Aplikasi Persuratan

 Aplikasi Persuratan 




Dalam proses persuratan terdapat disposisi surat masuk dan keluar yang berbeda-beda asal dan jenisnya, pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional sangat membutuhkan waktu yang lama karena data yang di input tidak secara otomatis dan terpusat. Dengan demikian perlu adanya aplikasi surat menyurat yang membantu dalam masalah persuratan yang ada. Aplikasi persuratan adalah aplikasi yang berbentuk e-surat (electronic surat) yang berbasis web dengan berbagai fitur di dalamnya dengan kemampuan mengarsipkan surat secara aman dan terpusat.

 

    Aplikasi persuratan adalah perangkat lunak (software) penerimaan surat yang mampu membantu pendistribusian surat dengan mudah, cepat, dan tepat. Pendistribusian dapat dilakukan secara otomatis dan dapat diawasi mengenai surat yang belum terdistribusikan. Pada aplikasi ini menjadikan surat digital lebih mudah untuk dikoordinasikan dan dikontrol.

 

Aplikasi persuratan pada perusahaan sangatlah dibutuhkan oleh pihak perusahaan karena surat menyurat termasuk hal yang berpengaruh. Di dalam persuratan perusahaan ada pencatatan surat yang berhubungan dengan pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal dalam bentuk kerja sama.

 

Pengarsipan surat harus dicatat dan didata dengan baik, agar saat melakukan pencarian dapat dengan mudah ditemukan. Dalam hal pengarsipan surat, pencatatan harus dikategorikan berdasarkan surat masuk dan keluar. Selain itu, pencatatan surat harus juga dilakukan sesuai nomor surat untuk memudahkan dalam kategorisasi dan penemuan surat.

 

Pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional dan tidak menggunakan aplikasi arsip surat menjadikan proses pencatatan menjadi lama dan tidak otomatis. Penerimaan surat masuk dan keluar dari perusahaan yang berbeda-beda jenisnya mengakibatkan proses pencatatan konvensional bukan menjadi opsi terbaik dalam mengatasi proses pengarsipan surat digital.

 

Pencatatan secara konvensional membutuhkan tenaga ahli di bidangnya dan menyulitkan untuk mengakses arsip surat dimanapun dan kapanpun. Sedangkan kemajuan zaman yang mengharuskan aplikasi mampu beradaptasi dan menyesuaikan pergerakan perusahaan. Dengan demikian perusahaan membutuhkan aplikasi persuratan yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dan mobilitas perusahaan.

 

ManfaatAplikasi Persuratan Untuk Perkantoran?

 

    Aplikasi ini dibutuhkan oleh perusahaan karena memudahkan pekerjaan dalam penerimaan surat digital, di aplikasi ini juga menjadi aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang mencatat surat secara terdata, dan pastinya memberikan laporan secara berkala sehingga pengarsipan kantor dapat terpantau dengan baik.

 

    Aplikasi persuratan bermanfaat untuk membantu dalam hal pendistribusian surat, dengan menjadikan distribusi surat menjadi lebih cepat dan memudahkan identifikasi surat yang belum terdistribusikan. Selain itu menjadi aplikasi penomoran surat otomatis yang mengurangi kesalahan dalam penomoran surat. Dalam penggunaan aplikasi surat menyurat perkantoran menjadikan birokrasi dan urusan persuratan lebih efisien dan tentunya pengaksesan aplikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

 

ManfaatAplikasi Persuratan Untuk Bisnis?

 

    Untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang semakin canggih, aplikasi surat menyurat  juga harus semakin berkembang. Oleh karena itu aplikasi persuratan atau Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat yang membuat pencatatan surat menjadi lebih mudah dan dapat dikendalikan dengan baik.

 

    Aplikasi Persuratan merupakan bentuk dari aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang berupa aplikasi arsip surat buatan dari PT. Sekawan Media Informatika yang didalamnya terdapat banyak fitur untuk membantu persuratan. Aplikasi persuratan memberikan laporan secara berkala sehingga memudahkan untuk memberi laporan kepada pimpinan perusahaan. Aplikasi Persuratan juga mampu menyimpan data secara aman dan tanpa khawatir data akan hilang.

 

    Aplikasi persuratan ini juga dapat mendistribusikan surat masuk dan keluar secara cepat dan akurat. Pada masalah pendistribusian surat dapat dilihat ekspedisi surat atau riwayat keberadaan surat. Pada surat digital masuk dan keluar yang ada disesuaikan dengan relasi keterkaitannya, sehingga memudahkan dalam pencarian korelasi surat.  Selain itu, sistem persuratan digital juga menjadi aplikasi penomoran surat otomatis sehingga pemberian nomor surat tidak dilakukan secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan pada pengurutan nomor.

 

    Selain itu aplikasi ini menjadikan pembuatan konsep surat menjadi mudah karena rancangan atau konsep dapat dibuat langsung melalui aplikasi. SIPAS menyediakan banyak fitur yang menarik dan membantu instansi atau perusahaan dalam pengarsipan dan fitur dari SIPAS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi tersebut. Maka dari itu setiap perusahaan dan instansi harus memilih SIPAS dalam membantu penerimaan surat masuk dan keluar.

 

ContohImplementasi Aplikasi Persuratan?

 

    Aplikasi menjadi solusi masalah perusahaan mengenai persuratan. Penggunaannya dapat diterapkan di perusahaan atau instansi pemerintah. hadir memberikan kemudahan bagi semua urusan administrasi dan persuratan. Aplikasi memiliki fitur yang mampu memudahkan urusan persuratan dengan baik, fitur yang dimiliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan instansi terkait.menjadi solusi terkini dalam menyelesaikan permasalahan kantor.

 

    Penggunaan aplikasi berbasis web yang dapat diakses secara mobile ataupun aplikasi memudahkan dalam pengontrolan surat. Memudahkan dalam pendistribusian disposisi surat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan demikian setiap perusahaan dan instansi dapat mencoba beberapa fitur dan konsultasi pada halaman.

 

ManfaatAplikasi Persuratan Online

 

    Kehadiran sistem persuratan secara digital tentu menawarkan banyak sekali manfaat untuk perusahaan atau instansi dalam mengatur proses komunikasi surat-menyurat menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun manfaat menerapkan eOffice persuratan untuk bisnis, di antaranya:

 

    Disposisi surat lebih mudah. Semua surat dapat dicari dengan mudah melalui database dari aplikasi e Office. Jaminan keamanan dan kerahasiaan. Sebab, aplikasi hanya dapat diakses oleh pengguna dengan kata kunci. Lebih hemat biaya. Perusahaan tidak lagi perlu mengeluarkan biaya untuk kertas, amplop, hingga kurir. Mudah dan praktis. Hanya dengan koneksi internet dan aplikasi e Office, semua bentuk kegiatan persuratan bisa langsung dilakukan. Penyimpanan data secara terpusat dan otomatis. Data tersimpan secara terpusat di satu server dalam bentuk digital.

 

PentingnyaAplikasi Persuratan Untuk Perusahaan?

 

    Aplikasi surat online diperlukan perusahaan sebab membuat proses korespondensi jadi lebih mudah karena dilakukan secara otomatis. Aplikasi juga menyimpan semua surat masuk maupun keluar sehingga perusahaan dapat memantau arsip persuratan dengan optimal.

 

    Tak ketinggalan, aplikasi e-Office juga mempersingkat waktu penyaluran surat dan membantu perusahaan mengidentifikasi surat yang belum tersalurkan. Aplikasi juga membantu perusahaan memberikan nomor otomatis sehingga menekan kekeliruan penulisan penomoran surat.

 

    Dengan kata lain, aplikasi e-Office membuat birokrasi instansi terkait persuratan menjadi lebih mudah, sederhana, dan pastinya efektif karena dapat diakses di mana saja setiap saat. Semoga bermanfaat.

 

DefinisiAplikasi Persuratan?

 

    Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan.

 

    Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menjunjang administrasi perkantoran.

 

    Aplikasi surat online diperlukan perusahaan sebab membuat proses korespondensi jadi lebih mudah karena dilakukan secara otomatis. Aplikasi juga menyimpan semua surat masuk maupun keluar sehingga perusahaan dapat memantau arsip persuratan dengan optimal.

 

    Tak ketinggalan, aplikasi e-Office juga mempersingkat waktu penyaluran surat dan membantu perusahaan mengidentifikasi surat yang belum tersalurkan. Aplikasi juga membantu perusahaan memberikan nomor otomatis sehingga menekan kekeliruan penulisan penomoran surat.

 

    Dengan kata lain, aplikasi e-Office membuat birokrasi instansi terkait persuratan menjadi lebih mudah, sederhana, dan pastinya efektif karena dapat diakses di mana saja setiap saat. Semoga bermanfaat.

 


 

 Itu lah penjelasan mengenai Aplikasi Persuratan yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan dan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

 

Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com

 

KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111









Komentar

Postingan populer dari blog ini