Apa Itu Zero Marketing

 Apa Itu Zero Marketing 


Dalam bisnis, terdapat banyak teori dan analisa yang tentunya bermanfaat. Apalagi untuk mengembangkan atau meningkatkan bisnis Anda. Untuk bisa mendapatkan teori yang tepat, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu terkait kegunaannya. Salah satu ilmu yang bisa Anda terapkan dalam bisnis adalah zero waste marketing. Apakah Anda pernah mendengar tentang hal ini? Bagi yang belum tahu, zero waste marketing adalah beragam usaha marketing yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak.

 

Dari penjelasan singkat ini, mungkin Anda berpikir bahwa zero waste marketing itu tidak ada bedanya dengan teknik marketing lainnya. Namun jika Anda tahu penjabaran lengkapnya, Anda akan merasa bahwa cara ini jauh lebih tepat, khususnya dalam industri saat ini. Jadi, apa itu zero waste marketing?

Pengertiandari Zero Waste Marketing

Seperti yang sudah dituliskan di atas, zero waste marketing adalah beragam usaha marketing yang dibuat untuk meraup konsumen lebih banyak. Namun dengan kata “zero waste”, ada perbedaan yang bisa dibuat dari cara ini.

 

Jika sebelumnya Anda harus terus membuat konten marketing yang ditujukan untuk beragam konsumen potensial serta untuk meraup leads lebih besar, sebenarnya cara tersebut sudah kuno. Ya, banyak sekali konten marketing yang dibuat dan akhirnya malah tidak memberikan efek apa-apa.

 

Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah bisnis lain juga melakukan hal yang sama. Semakin banyak konten yang ada di internet, malah konsumen bisa lebih bingung serta tidak merasa mendapatkan yang tepat. Mereka sudah malas untuk mencari informasi lebih dalam akibat banyaknya konten yang ada.  Inilah yang membuat konten marketing perlu diubah

 

Untuk itu, ada empat poin yang menjadi inti dari zero waste marketing, yaitu:

 

Membuat konten untuk konsumen yang sudah tertarik dengan bisnis Anda

Kolaborasi dengan orang yang tepat

Gunakan blog untuk memperluas networking

Hubungi leads yang sudah lama tidak ada kabarnya

Itulah empat poinnya. Sekarang bagaimana cara penerapannya?

Membuat Konten yang Sesuai Target

 

Apa ItuZero Moment Of Truth?

Sebelum mengetahui apa itu Zero Moment of Truth atau ZMOT, kamu harus mengenal lebih dulu pengertian moment of truth. Moment of truth adalah suatu kondisi ketika seorang konsumen merasa puas dan percaya terhadap produk yang mereka gunakan. Istilah ini mengacu pada pelayanan memuaskan yang berpengaruh pada consumen loyalty atau loyalitas konsumen.

 

 

Moment of truth fokus pada mengacu pada pelayanan memuaskan yang berpengaruh pada consumen loyalty (freepik)

 

Untuk mencapainya, kamu harus fokus pada pelayanan momen-momen emosional konsumen yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand. Sehingga, mereka pun tergerak untuk terus menggunakan produk dari brand tersebut (brand loyalty). Sekarang ini, moment of truth telah diadaptasi dalam berbagai macam kegiatan pemasaran atau marketing operation.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren marketing, kini hampir semua kegiatan kampanye pemasaran (marketing campaign) memanfaatkan momen of truth untuk memengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap suatu produk melalui pelayanan yang bagus serta ulasan atau review positif di internet. Inilah yang kita sebut dengan istilah ZMOT.

 

 

Jadi, secara sederhana dapat kita artikan bahwa Zero Moment of Truth adalah proses pengambilan keputusan oleh konsumen dengan membandingkan ulasan terkait produk tersebut dari pengguna lainnya sebagai acuan. ZMOT terjadi ketika seorang sales lead atau calon pelanggan ingin membeli sesuatu tetapi mereka akan memastikan kualitas produk terlebih dahulu. Misalnya dengan mencari informasi terkait product knowledge di internet, atau mempertimbangkan ulasan dari pelanggan lainnya sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Ilustrasi pelanggan mencari informasi terkait produk sebelum membeli (freepik)

 

Cara kerja ZMOT bergantung pada testimoni, feedback, atau ulasan yang konsumen berikan setelah mencoba suatu produk atau jasa. Testimoni tersebut nantinya akan memengaruhi konsumen lainnya sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan pembelian. Hal ini menegaskan bahwa ZMOT berperan besar dalam menarik minat lead dan meningkatkan penjualan.

 

Selain ZMOT, ada beberapa istilah lain yang perlu kamu ketahui untuk dapat memahami keseluruhan proses dan tahapannya. Yup, istilah tersebut adalah First Moment of Truth (FMOT) dan Second Moment of Truth (SMOT)

 

First Moment Of Truth(FMOT)

First Moment of Truth (FMOT) sebuah konsep yang pertama kali diusulkan pada tahun 2005 oleh perusahaan Procter & Gamble atau yang lebih dikenal dengan P&G yang memproduksi produk-produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun, sampo, dan lain sebagainya. First Moment of Truth (FMOT) adalah momen ketika seorang calon konsumen berhadapan langsung dengan produk yang mereka butuhkan.

 

Dalam First Moment of Truth (FMOT), tampilan kemasan dan isi informasi produk sangat berpengaruh dalam mengambil alih hati konsumen. Seorang calon konsumen dapat merubah keputusan pembelian produk yang sebelumnya telah direncanakan hanya dengan melihat tampilan produk dan informasi yang disampaikan.

 

Second Moment OfTruth (SMOT)

Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen ketika konsumen memakai produk yang telah dibeli. Momen ini adalah momen yang sangat mempengaruhi loyalitas konsumen untuk menilai apakah produk yang ditawarkan memiliki kemampuan seperti seharusnya. Sebagai contoh, seorang konsumen membeli makanan yang menurutnya enak ketika melihatnya di banner. Namun, ketika dia mencobanya, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasinya dan menjadikan kepuasan konsumen tersebut rendah dan membuat konsumen tidak ingin membelinya lagi. Oleh sebab itu, Second Moment of Truth (SMOT) adalah momen terpenting yang sangat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.

 

Manfaat ZMOT Dan Mengapa Perusahaan Apapun Membutuhkannya

 

Ilustrasi kepuasan konsumen dengan memberikan feedback positif (freepik)

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ZMOT dikatakan sebagai salah satu kunci sukses bisnis. Berikut merupakan alasan dan jawaban mengapa perusahan di sektor apapun membutuhkan ZMOT.

 

Menangkap Peluang Bisnis Di Era Digital

Menurutmu, bagaimana cara calon konsumen menemukan brand milikmu? Kalau Kamu merasa toko fisik sudah cukup artinya kamu akan melewatkan banyak peluang bisnis di era yang makin digital ini. Kamu perlu tahu bahwa 97% orang memakai mesin pencari atau  search engine untuk menemukan bisnis tertentu. Jadi bisa dikatakan bahwa suatu brand semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen ketika brand tersebut menerapkan ZMOT. Semakin mudah dan sering brand kamu ditemukan, maka kesempatan mendapat transaksi pun makin besar.

 

Menjembatani KonsumenDengan Brand

ZMOT memungkinkan brand bertemu dan berdialog dengan calon konsumen tanpa harus bertatap muka lewat iklan, website, ataupun media sosial. Alhasil, lebih mudah bagi brand untuk menjalin kedekatan dengan calon konsumen ataupun mempelajari apa yang mereka butuhkan melalui konten blog, interaksi di media sosial, ataupun iklan yang  dapat menghasilkan klik atau konversi. Selain mengenalkan brand ke orang baru, kamu juga mendapat gambaran kebutuhan audiens lewat performa strategi marketing yang kamu jalankan.

 

Menanam KepercayaanKonsumen Terhadap Brand Dan Produk

Faktanya, butuh 5 sampai 7 kali interaksi bagi seseorang untuk mengingat suatu brand. Artinya, butuh interaksi yang lebih sering untuk meyakinkan calon konsumen agar menggunakan suatu brand. Oleh karena itu, ZMOT mau tak mau menuntut kamu untuk aktif secara digital. Entah melalui iklan, media sosial, ataupun unggahan konten pada blog yang muncul di Google. Sebab, dari melihat brand berkali-kali itulah brand awareness akan semakin kuat. Semakin familiar suatu brand bagi konsumen, kepercayaan konsumen akan meningkat sampai akhirnya produk kamu tidak hanya menjadi wishlist, tetapi juga dibeli.

 

Membangun HubunganJangka Panjang Dengan Konsumen

Lebih sulit mempertahankan pelanggan daripada mendorong transaksi. Alasannya adalah kare konsumen sudah merasakan pengalaman baik dan buruk dengan brand kamu. Hal tersebut justru mendorong mereka mencoba produk kompetitor, entah karena faktor penasaran atau malah kompetitor menawarkan harga lebih murah.

 

Nah, disitulah brand loyalty berperan. Lewat ZMOT kamu bisa membangun ikatan emosi yang kuat dengan pelanggan. Sehingga meski kompetitor jual murah dan menawarkan manfaat lainnya, pelanggan tetap memilih brand milikmu. Minat konsumen bisa dipertahankan jika brand selalu menyediakan informasi relevan. Apalagi jika informasi tersebut bisa menjawab segala pertanyaan konsumen dan tentunya informasi mudah diakses oleh konsumen.

 


Strategi Menjalankan Zero Moment Of Truth

 

Ilustrasi menjalankanstrategi ZMOT (freepik)

 

Zero Moment of Truth sebagai salah satu kunci agar bisnis berjalan lancar nyata adanya apabila dieksekusi dengan maksimal. Berikut strategi menjalankannya:

 

Gunakan Search EngineOptimization (SEO)

SEO merupakan strategi untuk mengoptimasi suatu website agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Kini, jumlah pengguna internet yang mencari informasi produk melalui search engine terus mengalami pertambahan yang signifikan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membuat konten yang SEO friendly atau sesuai dengan struktur SEO agar pengunjung lebih mudah menemukan website kamu. Kamu juga bisa menambahkan spesifikasi produk, FAQ, dan lain sebagainya di website.

 

Kumpulkan Ulasan DanTestimoni Positif

Testimoni memegang peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian dari calon konsumen. Sebab dalam proses ZMOT, sebelum memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa seorang lead atau calon konsumen akan mencari testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk/jasa terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk tersebut benar-benar memuaskan.

 

Maka dari itu, kamu bisa menambahkan testimoni positif melalui website, media sosial, e-commerce, bahkan media mix guna meningkatkan kepercayaan lead terhadap produk. Kamu juga bisa memanfaatkan konten ulasan dari konsumen atau user generated content (UGC) guna menarik lebih banyak lead melalui media sosial.

 

Optimalkan SocialMedia Marketing

Strategi berikutnya adalah dengan mengoptimalkan social media marketing (SMM). Sebab, tak bisa kita pungkiri bahwa pertumbuhan pengguna media sosial terus mengalami peningkatan yang masif tiap tahunnya. Inilah alasan mengapa kamu perlu menjadikannya media sosial sebagai ladang untuk strategi promosi.

 

Di media sosial pula orang-orang bebas menyampaikan ulasan, sentimen, atau opini terkait produk yang mereka gunakan. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menciptakan moment of truth dan berbagai strategi pemasaran online lainnya. Kamu bisa membuat konten marketing yang berisi promosi sesuai dengan target pasar perusahaan dan market orientation.

 

Dalam membuat konten yang sesuai target, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan konten tersebut sebagai solusi dari masalah yang sedang dialami oleh konsumen potensial. Dari sana, mereka akan melihat bahwa produk atau jasa Anda bisa membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada.

 

Buatlah Konten Berdasarkan Pengalaman Para Ahli

 

Dalam membuat konten, Anda juga bisa melakukan wawancara dengan para ahli yang memang sesuai konten. Misal Anda ingin membuat konten tentang kelebihan memiliki website bisnis. Maka Anda bisa mewawancarai seorang digital marketer yang sudah tahu bagaimana dampak positif dari memiliki website bisnis. Dengan adanya komentar dari ahlinya, maka konsumen akan lebih percaya isi konten tersebut.

 

Jangan Lupa KontakLeads yang Sudah Lama Tidak Ada Kabar

 

Ya, Anda jangan lupa untuk menjalin hubungan kembali dengan leads yang sudah tidak ada kabarnya. Dari kembali menjalin hubungan, maka leads tersebut bisa kembali menyadari kehadiran bisnis Anda. Merekapun bisa mulai kembali tertarik menggunakan produk yang Anda pasarkan.

 


 

Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com

 

KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111


Komentar

Postingan populer dari blog ini