Aplikasi Persuratan
Dalam proses persuratan terdapat disposisi surat masuk dan
keluar yang berbeda-beda asal dan jenisnya, pengarsipan surat yang dilakukan
secara konvensional sangat membutuhkan waktu yang lama karena data yang di
input tidak secara otomatis dan terpusat. Dengan demikian perlu adanya aplikasi
surat menyurat yang membantu dalam masalah persuratan yang ada. Aplikasi
persuratan adalah aplikasi yang berbentuk e-surat (electronic surat) yang
berbasis web dengan berbagai fitur di dalamnya dengan kemampuan mengarsipkan
surat secara aman dan terpusat.
Aplikasi persuratan
adalah perangkat lunak (software) penerimaan surat yang mampu membantu
pendistribusian surat dengan mudah, cepat, dan tepat. Pendistribusian dapat
dilakukan secara otomatis dan dapat diawasi mengenai surat yang belum
terdistribusikan. Pada aplikasi ini menjadikan surat digital lebih mudah untuk
dikoordinasikan dan dikontrol.
Aplikasi persuratan pada perusahaan sangatlah dibutuhkan oleh
pihak perusahaan karena surat menyurat termasuk hal yang berpengaruh. Di dalam
persuratan perusahaan ada pencatatan surat yang berhubungan dengan pihak
internal perusahaan maupun pihak eksternal dalam bentuk kerja sama.
Pengarsipan surat harus dicatat dan didata dengan baik, agar
saat melakukan pencarian dapat dengan mudah ditemukan. Dalam hal pengarsipan
surat, pencatatan harus dikategorikan berdasarkan surat masuk dan keluar.
Selain itu, pencatatan surat harus juga dilakukan sesuai nomor surat untuk
memudahkan dalam kategorisasi dan penemuan surat.
Pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional dan
tidak menggunakan aplikasi arsip surat menjadikan proses pencatatan menjadi
lama dan tidak otomatis. Penerimaan surat masuk dan keluar dari perusahaan yang
berbeda-beda jenisnya mengakibatkan proses pencatatan konvensional bukan
menjadi opsi terbaik dalam mengatasi proses pengarsipan surat digital.
Pencatatan secara konvensional membutuhkan tenaga ahli di
bidangnya dan menyulitkan untuk mengakses arsip surat dimanapun dan kapanpun.
Sedangkan kemajuan zaman yang mengharuskan aplikasi mampu beradaptasi dan
menyesuaikan pergerakan perusahaan. Dengan demikian perusahaan membutuhkan
aplikasi persuratan yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dan
mobilitas perusahaan.
ManfaatAplikasi Persuratan Untuk Perkantoran?
Aplikasi ini
dibutuhkan oleh perusahaan karena memudahkan pekerjaan dalam penerimaan surat
digital, di aplikasi ini juga menjadi aplikasi agenda surat masuk dan keluar
yang mencatat surat secara terdata, dan pastinya memberikan laporan secara
berkala sehingga pengarsipan kantor dapat terpantau dengan baik.
Aplikasi persuratan
bermanfaat untuk membantu dalam hal pendistribusian surat, dengan menjadikan
distribusi surat menjadi lebih cepat dan memudahkan identifikasi surat yang
belum terdistribusikan. Selain itu menjadi aplikasi penomoran surat otomatis yang
mengurangi kesalahan dalam penomoran surat. Dalam penggunaan aplikasi surat
menyurat perkantoran menjadikan birokrasi dan urusan persuratan lebih efisien
dan tentunya pengaksesan aplikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
ManfaatAplikasi Persuratan Untuk Bisnis?
Untuk memenuhi
kebutuhan teknologi yang semakin canggih, aplikasi surat menyurat juga harus semakin berkembang. Oleh karena
itu aplikasi persuratan atau Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat yang
membuat pencatatan surat menjadi lebih mudah dan dapat dikendalikan dengan
baik.
Aplikasi Persuratan
merupakan bentuk dari aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang berupa
aplikasi arsip surat buatan dari PT. Sekawan Media Informatika yang didalamnya
terdapat banyak fitur untuk membantu persuratan. Aplikasi persuratan memberikan
laporan secara berkala sehingga memudahkan untuk memberi laporan kepada
pimpinan perusahaan. Aplikasi Persuratan juga mampu menyimpan data secara aman
dan tanpa khawatir data akan hilang.
Aplikasi persuratan
ini juga dapat mendistribusikan surat masuk dan keluar secara cepat dan akurat.
Pada masalah pendistribusian surat dapat dilihat ekspedisi surat atau riwayat
keberadaan surat. Pada surat digital masuk dan keluar yang ada disesuaikan
dengan relasi keterkaitannya, sehingga memudahkan dalam pencarian korelasi
surat. Selain itu, sistem persuratan
digital juga menjadi aplikasi penomoran surat otomatis sehingga pemberian nomor
surat tidak dilakukan secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan pada
pengurutan nomor.
Selain itu aplikasi
ini menjadikan pembuatan konsep surat menjadi mudah karena rancangan atau
konsep dapat dibuat langsung melalui aplikasi. SIPAS menyediakan banyak fitur
yang menarik dan membantu instansi atau perusahaan dalam pengarsipan dan fitur
dari SIPAS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi tersebut. Maka dari
itu setiap perusahaan dan instansi harus memilih SIPAS dalam membantu
penerimaan surat masuk dan keluar.
ContohImplementasi Aplikasi Persuratan?
Aplikasi menjadi
solusi masalah perusahaan mengenai persuratan. Penggunaannya dapat diterapkan
di perusahaan atau instansi pemerintah. hadir memberikan kemudahan bagi semua
urusan administrasi dan persuratan. Aplikasi memiliki fitur yang mampu
memudahkan urusan persuratan dengan baik, fitur yang dimiliki dapat disesuaikan
dengan kebutuhan perusahaan dan instansi terkait.menjadi solusi terkini dalam
menyelesaikan permasalahan kantor.
Penggunaan aplikasi
berbasis web yang dapat diakses secara mobile ataupun aplikasi memudahkan dalam
pengontrolan surat. Memudahkan dalam pendistribusian disposisi surat sehingga
dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan demikian setiap perusahaan dan instansi
dapat mencoba beberapa fitur dan konsultasi pada halaman.
ManfaatAplikasi Persuratan Online
Kehadiran sistem
persuratan secara digital tentu menawarkan banyak sekali manfaat untuk
perusahaan atau instansi dalam mengatur proses komunikasi surat-menyurat
menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun manfaat menerapkan eOffice persuratan
untuk bisnis, di antaranya:
Disposisi surat
lebih mudah. Semua surat dapat dicari dengan mudah melalui database dari
aplikasi e Office. Jaminan keamanan dan kerahasiaan. Sebab, aplikasi hanya
dapat diakses oleh pengguna dengan kata kunci. Lebih hemat biaya. Perusahaan
tidak lagi perlu mengeluarkan biaya untuk kertas, amplop, hingga kurir. Mudah
dan praktis. Hanya dengan koneksi internet dan aplikasi e Office, semua bentuk
kegiatan persuratan bisa langsung dilakukan. Penyimpanan data secara terpusat
dan otomatis. Data tersimpan secara terpusat di satu server dalam bentuk
digital.
PentingnyaAplikasi Persuratan Untuk Perusahaan?
Aplikasi surat
online diperlukan perusahaan sebab membuat proses korespondensi jadi lebih
mudah karena dilakukan secara otomatis. Aplikasi juga menyimpan semua surat
masuk maupun keluar sehingga perusahaan dapat memantau arsip persuratan dengan
optimal.
Tak ketinggalan,
aplikasi e-Office juga mempersingkat waktu penyaluran surat dan membantu
perusahaan mengidentifikasi surat yang belum tersalurkan. Aplikasi juga
membantu perusahaan memberikan nomor otomatis sehingga menekan kekeliruan
penulisan penomoran surat.
Dengan kata lain,
aplikasi e-Office membuat birokrasi instansi terkait persuratan menjadi lebih
mudah, sederhana, dan pastinya efektif karena dapat diakses di mana saja setiap
saat. Semoga bermanfaat.
Dengan perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan
untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi
Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional
(yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal
dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada
membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi
pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). Oleh karena itu TI
menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial
pemerintahan.
Kepemerintahan yang
baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam
pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan
tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan
mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi
informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum
dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
termasuk menjunjang administrasi perkantoran.
Aplikasi surat
online diperlukan perusahaan sebab membuat proses korespondensi jadi lebih
mudah karena dilakukan secara otomatis. Aplikasi juga menyimpan semua surat
masuk maupun keluar sehingga perusahaan dapat memantau arsip persuratan dengan
optimal.
Tak ketinggalan,
aplikasi e-Office juga mempersingkat waktu penyaluran surat dan membantu
perusahaan mengidentifikasi surat yang belum tersalurkan. Aplikasi juga
membantu perusahaan memberikan nomor otomatis sehingga menekan kekeliruan
penulisan penomoran surat.
Dengan kata lain, aplikasi e-Office membuat birokrasi instansi terkait persuratan menjadi lebih mudah, sederhana, dan pastinya efektif karena dapat diakses di mana saja setiap saat. Semoga bermanfaat.
Itu lah penjelasan mengenai Aplikasi Persuratan yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan dan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.
Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi
anda bersama pioneerteknologi.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor
Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar