1. Pengertian Entrepreneurship Motivation
2. Pentingnya motivasi dalam berwirausaha
3. Jenis motivasi kewirausahaan
Apa yangdimaksud dengan Entrepreneurship Motivation?
Motivasi
kewirausahaan adalah proses yang mengaktifkan dan memotivasi wirausahawan untuk
mengerahkan upaya yang lebih tinggi demi tercapainya tujuan kewirausahaannya.
Dengan kata lain, motivasi kewirausahaan mengacu pada kekuatan atau dorongan
dalam diri seorang wirausahawan yang memengaruhi arah, intensitas, dan
ketekunan perilaku sukarela sebagai wirausahawan. Jadi bisa dikatakan, seorang
wirausaha yang termotivasi akan bersedia mengerahkan tingkat usaha tertentu
(intensitas), untuk jangka waktu tertentu (ketekunan) menuju tujuan tertentu
(arah).
Motivasi berasal
dari kata Latin movere yang berarti dorongan atau menggerakkan. Pentingnya
motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan
mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil
yang optimal (Hasibuan, 2016). G.R. Terry dalam Hasibuan (2016) mengemukakan
bahwa motivasi adalah keinginan yang terdapat pada diri seseorang individu yang
merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan. Menurut Wahjosumidjo dalam
Rusdiana (2014), motivasi merupakan proses psikologi yang mencerminkan
interaksi sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri
seseorang. Proses psikologi timbul akibat faktor dari dalam diri seseorang
berupa kepribadian, sikap, pengalaman dan pendidikan, sedangkan dari luar diri
seseorang berbagai faktor lain yang sangat kompleks.
Menurut Wibowo
(2011), wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam
mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya.
Scarborough dan Zimmerer dalam Wibowo (2011) mengatakan bahwa wirausaha
merupakan orang memiliki karakter wirausaha, dan mengaplikasikan hakikat
kewirausahaan itu dalam hidupnya. Dengan kata lain, wirausaha adalah orang yang
memiliki jiwa kreativitas, dan inovatif yang tinggi dalam hidupnya. Menurut
Lupiyoadi (2007) dalam Astiti (2014), mengatakan bahwa wirausaha adalah orang
kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkannya untuk peningkatan kesejahteraan
diri, masyarakat dan lingkungannya. Seorang wirausaha tidak pernah lupa
memikirkan kesejahteraan masyarakat sehingga mereka selalu berfikir kritis
untuk selalu mencari inovasi dalam penciptaan produk untuk masyarakat.
Menurut Wikanso
(2013), motivasi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi atau mendorong
seseorang yang merupakan energi pada diri seseorang untuk mencapai tujuan yang
diharapkan. Motivasi dapat pula dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan
kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu
dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan
perasaan tidak suka itu. Jadi, motivasi itu dapat dirangsang dari luar tetapi
motivasi itu adalah tumbuh di dalam diri seseorang.
Masih menurut
Wikanso (2013), dalam konteks entrepreneur, maka motivasi dapat dikatakan
sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri seorang entrepreneur yang
menimbulkan kegiatan entrepreneur yang menjamin kelangsungan dari kegiatan
entrepreneur dan yang memberi arah pada kegiatan entrepreneur tersebut sehingga
tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi berwirausaha adalah dorongan
kuat dari dalam diri seseorang untuk memulai mengaktualisasi potensi diri dalam
berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk baru dan bernilai tambah
guna kepentingan bersama. Wirausaha akan muncul ketika seseorang berani
mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Membuat seseorang menjadi berani
mengembangkan usaha dan idenya melalui motivasi berwirausaha yang kuat. Dua hal
tersebut harus saling berhubungan agar tercipta wirausaha yang kuat dan tangguh
serta berkualitas (Astiti, 2014).
Wirausahawan adalah seseorang yang percaya pada
kewirausahaan dan bersedia menerapkan ide-ide kewirausahaan untuk mencapai
tujuan mereka. Penting untuk memahami bagaimana seorang pengusaha bekerja dan
menangkap peluang. Beberapa atribut kunci dari seorang wirausaha meliputi:
Pengambilan risiko – Seorang pengusaha harus menjadi
pengambil risiko. Ini adalah salah satu fondasi di mana kewirausahaan
berfungsi. Untuk menyajikan solusi baru dan inovatif untuk masalah atau
kesenjangan dunia nyata di pasar, seorang pengusaha perlu memiliki pemikiran
out-of-the-box. Menantang sistem pasar yang mapan dan menghadirkan cara unik
untuk memecahkan masalah membutuhkan pola pikir yang berani mengambil risiko.
Gairah – Atribut ini adalah kunci bagi setiap pemilik
bisnis, dan terlebih lagi bagi pengusaha. Mereka memasuki industri untuk
mengubah cara-cara usang dan menerapkan ide bisnis yang unik. Gairah membantu
mereka mencapai target dan membuat mereka tetap termotivasi selama fase sulit.
Motivasi – Dalam perjalanan dari memiliki ide bisnis yang
unik hingga membuatnya menguntungkan dan berkelanjutan, seorang wirausahawan
mungkin mengalami saat-saat frustrasi. Motivasi dapat membuat wirausahawan
terus berjalan menuju kesuksesan pada saat-saat seperti itu.
Kerja keras – Untuk mencapai tujuan mereka, pengusaha harus
bekerja keras. Mereka telah memilih jalur non-konvensional yang membutuhkan
banyak kerja keras dan ketekunan.
Inovasi – Atribut ini harus dimiliki oleh setiap pengusaha
dan membutuhkan pemikiran out-of-the-box ketika mendekati solusi untuk masalah.
Organisasi – Pengusaha harus menangani berbagai macam
masalah setiap hari. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengatur jadwal
kerja mereka. Memiliki atribut ini menempatkan mereka pada posisi yang lebih
baik untuk memimpin usaha.
Motivasi danpentingnya dalam berwirausaha
Dengan ide bisnis
yang unik, muncul banyak tantangan di semua tahap penerapannya. Bagi pengusaha,
kepercayaan diri sangat penting untuk motivasi. Merupakan tugas yang sulit
untuk memulai sesuatu yang baru, dan menjadi lebih sulit ketika orang meragukan
kepraktisan usaha tersebut.
Pengusaha harus
memotivasi diri sendiri untuk meyakinkan investor tentang kepraktisan ide
mereka. Keinginan dan motivasi untuk tetap fokus pada tugas dan bekerja keras
adalah kunci untuk menjadi pengusaha sukses.
Jika seorang
pengusaha tidak memiliki modal untuk memulai usaha, mereka membutuhkan dana
dari sumber eksternal seperti investor atau lembaga pemerintah. Untuk
meyakinkan calon investor suatu ide, mereka membutuhkan motivasi dan
kepercayaan diri, terutama di awal.
Ada beberapa jenis
motivasi kewirausahaan. Ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pengusaha
dan motif mereka. Ini juga dapat diklasifikasikan sebagai motivasi finansial
dan non-finansial. Motivasi yang paling umum adalah:
Keuntungan moneter : setiap usaha bisnis, apakah itu
wirausaha atau konvensional, memiliki motif utama untuk menghasilkan
keuntungan. Pengusaha juga menginginkan keuntungan maksimal dalam bentuk uang,
tetapi mereka mendapatkan lebih banyak kepuasan dalam prosesnya. Pertama,
mereka bekerja untuk diri mereka sendiri, yang merupakan motivasi tersendiri.
Kedua, mereka percaya bahwa sambil menghasilkan uang, mereka juga menawarkan
solusi bisnis inovatif ke industri.
Lebih banyak kebebasan : sistem kewirausahaan memberikan
lebih banyak kebebasan daripada yang konvensional. Pengusaha ingin memiliki
struktur kerja yang memastikan lebih banyak fleksibilitas. Mereka memiliki
lebih banyak kebebasan untuk membuat pilihan yang menurut mereka akan
menguntungkan usaha tersebut dalam jangka panjang.
Lebih banyak otoritas : pengusaha memiliki otoritas lebih,
yang juga membuat mereka akuntabel. Karena mereka memiliki ide bisnis ini,
mereka ingin terlibat dalam setiap aspeknya. Dari pengembangan produk hingga
memastikan basis pelanggan yang berkelanjutan, pengusaha memiliki keputusan
akhir dalam setiap keputusan ini.
Kontrol kreatif adalah motivasi yang membuat pengusaha terus maju dan membantu mereka mencapai tujuan mereka. Setiap keputusan kreatif harus selaras dengan visi pengusaha. Misalnya, sebuah produk diluncurkan untuk menargetkan basis pelanggan yang lebih muda. Untuk menarik basis tertentu, setiap keputusan kreatif harus diambil untuk mencapai tujuan ini, mulai dari desain produk hingga strategi pemasaran.
Tunggu apalagi?
Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi
Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar