Website adalah bagian tidak terpisahkan dari perkembangan
internet, dan saat ini jumlahnya mencapai 1,9 miliar di seluruh dunia. Bahkan,
jumlah tersebut akan terus bertambah karena jenis website juga terus
berkembang.
Dalam bahasa Indonesia, pengertian website adalah situs web,
yang berarti sebuah situs atau ‘lokasi’ di web. Website terdiri dari beberapa
halaman web yang saling terkait di bawah sebuah nama domain, biasanya memuat
konten seperti teks, video, gambar, audio, dan lain sebagainya.
Lalu, apa saja sih halaman yang ada pada website? Jadi,
umumnya website memiliki satu halaman utama yang disebut homepage. Homepage
adalah halaman beranda yang akan terbuka pertama kali saat Anda mengakses nama
domain website.
Dari sini, Anda bisa menjelajahi halaman web lain, biasanya
halaman produk atau jasa untuk e-commerce, kontak, support, dan lain
sebagainya.
Setiap website dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya sebagai
wajah sebuah brand atau bisnis, media berita, hiburan, toko online, sarana
pendidikan, hingga media sosial.
Website bukanlah sebuah toko yang bisa tutup dan buka, semua
orang dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Website adalah media
promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat
memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya.
Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.
a. Pengenalan Produk atau Merek
Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda pasarkan.
Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan
dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau
mencari produk lain yang mereka butuhkan melalui situs.
Bukan hanya informasi produk, Anda juga dapat menambahkan
sedikit informasi tentang perusahaan. Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi
menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena dengan website, semua
informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalamnya.
Seperti yang telah Anda ketahui, situs dapat membantu calon
pelanggan atau pelanggan Anda mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda
jual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di
dalam website.
Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat situs dengan fitur penjualan online di dalamnya.
Kegunaan Memiliki Website Bisnis
Saat berbisnis melalui internet, Anda membutuhkan media dalam
menyampaikan informasi terkait brand ataupun produk yang dimiliki. Website
adalah salah satu strategi digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk
menampilkan seluruh informasi secara lebih jelas atau detail.
Anda mungkin terbiasa membuat promosi melalui media sosial.
Namun, media sosial hanya mampu memberikan informasi secara sekilas saja. Untuk
itu, Anda membutuhkan media lain yang lebih lengkap guna menyampaikan informasi
tersebut. SEO website juga akan membantu Anda untuk lebih mudah ditemukan
melalui mesin pencarian Google.
Hanya saja, Anda pun harus memperhatikan sistem keamanan
website bisnis Anda agar aman dari serangan hacker. Cobalah pelajari Tips
Meningkatkan Keamanan Website ala Profesional melalui internet ataupun kursus
online.
Masih banyak bisnis online yang saat ini hanya mengandalkan
media sosial sebagai media berjualan. Hal ini tidak salah, tetapi kurang
efektif untuk mencari beragam produk yang telah ditampilkan sebelumnya. Media
sosial cenderung menampilkan barang baru saja, sehingga pelanggan tidak leluasa
melihat keragaman produk lainnya.
Dengan menggunakan website secara resmi, Anda akan lebih
mudah menampilkan daftar produk dengan lengkap. Selain itu, ada menu pencarian
yang memudahkan pelanggan mencari produk sesuai kriteria yang diinginkan maupun
berdasarkan rekomendasi terkait.
Mampu Menjaring Pelanggan secara Luas
Setelah memiliki situs web official, lanjutkan dengan
melakukan penjaringan pelanggan secara luas. Gunakan alat optimasi website,
seperti penerapan search engine optimization, SEM, Google Ads, dan lainnya agar
para pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengenal produk Anda bisa masuk ke
website perusahaan dengan mudah.
Jika menggunakan cara ini, produk yang Anda tawarkan bisa
saja muncul di peringkat atas dalam daftar pencarian Google. Selain itu, Anda
pun dapat menjangkau pelanggan baru dari berbagai tempat dengan selera yang
berbeda-beda.
Memiliki website resmi akan membuat bisnis Anda terlihat
lebih profesional. Tentunya bisnis yang terlihat profesional lebih mudah
mendapat pelanggan. Hal ini karena pelanggan telah percaya sepenuhnya terhadap
brand Anda.
Sebagai contoh, jika Anda melihat bisnis besar di seluruh
dunia, hampir seluruhnya telah menggunakan official website. Calon pelanggan
yang baru lebih mudah untuk mengenal produk, apalagi jika ditambahkan landing
page. Karena bisa mencari informasi tentang produk dengan lebih mudah, serta
lengkap melalui internet.
Anda akan lebih efisien dalam mengelola bisnis setelah
memiliki website bisnis. Mengapa begitu? Karena Anda tak perlu lagi menjelaskan
masing-masing produk dengan rinci. Cukup memberikan link website yang diinginkan
pelanggan.
Anda bisa membuat unggahan di berbagai platform media sosial
yang dimiliki, kemudian memberikan menghubungkannya dengan situs web Anda,
sehingga pelanggan bisa membaca detail produk, dan langsung melakukan pembelian
melalui tautan tersebut.
Jika sebatas memasarkan barang melalui media sosial, Anda
tidak perlu mengeluarkan uang. Namun, untuk meningkatkan kunjungan ke media
sosial yang digunakan, tentunya Anda harus rajin melakukan promosi dan
memanfaatkan layanan iklan berbayar, juga bantuan dari tim social media
marketing profesional, bahkan kerja sama dengan influencer ternama.
Berbeda halnya bila memiliki website, Anda hanya perlu
mengeluarkan dana untuk pembuatan situs di awal. Kemudian membayar hosting, dan
domain per tahun saja. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur SEO
Google untuk mempromosikan situs web tersebut. Namun, Anda pun tak boleh lupa
untuk membuat sistem keamanan website yang kuat, dan rutin melakukan website
security check.
Meningkatkan kredibilitas usaha kecil
Ya keuntungan memiliki website untuk bisnis anda yang pertama
adalah meningkatkan kredibilitas usaha kecil. Jadi jika usaha anda masih kecil,
tidak usah khawatir karena anda bisa meningkatkan kredibilitas nya melalui
website.
Kok bisa seperti itu? Karena di masa kini, konsumen semakin
banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka
butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki
website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang
memiliki website.
Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya,
ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga
akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda. Dan bagi
anda yang memiliki bisnis rumahan, memiliki website atau situs bisnis
tersendiri akan sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko
offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa yang
anda jual ke konsumen.
Bisa Selalu terhubung dengan pelanggan
Ya keunggulan terbaik dari memiliki website untuk bisnis anda
adalah karena membuat anda jadi mampu untuk terhubung selalu dengan konsumen
anda. Melalui website anda bisa memahami keinginan konsumen, bahkan hingga
berinteraksi baik itu melalui live chat ataupun telepon.
Selain itu juga jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui
informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak,
sehingga ini adalah cara yang efektif untuk memberi info kepada pelanggan Anda
tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan
baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi
usang, melalui situs web Anda bisa memberikan informasi yang senantiasa up to
date dan yang pasti akan lebih disukai oleh para konsumen.
Sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio)
Keunggulan dari memiliki website adalah sebagai sarana
katalog produk dan jasa (portofolio). Ya, tidak peduli apa pun jenis usaha yang
Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan
karya Anda. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta
testimonial tentang pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat menunjukkan apa
yang membuat bisnis Anda menjadi semakin unik.
Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis yang kelima adalah
mudah diakses. Ya, sebuah website dapat diakses oleh anda sendiri, konsumen,
calon konsumen, hingga pelanggan setia Anda tanpa batas kapan saja dan dimana
saja. Fungsi yang paling bagus adalah walaupun saat toko atau kantor offline
Anda sedang tutup, konsumen anda akan bisa dengan nyaman melihat produk dan
jasa Anda
Komentar
Posting Komentar