Design & Packaging Product

 Design & Packaging Product



Daftar Isi: 

1. Pengertian dari Design & Packaging Product 

2. Kegunaan Desain Kemasan 

3. Fungsi dari Desain Kemasan 

4. Ide Kemasan Desain

5. Prinsip Dalam Kemasan Desain

6.Bahan Kemasan Desain

Di era milenial seperti sekarang, desain kemasan dan branding suatu produk merupakan hal yang sangat penting, Anda tidak lagi bersaing secara kecil-kecilan, namun hampir semua orang kini menjadi pengusaha, entah itu pengusaha UKM atau pengusaha lainnya. Karena banyaknya produk di luar sana, Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan memiliki keunggulan sehingga dapat menjadi sebuah pilihan utama bagi para konsumen dan calon konsumen. Faktor-faktor yang menjadikan produk Anda unggul ialah namanya, kemasannya, harganya, isinya, serta beberapa faktor lainnya.

Desain Kemasan Produk Itu Apas Sih?

Desain kemasan produk adalah suatu usaha untuk menampilkan kreatifitas di dalam kemasan dengan cara menambahkan gambar, warna, teks dan keterangan sebuah produk. Semua komponen itu disusun agar menjadi sebuah desain yang dapat menunjukkan identitas produk tersebut.

Desain kemasan merupakan usaha kreatif dalam memproses suatu benda yang nantinya berfungsi sebagai pembungkus atau wadah dari suatu produk. Proses pembuatan desain mengacu pada rancangan untuk produk itu sendiri. Misalnya, bahan dasar kemasan, warna, jenis font, sampai elemen grafisnya.

 

Zaman sekarang membuat desain pengemasan yang unik tidak cukup. Sebuah desain yang baik hendaknya juga punya nilai cerita yang dapat tersampaikan ke konsumen. Secara tidak langsung, kemasan pada akhirnya harus mampu memberi pengalaman ke konsumen melalui sentuhan, penglihatan, ataupun bau.

 

Dengan kompleksitas sebuah desain packaging produk tersebut, sangat wajar jika pada akhirnya banyak produsen mencurahkan banyak waktu dan tenaga untuk rancangan desain. Bukan cuma persoalan memenangkan hati para konsumen, tetapi juga menyampaikan pesan penting hingga ke hati mereka.

KegunaanDesain Kemasan

Fungi desain kemasan ialah untuk menarik minat konsumen. Kemasan suatu produk itu bukan sekedar hiasan, namun mampu mempengaruhi segala hal mengenai produk Anda. Diterima tidaknya produk Anda oleh konsumen, diterima tidaknya produk oleh toko-toko yang ingin Anda jajah dengan produk Anda. Semua ini dapat bergantung pada bentuk kemasan produk Anda. Sehingga desain dus, branding dan promosi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

FungsiDesain Kemasan

Desain packaging harus mewakili kebutuhan produsen ke konsumen. Kebutuhan maksudnya adalah seberapa menarik buat konsumen, siapa yang akan membeli produk tersebut, dan pesan atau info tersirat apa yang bisa konsumen dapatkan.

 

Secara umum, fungsi dari desain packaging produk adalah sebagai berikut:

 

Media komunikasi tentang produk ke konsumen. Rincian tentang produk biasanya tampil pada informasi produk sehingga konsumen lebih mudah membaca sekaligus memahaminya. Citra produk juga dapat terlukis lewat visual yang ada pada kemasan.

Penentu identitas produk. Dalam hal ini, desain secara tidak langsung mempengaruhi branding produk. Dalam sekali lihat, konsumen dapat mengetahui identitas produk tanpa harus membaca semua info pada keamsan.

Mewakili estetika produk. Kadang ada produk yang sebenarnya secara kualitas biasa-biasa saja, tetapi mudah menjadi hits karena pengemasan yang menarik. Desain menjadi kunci penting dalam faktor estetika untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Brand image jangka panjang. Untuk memenangi persaingan bisnis yang ketat, desain pada pengemasan produk haruslah kuat. Tujuannya adalah menjaga brand image untuk waktu lebih lama. Tentu saja produsen perlu melakukan review desain berkala, terutama jika ingin rebranding.

Ide Desain Kemasan

Ide Desain Kemasan

Untuk menentukan ide kemasan, Anda dapat memilih identitas produk produk terlebih dulu. Misalnya tentang pemakaian warna, teks dan ilustrasi sesuai dengan target pasarnya. Anda juga dapat menggunakan jasa desain packaging hingga jasa cetak kemasan produk. Maka tidak ada alasan untuk tidak memperhatikan dan mengeluarkan usaha lebih untuk desain dus kemasan produk Anda.

 

Nah, ada lima hal wajib yang patut ada dalam desain packaging produk untuk branding dan promosi, ialah:

 

Desain produk harus memiliki keunikan yang mampu menjadi pembeda dengan produk-produk pesaing,

Desain dus harus memiliki kemampuan untuk ditampilkan. Dengan kata lain kemasan harus memiliki unsur estetik,

Desain box harus mengikutsertakan nama produk, logo, ciri khas, dan informasi mengenai produk dan produsen.

Desain kotak harus efisien, mudah dan nyaman dibawa dan dipegang.

Desain kemasan harus jelas. Desain kardus baiknya menggunakan warna dan bahan yang tidak mengganggu konsumen secara sosial dan atau psikologis.

Meskipun begitu, pastikan bahwa Anda tidak memilih kemasan yang terlampau mahal sehingga produk Anda pun menjadi overpriced.

Prinsip dalam Desain Kemasan

Nah, berikut ini beberapa prinsip dalam desain pengemasan produk yang mesti produsen perhatikan. Aturan-aturan ini wajib produsen lakukan jika ingin bersaing sehat dengan kompetitor sejenis:

 

 Kesederhanaan, Bukan Kompleks

 

 

Bentuk desain dan warna yang jelas jauh lebih menguntungkan produsen daripada desain yang terlalu kompleks. Prioritaskan kesederhaan dalam desain, misalnya dari segi warna, elemen, bahkan bentuk huruf. Pasalnya, produsen cuma punya waktu empat hingga lima detik untuk menarik hati konsumen.

 

Percuma memiliki produk dengan pengemasan unik dan terlihat mewah, tetapi informasi yang tercantum pada kemasan sangat sedikit. Hati-hati, beberapa produsen sering tersandung pada mementingkan kemasan meriah dan kompleks, namun lupa akan fungsi kemasan sebagai media komunikasi.

 

Kejujuran

desain kemasan

 

Prinsip berikutnya ini juga kerap produsen lupakan, terutama untuk produk-produk makanan. Junjung tinggi kejujuran untuk konsumen. Maksudnya, gunakan visual gambar produk yang sebenarnya, bukan yang memanfaatkan editing berlebihan sehingga produk tampak lebih bagus.

 

Ingat, konsumen dapat sangat kecewa ketika visual produk pada kemasan ternyata tidak sesuai atau bahkan jauh dari realita yang mereka terima. Melakukan ketidakjujuran pada desain pengemasan dapat berujung pada menurunnya citra produk dan hilangnya kepercayaan konsumen.

 

Autentik

 

 

Akibat makin ketatnya persaingan dalam produk, tidak sedikit produsen memilih membuat desain kemasan yang mirip dengan kompetitor. Tujuannya bisa jadi untuk mengecoh konsumen saat hendak membeli. Strategi ini memang cukup efektif, apalagi jika kemiripan nyaris sulit dibedakan dalam beberapa detik pertama.

 

Sayangnya, hal ini jelas tidak sejalan dengan prinsip desain. Sebuah desain harus autentik alias tidak menjiplak. Gunakan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi) dalam merancang sebuah desaih pengemasan. Berikan pembeda dan keunikan pada kemasan, bukan meniru kemasan produk lain.

 

Unik dan Menarik

desain kemasan

 

Sebelum membuat desain final, produsen mesti membayangkan penampakan produknya saat dijejerkan dengan produk sejenis. Apakah produk tersebut terlihat lebih mencolok? Apakah produk tersebut berpotensi membuat calon pembeli berhenti sejenak, lalu mengambilnya?

 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat kemasan yang unik dan menarik. Nilai dari keunikan ini dapat produsen ambil dari berbagai aspek, misalnya warna atau ilustrasi produk pada kemasan. Sedot perhatian konsumen sejak awal melihat produk tanpa perlu berpikir panjang untuk membelinya.

 

Food Safety

 

 

Dalam rancangan desain pengemasan, bahan packaging juga tidak boleh produsen abaikan. Jauh sebelum membuat desain semenarik mungkin, produsen harus memilih bahan pengemas yang menjamin keamanan konsumen. Artinya, bahan tersebut mesti sudah masuk kategori food grade.

 

Maka, memberikan jaminan keamanan pangan pada konsumen juga wajib masuk checklist para produsen saat mendesain kemasan. Bahan berkualitas juga sebenarnya mempermudah proses cetak kemasan. Desain yang ada pun dapat tercetak bagus.

 

Kontak FlexyPack Cetak Kemasan Fleksibel


Ide Desain Kemasan Produk Kreatif

Kemasan makanan dan minuman bisa banget kamu desain sekreatif mungkin untuk mencuri perhatian calon pembeli. Hal yang paling mudah untuk membuat kemasan produk kreatif yaitu dengan mendesain kemasanmu sekreatif mungkin seperti contoh berikut.

 

desain kemasan produk kreatif

 

Jika kamu sedang membutuhkan desain kemasan produk kreatif dan ekonomis untuk produk, kamu dapat mengonsultasikannya ke tim FlexyPack. FlexyPack menyediakan berbagai jenis kemasan untuk beragam produk. Dan pastinya desainnya dapat dibuat menarik biar produkmu pun lebih.

Bahan kemasan

Untuk membuat sebuah kemasan pada produk anda, bahan yang digunakan haruslah disesuaikan dengan jenis produk yang akan dijual. Tidak boleh asal dan sembarangan. ahan yang tidak sesuai dengan produk akan memberikan pengaruh yang buruk. Contoh sederhananya ada pada produk minuman tidak akan bisa menggunakan kertas biasa. Adapun bahan yang bisa gunakan, yaitu:

 

Gelas

 

Bahan ini bersifat mudah pecah dan transparan sehingga tidak cocok untuk digunak pada produk yang tidak tahan jika harus bersentuhan dengan sinar ultraviolet secara langsung.

 

Metal

 

Bahan ini biasanya dibuat dari alumunium; cocok untuk digunakan pada produk yang membutuhkan tekanan udara guna mendorong keluar produk dari kaleng kemasan.

 

Kertas

 

sifat dari kertas adalah tidak tahan air dan lembab sehingga bisa dikatakan jika bahan dengan jenis ini mudah rusak. Oleh karena itu, kertas amat sangat tidak cocok digunakan untuk produk yang memiliki tingkat kelembaban dan kadar air yang tinggi.

 

Plastik

 

Bentuk dari bahan plastik biasanya berupa film, kantong, wadah dan bentuk lain seperti botol kaleng, toples dan kotak. Bahan ini banyak digunakan karena biaya yang harus dikeluarkan untuk ongkos produksinya terbilang murah. Sifat dari plastik ini juga mudah dibentuk dan dimodifikasi.

 

Itulah pengertian mengenai kemasan produk, fungsi, manfaat, bahan dan juga jenis-jenis yang sesuai dengan berbagai macam jenis produk. Dari sekian banyaknya jenis produk yang akan dipasarkan, ada baiknya kita menyesuaikan terlebih dahulu dengan produk guna menghindari resiko kerugian biaya akibat salah pilih bahan dan tidak sesuai dengan produk anda. Jadi jangan sampai anda salah dalam merangcangnya.



KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3


Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111





Komentar

Postingan populer dari blog ini