Apa Itu Viral Marketing?
2. Apa Manfaat dari Viral Marketing
3. Contoh dari Viral Marketing
4. Cara Penerapan Viral Marketing Terbaik
6. Ciri - Ciri Viral Marketing
Singkatnya viral marketing adalah strategi marketing yang
mengandalkan target audiens untuk mempromosikan brand atau produk ke orang
lainnya.
Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk
menyebarkan promosi brand atau produk secara lebih cepat dan luas melalui
internet dan berbagai media sosial platform. Bentuk dari viral marketing pun
beragam. Mulai dari iklan, konten, kampanye dan konten lainnya yang dapat
memicu minat pengguna untuk membagikannya secara luas di internet.
Saat menggunakan strategi pemasaran viral marketing, konten
sebaiknya dibuat semenarik mungkin untuk mendorong keinginan target audiens
untuk membagikannya ke orang lain. Semakin menarik sebuah konten, semakin besar
pula potensi konten tersebut untuk menjadi viral dan terus tersebar ke berbagai
media sosial platform di internet.
Nah tentunya dengan konten yang viral ini Anda dapat menarik
minat pelanggan baru dan meningkatkan penjualan bisnis Anda Golden friends!
Sangat menarik bukan? Namun apa saja yang membuat sebuah kampanye marketing
bisa dikatakan “viral”? Jawabannya adalah ketika konten Anda dibagikan oleh
masyarakat secara luas. Dengan begini, Anda tidak lagi terbatas dan hanya
menarik minat dan penjualan target audiens bisnis Anda. Selain itu, brand
awareness dan visibility bisnis Anda pun juga akan meningkat!
Viral marketing adalah versi internet dari penggunaan pemasaran mulut ke mulut, yang memiliki hubungan dengan menciptakan sebuah e-mail, video, post, atau konten dan cara pemasaran yang sangat menular sehingga konsumen atau pelanggan bersedia atau mau untuk menyebarkan dan menyampaikannya kepada teman-teman mereka. Bentuk konkretnya dapat berupa video lucu, meme, atau surat elektronik yang dapat disisipi nama yang penerima, dsb.
Apa manfaat
dari Viral Marketing?
Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, banyak
keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari strategi marketing viral lho
Golden friends!
Nah berikut adalah beberapa diantaranya:
Meningkatkan kredibilitas brand Anda dengan konten viral,
Anda bisa dengan mudah membangun
kredibilitas brand dan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan bahwa semua konten yang
Anda tampilkan di media sosial membawa sisi positif dari bisnis.
Menghemat biaya promosi dan iklan saat konten Anda menjadi
viral, akan ada banyak orang di internet yang membicarakannya dan memicu
word-of-mouth marketing dimana mereka akan mempromosikan bisnis Anda secara
tidak langsung.
Meningkatkan brand awareness selain itu semakin banyak orang
membicarakan brand dan produk Anda, semakin tinggi pula tingkat awareness
masyarakat luas pada bisnis Anda.
Mengoptimalkan reach
dan jangkauan bisnis konten viral juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan
reach (jangkauan) bisnis yang lebih luas dan tidak terbatas sampai target
audiens.
Trafik tambahan ke platform sosial media dan website saat konten Anda menjadi viral, akan ada banyak orang yang tertarik untuk membuka sosial media platform dan juga website Anda; meningkatkan trafik secara keseluruhan.
Nah untuk mengetahui marketing virallebih dalam lagi, berikut
ini adalah contoh-contoh konten dan kampanye viral dari beberapa brand populer.
Salah satu strategi marketing viral terpopuler datang dari
brand ramen instan Samyang bernama Fire Noodle Challenge.
Fire Noodle Challenge adalah tantangan dimana Anda mencoba
menghabiskan semangkuk mie Korea super pedas tanpa minum air putih.
Di mulai pada tahun 2014, popularitas challenge yang tidak
dimulai brand itu sendiri semakin meroket dan membuat mie fire noodle tersebut
menjadi sangat populer.
Tidak hanya itu, bahkan perusahaan mie instan Samyang itu
berkolaborasi dengan perusahaan make-up ternama untuk membuat seri makeup ramen
pedas!
Sosial media adalah alat yang ampuh digunakan untuk pemasaran
digital. Sampai sekarang ada 3,4 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.
Oleh karena itu, platform sosial media sangat cocok digunakan
untuk melakukan strategi viral marketing. Mari kita lihat restoran Amerika
Wendy’s sebagai contoh.
Fast food chain cepat saji Amerika ini sekarang telah
menguasai social media marketing dengan memanfaatkan akun Twitter mereka secara
maksimal.
Pada bulan Mei tahun lalu, Wendy’s bahkan berhasil mengumpulkan dua juta likes dalam satu setengah hari dengan berjanji untuk membawa kembali spicy chicken nugget ke menu mereka.
Carapenerapan Viral Marketing Terbaik
Salah satu cara tercepat untuk menjadi viral adalah melalui
influencer yang memiliki banyak pengikut di suatu sosial media platform.
Biasanya influencer
memang mempunyai rate promosi yang cukup tinggi. Tapi, sebenarnya, Anda
juga bisa lho menarik perhatian influencer tanpa mengeluarkan biaya banyak.
Anda bisa mencoba untuk mengirimkan para influencers ini
produk Anda secara gratis untuk di review. Jika cara ini masih belum
berhasil, cara lainnya adalah untuk
berinteraksi dengan postingan influencer tersebut.
Tulis komentar-komentar unik dan menarik yang akan menarik perhatian
influencer tersebut atau bahkan followers yang lainnya!
Pilih Platform dan Audiens yang Tepat
Pilihan platform dan audiens juga bisa menentukan kesuksesan
strategi viral marketing Anda lho sahabat Qwords! Dengan banyaknya informasi
yang ada di luar sana, jarang ada konten yang bisa viral dengan sendirinya.
Untuk menciptakan konten yang
menarik lebih banyak orang dari kompetitor, pastikan bahwa konten Anda
akan diterima oleh audiens yang tepat.
Nantinya, audiens inilah yang akan menyebarkan informasi yang
mereka dapatkan kepada jangkauan yang lebih luas lagi.
Contohnya, jika bisnis Anda menargetkan anak muda pengguna
aktif internet, Instagram marketing bisa jadi salah satu pilihan terbaik.
Sedangkan, jika Anda
menargetkan pasar yang lebih tua, Facebook adalah pilihan yang lebih tepat.
Selain target audiens dan platform, pilihan konten juga salah
satu faktor yang menentukan kesuksesan strategi viral marketing Anda lho
sahabat Qwords.
Tentunya, konten yang tepat tergantung juga pada audiens dan
platform yang Anda gunakan. Tapi jika diperhatikan lagi, konten yang sering
viral akhir-akhir ini adalah konten dengan format video.
Konten video memang terkenal lebih mudah viral dibanding
dengan format konten yang lainnya. Sebuah video dianggap lebih engaging,
menarik, dan juga lebih gampang dipahami oleh masyarakat luas.
Emotional appeal digunakan untuk memicu emosi dari seorang
individu saat melihat konten atau informasi yang Anda berikan.
Yang dimaksud dengan
emosi disini memang beragam jenisnya, mulai dari emosi negatif sampai
positif.
Namun satu hal yang pasti bahwa emosi yang kuat akan membuat
konten Anda semakin viral.
Biasanya, orang-orang akan lebih bereaksi kepada hal-hal yang
mempunyai emotional appeal yang bisa mereka kaitkan dengan diri mereka.
Contohnya, mungkin Anda bisa membuat konten yang menimbulkan
nostalgia masa kecil seseorang. Anda juga bisa menciptakan konten yang akan
memicu rasa bangga dan bahagia.
Jika cukup berani, Anda juga bisa menciptakan sedikit
kontroversi yang akan menarik orang-orang untuk berinteraksi lebih banyak
dengan bisnis Anda.
Tapi, tetap hati-hati ya sahabat Qwords! Jangan sampai Anda malah mendapatkan reputasi yang buruk gara-gara konten tersebut.
Menurut Kotler & Armstrong (2018, hlm. 72) viral
marketing dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni active viral marketing, dan
frictional viral marketing yang akan dijelaskan sebagai berikut.
diasosiasikan dengan konsep tradisional word-of-mouth karena
pemakai biasanya terlibat secara personal pada proses menjaring konsumen baru.
berbeda dengan active viral marketing karena tidak mensyaratkan partisipasi aktif dari konsumen untuk mengiklankan atau menyebarkan informasi suatu produk. Produk akan secara otomatis mengirimkan pesan promosi pada alamat yang dituju. Jadi dorongan awal untuk viral didahului perusahaan pembuat produk sendiri.
Produk dipromosikan melalui e-mail, jejaring sosial,
komunitas atau situs iklan.
Harga cukup murah karena biaya promosi sangat minim dan tidak
menggunakan media iklan konvensional.
Produk memiliki manfaat dan nilai guna (usable).
Tidak tersedia di pasar, toko atau supermarket alias bersifat
eksklusif.
Produk dijual langsung hanya oleh satu orang alias tidak
melaui peratara dan komisi penjualan diterima langsung oleh si penjual.
Mirip direct selling namun bukan merupakan sistem DS, MLM
atau sistem piramid krena tidak ada sistem upline dan downline, kalaupun ada
sangat sedikit perusahaan viral marketing yang melakukannya.
Tidak ada sistem komisi bertingkat seperti pada MLM atau sistem piramid sehingga harga jual menjadi lebih murah. Kalaupun ada, sedikit perusahaan Viral Marketinng yang melakukan hal itu karena beresiko menyebabkan harga produk menjadi lebih mahal atau komisi penjualan yang diberikan menjadi terlalu kecil.
Strategi untuk menyukseskan viral marketing dapat dilakukan
dengan berbagai cara yang di antaranya adalah sebagai berikut.
Kompetisi atau kontes merupakan langkah yang baik untuk
membuat pelanggan anda mengenalkan merek ke teman dan koneksi mereka. Kontes
bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya melakukan program giveaway yang
mana konsumen akan mendapatkan hadiah jika mengupload foto mengenakan produk
anda dan di tag ke beberapa temannya untuk mengajak yang lain juga berbelanja,
atau bisa dengan menulis komentar dan lain sebagainya. Program giveaway ini
biasa dilakukan di instagram. Dengan program ini bisa membuat masyarakat lain
tertarik untuk mencoba produk anda dengan bayangan hadiah yang akan didapatkan.
Media sosial dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya.
Selain menggunakan media sosial yang telah ada di internet seperti instagram,
facebook, twitter, blog, ada cara yang lebih memudahkan untuk memperluas
jangkauan yaitu membuat aplikasi. Aplikasi dibuat sesuai dengan kebutuhan,
misalnya untuk memberikan layanan perlengkapan kebutuhan sehari-hari maka
dibuat aplikasi yang menyediakan penjualan barang-barang harian secara lengkap.
Jika aplikasi itu benar-benar berguna, maka teman-temannya juga akan
menggunakannya untuk pernikahan mereka. Ini akan menyebar dari orang ke orang
dengan cara alami, dan membantu membawa pesan pemasaran jauh ke dalam target
pasar. Aplikasi dapat dimuat untuk perangkat Android dan iPhone.
Membuat video yang menarik yang dapat menggugah orang lain
untuk suka rela berbagi, jika video tersebut dapat bermanfaat. Video akan
menarik jika: dibuat dengan baik, bergerak, lucu, menginspirasi, mengejutkan,
dan berguna. Video dapat dibagikan ke seluruh jaringan media sosial. Untuk
video yang berdurasi panjang, bisa diupload di situs youtube dan jika orang
lain tertarik maka akan mensubscribe video tersebut.
Infografis adalah cara yang bagus untuk membawa informasi
yang membosankan ke kehidupan. Apabila infografis berkualitas tinggi
menceritakan sebuah cerita yang membuat orang ingin berbagi, mereka akan
mengirimkannya ke teman dan kenalan mereka.
Gambar yang menarik dengan kutipan atau keterangan yang
merangkum opini atau sudut pandang yang kuat dapat dengan mudah mendapatkan
ribuan atau jutaan saham, dan mendorong pelanggan baru ke saluran Anda (Dorosh
dalam Haque-Fawzi, 2022, hlm. 88).
Menurut Kaplan & Haenlein (dalam Haque-Fawzi, 2022, hlm.
25) terdapat tiga dimensi atau kondisi yang dapat menciptakan dan dijadikan
tolok ukur dalam viral marketing yang di antaranya adalah sebagai berikut.
Elemen penting dalam menciptakan epidemi viral marketing
adalah memerlukan orang yang tepat untuk menyebarluaskan pesan. Tiga kelompok
utusan yang diperlukan dalam memastikan transformasi pesan biasa menjadi
fenomena viral yaitu pakar pasar, hubungan sosial, dan penjual.
Hanya pesan yang baik dan mengesankan serta cukup menarik
yang dapat diteruskan kepada orang lain sehingga dapat memacu fenomena viral
marketing.
Selain mendapatkan pesan yang tepat kepada orang yang tepat, kondisi lingkungan dapat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam viral marketing. Memperjelas dan mengatur informasi yang berhubungan dengan tindakan potensi viral marketing, kemungkinan pengukuran kunci harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan tujuan yang dirumuskan untuk kampanye viral.
Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.pioneerteknologi.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar