Keywoard Research 



Daftar Isi : 


. Keywoard research tuh apa sih?

          Keyword research adalah riset yang dilakukan sebagai bentuk optimasi SEO untuk mendapatkan kata kunci terpopuler. Kegiatan mencari kata kunci akan mendapatkan hasil berupa keyword populer yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat konten berkualitas dan bersaing dengan situs lain.

Contoh, kamu ingin membuat artikel dengan topik “Digital Marketing”. Coba lihat penelusuran mesin pencari, pasti terdapat kata lain seperti “materi digital marketing”, “contoh digital marketing”, “jurusan digital marketing”, “belajar digital marketing” dan masih banyak lagi.

Namun, meningkatkan trafik ataupun menjadikan website berada dihalaman pertama hasil pencarian bukanlah satu-satunya tujuan yang harus kamu capai. Bayangkan jika kamu sudah merasa ahli SEO dan ingin menjual sesuatu di konten.

Kamu mengatakan banyak kata kunci dengan menyebut semua keywords dengan pencarian terbanyak melalui Google keywords Planner. Tapi, setelah website kamu berada di posisi teratas tidak ada satupun pengunjung yang minat dengan produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Sayang sekali ya? Jadi, sebaiknya konten di website selain menduduki peringkat pertama hasil pencarian, konten tersebut juga berhasil mencuri perhatian pengunjung sehingga mereka melakukan tindakan seperti meng-subscribe maupun melakukan pembelian.

 Tujuan dari Keywoard Research

Seperti yang sudah dibahas, Keywoard Research memiliki tujuan nya juga loh salah satu nya untuk menemukan kata kunci, selain dari itu kamu juga biasa  mengetahui topik apapun yang paling banyak dicari orang. 

. Pentingnya Keywoard Research Dalam SEO

Dari penjelasan apa itu keywoard diatas, mungkin kamu sudah bisa membayangkan bagaimana manfaat suatu proses terhadap optimasi pada kinerja website yaitu:

proses ini juga memberikan manfaat dalam pembuatan dan pengelolaan konten. Nah, berikutnya, kita akan membahas tentang bagaimana peran riset kata kunci terhadap proses SEO.

Agar dapat memberikan rekomendasi kepada para penggunanya, mesin pencari menggunakan bot untuk merayapi konten di website. Pada tahap ini, bot juga akan memindai setiap kata kunci yang ada di dalamnya.

Hasil temuan bot akan menjadi dasar pemeringkatan di halaman hasil penelusuran pengguna (SERP) yang mencari berdasar kata kunci yang relevan.

Terlepas dari manfaatnya terhadap kinerja bisnis maupun pembuatan konten, berikut ini alasan mengapa Anda harus menerapkan research keyword untuk mengakomodir SEO pada situs anda:

1.Menganalisa Apa Saja yang Sedang Dicari Orang

Tujuan utama dari research keyword adalah mencari tahu, topik apa yang sering dicari orang-orang di internet atau mesin pencarian. Hasil yang didapat dari proses ini adalah data yang lebih valid dibanding terkaan.

Artinya, melalui proses riset keyword ini, Anda tidak perlu menebak-nebak atau berasumsi dalam menyusun strategi marketing. Seperti yang kita tahu, saat ini orang cenderung tak hanya mencari berita atau tutorial di Google.

Mereka juga semakin bergantung pada mesin pencarian dalam menemukan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan hanya dengan kata kunci yang tepat, barang dan jasa yang Anda tawarkan bisa ditemukan orang.

2.Memudahkan Mesin Pencari Mengenali Website

Riset kata kunci dapat memastikan bahwa konten Anda memuat keyword-keyword yang relevan, antara bisnis Anda dengan apa yang dicari pengguna.

Hal ini dapat membantu bot mesin pencari dalam mengenali isi website Anda. Google, atau mesin pencari lainnya, akan menganggap bahwa situs Anda benar-benar menyajikan konten yang sedang dicari penggunanya dan bukan sekedar menaruh kata kunci secara asal-asalan.

Dan saat situs Anda lebih direkomendasikan, maka tujuan dari SEO yang Anda terapkan pun bisa dikatakan sudah tercapai.

Ini karena mesin pencari menganggap bahwa konten di situs andalah yang sedang dicari oleh pengguna internet. Hal ini juga berguna pada saat Anda memilih product defining keyword dalam mempromosikan barang dan jasa.  

3.Membantu Peningkatan Traffic ke Website

Dengan menggunakan keyword-keyword pilihan yang paling sering dicari orang, maka situs akan lebih berpeluang untuk ditampilkan di hasil penelusuran.

Idealnya, karena situs Anda memiliki peringkat atas di hasil penelusuran maka kemungkinan situs dikunjungi pun jadi lebih besar.

Dengan potensi kunjungan lebih besar, seharusnya Anda bisa mengharap jumlah kunjungan (traffic) ke situs yang lebih tinggi.

Namun kembali lagi, jika konten di dalamnya tidak sesuai, pengunjung biasanya hanya butuh 3 detik saja sebelum meninggalkan sebuah situs.

Ya, satu hal yang juga tak boleh dikesampingkan dari peningkatan jumlah kunjungan adalah konten yang berkualitas.

Setelah pengunjung sampai ke situs Anda, pastikan mereka disambut oleh konten yang memang mereka cari, bukan sekedar kata kunci yang berceceran.

4.Meningkatkan Engagement

Selain itu, riset keyword bukan sekedar ritual awal dalam praktik SEO. Setiap pengelola website harus terus memonitor prosesnya secara konsisten terus-menerus.

Hal ini mengingat pasar yang bersifat dinamis, kompetitor yang juga aktif, serta algoritme mesin pencari yang terus diperbarui. Proses berkelanjutan akan membantu Anda memastikan situs selalu dalam kinerja terbaik.

Tentu saja, penelusuran di internet bukan satu-satunya sumber traffic ke situs Anda. Namun dengan bantuan kata kunci yang relevan, pengunjung yang datang dari media sosial pun juga akan lebih terbantu.

Jelas, karena intinya konten Anda memang relevan dengan apa yang sedang mereka cari atau yang direkomendasikan oleh teman mereka sehingga terasa lebih mengikat

Manfaat utama melakukan riset keyword bagi perusahaan adalah membantu website untuk membuka pasar atau target konsumen baru, mempertahankan pangsa pasar, meningkatkan visibilitas serta menentukan konten yang paling tepat bagi audiens.

Dan untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukannya, tak hanya sekali dua, tapi terus menerus secara konsisten, ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya adalah memadukan tools seperti Google Suggestions, Google Related, Google Keyword Toll maupun Ubersuggest.

 

Keuntungan dari Research yaitu :

  • Dapat menciptakan konten yang berkualitas.
  • Mengetahui pikiran pengunjung yang sedang mencari keywords tertentu..
  • Melihat perkembangan pesaing dan menjadikannya sebagai strategi untuk menyalipnya.
  • Menyusun prioritas, keywords mana yang akan kamu jadikan keyword utama dari blog atau bisnis kamu.

 

. Nilai Suatu Keywoards

Untuk menentukan nilai suatu kata kunci, kamu harus menghargai keyword dibanding sekedar menganggapnya sebagai kata-kata yang bernilai sama.

Adaa keywords yang banyak dicari namun kurang bermanfaat. Ada juga kata kunci yang sedikit dicari namun bernilai tinggi. Karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana motif atau maksud mesin pencari seperti Google.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan contoh sederhana agar kamu bisa memahaminya dengan mudah, yaitu:

1. Transaksi

Orang-orang mencari melalui kata kunci dengan motif tertentu, ada yang siap bertransaksi maupun sekedar mencari informasi mengenai produk tersebut. Contohnya adalah kata kunci “Beli skincare original”, “Jual beli barang elektronik”.

2. Perbandingan Harga

Biasanya orang-orang tidak langsung membeli barang yang mereka inginkan, karena mereka akan membandingkan harga produk dari satu situs ke situs lainnya. Contohnya kata kunci “Harga Samsung A52” .

3. Navigasi

Pengguna internet biasanya mengetik kata kunci tertentu untuk mencari situs yang ingin mereka kunjungi. Kata kunci semacam ini berukuran besar, namun kurang bermanfaat. Contohnya keywords “Creepypasta” dan “Login Twitter”.

4. Informasi

Informasi adalah salah satu motif paling sering ditemukan di mesin pencari seperti Google, dimana banyak orang mencari informasi secara cepat.

Karena Google memahami otif ini, maka tak jarang Google memberikan jawaban secara tidak langsung di Quick Answer Box. Dalam pencarian dengan kata kunci berbahasa Inggris hal ini sudah sering terjadi, namun dalam pencarian Indonesia masih jarang terjadi.

. Tools Gratisuntuk Riset Keywoards

Ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk membantu kamu melakukan riset keywords, selain itu yang pasti kamu bisa menggunakannya secara gratis. Apa saja sih tools nya?

1. Google Keywoards Planner

Tools yang dikembangkan Google ini menawarkan fitur statistik bagi setiap keywords, termasuk memberi kamu informasi mengenai besarnya pencarian dan perkiraan cost per click atau biaya rata-rata per klik.

Google Keywords Planner bisa membantu kamu memilih kata kunci dasar dengan tepat, namun bukan satu-satunya tools yang bisa kamu manfaatkan.

2. Keywoards Tools

Keyword tool bisa memberikan 750 saran kata kunci bagi penggunanya. Aplikasi ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan user friendly. Sehingga bagi kamu yang masih awam, akan mudah sekali menggunakannya.

3. Ubersuggest

Ubersuggest memberikan data dari mesin pencari lainnya dan Google melalui kata kunci pertama, menambahkan huruf dan angka pada kata kunci tersebut serta menawarkan saran kata kunci juga.

4. Keywoards Eye (Basic)

Aplikasi Keyword Eye merupakan salah satu tools paling menarik dibanding jenis lainnya. Karena aplikasi ini menampilkan “gumpalan kata kunci” dimana ukuran serta warna yang ditampilkan mewakili besar kecilnya pencarian juga alur kompetisinya.

Tools ini terdapat dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Di versi gratisnya kamu tetap bisa menggunakannya dengan batasan 20 kata kunci dalam sehari, laporan terkait 100 kata kunci hingga 25 jumlah database kata kunci dari Google.

Sederhananya, Keyword Eye menampilkan data yang cukup banyak namun mudah dipahami, bahkan untuk pemula seperti kamu.

Strategi Menetukan Keywoard Dengan Cara yang Cepat

ini adalah beberapa strategi terbaik untuk melakukan riset keyword yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Kenali target pasar demi niche (tema) keyword yang menguntungkan.
  • Fokus ke pencarian log taill keyword (kata kunci panjang yang tepat sasaran).
  • Tentukan prioritas keywords berdasarkan kebutuhan.
  • Cari lebih banyak secara terus menerus kata kunci yang kamu inginkan.
 

Kesimpulan:

Nah bagaimana sudah paham belum mengenai apa itu keywoard, itulah pembahasan mengenai keyword research. Melakukan riset kata kunci mungkin sudah menjadi pekerjaan mudah bagi sebagian orang dengan bantuan tools atau layanan online. Namun satu hal yang mungkin membedakan hasilnya adalah, konsistensi dalam melakukannya secara berkelanjutan. Intinya riset keyword adalah salah satu kegiatan mencari kata kunci populer untuk memaksimalkan optimasi SEO sehingga konten di website kamu memiliki kualitas serta mampu menduduki ranking pertama mesin pencarian, terutama Google.

 KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini