Aplikasi Persuratan

Aplikasi Persuratan  





Aplikasi persuratan pada perusahaan sangatlah dibutuhkan oleh pihak perusahaan karena surat menyurat termasuk hal yang berpengaruh. Di dalam persuratan perusahaan ada pencatatan surat yang berhubungan dengan pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal dalam bentuk kerja sama.

 

Pengarsipan surat harus dicatat dan didata dengan baik, agar saat melakukan pencarian dapat dengan mudah ditemukan. Dalam hal pengarsipan surat, pencatatan harus dikategorikan berdasarkan surat masuk dan keluar. Selain itu, pencatatan surat harus juga dilakukan sesuai nomor surat untuk memudahkan dalam kategorisasi dan penemuan surat.

 

Pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional dan tidak menggunakan aplikasi arsip surat menjadikan proses pencatatan menjadi lama dan tidak otomatis. Penerimaan surat masuk dan keluar dari perusahaan yang berbeda-beda jenisnya mengakibatkan proses pencatatan konvensional bukan menjadi opsi terbaik dalam mengatasi proses pengarsipan surat digital.

 

Pencatatan secara konvensional membutuhkan tenaga ahli di bidangnya dan menyulitkan untuk mengakses arsip surat dimanapun dan kapanpun. Sedangkan kemajuan zaman yang mengharuskan aplikasi mampu beradaptasi dan menyesuaikan pergerakan perusahaan. Dengan demikian perusahaan membutuhkan aplikasi persuratan yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dan mobilitas perusahaan.

 

Perkembangan teknologi berbasis digital memberikan dampak perubahan yang begitu signifikan pada semua aspek bisnis. Salah satunya dalam berkomunikasi atau menjalin relasi. Kini, kegiatan semua komunikasi bisnis antardivisi jadi semakin mudah dan praktis dengan hadirnya aplikasi persuratan online. Lalu, apa itu persuratan online? Apa manfaatnya dan mengapa penting untuk perusahaan?

 

Dalam proses persuratan terdapat disposisi surat masuk dan keluar yang berbeda-beda asal dan jenisnya, pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional sangat membutuhkan waktu yang lama karena data yang di input tidak secara otomatis dan terpusat. Dengan demikian perlu adanya aplikasi surat menyurat yang membantu dalam masalah persuratan yang ada. Aplikasi persuratan adalah aplikasi yang berbentuk e-surat (electronic surat) yang berbasis web dengan berbagai fitur di dalamnya dengan kemampuan mengarsipkan surat secara aman dan terpusat.

 

Aplikasi persuratan adalah perangkat lunak (software) penerimaan surat yang mampu membantu pendistribusian surat dengan mudah, cepat, dan tepat. Pendistribusian dapat dilakukan secara otomatis dan dapat diawasi mengenai surat yang belum terdistribusikan. Pada aplikasi ini menjadikan surat digital lebih mudah untuk dikoordinasikan dan dikontrol.

 

Dibawah ini dikemukakan berbagai pendapat mengenai pengertian surat, yaitu: “Surat adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi atau suatu pernyataan secara tertulis kepada pihak lain, baik atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan atau organisasi”. (Pratama, 1997:1) Surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi atau pernyataan dari suatu pihak kepada pihak lain. Sedangkan dalam buku Tugas dan Pengembangan Sekretaris (Sedarmayanti, 1997: 26) surat adalah alat komunikasi yang berasal dari satu pihak yang ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan warka.

 

FUNGSI SURAT

 

Fungsi surat dalam buku Surat Menyurat Bisnis Modern adalah: “Surat berfungsi sebagai alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak lain. Karena itu surat juga berfungsi mencerminkan citra atau wibawa pihak pengirim. (Pratama dan Manurung, 1997: 10) Dalam dunia usaha dinas pemerintahan, surat dapat dijadikan sebagai berikut:

 

a. Bukti otentik dan mempunyai kekuatan hukum, misalnya surat perjanjian, kwitansi, bukti tanda terima, faktur, dan lain-lain.

 

b. Referensi dalam merencanakan atau menindak lanjuti suatu aktifitas. Surat-surat yang diarsipkan merupakan sumber data yang diperlukan dalam pemecahan dan penindak lanjutan suatu aktivitas atau program suatu badan usaha atau perorangan.

 

c. Jaminan keamanan, misalnya surat jalan.

 

d. Alat pengingat, dengan membuka arsip, data-data atau informasi lampau yang terlupakan dapat dilihat dan ditinjau kembali.

 

e. Sarana untuk mengetahui Kendala waktu, jarak dan tenaga. f. Alat promosi (iklan) bagi pihak pengirim, khususnya dalam surat-surat bisnis.

 

MANFAAT APLIKASI PERSURATAN

 

Kehadiran sistem persuratan secara digital tentu menawarkan banyak sekali manfaat untuk perusahaan atau instansi dalam mengatur proses komunikasi surat-menyurat menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun manfaat menerapkan e-Office persuratan untuk bisnis, di antaranya:

 

Disposisi Surat Lebih Mudah. Semua surat dapat dicari dengan mudah melalui database dari aplikasi e-Office.

Jaminan Keamanan dan Kerahasiaan. Sebab, aplikasi hanya dapat diakses oleh pengguna dengan kata kunci.

Lebih Hemat Biaya. Perusahaan tidak lagi perlu mengeluarkan biaya untuk kertas, amplop, hingga kurir.

Mudah dan Praktis. Hanya dengan koneksi internet dan aplikasi e-Office, semua bentuk kegiatan persuratan bisa langsung dilakukan.

Penyimpanan Data Secara Terpusat dan Otomatis. Data tersimpan secara terpusat di satu server dalam bentuk digital.

Manfaat Aplikasi Persuratan Online untuk Perkantoran. Aplikasi ini dibutuhkan oleh perusahaan karena memudahkan pekerjaan dalam penerimaan surat digital, di aplikasi ini juga menjadi aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang mencatat surat secara terdata, dan pastinya memberikan laporan secara berkala sehingga pengarsipan kantor dapat terpantau dengan baik. Aplikasi persuratan bermanfaat untuk membantu dalam hal pendistribusian surat, dengan menjadikan distribusi surat menjadi lebih cepat dan memudahkan identifikasi surat yang belum terdistribusikan. Selain itu menjadi aplikasi penomoran surat otomatis yang mengurangi kesalahan dalam penomoran surat. Dalam penggunaan aplikasi surat menyurat perkantoran menjadikan birokrasi dan urusan persuratan lebih efisien dan tentunya pengaksesan aplikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Manfaat Aplikasi Persuratan untuk Bisnis. Untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang semakin canggih, aplikasi surat menyurat  juga harus semakin berkembang. Oleh karena itu SIPAS atau Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat yang membuat pencatatan surat menjadi lebih mudah dan dapat dikendalikan dengan baik. Aplikasi SIPAS merupakan bentuk dari aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang berupa aplikasi arsip surat buatan dari PT. Sekawan Media Informatika yang didalamnya terdapat banyak fitur untuk membantu persuratan. Aplikasi persuratan memberikan laporan secara berkala sehingga memudahkan untuk memberi laporan kepada pimpinan perusahaan. Aplikasi SIPAS juga mampu menyimpan data secara aman dan tanpa khawatir data akan hilang. Aplikasi persuratan ini juga dapat mendistribusikan surat masuk dan keluar secara cepat dan akurat. Pada masalah pendistribusian surat dapat dilihat ekspedisi surat atau riwayat keberadaan surat. Pada surat digital masuk dan keluar yang ada disesuaikan dengan relasi keterkaitannya, sehingga memudahkan dalam pencarian korelasi surat.  Selain itu, sistem persuratan digital juga menjadi aplikasi penomoran surat otomatis sehingga pemberian nomor surat tidak dilakukan secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan pada pengurutan nomor. Selain itu aplikasi ini menjadikan pembuatan konsep surat menjadi mudah karena rancangan atau konsep dapat dibuat langsung melalui aplikasi. SIPAS menyediakan banyak fitur yang menarik dan membantu instansi atau perusahaan dalam pengarsipan dan fitur dari SIPAS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi tersebut. Maka dari itu setiap perusahaan dan instansi harus memilih SIPAS dalam membantu penerimaan surat masuk dan keluar.

PENTINGNYA APLIKASI PERUSRATAN ONLINE UNTUK PERUSAHAAN

 

Aplikasi surat online diperlukan perusahaan sebab membuat proses korespondensi jadi lebih mudah karena dilakukan secara otomatis. Aplikasi juga menyimpan semua surat masuk maupun keluar sehingga perusahaan dapat memantau arsip persuratan dengan optimal.

 

Tak ketinggalan, aplikasi e-Office juga mempersingkat waktu penyaluran surat dan membantu perusahaan mengidentifikasi surat yang belum tersalurkan. Aplikasi juga membantu perusahaan memberikan nomor otomatis sehingga menekan kekeliruan penulisan penomoran surat.

 

Dengan kata lain, aplikasi e-Office membuat birokrasi instansi terkait persuratan menjadi lebih mudah, sederhana, dan pastinya efektif karena dapat diakses di mana saja setiap saat. Semoga bermanfaat.

 

MACAM-MACAM APLIKASI PERSURATAN

 

1. IntegraOffice Persuratan

 

integraOffice Persuratan adalah aplikasi surat-menyurat digital atau e office yang dikembangkan oleh PT Integra Teknologi Solusi. Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola surat-menyurat seperti:

 

surat masuk, untuk ditindaklanjuti lebih lanjut atau diarsipkan;

surat keluar, pembuatan draf surat, mengirim surat ke divisi lain secepat kilat;

disposisi, mendelegasikan atau menerima disposisi dengan cepat dan mudah;

penomoran otomatis, menghilangkan penomoran ganda;

tracking surat, mengetahui progres dan keberadaan surat.

Selain itu, di aplikasi e-office ini pengarsipan surat juga lebih mudah karena berkas surat dalam bentuk digital, jika diperlukan suatu waktu, surat dapat dicari dengan mudah.

 

Aplikasi e surat ini juga mendukung penggunaaan pada perangkat Android dan IOS. Jadi, proses surat-menyurat dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 

Keunggulan:

 

Banyak digunakan di Instansi pemerintahan, BUMN, dan Universitas.

Dapat disesuaikan (custom) dengan tata naskah dinas elektronik pengguna.

Tersedia platform Web, Android, dan iOS.

Bisa diintegrasikan dengan tanda tangan elektronik (BSRE, Privy, Teken Aja, Peruri).

Tersedia layanan Cloud

Pelayanan after sales yang prima.

2. Email

 

Elektronik mail adalah alat komunikasi berbasis internet yang dapat mengirimkan surat secara elektronik.

 

Pengertian email menurut Erima Oneta dan Yosep. S, email adalah salah satu fasilitas internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Melalui email kita bisa menyusun, mengirim, membaca, membalas, serta mengelola pesan secara elektronik, mudah, tepat, cepat, dan aman.

 

Fungsi:

 

Pada dasarnya email berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan baik berupa dokumen, foto, atau video.

 

Keunggulan:

 

Bisa dikirim ke beberapa orang sekaligus dengan catatan penerima juga memiliki alamat email.

Bisa digunakan di mana saja dan kapan.

Dapat difungsikan sebagai penyimpan arsip (hanya dapat dicari berdasarkan nama).

Gratis

Macam-Macam Aplikasi Email

 

1). Gmail

 

Gmail adalah aplikasi surat elektronik paling popular saat ini. Software besutan google ini memungkinkan Anda untuk mengirim surat, melampirkan dokumen, foto, dan video.

 

2). Microsoft Outlook

 

Microsoft Outlook adalah aplikasi surat elektronik buatan Microsoft yang memungkinkan Anda untuk mengirim surat elektronik. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai kalender, jadwal kerja, serta catatan dan jurnal.

 

3). WhatsApp

 

WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan untuk ponsel cerdas atau smartphone yang paling populer saat ini. Hampir semua pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan. Tidak terkecuali untuk proses surat-menyurat dinas atau perusahaan.

 

Keunggulan:

 

 1. User friendly atau mudah digunakan.

 2. Banyak digunakan di Indonesia untuk komunikasi kedinasan dan bisnis.

 3.Ada fitur backup chat.

 4.Gratis

 5. DocuSign

 

DocuSign adalah layanan untuk mengirim, mengelola, dan menandatangani dokumen secara elektronik yang dapat meminta atau berkolaborasi dengan berbagai pihak. Docusign juga memungkinkan integrasi dengan Google Drive, Gmail, dan Dropbox. Sebelum proses penandatanganan surat, langkah pertama adalah memindai dokumen fisik ke bentuk digital untuk diunggah di website DocuSign lalu dibubuhi tandan tangan.

 

Keunggulan:

 

   Banyak digunakan di seluruh dunia

 

   Bisa diintegrasikan dengan Google Drive, Gmail, dan Dropbox

 

   User friendly atau mudah digunakan.

 

FITUR-FITUR APLIKASI PERSURATAN MANAJEMEN

 

 

Untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan dari perusahaan yang menerapkan sistem aplikasi ini, maka aplikasi surat menyurat memiliki fitur-fitur pembantu yang mendukung kerja aplikasi ini dan mampu untuk memonitoring surat. Fitur-fitur yang dimiliki juga memiliki kegunaan dan manfaatnya masing-masing, yang antara lain:

 

1. Fitur Pencatatan Surat Masuk dan Keluar

Pada fitur ini surat masuk atau surat keluar akan dilakukan pengarsipan dan pencatatan surat atau data surat menyurat secara baik dan optimal. Dalam melakukan pengarsipan atau pencatatan, pada fitur ini juga memberikan kelengkapan atribut surat dari instansi terkait, dan mampu mengunggah dokumen.

 

2. Fitur Disposisi Surat

Dalam persuratan kantor tentunya memiliki disposisi surat yang berasal dari pimpinan. Disposisi surat adalah bentuk surat perintah kerja yang diberikan dari pimpinan untuk bawahan. Dengan menggunakan aplikasi manajemen surat, disposisi yang dilakukan oleh pimpinan dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Sehingga isi dari disposisi tersebut dapat dilakukan dengan baik dan cepat oleh bawahan.

 

3. Fitur Distribusi Surat

Distribusi surat juga merupakan suatu proses dari persuratan apabila suatu surat sudah selesai dikerjakan. Pada pendistribusian surat ini surat akan diberikan kepada tujuan yang ada pada surat. Pendistribusian yang dilakukan secara manual atau konvensional memerlukan jasa pengantar surat atau kurir yang tentunya akan memakan waktu lama dan biaya tambahan. Tetapi sebaliknya dengan penggunaan aplikasi pengembangan teknologi yang akan melakukan distribusi surat secara modern tanpa memerlukan jasa kurir dan hanya dilakukan melalui aplikasi. Tentunya hal ini akan menjadi lebih efektif karena surat mampu diterima oleh penerima dengan cepat.

 

4. Fitur Penomoran Surat Otomatis

Penomoran surat merupakan hal yang wajib dilakukan dalam mengolah surat menyurat, karena setiap surat yang dimiliki harus memiliki nomor surat untuk memudahkan dalam mengkategorikan surat dan mengidentifikasi jenis surat yang masuk atau keluar. Fitur penomoran surat otomatis membantu dalam memberikan nomor surat secara baik dan akan mengurangi potensi kesalahan nomor surat atau nomor surat yang sama.

 

5. Fitur Pencarian Surat

Riwayat surat atau pencarian surat akan mudah dilakukan dengan menggunakan fitur ini, pada fitur pencarian surat terdapat kolom yang mampu mencari riwayat surat dan data surat menyurat secara cepat. Sehingga tidak memerlukan waktu lama dalam pencariannya serta lebih efisien serta pencarian data surat menyurat tetap tersimpan dengan rapi dan baik.

 


Itu lah penjelasan mengenai Aplikasi Persuratan yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan dan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

 

Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.pioneerteknologi.com

 

KONSULTASI GRATIS

 

0857-7612-5559 CS 1

 

0858-9165-8512 CS 2

 

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Komentar

Postingan populer dari blog ini