Manfaat Website untuk Bisnis 




Website adalah bagian tidak terpisahkan dari perkembangan internet, dan saat ini jumlahnya mencapai 1,9 miliar di seluruh dunia. Bahkan, jumlah tersebut akan terus bertambah karena jenis website juga terus berkembang.

 

 

Dalam bahasa Indonesia, pengertian website adalah situs web, yang berarti sebuah situs atau ‘lokasi’ di web. Website terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait di bawah sebuah nama domain, biasanya memuat konten seperti teks, video, gambar, audio, dan lain sebagainya.

 

 

 

Lalu, apa saja sih halaman yang ada pada website? Jadi, umumnya website memiliki satu halaman utama yang disebut homepage. Homepage adalah halaman beranda yang akan terbuka pertama kali saat Anda mengakses nama domain website.

 

 

 

Dari sini, Anda bisa menjelajahi halaman web lain, biasanya halaman produk atau jasa untuk e-commerce, kontak, support, dan lain sebagainya.

 

Setiap website dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya sebagai wajah sebuah brand atau bisnis, media berita, hiburan, toko online, sarana pendidikan, hingga media sosial.

 

Website bukanlah sebuah toko yang bisa tutup dan buka, semua orang dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Website adalah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

 

a. Pengenalan Produk atau Merek

Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda pasarkan.

 

Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau mencari produk lain yang mereka butuhkan melalui situs.

 

Bukan hanya informasi produk, Anda juga dapat menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan. Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena dengan website, semua informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalamnya.

 

b. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah Anda ketahui, situs dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan Anda mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website.

 

Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat situs dengan fitur penjualan online di dalamnya.

 

Kegunaan Memiliki Website Bisnis

Media Penyampaian Informasi

Saat berbisnis melalui internet, Anda membutuhkan media dalam menyampaikan informasi terkait brand ataupun produk yang dimiliki. Website adalah salah satu strategi digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan seluruh informasi secara lebih jelas atau detail.

 

Anda mungkin terbiasa membuat promosi melalui media sosial. Namun, media sosial hanya mampu memberikan informasi secara sekilas saja. Untuk itu, Anda membutuhkan media lain yang lebih lengkap guna menyampaikan informasi tersebut. SEO website juga akan membantu Anda untuk lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google.

 

Hanya saja, Anda pun harus memperhatikan sistem keamanan website bisnis Anda agar aman dari serangan hacker. Cobalah pelajari Tips Meningkatkan Keamanan Website ala Profesional melalui internet ataupun kursus online.

 

Tempat Menampilkan Produk

Masih banyak bisnis online yang saat ini hanya mengandalkan media sosial sebagai media berjualan. Hal ini tidak salah, tetapi kurang efektif untuk mencari beragam produk yang telah ditampilkan sebelumnya. Media sosial cenderung menampilkan barang baru saja, sehingga pelanggan tidak leluasa melihat keragaman produk lainnya.

 

Dengan menggunakan website secara resmi, Anda akan lebih mudah menampilkan daftar produk dengan lengkap. Selain itu, ada menu pencarian yang memudahkan pelanggan mencari produk sesuai kriteria yang diinginkan maupun berdasarkan rekomendasi terkait.

 

Mampu Menjaring Pelanggan secara Luas

Setelah memiliki situs web official, lanjutkan dengan melakukan penjaringan pelanggan secara luas. Gunakan alat optimasi website, seperti penerapan search engine optimization, SEM, Google Ads, dan lainnya agar para pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengenal produk Anda bisa masuk ke website perusahaan dengan mudah.

 

Jika menggunakan cara ini, produk yang Anda tawarkan bisa saja muncul di peringkat atas dalam daftar pencarian Google. Selain itu, Anda pun dapat menjangkau pelanggan baru dari berbagai tempat dengan selera yang berbeda-beda.

 

Lebih Terlihat Profesional

Memiliki website resmi akan membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Tentunya bisnis yang terlihat profesional lebih mudah mendapat pelanggan. Hal ini karena pelanggan telah percaya sepenuhnya terhadap brand Anda.

 

Sebagai contoh, jika Anda melihat bisnis besar di seluruh dunia, hampir seluruhnya telah menggunakan official website. Calon pelanggan yang baru lebih mudah untuk mengenal produk, apalagi jika ditambahkan landing page. Karena bisa mencari informasi tentang produk dengan lebih mudah, serta lengkap melalui internet.

 

Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Anda akan lebih efisien dalam mengelola bisnis setelah memiliki website bisnis. Mengapa begitu? Karena Anda tak perlu lagi menjelaskan masing-masing produk dengan rinci. Cukup memberikan link website yang diinginkan pelanggan.

 

Anda bisa membuat unggahan di berbagai platform media sosial yang dimiliki, kemudian memberikan menghubungkannya dengan situs web Anda, sehingga pelanggan bisa membaca detail produk, dan langsung melakukan pembelian melalui tautan tersebut.

 

Menghemat Anggaran

Jika sebatas memasarkan barang melalui media sosial, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Namun, untuk meningkatkan kunjungan ke media sosial yang digunakan, tentunya Anda harus rajin melakukan promosi dan memanfaatkan layanan iklan berbayar, juga bantuan dari tim social media marketing profesional, bahkan kerja sama dengan influencer ternama.

 

Berbeda halnya bila memiliki website, Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk pembuatan situs di awal. Kemudian membayar hosting, dan domain per tahun saja. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur SEO Google untuk mempromosikan situs web tersebut. Namun, Anda pun tak boleh lupa untuk membuat sistem keamanan website yang kuat, dan rutin melakukan website security check.

 

Meningkatkan kredibilitas usaha kecil

 

Ya keuntungan memiliki website untuk bisnis anda yang pertama adalah meningkatkan kredibilitas usaha kecil. Jadi jika usaha anda masih kecil, tidak usah khawatir karena anda bisa meningkatkan kredibilitas nya melalui website.

 

Kok bisa seperti itu? Karena di masa kini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website.

 

Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda. Dan bagi anda yang memiliki bisnis rumahan, memiliki website atau situs bisnis tersendiri akan sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda jual ke konsumen.

 

Bisa Selalu terhubung dengan pelanggan

Ya keunggulan terbaik dari memiliki website untuk bisnis anda adalah karena membuat anda jadi mampu untuk terhubung selalu dengan konsumen anda. Melalui website anda bisa memahami keinginan konsumen, bahkan hingga berinteraksi baik itu melalui live chat ataupun telepon.

 

Selain itu juga jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk memberi info kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, melalui situs web Anda bisa memberikan informasi yang senantiasa up to date dan yang pasti akan lebih disukai oleh para konsumen.

 

Sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio)

 

Keunggulan dari memiliki website adalah sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio). Ya, tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda menjadi semakin unik.

 

Mudah Diakses

 

Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis yang kelima adalah mudah diakses. Ya, sebuah website dapat diakses oleh anda sendiri, konsumen, calon konsumen, hingga pelanggan setia Anda tanpa batas kapan saja dan dimana saja. Fungsi yang paling bagus adalah walaupun saat toko atau kantor offline Anda sedang tutup, konsumen anda akan bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda


KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3

Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111








Komentar

Postingan populer dari blog ini