Apa Itu Zero Marketing
Dalam bisnis, terdapat banyak teori dan analisa yang
tentunya bermanfaat. Apalagi untuk mengembangkan atau meningkatkan bisnis Anda.
Untuk bisa mendapatkan teori yang tepat, tentunya Anda harus tahu terlebih
dahulu terkait kegunaannya. Salah satu ilmu yang bisa Anda terapkan dalam
bisnis adalah zero waste marketing. Apakah Anda pernah mendengar tentang hal
ini? Bagi yang belum tahu, zero waste marketing adalah beragam usaha marketing
yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak.
Dari penjelasan singkat ini, mungkin Anda berpikir bahwa
zero waste marketing itu tidak ada bedanya dengan teknik marketing lainnya.
Namun jika Anda tahu penjabaran lengkapnya, Anda akan merasa bahwa cara ini
jauh lebih tepat, khususnya dalam industri saat ini. Jadi, apa itu zero waste
marketing?
Pengertiandari Zero Waste Marketing
Seperti yang sudah dituliskan di atas, zero waste marketing
adalah beragam usaha marketing yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak.
Namun dengan kata “zero waste”, ada perbedaan yang bisa dibuat dari cara ini.
Jika sebelumnya Anda harus terus membuat konten marketing
yang ditujukan untuk beragam konsumen potensial serta untuk meraup leads lebih
besar, sebenarnya cara tersebut sudah kuno. Ya, banyak sekali konten marketing
yang dibuat dan akhirnya malah tidak memberikan efek apa-apa.
Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah bisnis lain juga
melakukan hal yang sama. Semakin banyak konten yang ada di internet, malah
konsumen bisa lebih bingung serta tidak merasa mendapatkan yang tepat. Mereka
sudah malas untuk mencari informasi lebih dalam akibat banyaknya konten yang
ada. Inilah yang membuat konten marketing
perlu diubah
Untuk itu, ada empat poin yang menjadi inti dari zero waste
marketing, yaitu:
Membuat konten untuk konsumen yang sudah tertarik dengan
bisnis Anda
Kolaborasi dengan orang yang tepat
Gunakan blog untuk memperluas networking
Hubungi leads yang sudah lama tidak ada kabarnya
Itulah empat poinnya. Sekarang bagaimana cara penerapannya?
Membuat Konten yang Sesuai Target
Sebelum mengetahui apa itu Zero Moment of Truth atau ZMOT,
kamu harus mengenal lebih dulu pengertian moment of truth. Moment of truth
adalah suatu kondisi ketika seorang konsumen merasa puas dan percaya terhadap
produk yang mereka gunakan. Istilah ini mengacu pada pelayanan memuaskan yang
berpengaruh pada consumen loyalty atau loyalitas konsumen.
Moment of truth fokus pada mengacu pada pelayanan memuaskan
yang berpengaruh pada consumen loyalty (freepik)
Untuk mencapainya, kamu harus fokus pada pelayanan
momen-momen emosional konsumen yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka
terhadap brand. Sehingga, mereka pun tergerak untuk terus menggunakan produk
dari brand tersebut (brand loyalty). Sekarang ini, moment of truth telah
diadaptasi dalam berbagai macam kegiatan pemasaran atau marketing operation.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren marketing,
kini hampir semua kegiatan kampanye pemasaran (marketing campaign) memanfaatkan
momen of truth untuk memengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen. Cara
yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap
suatu produk melalui pelayanan yang bagus serta ulasan atau review positif di
internet. Inilah yang kita sebut dengan istilah ZMOT.
Jadi, secara sederhana dapat kita artikan bahwa Zero Moment
of Truth adalah proses pengambilan keputusan oleh konsumen dengan membandingkan
ulasan terkait produk tersebut dari pengguna lainnya sebagai acuan. ZMOT
terjadi ketika seorang sales lead atau calon pelanggan ingin membeli sesuatu
tetapi mereka akan memastikan kualitas produk terlebih dahulu. Misalnya dengan
mencari informasi terkait product knowledge di internet, atau mempertimbangkan
ulasan dari pelanggan lainnya sebelum memutuskan untuk membeli.
Ilustrasi pelanggan mencari informasi terkait produk sebelum
membeli (freepik)
Cara kerja ZMOT bergantung pada testimoni, feedback, atau
ulasan yang konsumen berikan setelah mencoba suatu produk atau jasa. Testimoni
tersebut nantinya akan memengaruhi konsumen lainnya sebagai bahan pertimbangan
untuk mengambil keputusan pembelian. Hal ini menegaskan bahwa ZMOT berperan
besar dalam menarik minat lead dan meningkatkan penjualan.
Selain ZMOT, ada beberapa istilah lain yang perlu kamu
ketahui untuk dapat memahami keseluruhan proses dan tahapannya. Yup, istilah
tersebut adalah First Moment of Truth (FMOT) dan Second Moment of Truth (SMOT)
First Moment of Truth (FMOT) sebuah konsep yang pertama kali
diusulkan pada tahun 2005 oleh perusahaan Procter & Gamble atau yang lebih
dikenal dengan P&G yang memproduksi produk-produk kebutuhan rumah tangga
seperti sabun, sampo, dan lain sebagainya. First Moment of Truth (FMOT) adalah
momen ketika seorang calon konsumen berhadapan langsung dengan produk yang
mereka butuhkan.
Dalam First Moment of Truth (FMOT), tampilan kemasan dan isi
informasi produk sangat berpengaruh dalam mengambil alih hati konsumen. Seorang
calon konsumen dapat merubah keputusan pembelian produk yang sebelumnya telah
direncanakan hanya dengan melihat tampilan produk dan informasi yang
disampaikan.
Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen ketika konsumen
memakai produk yang telah dibeli. Momen ini adalah momen yang sangat
mempengaruhi loyalitas konsumen untuk menilai apakah produk yang ditawarkan
memiliki kemampuan seperti seharusnya. Sebagai contoh, seorang konsumen membeli
makanan yang menurutnya enak ketika melihatnya di banner. Namun, ketika dia
mencobanya, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasinya dan menjadikan kepuasan
konsumen tersebut rendah dan membuat konsumen tidak ingin membelinya lagi. Oleh
sebab itu, Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen terpenting yang sangat
mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.
Manfaat
ZMOT Dan Mengapa Perusahaan Apapun Membutuhkannya
Ilustrasi kepuasan konsumen dengan memberikan feedback
positif (freepik)
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ZMOT dikatakan sebagai
salah satu kunci sukses bisnis. Berikut merupakan alasan dan jawaban mengapa
perusahan di sektor apapun membutuhkan ZMOT.
Menangkap Peluang Bisnis Di Era Digital
Menurutmu, bagaimana cara calon konsumen menemukan brand
milikmu? Kalau Kamu merasa toko fisik sudah cukup artinya kamu akan melewatkan
banyak peluang bisnis di era yang makin digital ini. Kamu perlu tahu bahwa 97%
orang memakai mesin pencari atau search
engine untuk menemukan bisnis tertentu. Jadi bisa dikatakan bahwa suatu brand
semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen ketika brand tersebut menerapkan
ZMOT. Semakin mudah dan sering brand kamu ditemukan, maka kesempatan mendapat
transaksi pun makin besar.
Menjembatani KonsumenDengan Brand
ZMOT memungkinkan brand bertemu dan berdialog dengan calon
konsumen tanpa harus bertatap muka lewat iklan, website, ataupun media sosial.
Alhasil, lebih mudah bagi brand untuk menjalin kedekatan dengan calon konsumen
ataupun mempelajari apa yang mereka butuhkan melalui konten blog, interaksi di
media sosial, ataupun iklan yang dapat
menghasilkan klik atau konversi. Selain mengenalkan brand ke orang baru, kamu
juga mendapat gambaran kebutuhan audiens lewat performa strategi marketing yang
kamu jalankan.
Menanam KepercayaanKonsumen Terhadap Brand Dan Produk
Faktanya, butuh 5 sampai 7 kali interaksi bagi seseorang
untuk mengingat suatu brand. Artinya, butuh interaksi yang lebih sering untuk
meyakinkan calon konsumen agar menggunakan suatu brand. Oleh karena itu, ZMOT
mau tak mau menuntut kamu untuk aktif secara digital. Entah melalui iklan,
media sosial, ataupun unggahan konten pada blog yang muncul di Google. Sebab,
dari melihat brand berkali-kali itulah brand awareness akan semakin kuat.
Semakin familiar suatu brand bagi konsumen, kepercayaan konsumen akan meningkat
sampai akhirnya produk kamu tidak hanya menjadi wishlist, tetapi juga dibeli.
Membangun HubunganJangka Panjang Dengan Konsumen
Lebih sulit mempertahankan pelanggan daripada mendorong
transaksi. Alasannya adalah kare konsumen sudah merasakan pengalaman baik dan
buruk dengan brand kamu. Hal tersebut justru mendorong mereka mencoba produk
kompetitor, entah karena faktor penasaran atau malah kompetitor menawarkan
harga lebih murah.
Nah, disitulah brand loyalty berperan. Lewat ZMOT kamu bisa
membangun ikatan emosi yang kuat dengan pelanggan. Sehingga meski kompetitor
jual murah dan menawarkan manfaat lainnya, pelanggan tetap memilih brand
milikmu. Minat konsumen bisa dipertahankan jika brand selalu menyediakan
informasi relevan. Apalagi jika informasi tersebut bisa menjawab segala
pertanyaan konsumen dan tentunya informasi mudah diakses oleh konsumen.
Strategi Menjalankan Zero Moment Of Truth
Ilustrasi menjalankanstrategi ZMOT (freepik)
Zero Moment of Truth sebagai salah satu kunci agar bisnis
berjalan lancar nyata adanya apabila dieksekusi dengan maksimal. Berikut
strategi menjalankannya:
Gunakan Search EngineOptimization (SEO)
SEO merupakan strategi untuk mengoptimasi suatu website agar
mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Kini, jumlah pengguna internet
yang mencari informasi produk melalui search engine terus mengalami pertambahan
yang signifikan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membuat konten yang SEO
friendly atau sesuai dengan struktur SEO agar pengunjung lebih mudah menemukan
website kamu. Kamu juga bisa menambahkan spesifikasi produk, FAQ, dan lain
sebagainya di website.
Kumpulkan Ulasan DanTestimoni Positif
Testimoni memegang peran penting dalam memengaruhi keputusan
pembelian dari calon konsumen. Sebab dalam proses ZMOT, sebelum memutuskan
untuk menggunakan produk atau jasa seorang lead atau calon konsumen akan
mencari testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk/jasa terlebih
dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk tersebut benar-benar
memuaskan.
Maka dari itu, kamu bisa menambahkan testimoni positif
melalui website, media sosial, e-commerce, bahkan media mix guna meningkatkan
kepercayaan lead terhadap produk. Kamu juga bisa memanfaatkan konten ulasan
dari konsumen atau user generated content (UGC) guna menarik lebih banyak lead
melalui media sosial.
Optimalkan SocialMedia Marketing
Strategi berikutnya adalah dengan mengoptimalkan social
media marketing (SMM). Sebab, tak bisa kita pungkiri bahwa pertumbuhan pengguna
media sosial terus mengalami peningkatan yang masif tiap tahunnya. Inilah
alasan mengapa kamu perlu menjadikannya media sosial sebagai ladang untuk
strategi promosi.
Di media sosial pula orang-orang bebas menyampaikan ulasan,
sentimen, atau opini terkait produk yang mereka gunakan. Kamu pun bisa
memanfaatkannya untuk menciptakan moment of truth dan berbagai strategi pemasaran
online lainnya. Kamu bisa membuat konten marketing yang berisi promosi sesuai
dengan target pasar perusahaan dan market orientation.
Dalam membuat konten yang sesuai target, Anda harus tahu
terlebih dahulu apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan
konten tersebut sebagai solusi dari masalah yang sedang dialami oleh konsumen
potensial. Dari sana, mereka akan melihat bahwa produk atau jasa Anda bisa
membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada.
Buatlah Konten
Berdasarkan Pengalaman Para Ahli
Dalam membuat konten, Anda juga bisa melakukan wawancara
dengan para ahli yang memang sesuai konten. Misal Anda ingin membuat konten
tentang kelebihan memiliki website bisnis. Maka Anda bisa mewawancarai seorang
digital marketer yang sudah tahu bagaimana dampak positif dari memiliki website
bisnis. Dengan adanya komentar dari ahlinya, maka konsumen akan lebih percaya
isi konten tersebut.
Jangan Lupa KontakLeads yang Sudah Lama Tidak Ada Kabar
Ya, Anda jangan lupa untuk menjalin hubungan kembali dengan leads yang sudah tidak ada kabarnya. Dari kembali menjalin hubungan, maka leads tersebut bisa kembali menyadari kehadiran bisnis Anda. Merekapun bisa mulai kembali tertarik menggunakan produk yang Anda pasarkan.
Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar