Penjelasan Google Trends

 Penjelasan Google Trends 


Apa Itu Google Trendsdan Bagaimana Cara Menggunakanya

 Google Trends merupakan sebuah tools dari Google, yang memiliki banyak manfaat seperti research keyword, perbandingan keyword, hingga melihat trend berita yang sedang hangat dicari atau dibicarakan oleh warganet. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu Google trends dan bagaimana cara menggunakannya, agar website Anda mendapatkan trafik yang lebih banyak dari pencarian Google.

 

Apa itu Google Trends

Pertama kali dirilis pada tahun 2006, Google Trends menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh blogger hingga praktisi SEO untuk mencari kata kunci. Google Trends adalah tools dari Google yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk melakukan pencarian topik ataupun melakukan riset kata kunci (keyword) yang sedang populer. Selain itu Google Trends memiliki tampilan yang sederhana yang cukup informatif dan dapat digunakan secara gratis.

 

Dengan Google trend, Anda bisa melihat kabar yang sedang hangat di perbincangan di hampir seluruh negara. Selain Anda mendapatkan update berita terbaru yang sedang hangat dibicarakan, Anda juga bisa melakukan banyak hal dengan data tersebut.

 

Misalnya bagi pada blogger atau pemiliki portal berita, Anda bisa menyusun strategi dengan mengulas berita-berita yang sedang hangat, sehingga trafik website Anda akan semakin besar. Itu hanya salah satu fungsinya, masih banyak fungsi lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

 

Fungsi Google Trends

Mengetahui topik-topik populer dalam jangka waktu tertentu. Dengan melihat topik-topik terpopuler di mesin pencari Google, akan bermanfaat bagi para blogger untuk membuat konten guna meningkatkan pengunjung situs atau blog.

Menentukan Target. Dengan Google Trends, pengguna dapat melihat pengunjung yang ditargetkan dengan cepat mendapatkan tempat dalam diskusi. Melalui layanan Google ini, pengunjung dapat melihat statistik tentang wilayah kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat dijadikan sasaran untuk digunakan dalam pembahasan blog ini.

Mengetahui frekuensi keyword yang yang di tampilkan. Dengan Google Trends, kita juga dapat melihat seberapa sering suatu topik muncul di mesin pencari atau Google News, serta area mana yang paling membutuhkan topik tersebut. Melalui tingkat frekuensi ini, pemasar dapat menetapkan tujuan promosi produk dan layanan yang akan dipasarkan dalam satu area.

Menentukan Kata kunci (keyword). Bagi para blogger atau pun content writer, kata kunci sangatlah penting, terutama bagi mereka yang ingin menjadikan topik blognya menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google.

Cara MenggunakanGoogle Trends

Selain memiliki banyak fitur yang diperlukan untuk melakukan riset atau mencari kata kunci (keyword), Anda dapat mengakses Google Trends secara gratis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menggunakan Google Trends simak penjelasan berikut ini:

1. Riset Keyword

Riset Keyword

 

Dengan Google Trends, Anda dapat melakukan riset keyword dengan mengetikkan kata kunci pada homepage Google Trends.

 

Google Trends akan menampilkan keyword yang paling populer secara default, tetapi Anda juga dapat mengubah data pencarian dari Google Search ke YouTube, hingga Google News, tergantung kebutuhan Anda.

 

Selain itu, pada hasil pencarian juga akan menampilkan grafik tren keyword selama beberapa waktu ke belakang untuk memperlengkap Anda saat menganalisis sebuah keyword.

 

Anda juga dapat membandingkan data analisis keyword dengan tahun sebelumnya untuk membandingkan seberapa relevan keyword yang akan Anda pakai.

 

2. Menemukan Topik yang Berkaitan

Related Topic

 

Topik yang berkaitan dengan topik yang sedang populer akan memberikan Anda ide tambahan untuk membuat konten yang selanjutnya.

 

Ketika Anda melakukan pencarian sebuah keyword pada homepage, terdapat tabel Related Topics yang berisi rekomendasi topik lain berdasarkan pencarian yang sedang dilakukan.

 

Meski Anda harus mencari keyword pada topik yang berkaitan tersebut, tetapi setidaknya Anda sudah diberikan rekomendasi topik oleh Google Trends.

 

Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu untuk melakukan riset topik untuk konten selanjutnya.

 

3. Menampilkan Keyword yang Berkaitan

Related Queries

 

Kemampuan lain dari Google Trends adalah dapat menemukan keyword yang berkaitan dengan keyword populer.

 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci pada bagian homepage dan tekan enter, kemudian hasilnya akan ditampilkan pada tabel Related Queries yang terletak persis di sebelah tabel Related Topics.

 

Anda pun dapat mencari keyword yang lebih spesifik terhadap sebuah topik, dan keyword tersebut juga akan ditampilkan datanya secara lengkap.

 

4. Menemukan Pencarian Trending

Pencarian Trending

 

Google Trends mampu mendapatkan data-data mengenai pencarian yang sedang trending berdasarkan peristiwa yang terjadi.

 

Data tersebut sangat berguna khususnya pada website-website yang memiliki konten berita terbaru.

 

Cara melakukan pencarian trending adalah dengan membuka halaman utama Google Trends, kemudian pada sisi sudut kiri atas terdapat ikon tiga garis, silakan klik ikon tersebut dan pilih Trending searches.

 

Pembaruan data pencarian trending juga akan dilakukan setiap hari, dan Anda bahkan dapat melihat data pencarian trending pada hari sebelumnya.

 

Tak hanya itu, volume pencarian juga akan ditampilkan pada setiap topik yang sedang hangat.

 

5. Memprediksi Tren

Karena Google Trends telah menyediakan semua data tentang tren pencarian yang sedang hangat, hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat konten Anda dilihat oleh banyak orang.

 

Namun, sebelum itu Anda juga harus tahu bahwa kompetitor Anda di luar sana juga menggunakan Google Trends untuk mendapatkan data yang sama.

 

Oleh karena itu, kesempatan konten Anda banyak dilihat pun sedikit lebih sulit karena harus ‘melawan’ kompetitor dengan data yang sama.

 

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memprediksi tren dengan memanfaatkan data tren yang sudah tersedia.

 

Cara Mengakses GoogleTrends dengan Akun Google

Bagi Anda yang sudah memiliki Akun Google, Anda cukup membuka halaman Google Trends

 

Tampilan awal Google Trends

Pada bagian awal ini, Anda dapat melihat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, dari mulai pemetaaan, peningkatan grafik dan perbandingan kata kunci.

 

Anda juga dapat mencari kata kunci yang sedang trending atau yang sedang populer dicari setiap harinya. Didalamnya Anda juga dapat memilih trending atau kata kunci yang populer disuatu negara setiap harinya.

 

Menu Google Trends

Untuk melihat pencarian yang sedang populer, anda dapat masuk melalui “icon Sidenav pada pojok kiri atas  (?) kemudian pilih Trending Searches”

 

Cara Mencari Keyword

Jika Anda sudah memiliki topik atau kata kunci yang ingin di telusuri, langsung saja tuliskan pada kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’. Pada contoh kali ini saya akan mencoba melakukan penelusuran menggunakan kata kunci “Laptop”

 

Hasil pencarian keyword pada google trends

Setelah melakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci “Laptop” akan muncul grafik seperti diatas, Anda dapat  melihat kenaikan dan penurunan grafik dari keyword yang dicari. Sehingga Anda dapat memperkirakan prospek dari kata kunci atau keyword yang Anda cari

 

Tampilan minat dari kata kunci di suatu daerah

Selain itu, Anda juga dapat menganalisis minat dari kata kunci berdasarka daerah, pada kata kunci “Laptop” yang saya lakukan penelusuran, ternyata wilayah Yogyakarta memiliki minat yang paling tinggi dari kata kunci yang dicari.

 

Perbandingan kata kunci pada google trends

Menariknya, Anda dapat membandingkan keyword yang sebelumnya kamu cari dengan keyword lain yang sejenis menggunakan fitur compare. Hal ini berfungsi agar Anda dapat  mengetahui bagaimana performa keyword yang kamu cari dibandingkan dengan keyword lain.

 

Ketika keyword Laptop dibandingkan dengan Komputer ternyata grafik tersebut menunjukkan bahwa Laptop memiliki grafik yang lebih baik daripada Komputer. Sehingga anda dapat mempertimbangkan keyword yang anda cari untuk tujuan marketing atau digital marketing.

 

Memprediksi Tren Google

Informasi yang diberikan Google Trends cukup lengkap. Anda dapat menggunakan informasi yang Anda dapatkan dari Google Trends untuk membuat konten Anda semenarik mungkin berdasarkan kata kunci yang tepat, yang tentunya menimbulkan rasa optimis dan nenempati halaman pertama pencarian Google.

 

Namun kenyataanya tidak semudah itu.yang jadi masalah adalah bukan bagaimana konten Anda dibuat, melainkan bagaimana data yang diperoleh dari Google Trends ditampilkan.

 

Tidak semua orang dapat membaca data Google Trends dengan benar. Ketika semua pengguna menganalisis data yang sama, kemungkinan hasilnya akan berbeda.

 

Hal yang dapat Anda lakukan adalah, Memilih trend sesuai dengan negara atau kategori yang Anda targetkan. Bandingkan frasa atau kalimat yang memiliki arti yang sama. Misalnya, kata kunci “Laptop”. Lihat grafik. Jika grafik naik, tren di masa depan kemungkinan akan terus naik. Namun Anda juga perlu berhati-hati dan berhati-hati tentang hal ini karena setiap kata kunci memiliki tren naik untuk periode tertentu.

Kesimpulan

Google Trends adalah layanan milik Google yang sangat berguna terutama bagi pelaku bisnis digital, termasuk blogger untuk mengidentifikasi tren yang selalu berubah-ubah setiap saat.

 

Manfaat penting dari Google Trends sendiri adalah untuk mengetahui topik niche yang tepat berdasarkan lokasi, selain itu juga dapat untuk keperluan bisnis yaitu mempromosikan bisnis sesuai dengan tren yang sedang hangat.

 

Cara menggunakan Google Trends pun juga cukup mudah, dan data yang disajikan juga lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

 

Setelah Anda mengetahui apa itu Google Trends beserta cara menggunakannya, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan Google Trends?


KONSULTASI GRATIS 
0857-7612-5559 | 0882-9037-8482
0858-9165-8511
www.pioneerteknologi.com

Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111







Komentar

Postingan populer dari blog ini