Apa Itu Viral Marketing?

 Apa Itu Viral Marketing 


Daftar Isi : 

1. Apa Itu Viral Marketing 

2. Apa Manfaat dari Viral Marketing

3. Contoh dari Viral Marketing 

4. Cara Penerapan Viral Marketing Terbaik 

5. Jenis Viral Marketing 

6. Ciri - Ciri Viral Marketing 

7. Strategi Viral Marketing 

8. Dimensi Viral Marketing 

ViralMarketing Itu Apa Sih ?


Singkatnya viral marketing adalah strategi marketing yang mengandalkan target audiens untuk mempromosikan brand atau produk ke orang lainnya.

 

Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk menyebarkan promosi brand atau produk secara lebih cepat dan luas melalui internet dan berbagai media sosial platform. Bentuk dari viral marketing pun beragam. Mulai dari iklan, konten, kampanye dan konten lainnya yang dapat memicu minat pengguna untuk membagikannya secara luas di internet.

 

Saat menggunakan strategi pemasaran viral marketing, konten sebaiknya dibuat semenarik mungkin untuk mendorong keinginan target audiens untuk membagikannya ke orang lain. Semakin menarik sebuah konten, semakin besar pula potensi konten tersebut untuk menjadi viral dan terus tersebar ke berbagai media sosial platform di internet.

 

Nah tentunya dengan konten yang viral ini Anda dapat menarik minat pelanggan baru dan meningkatkan penjualan bisnis Anda Golden friends! Sangat menarik bukan? Namun apa saja yang membuat sebuah kampanye marketing bisa dikatakan “viral”? Jawabannya adalah ketika konten Anda dibagikan oleh masyarakat secara luas. Dengan begini, Anda tidak lagi terbatas dan hanya menarik minat dan penjualan target audiens bisnis Anda. Selain itu, brand awareness dan visibility bisnis Anda pun juga akan meningkat!

 

Viral marketing adalah versi internet dari penggunaan pemasaran mulut ke mulut, yang memiliki hubungan dengan menciptakan sebuah e-mail, video, post, atau konten dan cara pemasaran yang sangat menular sehingga konsumen atau pelanggan bersedia atau mau untuk menyebarkan dan menyampaikannya kepada teman-teman mereka. Bentuk konkretnya dapat berupa video lucu, meme, atau surat elektronik yang dapat disisipi nama yang penerima, dsb.

Apa manfaat dari Viral Marketing?

 

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, banyak keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari strategi marketing viral lho Golden friends!

 

Nah berikut adalah beberapa diantaranya:

 

Meningkatkan kredibilitas brand Anda dengan konten viral, Anda bisa dengan  mudah membangun kredibilitas brand dan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan bahwa semua konten yang Anda tampilkan di media sosial membawa sisi positif dari bisnis.

 

Menghemat biaya promosi dan iklan saat konten Anda menjadi viral, akan ada banyak orang di internet yang membicarakannya dan memicu word-of-mouth marketing dimana mereka akan mempromosikan bisnis Anda secara tidak langsung.

 

Meningkatkan brand awareness selain itu semakin banyak orang membicarakan brand dan produk Anda, semakin tinggi pula tingkat awareness masyarakat luas pada bisnis Anda.

 

Mengoptimalkan  reach dan jangkauan bisnis konten viral juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan reach (jangkauan) bisnis yang lebih luas dan tidak terbatas sampai target audiens.

 

Trafik tambahan ke platform sosial media dan website saat konten Anda menjadi viral, akan ada banyak orang yang tertarik untuk membuka sosial media platform dan juga website Anda; meningkatkan trafik secara keseluruhan.

 

Contoh Dari Viral Marketing?


ContohViral Marketing

 

Nah untuk mengetahui marketing virallebih dalam lagi, berikut ini adalah contoh-contoh konten dan kampanye viral dari beberapa brand populer.

 

    Fire Noodle Challenge

 

Salah satu strategi marketing viral terpopuler datang dari brand ramen instan Samyang bernama Fire Noodle Challenge.

 

Fire Noodle Challenge adalah tantangan dimana Anda mencoba menghabiskan semangkuk mie Korea super pedas tanpa minum air putih.

 

Di mulai pada tahun 2014, popularitas challenge yang tidak dimulai brand itu sendiri semakin meroket dan membuat mie fire noodle tersebut menjadi sangat populer.

 

Tidak hanya itu, bahkan perusahaan mie instan Samyang itu berkolaborasi dengan perusahaan make-up ternama untuk membuat seri makeup ramen pedas!

 

    Wendy’s Spicy Chicken Nugget

 

Sosial media adalah alat yang ampuh digunakan untuk pemasaran digital. Sampai sekarang ada 3,4 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

 

Oleh karena itu, platform sosial media sangat cocok digunakan untuk melakukan strategi viral marketing. Mari kita lihat restoran Amerika Wendy’s sebagai contoh.

 

Fast food chain cepat saji Amerika ini sekarang telah menguasai social media marketing dengan memanfaatkan akun Twitter mereka secara maksimal.

 

Pada bulan Mei tahun lalu, Wendy’s bahkan berhasil mengumpulkan dua juta likes dalam satu setengah hari dengan berjanji untuk membawa kembali spicy chicken nugget ke menu mereka.

 

Carapenerapan Viral Marketing Terbaik

 

    Tarik Perhatian Influencer

 

Salah satu cara tercepat untuk menjadi viral adalah melalui influencer yang memiliki banyak pengikut di suatu sosial media platform.

 

Biasanya influencer  memang mempunyai rate promosi yang cukup tinggi. Tapi, sebenarnya, Anda juga bisa lho menarik perhatian influencer tanpa mengeluarkan biaya banyak.

 

Anda bisa mencoba untuk mengirimkan para influencers ini produk Anda secara gratis untuk di review. Jika cara ini masih belum berhasil,  cara lainnya adalah untuk berinteraksi dengan postingan influencer tersebut.

 

Tulis komentar-komentar unik dan  menarik yang akan menarik perhatian influencer tersebut atau bahkan followers yang lainnya!

 

    Pilih Platform dan Audiens yang Tepat

 

Pilihan platform dan audiens juga bisa menentukan kesuksesan strategi viral marketing Anda lho sahabat Qwords! Dengan banyaknya informasi yang ada di luar sana, jarang ada konten yang bisa viral dengan sendirinya.

 

Untuk menciptakan konten yang  menarik lebih banyak orang dari kompetitor, pastikan bahwa konten Anda akan diterima oleh audiens yang tepat.

 

Nantinya, audiens inilah yang akan menyebarkan informasi yang mereka dapatkan kepada jangkauan yang lebih luas lagi.

 

Contohnya, jika bisnis Anda menargetkan anak muda pengguna aktif internet, Instagram marketing bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

 

 Sedangkan, jika Anda menargetkan pasar yang lebih tua, Facebook adalah pilihan yang lebih tepat.

 

    Ciptakan Konten yang Tepat

 

Selain target audiens dan platform, pilihan konten juga salah satu faktor yang menentukan kesuksesan strategi viral marketing Anda lho sahabat Qwords.

 

Tentunya, konten yang tepat tergantung juga pada audiens dan platform yang Anda gunakan. Tapi jika diperhatikan lagi, konten yang sering viral akhir-akhir ini adalah konten dengan format video.

 

Konten video memang terkenal lebih mudah viral dibanding dengan format konten yang lainnya. Sebuah video dianggap lebih engaging, menarik, dan juga lebih gampang dipahami oleh masyarakat luas.

 

    Manfaatkan Emotional Appeal

 

Emotional appeal digunakan untuk memicu emosi dari seorang individu saat melihat konten atau informasi yang Anda berikan.

 

Yang dimaksud dengan  emosi disini memang beragam jenisnya, mulai dari emosi negatif sampai positif.

 

Namun satu hal yang pasti bahwa emosi yang kuat akan membuat konten Anda semakin viral.

 

Biasanya, orang-orang akan lebih bereaksi kepada hal-hal yang mempunyai emotional appeal yang bisa mereka kaitkan dengan diri mereka.

 

Contohnya, mungkin Anda bisa membuat konten yang menimbulkan nostalgia masa kecil seseorang. Anda juga bisa menciptakan konten yang akan memicu rasa bangga dan bahagia.

 

Jika cukup berani, Anda juga bisa menciptakan sedikit kontroversi yang akan menarik orang-orang untuk berinteraksi lebih banyak dengan bisnis Anda.

 

Tapi, tetap hati-hati ya sahabat Qwords! Jangan sampai Anda malah mendapatkan reputasi yang buruk gara-gara konten tersebut.

 

Jenis ViralMarketing

 

Menurut Kotler & Armstrong (2018, hlm. 72) viral marketing dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni active viral marketing, dan frictional viral marketing yang akan dijelaskan sebagai berikut.

 

    Active Viral Marketing

 

diasosiasikan dengan konsep tradisional word-of-mouth karena pemakai biasanya terlibat secara personal pada proses menjaring konsumen baru.

 

    Frictionless Viral Marketing

 

berbeda dengan active viral marketing karena tidak mensyaratkan partisipasi aktif dari konsumen untuk mengiklankan atau menyebarkan informasi suatu produk. Produk akan secara otomatis mengirimkan pesan promosi pada alamat yang dituju. Jadi dorongan awal untuk viral didahului perusahaan pembuat produk sendiri.

 

Ciri Ciri Viral Marketing

 

Produk dipromosikan melalui e-mail, jejaring sosial, komunitas atau situs iklan.

 

Harga cukup murah karena biaya promosi sangat minim dan tidak menggunakan media iklan konvensional.

 

Produk memiliki manfaat dan nilai guna (usable).

 

Tidak tersedia di pasar, toko atau supermarket alias bersifat eksklusif.

 

Produk dijual langsung hanya oleh satu orang alias tidak melaui peratara dan komisi penjualan diterima langsung oleh si penjual.

 

Mirip direct selling namun bukan merupakan sistem DS, MLM atau sistem piramid krena tidak ada sistem upline dan downline, kalaupun ada sangat sedikit perusahaan viral marketing yang melakukannya.

 

Tidak ada sistem komisi bertingkat seperti pada MLM atau sistem piramid sehingga harga jual menjadi lebih murah. Kalaupun ada, sedikit perusahaan Viral Marketinng yang melakukan hal itu karena beresiko menyebabkan harga produk menjadi lebih mahal atau komisi penjualan yang diberikan menjadi terlalu kecil.


Strategi Viral Marketing

 

Strategi untuk menyukseskan viral marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara yang di antaranya adalah sebagai berikut.

 

    Contest (Kontes)

 

Kompetisi atau kontes merupakan langkah yang baik untuk membuat pelanggan anda mengenalkan merek ke teman dan koneksi mereka. Kontes bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya melakukan program giveaway yang mana konsumen akan mendapatkan hadiah jika mengupload foto mengenakan produk anda dan di tag ke beberapa temannya untuk mengajak yang lain juga berbelanja, atau bisa dengan menulis komentar dan lain sebagainya. Program giveaway ini biasa dilakukan di instagram. Dengan program ini bisa membuat masyarakat lain tertarik untuk mencoba produk anda dengan bayangan hadiah yang akan didapatkan.

 

    Apps

 

Media sosial dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya. Selain menggunakan media sosial yang telah ada di internet seperti instagram, facebook, twitter, blog, ada cara yang lebih memudahkan untuk memperluas jangkauan yaitu membuat aplikasi. Aplikasi dibuat sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk memberikan layanan perlengkapan kebutuhan sehari-hari maka dibuat aplikasi yang menyediakan penjualan barang-barang harian secara lengkap. Jika aplikasi itu benar-benar berguna, maka teman-temannya juga akan menggunakannya untuk pernikahan mereka. Ini akan menyebar dari orang ke orang dengan cara alami, dan membantu membawa pesan pemasaran jauh ke dalam target pasar. Aplikasi dapat dimuat untuk perangkat Android dan iPhone.

 

    Video

 

Membuat video yang menarik yang dapat menggugah orang lain untuk suka rela berbagi, jika video tersebut dapat bermanfaat. Video akan menarik jika: dibuat dengan baik, bergerak, lucu, menginspirasi, mengejutkan, dan berguna. Video dapat dibagikan ke seluruh jaringan media sosial. Untuk video yang berdurasi panjang, bisa diupload di situs youtube dan jika orang lain tertarik maka akan mensubscribe video tersebut.

 

    Infographics

 

Infografis adalah cara yang bagus untuk membawa informasi yang membosankan ke kehidupan. Apabila infografis berkualitas tinggi menceritakan sebuah cerita yang membuat orang ingin berbagi, mereka akan mengirimkannya ke teman dan kenalan mereka.

 

    Captioned Pictures

 

Gambar yang menarik dengan kutipan atau keterangan yang merangkum opini atau sudut pandang yang kuat dapat dengan mudah mendapatkan ribuan atau jutaan saham, dan mendorong pelanggan baru ke saluran Anda (Dorosh dalam Haque-Fawzi, 2022, hlm. 88).

 

DimensiViral Marketing

 

Menurut Kaplan & Haenlein (dalam Haque-Fawzi, 2022, hlm. 25) terdapat tiga dimensi atau kondisi yang dapat menciptakan dan dijadikan tolok ukur dalam viral marketing yang di antaranya adalah sebagai berikut.

 

    Messenger

 

Elemen penting dalam menciptakan epidemi viral marketing adalah memerlukan orang yang tepat untuk menyebarluaskan pesan. Tiga kelompok utusan yang diperlukan dalam memastikan transformasi pesan biasa menjadi fenomena viral yaitu pakar pasar, hubungan sosial, dan penjual.

 

    Message

 

Hanya pesan yang baik dan mengesankan serta cukup menarik yang dapat diteruskan kepada orang lain sehingga dapat memacu fenomena viral marketing.

 

    Environment

 

Selain mendapatkan pesan yang tepat kepada orang yang tepat, kondisi lingkungan dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam viral marketing. Memperjelas dan mengatur informasi yang berhubungan dengan tindakan potensi viral marketing, kemungkinan pengukuran kunci harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan tujuan yang dirumuskan untuk kampanye viral.

 


Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.pioneerteknologi.com

 

KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Komentar

Postingan populer dari blog ini