Penjelasan Google Trends
Apa Itu Google Trendsdan Bagaimana Cara Menggunakanya
Google Trends
merupakan sebuah tools dari Google, yang memiliki banyak manfaat seperti
research keyword, perbandingan keyword, hingga melihat trend berita yang sedang
hangat dicari atau dibicarakan oleh warganet. Pada artikel ini, kami akan
menjelaskan kepada Anda apa itu Google trends dan bagaimana cara
menggunakannya, agar website Anda mendapatkan trafik yang lebih banyak dari
pencarian Google.
Pertama kali dirilis pada tahun 2006, Google Trends menjadi
salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh blogger hingga praktisi SEO
untuk mencari kata kunci. Google Trends adalah tools dari Google yang dapat
dimanfaatkan dan digunakan untuk melakukan pencarian topik ataupun melakukan
riset kata kunci (keyword) yang sedang populer. Selain itu Google Trends
memiliki tampilan yang sederhana yang cukup informatif dan dapat digunakan
secara gratis.
Dengan Google trend, Anda bisa melihat kabar yang sedang
hangat di perbincangan di hampir seluruh negara. Selain Anda mendapatkan update
berita terbaru yang sedang hangat dibicarakan, Anda juga bisa melakukan banyak
hal dengan data tersebut.
Misalnya bagi pada blogger atau pemiliki portal berita, Anda
bisa menyusun strategi dengan mengulas berita-berita yang sedang hangat,
sehingga trafik website Anda akan semakin besar. Itu hanya salah satu
fungsinya, masih banyak fungsi lainnya. Berikut beberapa diantaranya.
Mengetahui topik-topik populer dalam jangka waktu tertentu.
Dengan melihat topik-topik terpopuler di mesin pencari Google, akan bermanfaat
bagi para blogger untuk membuat konten guna meningkatkan pengunjung situs atau
blog.
Menentukan Target. Dengan Google Trends, pengguna dapat
melihat pengunjung yang ditargetkan dengan cepat mendapatkan tempat dalam
diskusi. Melalui layanan Google ini, pengunjung dapat melihat statistik tentang
wilayah kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat dijadikan sasaran untuk
digunakan dalam pembahasan blog ini.
Mengetahui frekuensi keyword yang yang di tampilkan. Dengan
Google Trends, kita juga dapat melihat seberapa sering suatu topik muncul di
mesin pencari atau Google News, serta area mana yang paling membutuhkan topik
tersebut. Melalui tingkat frekuensi ini, pemasar dapat menetapkan tujuan
promosi produk dan layanan yang akan dipasarkan dalam satu area.
Menentukan Kata kunci (keyword). Bagi para blogger atau pun
content writer, kata kunci sangatlah penting, terutama bagi mereka yang ingin
menjadikan topik blognya menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google.
Selain memiliki banyak fitur yang diperlukan untuk melakukan
riset atau mencari kata kunci (keyword), Anda dapat mengakses Google Trends
secara gratis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menggunakan
Google Trends simak penjelasan berikut ini:
Riset Keyword
Dengan Google Trends, Anda dapat melakukan riset keyword
dengan mengetikkan kata kunci pada homepage Google Trends.
Google Trends akan menampilkan keyword yang paling populer
secara default, tetapi Anda juga dapat mengubah data pencarian dari Google
Search ke YouTube, hingga Google News, tergantung kebutuhan Anda.
Selain itu, pada hasil pencarian juga akan menampilkan
grafik tren keyword selama beberapa waktu ke belakang untuk memperlengkap Anda
saat menganalisis sebuah keyword.
Anda juga dapat membandingkan data analisis keyword dengan
tahun sebelumnya untuk membandingkan seberapa relevan keyword yang akan Anda
pakai.
2. Menemukan Topik yang Berkaitan
Related Topic
Topik yang berkaitan dengan topik yang sedang populer akan
memberikan Anda ide tambahan untuk membuat konten yang selanjutnya.
Ketika Anda melakukan pencarian sebuah keyword pada
homepage, terdapat tabel Related Topics yang berisi rekomendasi topik lain
berdasarkan pencarian yang sedang dilakukan.
Meski Anda harus mencari keyword pada topik yang berkaitan
tersebut, tetapi setidaknya Anda sudah diberikan rekomendasi topik oleh Google
Trends.
Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu untuk
melakukan riset topik untuk konten selanjutnya.
3. Menampilkan Keyword yang Berkaitan
Related Queries
Kemampuan lain dari Google Trends adalah dapat menemukan
keyword yang berkaitan dengan keyword populer.
Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci
pada bagian homepage dan tekan enter, kemudian hasilnya akan ditampilkan pada
tabel Related Queries yang terletak persis di sebelah tabel Related Topics.
Anda pun dapat mencari keyword yang lebih spesifik terhadap
sebuah topik, dan keyword tersebut juga akan ditampilkan datanya secara
lengkap.
4. Menemukan Pencarian Trending
Pencarian Trending
Google Trends mampu mendapatkan data-data mengenai pencarian
yang sedang trending berdasarkan peristiwa yang terjadi.
Data tersebut sangat berguna khususnya pada website-website
yang memiliki konten berita terbaru.
Cara melakukan pencarian trending adalah dengan membuka
halaman utama Google Trends, kemudian pada sisi sudut kiri atas terdapat ikon
tiga garis, silakan klik ikon tersebut dan pilih Trending searches.
Pembaruan data pencarian trending juga akan dilakukan setiap
hari, dan Anda bahkan dapat melihat data pencarian trending pada hari
sebelumnya.
Tak hanya itu, volume pencarian juga akan ditampilkan pada
setiap topik yang sedang hangat.
Karena Google Trends telah menyediakan semua data tentang
tren pencarian yang sedang hangat, hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat
konten Anda dilihat oleh banyak orang.
Namun, sebelum itu Anda juga harus tahu bahwa kompetitor
Anda di luar sana juga menggunakan Google Trends untuk mendapatkan data yang
sama.
Oleh karena itu, kesempatan konten Anda banyak dilihat pun
sedikit lebih sulit karena harus ‘melawan’ kompetitor dengan data yang sama.
Untuk menyiasatinya, Anda bisa memprediksi tren dengan
memanfaatkan data tren yang sudah tersedia.
Cara Mengakses GoogleTrends dengan Akun Google
Bagi Anda yang sudah memiliki Akun Google, Anda cukup
membuka halaman Google Trends
Pada bagian awal ini, Anda dapat melihat hasil pencarian
dengan kata kunci tertentu, dari mulai pemetaaan, peningkatan grafik dan perbandingan
kata kunci.
Anda juga dapat mencari kata kunci yang sedang trending atau
yang sedang populer dicari setiap harinya. Didalamnya Anda juga dapat memilih
trending atau kata kunci yang populer disuatu negara setiap harinya.
Untuk melihat pencarian yang sedang populer, anda dapat
masuk melalui “icon Sidenav pada pojok kiri atas (?) kemudian pilih Trending Searches”
Jika Anda sudah memiliki topik atau kata kunci yang ingin di
telusuri, langsung saja tuliskan pada kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’.
Pada contoh kali ini saya akan mencoba melakukan penelusuran menggunakan kata
kunci “Laptop”
Hasil pencarian keyword pada google trends
Setelah melakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci
“Laptop” akan muncul grafik seperti diatas, Anda dapat melihat kenaikan dan penurunan grafik dari
keyword yang dicari. Sehingga Anda dapat memperkirakan prospek dari kata kunci
atau keyword yang Anda cari
Tampilan minat dari kata kunci di suatu daerah
Selain itu, Anda juga dapat menganalisis minat dari kata
kunci berdasarka daerah, pada kata kunci “Laptop” yang saya lakukan
penelusuran, ternyata wilayah Yogyakarta memiliki minat yang paling tinggi dari
kata kunci yang dicari.
Perbandingan kata kunci pada google trends
Menariknya, Anda dapat membandingkan keyword yang sebelumnya
kamu cari dengan keyword lain yang sejenis menggunakan fitur compare. Hal ini
berfungsi agar Anda dapat mengetahui
bagaimana performa keyword yang kamu cari dibandingkan dengan keyword lain.
Ketika keyword Laptop dibandingkan dengan Komputer ternyata
grafik tersebut menunjukkan bahwa Laptop memiliki grafik yang lebih baik
daripada Komputer. Sehingga anda dapat mempertimbangkan keyword yang anda cari
untuk tujuan marketing atau digital marketing.
Informasi yang diberikan Google Trends cukup lengkap. Anda
dapat menggunakan informasi yang Anda dapatkan dari Google Trends untuk membuat
konten Anda semenarik mungkin berdasarkan kata kunci yang tepat, yang tentunya
menimbulkan rasa optimis dan nenempati halaman pertama pencarian Google.
Namun kenyataanya tidak semudah itu.yang jadi masalah adalah
bukan bagaimana konten Anda dibuat, melainkan bagaimana data yang diperoleh
dari Google Trends ditampilkan.
Tidak semua orang dapat membaca data Google Trends dengan
benar. Ketika semua pengguna menganalisis data yang sama, kemungkinan hasilnya
akan berbeda.
Hal yang dapat Anda lakukan adalah, Memilih trend sesuai
dengan negara atau kategori yang Anda targetkan. Bandingkan frasa atau kalimat
yang memiliki arti yang sama. Misalnya, kata kunci “Laptop”. Lihat grafik. Jika
grafik naik, tren di masa depan kemungkinan akan terus naik. Namun Anda juga
perlu berhati-hati dan berhati-hati tentang hal ini karena setiap kata kunci
memiliki tren naik untuk periode tertentu.
Google Trends adalah layanan milik Google yang sangat
berguna terutama bagi pelaku bisnis digital, termasuk blogger untuk
mengidentifikasi tren yang selalu berubah-ubah setiap saat.
Manfaat penting dari Google Trends sendiri adalah untuk
mengetahui topik niche yang tepat berdasarkan lokasi, selain itu juga dapat
untuk keperluan bisnis yaitu mempromosikan bisnis sesuai dengan tren yang
sedang hangat.
Cara menggunakan Google Trends pun juga cukup mudah, dan
data yang disajikan juga lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
Setelah Anda mengetahui apa itu Google Trends beserta cara menggunakannya, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan Google Trends?
Komentar
Posting Komentar