. Keywoard research tuh apa sih?
Keyword research adalah riset yang dilakukan sebagai
bentuk optimasi SEO untuk mendapatkan kata kunci terpopuler. Kegiatan mencari
kata kunci akan mendapatkan hasil berupa keyword populer yang nantinya bisa
kamu gunakan untuk membuat konten berkualitas dan bersaing dengan situs lain.
Contoh, kamu ingin
membuat artikel dengan topik “Digital Marketing”. Coba lihat penelusuran mesin
pencari, pasti terdapat kata lain seperti “materi digital marketing”, “contoh
digital marketing”, “jurusan digital marketing”, “belajar digital marketing”
dan masih banyak lagi.
Namun,
meningkatkan trafik ataupun menjadikan website berada dihalaman pertama hasil
pencarian bukanlah satu-satunya tujuan yang harus kamu capai. Bayangkan jika
kamu sudah merasa ahli SEO dan ingin menjual sesuatu di konten.
Kamu
mengatakan banyak kata kunci dengan menyebut semua keywords dengan pencarian
terbanyak melalui Google keywords Planner. Tapi, setelah website kamu berada di
posisi teratas tidak ada satupun pengunjung yang minat dengan produk maupun
jasa yang kamu tawarkan.
Sayang
sekali ya? Jadi, sebaiknya konten di website selain menduduki peringkat pertama
hasil pencarian, konten tersebut juga berhasil mencuri perhatian pengunjung
sehingga mereka melakukan tindakan seperti meng-subscribe maupun melakukan
pembelian.
. Tujuan dari Keywoard Research
Seperti yang sudah dibahas, Keywoard Research memiliki tujuan nya
juga loh salah satu nya untuk menemukan kata kunci, selain dari itu kamu juga
biasa mengetahui topik apapun yang
paling banyak dicari orang.
. Pentingnya Keywoard Research Dalam SEO
Dari penjelasan apa itu keywoard diatas, mungkin kamu sudah bisa
membayangkan bagaimana manfaat suatu proses terhadap optimasi pada kinerja
website yaitu:
proses ini juga memberikan manfaat
dalam pembuatan dan pengelolaan konten. Nah, berikutnya, kita akan membahas
tentang bagaimana peran riset kata kunci terhadap proses SEO.
Agar dapat memberikan rekomendasi
kepada para penggunanya, mesin pencari menggunakan bot untuk merayapi konten di
website. Pada tahap ini, bot juga akan memindai setiap kata kunci yang ada di
dalamnya.
Hasil temuan bot akan menjadi
dasar pemeringkatan di halaman hasil penelusuran pengguna (SERP) yang mencari
berdasar kata kunci yang relevan.
Terlepas dari manfaatnya terhadap
kinerja bisnis maupun pembuatan konten, berikut ini alasan mengapa Anda harus
menerapkan research keyword untuk mengakomodir SEO pada situs anda:
1.Menganalisa Apa Saja yang Sedang Dicari Orang
Tujuan utama dari research keyword adalah mencari tahu, topik apa yang sering dicari orang-orang di internet atau mesin pencarian. Hasil yang didapat dari proses ini adalah data yang lebih valid dibanding terkaan.
Artinya, melalui proses riset keyword ini, Anda tidak perlu menebak-nebak atau berasumsi dalam menyusun strategi marketing. Seperti yang kita tahu, saat ini orang cenderung tak hanya mencari berita atau tutorial di Google.
Mereka juga semakin bergantung pada mesin pencarian dalam menemukan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan hanya dengan kata kunci yang tepat, barang dan jasa yang Anda tawarkan bisa ditemukan orang.
2.Memudahkan Mesin Pencari Mengenali Website
Riset kata kunci dapat memastikan
bahwa konten Anda memuat keyword-keyword yang relevan, antara bisnis Anda
dengan apa yang dicari pengguna.
Hal ini dapat membantu bot mesin
pencari dalam mengenali isi website Anda. Google, atau mesin pencari lainnya, akan
menganggap bahwa situs Anda benar-benar menyajikan konten yang sedang dicari
penggunanya dan bukan sekedar menaruh kata kunci secara asal-asalan.
