Entrepreuneurship Motivation

Daftar Isi : 

1. Pengertian Entrepreneurship Motivation

2. Pentingnya motivasi dalam berwirausaha

3. Jenis motivasi kewirausahaan

Apa yangdimaksud dengan Entrepreneurship Motivation?

 

    Motivasi kewirausahaan adalah proses yang mengaktifkan dan memotivasi wirausahawan untuk mengerahkan upaya yang lebih tinggi demi tercapainya tujuan kewirausahaannya. Dengan kata lain, motivasi kewirausahaan mengacu pada kekuatan atau dorongan dalam diri seorang wirausahawan yang memengaruhi arah, intensitas, dan ketekunan perilaku sukarela sebagai wirausahawan. Jadi bisa dikatakan, seorang wirausaha yang termotivasi akan bersedia mengerahkan tingkat usaha tertentu (intensitas), untuk jangka waktu tertentu (ketekunan) menuju tujuan tertentu (arah).

 

 

    Motivasi berasal dari kata Latin movere yang berarti dorongan atau menggerakkan. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal (Hasibuan, 2016). G.R. Terry dalam Hasibuan (2016) mengemukakan bahwa motivasi adalah keinginan yang terdapat pada diri seseorang individu yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan. Menurut Wahjosumidjo dalam Rusdiana (2014), motivasi merupakan proses psikologi yang mencerminkan interaksi sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Proses psikologi timbul akibat faktor dari dalam diri seseorang berupa kepribadian, sikap, pengalaman dan pendidikan, sedangkan dari luar diri seseorang berbagai faktor lain yang sangat kompleks.

 

 

    Menurut Wibowo (2011), wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Scarborough dan Zimmerer dalam Wibowo (2011) mengatakan bahwa wirausaha merupakan orang memiliki karakter wirausaha, dan mengaplikasikan hakikat kewirausahaan itu dalam hidupnya. Dengan kata lain, wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa kreativitas, dan inovatif yang tinggi dalam hidupnya. Menurut Lupiyoadi (2007) dalam Astiti (2014), mengatakan bahwa wirausaha adalah orang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkannya untuk peningkatan kesejahteraan diri, masyarakat dan lingkungannya. Seorang wirausaha tidak pernah lupa memikirkan kesejahteraan masyarakat sehingga mereka selalu berfikir kritis untuk selalu mencari inovasi dalam penciptaan produk untuk masyarakat.

 

 

    Menurut Wikanso (2013), motivasi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi atau mendorong seseorang yang merupakan energi pada diri seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi dapat pula dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka itu. Jadi, motivasi itu dapat dirangsang dari luar tetapi motivasi itu adalah tumbuh di dalam diri seseorang.

 

    Masih menurut Wikanso (2013), dalam konteks entrepreneur, maka motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri seorang entrepreneur yang menimbulkan kegiatan entrepreneur yang menjamin kelangsungan dari kegiatan entrepreneur dan yang memberi arah pada kegiatan entrepreneur tersebut sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi berwirausaha adalah dorongan kuat dari dalam diri seseorang untuk memulai mengaktualisasi potensi diri dalam berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk baru dan bernilai tambah guna kepentingan bersama. Wirausaha akan muncul ketika seseorang berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Membuat seseorang menjadi berani mengembangkan usaha dan idenya melalui motivasi berwirausaha yang kuat. Dua hal tersebut harus saling berhubungan agar tercipta wirausaha yang kuat dan tangguh serta berkualitas (Astiti, 2014).

 

Wirausahawan adalah seseorang yang percaya pada kewirausahaan dan bersedia menerapkan ide-ide kewirausahaan untuk mencapai tujuan mereka. Penting untuk memahami bagaimana seorang pengusaha bekerja dan menangkap peluang. Beberapa atribut kunci dari seorang wirausaha meliputi:

 

Pengambilan risiko – Seorang pengusaha harus menjadi pengambil risiko. Ini adalah salah satu fondasi di mana kewirausahaan berfungsi. Untuk menyajikan solusi baru dan inovatif untuk masalah atau kesenjangan dunia nyata di pasar, seorang pengusaha perlu memiliki pemikiran out-of-the-box. Menantang sistem pasar yang mapan dan menghadirkan cara unik untuk memecahkan masalah membutuhkan pola pikir yang berani mengambil risiko.

 

Gairah – Atribut ini adalah kunci bagi setiap pemilik bisnis, dan terlebih lagi bagi pengusaha. Mereka memasuki industri untuk mengubah cara-cara usang dan menerapkan ide bisnis yang unik. Gairah membantu mereka mencapai target dan membuat mereka tetap termotivasi selama fase sulit.

 

Motivasi – Dalam perjalanan dari memiliki ide bisnis yang unik hingga membuatnya menguntungkan dan berkelanjutan, seorang wirausahawan mungkin mengalami saat-saat frustrasi. Motivasi dapat membuat wirausahawan terus berjalan menuju kesuksesan pada saat-saat seperti itu.

 

Kerja keras – Untuk mencapai tujuan mereka, pengusaha harus bekerja keras. Mereka telah memilih jalur non-konvensional yang membutuhkan banyak kerja keras dan ketekunan.

 

Inovasi – Atribut ini harus dimiliki oleh setiap pengusaha dan membutuhkan pemikiran out-of-the-box ketika mendekati solusi untuk masalah.

 

Organisasi – Pengusaha harus menangani berbagai macam masalah setiap hari. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengatur jadwal kerja mereka. Memiliki atribut ini menempatkan mereka pada posisi yang lebih baik untuk memimpin usaha.

 

Motivasi danpentingnya dalam berwirausaha

    Dengan ide bisnis yang unik, muncul banyak tantangan di semua tahap penerapannya. Bagi pengusaha, kepercayaan diri sangat penting untuk motivasi. Merupakan tugas yang sulit untuk memulai sesuatu yang baru, dan menjadi lebih sulit ketika orang meragukan kepraktisan usaha tersebut.

 

    Pengusaha harus memotivasi diri sendiri untuk meyakinkan investor tentang kepraktisan ide mereka. Keinginan dan motivasi untuk tetap fokus pada tugas dan bekerja keras adalah kunci untuk menjadi pengusaha sukses.

 

    Jika seorang pengusaha tidak memiliki modal untuk memulai usaha, mereka membutuhkan dana dari sumber eksternal seperti investor atau lembaga pemerintah. Untuk meyakinkan calon investor suatu ide, mereka membutuhkan motivasi dan kepercayaan diri, terutama di awal.

 

Jenis motivasikewirausahaan

    Ada beberapa jenis motivasi kewirausahaan. Ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pengusaha dan motif mereka. Ini juga dapat diklasifikasikan sebagai motivasi finansial dan non-finansial. Motivasi yang paling umum adalah:

 

Keuntungan moneter : setiap usaha bisnis, apakah itu wirausaha atau konvensional, memiliki motif utama untuk menghasilkan keuntungan. Pengusaha juga menginginkan keuntungan maksimal dalam bentuk uang, tetapi mereka mendapatkan lebih banyak kepuasan dalam prosesnya. Pertama, mereka bekerja untuk diri mereka sendiri, yang merupakan motivasi tersendiri. Kedua, mereka percaya bahwa sambil menghasilkan uang, mereka juga menawarkan solusi bisnis inovatif ke industri.

 

Lebih banyak kebebasan : sistem kewirausahaan memberikan lebih banyak kebebasan daripada yang konvensional. Pengusaha ingin memiliki struktur kerja yang memastikan lebih banyak fleksibilitas. Mereka memiliki lebih banyak kebebasan untuk membuat pilihan yang menurut mereka akan menguntungkan usaha tersebut dalam jangka panjang.

 

Lebih banyak otoritas : pengusaha memiliki otoritas lebih, yang juga membuat mereka akuntabel. Karena mereka memiliki ide bisnis ini, mereka ingin terlibat dalam setiap aspeknya. Dari pengembangan produk hingga memastikan basis pelanggan yang berkelanjutan, pengusaha memiliki keputusan akhir dalam setiap keputusan ini.

 

Kontrol kreatif adalah motivasi yang membuat pengusaha terus maju dan membantu mereka mencapai tujuan mereka. Setiap keputusan kreatif harus selaras dengan visi pengusaha. Misalnya, sebuah produk diluncurkan untuk menargetkan basis pelanggan yang lebih muda. Untuk menarik basis tertentu, setiap keputusan kreatif harus diambil untuk mencapai tujuan ini, mulai dari desain produk hingga strategi pemasaran.




Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama pioneerteknologi.com

 

KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111






Komentar

Postingan populer dari blog ini