PengertianMengenai Visi dan Misi
Visi sebagai
suatu rangkaian kata yang di dalamnya berarti tentang impian, cita-cita atau
nilai inti dari suatu lembaga ataupun organisasi. Selain itu, dapat dikatakan
bahwa visi ini menjadi tujuan masa depan suatu organisasi ataupun lembaga. Oleh
sebab itu, dalam visi biasanya akan berisi tentang pikiran-pikiran dari para
pendiri atau para anggota organisasi.
Kemudian,
pikiran-pikiran tersebut diubah menjadi gambaran tentang masa depan atau tujuan
yang ingin dicapai oleh suatu organisasi. Selain itu, ada juga yang
berpandangan bahwa visi ini menjadi suatu pandangan tertentu tentang arah
manajemen lembaga.
Jadi, bisa
dibilang kalau visi ini sangat menentukan arah yang akan dibawa oleh organisasi
atau lembaga. Dengan kata lain, adanya visi juga dipengaruhi oleh suatu
pandangan bahwa untuk mencapai kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus
memiliki arah yang jelas.
Sementara
itu, misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh lembaga
atau instansi atau organisasi untuk mencapai tujuan atau visi yang telah
ditentukan. Jadi, dapat dikatakan bahwa tanpa adanya misi, maka tujuan atau
visi dari suatu organisasi akan sulit untuk dicapai.
Selain itu,
ada juga yang menyatakan bahwa misi menjadi penjabaran dari suatu visi. Dengan
kata lain, jika visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan
menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang
yang membacanya akan lebih mudah dalam memperoleh pemahaman secara utuh.
Jika sudah
membahas tentang visi dan misi, maka kita juga perlu tahu tentang apa itu
organisasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah
kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan
bersama.
Pada
dasarnya, organisasi ini dibentuk sebagai wadah atau tempat untuk berkumpul,
bekerja sama secara sistematis dan rasional. Fungsi organisasi ini sendiri
banyak dipelajari oleh para peneliti dari berbagai bidang, terutama di bidang
ilmu psikologi, politik, ekonomi, manajemen, hingga ilmu sosiologi. Dalam ilmu
sosial sendiri fungsi organisasi juga dipelajari begitu mendalam, karena akan
berdampak besar bagi kehidupan banyak orang.
Semua
organisasi pasti memiliki visi serta misinya masing-masing. Visi dan misi ini
digagas dan dirancang dengan sedemikian rupa ketika organisasi ini didirikan
dan menjadi pedoman dalam menjalankan suatu organisasi. Hal ini harus
dituangkan dalam bentuk tulisan agar setiap pihak, baik pihak internal maupun
pihak eksternal, mengetahui tujuan dari organisasi-organisasi yang didirikan.
Meskipun keduanya merupakan satu kesatuan, pada dasarnya pengertian visi dan
misi sesungguhnya berbeda.
Tata caraMenyusun Visi dan Misi
Dalam proses
pembuatan visi serta misi, ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan.
Selain itu, pembuatan visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang tanpa adanya
unsur terburu-buru. Bahkan, harus dibuat sesuai dengan cita-cita lembaga maupun
organisasi yang bersangkutan.
Pada
dasarnya, untuk membuat visi dan misi organisasi sangatlah beragam. Meskipun
begitu, pada umumnya tata cara membuat visi dan misi organisasi dibagi menjadi
5 langkah, diantaranya:
Harus
menentukan tujuan dibentuknya organisasi.
Harus
memiliki fokus untuk menatap masa depan terutama dalam menghadapi berbagai
rintangan di masa depan.
Harus
memiliki tujuan yang jelas dan memiliki orientasi masa depan yang jelas.
Perlu
mempertimbangkan berbagai macam nilai yang ada di dalam organisasi.
Buatlah visi
dan misi berdasarkan hasil musyawarah atau mufakat.
Alasan
Pentingnya Visi dan Misi Organisasi Perlu Dibuat
Dalam
membuat suatu visi dan misi, tetap harus dipertimbangkan secara matang mengenai
untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk
mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.
alasanpentingnya keberadaan dari visi misi dalam suatu organisasi
Demi
mewujudkan cita-cita bersama dalam suatu sebuah perkumpulan.
Sebagai
suatu bentuk dorongan untuk selalu maju serta berkembang.
Agar
terhindar dari berbagai perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal
didirikanya suatu organisasi
Agar
senantiasa membuat perkumpulan atau organisasi tetap hidup serta berkembang.
Fungsi Visi
dan Misi Organisasi
Tidak dapat
dipungkiri bahwa visi dan misi dalam suatu organisasi memiliki peranan yang
sangat penting. Mengacu pada pengertian visi dan misi di atas, berikut di bawah
ini adalah beberapa fungsi visi dan misi dalam suatu organisasi.
Berfungsi
sebagai media yang menjembatani kondisi suatu organisasi saat ini serta di masa
depan.
Berfungsi
untuk meningkatkan standar kerja yang lebih baik.
Berfungsi
untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap suatu organisasi.
Berfungsi
untuk menumbuhkan dan meningkatkan tanggung jawab serta etos kerja anggota
organisasi.
Berfungsi
untuk menentukan tujuan dasar suatu organisasi.
Berfungsi
untuk menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya.
Berfungsi
untuk menjadi pedoman dalam membuat suatu rencana.
Berfungsi
untuk membantu individu dalam mengidentifikasi tujuan organisasi.
Berfungsi
untuk memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan.
Berfungsi
untuk membantu individu di organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai
dengan visi organisasi.
Berfungsi
untuk memberikan serta menerjemahkan tujuan dasar suatu organisasi, sehingga
parameter waktu, biaya, serta kinerja kemudian dapat dikontrol dan dievaluasi.
Visi Misi
Organisasi
Ada banyak
sekali contoh visi dan misi yang dapat kamu temukan dalam organisasi
masyarakat. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh visi misi organisasi
atau perusahaan.
Contoh Visi
dan Misi Organisasi Kepemudaan
Visi:
Mewujudkan generasi muda yang mandiri, tangguh, terampil, berakhlak mulia,
serta bermanfaat bagi masyarakat.
Misi:
Sebagai upaya mencapai visi tersebut, maka misi organisasi kami adalah
mengadakan banyak kegiatan kepemudaan di masyarakat; mengadakan berbagai
pelatihan bisnis pertanian, perniagaan serta bisnis kreatif; turut membantu
masyarakat dalam pengabdian serta menjaga lingkungan; meningkatkan prestasi
warga masyarakat, baik dalam bidang olahraga atau berbagai bidang keilmuan
lainnya; meningkatkan rasa persaudaraan di antara masyarakat melalui berbagai
pertemuan-pertemuan rutin.
Contoh Visi
dan Misi Bisnis Ritel (Alfamart)
Visi:
Menjadi jaringan distribusi ritel terbesar serta terintegrasi secara kompetitif
di Indonesia dan memberdayakan pengusaha kecil yang memenuhi kebutuhan serta
harapan-harapan pelanggan
Misi: Untuk
memenuhi berbagai kebutuhan serta harapan pelanggan yang berfokus kepada produk
dan layanan yang berkualitas tinggi; untuk menerapkan praktik bisnis etis,
menjadi yang terbaik di semua tindakan kita; mengembangkan semangat serta
keterampilan kewirausahaan di perusahaan dan masyarakat; mengembangkan
organisasi yang handal, sehat, serta berkembang yang menguntungkan setiap
pemangku kepentingan.
Kegunaan Visi dan Misi Perusahaan
Visi Misi
Organisasi
Jika bicara tentang organisasi, maka bisa dibilang sama seperti perusahaan. Suatu perusahaan pasti memiliki visi misi yang biasanya untuk mengembangkan perusahaan itu sendiri. Bahkan, visi misi perusahaan ternyata memiliki kegunaan atau manfaat bagi perusahaan. Berikut ini kegunaan visi dan misi perusahaan.
Memberikan Standar pada Kerja
Salah satu
kegunaan dari visi misi perusahaan adalah sebagai hal yang kemudian dapat
memberikan standar kerja. Standar kerja ini sendiri berlaku bagi para tenaga
kerja atau bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan
adanya standar kerja ini, maka setiap karyawan dapat bekerja dengan lebih
optimal, sehingga hasilnya akan menjadi lebih baik.
Meningkatkan Motivasi Kerja
Setiap karyawan umumnya dapat bekerja dengan lebih bersemangat jika memahami dengan dengan jelas apa saja yang menjadi tujuannya. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas tentu akan membuat karyawannya dapat bekerja dengan penuh semangat dalam bekerja dan menjadi lebih semangat untuk mencapai apa-apa yang menjadi tujuan dari perusahaan.
Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja
Jika visi
misi yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan menimbulkan motivasi, maka
nantinya karyawan akan menjadi lebih produktif. Hal ini juga didukung pula oleh
adanya semangat ataupun motivasi bagi karyawan yang membuatnya kian ingin
mencapai tujuan perusahaan. Produktivitas dan kinerja karyawan akan semakin
meningkat, sehingga misi perusahaan ini akan dijalankan dengan lancar serta
sesuai dengan harapan dan berhasil mencapai tujuan.
Menjadi
Acuan bagi Perusahaan
Sebuah
perusahaan didirikan dengan sebuah acuan. Dengan kata lain, acuan yang
digunakan oleh perusahaan ini menjadi sebuah landasan ataupun sebagai tonggak
bagi perkembangan bisnis. Acuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan ini dapat
menjadi semacam pegangan bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Dengan begitu,
perusahaan tak akan kehilangan arah serta setiap kegiatannya akan sesuai dengan
apa-apa yang menjadi acuan baginya.
Menjadi
Pedoman Kerja Karyawan
Selain
menjadi acuan bagi sebuah perusahaan, rupanya visi misi perusahaan ini juga
dijadikan sebagai sebuah pedoman. Dalam hal ini, visi misi ini akan menjadi
sebuah pedoman untuk para karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut.
Tentu hal ini akan membuat para karyawan menjadi lebih yakin saat melakukan
berbagai pekerjaannya.
Dengan
meningkatkan loyalitas karyawan, tidak hanya kinerja serta produktivitas saja
yang akan meningkat, tetapi kedepannya loyalitas para karyawan juga akan
semakin meningkat. Loyalitas yang meningkat ini pada akhirnya akan membuat para
karyawan dapat bekerja dengan semaksimal mungkin. Dengan begitu, segala misi
perusahaan dapat dijalankan secara optimal, sehingga visi perusahaan dapat
dicapai dengan lebih mudah.
Kesimpulan
Visi dan
misi organisasi menjadi hal penting yang telah ditetapkan oleh organisasi sejak
awal. Bahkan, sebelum organisasi itu terbentuk secara sah dan tentunya visi dan
misi organisasi tersebut telah dirancang oleh para pendiri organisasi.
Sebenarnya
kedua hal ini telah umum dan banyak diketahui perbedaannya oleh setiap orang.
Namun, visi dan misi ini sendiri merupakan hal yang jelas berbeda. Jika visi
menjadi tujuan, maka misi adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk
dapat mencapai visi.
Oleh
karenanya, kedua hal ini memiliki hubungan yang cukup erat. Jadi, pada dasarnya
misi sebagai pernyataan tentang apa saja yang dikerjakan oleh sebuah organisasi
ataupun perusahaan dalam usahanya untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.
Komentar
Posting Komentar