Dan saat situs Anda lebih
direkomendasikan, maka tujuan dari SEO yang Anda terapkan pun bisa dikatakan sudah
tercapai.
Ini karena mesin pencari
menganggap bahwa konten di situs andalah yang sedang dicari oleh pengguna
internet. Hal ini juga berguna pada saat Anda memilih product defining keyword
dalam mempromosikan barang dan jasa.
3.Membantu Peningkatan Traffic ke Website
Dengan menggunakan keyword-keyword
pilihan yang paling sering dicari orang, maka situs akan lebih berpeluang untuk
ditampilkan di hasil penelusuran.
Idealnya, karena situs Anda
memiliki peringkat atas di hasil penelusuran maka kemungkinan situs dikunjungi
pun jadi lebih besar.
Dengan potensi kunjungan lebih
besar, seharusnya Anda bisa mengharap jumlah kunjungan (traffic) ke situs yang
lebih tinggi.
Namun kembali lagi, jika konten di
dalamnya tidak sesuai, pengunjung biasanya hanya butuh 3 detik saja sebelum
meninggalkan sebuah situs.
Ya, satu hal yang juga tak boleh
dikesampingkan dari peningkatan jumlah kunjungan adalah konten yang
berkualitas.
Setelah pengunjung sampai ke situs
Anda, pastikan mereka disambut oleh konten yang memang mereka cari, bukan
sekedar kata kunci yang berceceran.
4.Meningkatkan Engagement
Selain itu, riset keyword bukan
sekedar ritual awal dalam praktik SEO. Setiap pengelola website harus terus
memonitor prosesnya secara konsisten terus-menerus.
Hal ini mengingat pasar yang
bersifat dinamis, kompetitor yang juga aktif, serta algoritme mesin pencari
yang terus diperbarui. Proses berkelanjutan akan membantu Anda memastikan situs
selalu dalam kinerja terbaik.
Tentu saja, penelusuran di
internet bukan satu-satunya sumber traffic ke situs Anda. Namun dengan bantuan
kata kunci yang relevan, pengunjung yang datang dari media sosial pun juga akan
lebih terbantu.
Jelas, karena intinya konten Anda
memang relevan dengan apa yang sedang mereka cari atau yang direkomendasikan
oleh teman mereka sehingga terasa lebih mengikat
Manfaat utama melakukan riset
keyword bagi perusahaan adalah membantu website untuk membuka pasar atau target
konsumen baru, mempertahankan pangsa pasar, meningkatkan visibilitas serta
menentukan konten yang paling tepat bagi audiens.
Dan untuk lebih memudahkan Anda
dalam melakukannya, tak hanya sekali dua, tapi terus menerus secara konsisten,
ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya adalah memadukan tools
seperti Google Suggestions, Google Related, Google Keyword Toll maupun
Ubersuggest.
Keuntungan dari Research yaitu :
- Dapat
menciptakan konten yang berkualitas.
- Mengetahui
pikiran pengunjung yang sedang mencari keywords tertentu..
- Melihat
perkembangan pesaing dan menjadikannya sebagai strategi untuk menyalipnya.
- Menyusun
prioritas, keywords mana yang akan kamu jadikan keyword utama dari blog
atau bisnis kamu.
Untuk menentukan
nilai suatu kata kunci, kamu harus menghargai keyword dibanding sekedar
menganggapnya sebagai kata-kata yang bernilai sama.
Adaa keywords
yang banyak dicari namun kurang bermanfaat. Ada juga kata kunci yang sedikit
dicari namun bernilai tinggi. Karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana motif
atau maksud mesin pencari seperti Google.
Berikut ini adalah
beberapa penjelasan dan contoh sederhana agar kamu bisa memahaminya dengan
mudah, yaitu:
Orang-orang
mencari melalui kata kunci dengan motif tertentu, ada yang siap bertransaksi
maupun sekedar mencari informasi mengenai produk tersebut. Contohnya adalah
kata kunci “Beli skincare original”, “Jual beli barang elektronik”.
Biasanya
orang-orang tidak langsung membeli barang yang mereka inginkan, karena mereka
akan membandingkan harga produk dari satu situs ke situs lainnya. Contohnya
kata kunci “Harga Samsung A52” .
Pengguna internet
biasanya mengetik kata kunci tertentu untuk mencari situs yang ingin mereka
kunjungi. Kata kunci semacam ini berukuran besar, namun kurang bermanfaat.
Contohnya keywords “Creepypasta” dan “Login Twitter”.
Informasi adalah
salah satu motif paling sering ditemukan di mesin pencari seperti Google,
dimana banyak orang mencari informasi secara cepat.
Karena Google
memahami otif ini, maka tak jarang Google memberikan jawaban secara tidak
langsung di Quick Answer Box. Dalam pencarian dengan kata kunci berbahasa
Inggris hal ini sudah sering terjadi, namun dalam pencarian Indonesia masih
jarang terjadi.
. Tools Gratisuntuk Riset Keywoards
Ada banyak sekali pilihan
aplikasi untuk membantu kamu melakukan riset keywords, selain itu yang pasti
kamu bisa menggunakannya secara gratis. Apa saja sih tools nya?
Tools yang
dikembangkan Google ini menawarkan fitur statistik bagi setiap keywords,
termasuk memberi kamu informasi mengenai besarnya pencarian dan perkiraan cost
per click atau biaya rata-rata per klik.
Google Keywords Planner bisa membantu kamu memilih kata kunci dasar dengan tepat, namun bukan satu-satunya tools yang bisa kamu manfaatkan.
Keyword tool bisa
memberikan 750 saran kata kunci bagi penggunanya. Aplikasi ini bekerja dengan
129 domain di Google, 83 bahasa dan user friendly. Sehingga bagi kamu yang
masih awam, akan mudah sekali menggunakannya.
Ubersuggest
memberikan data dari mesin pencari lainnya dan Google melalui kata kunci
pertama, menambahkan huruf dan angka pada kata kunci tersebut serta menawarkan
saran kata kunci juga.
Aplikasi Keyword
Eye merupakan salah satu tools paling menarik dibanding jenis lainnya. Karena
aplikasi ini menampilkan “gumpalan kata kunci” dimana ukuran serta warna yang
ditampilkan mewakili besar kecilnya pencarian juga alur kompetisinya.
Tools ini
terdapat dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Di versi gratisnya kamu tetap
bisa menggunakannya dengan batasan 20 kata kunci dalam sehari, laporan terkait
100 kata kunci hingga 25 jumlah database kata kunci dari Google.
Sederhananya,
Keyword Eye menampilkan data yang cukup banyak namun mudah dipahami, bahkan
untuk pemula seperti kamu.
Strategi Menetukan Keywoard Dengan Cara yang Cepat
ini
adalah beberapa strategi terbaik untuk melakukan riset keyword yang bisa kamu
coba, yaitu:
- Kenali target pasar demi niche (tema)
keyword yang menguntungkan.
- Fokus ke pencarian log taill keyword
(kata kunci panjang yang tepat sasaran).
- Tentukan prioritas keywords berdasarkan
kebutuhan.
- Cari lebih banyak secara terus menerus kata kunci yang kamu inginkan.
Kesimpulan:
Nah bagaimana sudah paham belum mengenai apa itu keywoard, itulah pembahasan mengenai keyword research. Melakukan riset kata kunci mungkin sudah menjadi pekerjaan mudah bagi sebagian orang dengan bantuan tools atau layanan online. Namun satu hal yang mungkin membedakan hasilnya adalah, konsistensi dalam melakukannya secara berkelanjutan. Intinya riset keyword adalah salah satu kegiatan mencari kata kunci populer untuk memaksimalkan optimasi SEO sehingga konten di website kamu memiliki kualitas serta mampu menduduki ranking pertama mesin pencarian, terutama Google.
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar