan mengejutkan, seperti fakta atau data penting

3. Rancang video dalam durasi yang singkat

Tips selanjutnya untuk menciptakan video TikTok Ads yang apik adalah dengan merancang video dalam durasi singkat.

Umumnya, audiens di TikTok akan melihat banyak iklan setiap harinya. Maka dari itu, kesabaran mereka akan berkurang bila Ads yang kamu sajikan memiliki durasi panjang.

Sebagai saran, kamu memiliki waktu kurang dari 60 detik, dan lebih sedikit, untuk menyampaikan pesan dalam Ads.

Manfaatkanlah waktu tersebut sebaik mungkin dan hindari dialog atau percakapan yang terlalu panjang.

4. Ikuti tren yang berlaku

Mengikuti tren yang sedang berlaku merupakan tips lainnya yang perlu kamu ikuti saat membuat TikTok Ads.

Sebab, dengan cara ini ada kemungkinan lebih besar bahwa iklanmu akan diperhatikan atau bahkan mengungguli kompetitor di Tiktok.

Untuk mencari tren yang sedang booming, pelajari dulu brand-brand yang memikat audiensmu. Selain itu, kenali tantangan-tantangan viral yang sedang berlaku.

Intinya, selami lebih dalam platform TikTok dan gunakan poin penjualan ini untuk menapai tujuan pemasaranmu.

5. Manfaatkan UGC

Terakhir, kamu bisa manfaatkan UGC atau user generated content, untuk keperluan TikTok Ads.

TikTok adalah sebuah platform yang menantang bagi semua perusahaan dan marketer di bidang produksi kreatif.

Terkadang, cara mereka mengomunikasikan produk, aplikasi, game, nilai tambah, dan fitur produk mengharuskanmu untuk berpikir di luar tren yang berlaku.

Kamu bisa mempresentasikan brand dengan baik. Namun, supaya bisa efektif, kamu hanya perlu berpikir layaknya  seorang TikToker yang peduli akan audiensnya.

Maka dari itu, ukur kinerja dan perilaku audiensmu, lalu kembangkan strategi pemasaran perusahaan sesuai dengan konten, minat, serta kebutuhan mereka.

Dengan cara ini, dijamin audiens akan lebih menikmati konten yang kamu suguhkan dalam Ads.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Komentar

Postingan populer dari blog ini