.png)
1. Website Company Profile
Internet dan kemajuan teknologi membuat bisnismu dapat melampaui jarak dan menarget market bisnis yang lebih luas. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menciptakan jenis company profile yang dimuat dalam website.
Company profile jenis ini bisa dilihat di mana saja dan kapan saja. Jenis company profile ini bisa diliat contohnya dari website e-commerce dan website portal komunitas. Website company profile yang baik dilengkapi oleh Content Management System dan Rseponsive Web Design yang bagus dan menarik sehingga website dapat diakses di mana saja.
2. Jenis Company Profile Interaktif
Company profile jenis ini biasanya dilengkapi suara, foto, video, dan animasi yang memberikan calon klien pengalaman menyenangkan selama mencari tahu informasi tentang profil perusahaan. Company profile perusahaan berbentuk interaktif lebih menkankan aktivitas atau tindakan yang dilakukan calon klien. Company profile ini biasanya dapat dilihat dalam bentuk aplikasi.
3. Company Profile Cetak
Jenis company profile ini paling umum digunakan. Pasalnya, company profile ini terbilang mudah diciptakan dan mempermudah presentasi di depan klien. Dalam company profile jenis cetak ini akan dimuat informasi terkait visi dan misi perusahaan serta aktivitas lengkap yang telah dilakukan perusahaan. Namun, kekurangan jenis company profile ini adalah membutuhkan budget yang cukup mahal.
4. Company Profile Video
Company profile ini bisa dilihat pada YouTube atau dibawa saat presentasi ke hadapan klien. Jenis company profile ini mengutamakan animasi, warna, dan suara karena terbilang lebih visual. Meskipun demikian, jenis company profile ini hanya dapat dilihat oleh kalangan terbatas.
Desain company profile memuat segala informasi secara detail mengenai perusahaan. Kapan perusahaan berdiri, bergerak dalam bidang apa menjadi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Kegiatan marketing lebih mudah jika masyarakat secara umum sudah mengenal profil perusahaan.
Company profile dibuat dengan maksud untuk penetrasi pasar. Mendekati cakupan segmen pasar baru yang penting bagi pertumbuhan bisnis perusahaan. Company profile menjadi senjata untuk mendapatkan dukungan pihak lain dalam bentuk dana segar, membuka cabang baru, mencari pelanggan loyal, dan memperluas jangkauan bisnis.
Dengan company profile sebuah perusahaan bisa go international. Jadi perkembangan bisnis tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri tetapi juga mancanegara. Dengan berbekal company profile perusahaan secara langsung memperkenalkan kualitas anak negeri di kancah internasional. Dalam jangka panjang akan menarik minat klien luar negeri untuk bekerjasama.
1. Company Profile Berbentuk Brosur
Brosur bisa menjadi media untuk menunjukkan company profile secara singkat kepada klien. Bentuknya yang ringan dan tipis juga cukup efektif sebagai media pengenalan atau promosi. Brosur company profile mengutamakan gambar, tulisan, dan desain yang unik.
2. Company Profile dalam Bentuk Buku
Buku juga bisa menjadi media untuk memberikan informasi company profile secara lengkap. Perusahaan harus membuat cover, daftar isi, visi misi, produk dan jasa, kelebihan, dan pencapaian secara detail dan berurutan.
Penyampaian kalimat dalam buku harus singkat dan padat, desain buku harus menarik agar pembaca tidak bosan saat membaca profil perusahaanmu.
3. Company Profile dalam Website
Dengan hadirnya internet, pengguna bisa lebih mudah mengakses segala macam informasi termasuk profil perusahaan. Penggunaan website untuk company profile cukup efektif digunakan karena klien dan pembaca bisa dengan mudah mencari perusahaan dari hasil pencarian Google.
Halaman utama company profile bisa dilengkapi dengan foto produk unggulan atau konten dari perusahaan tersebut.
4. Company Profile Berbentuk Aplikasi
Company profile bisa disematkan ke dalam sebuah aplikasi. Dengan media ini, pembaca bisa memilih informasi mana yang dibutuhkan dan menjelajahi segala menu yang disediakan secara praktis.
5. Company Profile dalam Video
Video bisa menjadi salah satu media company profile yang cukup efektif digunakan saat presentasi di hadapan klien. Kombinasi gambar bergerak, foto, teks, dengan suara latar semuanya disajikan secara padat dan menarik.Video company profile umumnya berdurasi singkat, jadi kamu harus memikirkan secara matang poin-poin yang akan dimasukkan ke dalam video.
Desain company profile sangat bermanfaat dalam branding perusahaan sehingga lebih go public. Perusahaan dalam skala kecil maupun besar perlu kepercayaan masyarakat sebagai konsumen. Sehingga lebih eksis dalam jangka panjang. Company profile berisi informasi mengenai sejarah berdirinya perusahaan, latar belakang berdirinya perusahaan, waktu mulai beroperasi, pelayanan dan produk kepada masyarakat, alamat lengkap perusahaan. Alamat perusahaan meliputi kantor operasional, gudang, nomor telepon, email dan website jika ada.
Informasi lain mengenai visi dan misi perusahaan juga sering ditampilkan dalam brosur, buku atau website. Portofolio, klien, testimoni juga umum ditampilkan sebagai informasi pengawasan. Sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen serta masyarakat terhadap kredibilitas perusahaan.
Filosofi perusahaan sering dicantumkan dalam iklan cetak. Konsumen bisa memahami karakteristik dan pola kerja perusahaan. Sifat-sifat positif yang didapat merupakan motivasi yang menjadi jiwa perusahaan. Nilai filosofis perusahaan tidak jarang juga berpengaruh terhadap karyawan di dalamnya. Menimbulkan energi positif yang dapat menular kepada calon klien.
Misi dan rencana kedepan perlu dijelaskan dalam company profile sehingga memberi gambaran calon klien ketika akan bekerjasama. Perencanaan masa depan perusahaan bisa diubah secara berkala sehingga selalu baru mengikuti tren perkembangan jaman. Tetapi tidak mengubah komitmen perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.
Berikut ini adalah keuntungan apabila Anda memiliki profil Perusahaan untuk Perusahaan, sebagai berikut.
• Dapat digunakan sebagai alat promosi atau pemasaran.
• Memberikan gambaran kepada calon klien mengenai produk dan layanan Perusahaan.
• Membantu memberikan keyakinan kepada calon klien.
• Menyampaikan gambaran umum mengenai proposisi nilai yang ditawarkan oleh perusahaan kepada calon karyawan.
• Membangun kredibilitas yang baik bagi Perusahaan.
Untuk membuat profil menjadi informatif, ada beberapa komponen penting yang perlu ada dalam desainnya. Apa saja itu? Simak di bawah ini
1. Cover yang eyecatchy
Desain cover merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, penting untuk membuat cover yang menarik. Selain eyecatchy, desain cover mulai dari gambar dan layout perlu memberikan gambaran perusahaan. Logo perusahaan dan tagline bisa diletakkan juga pada cover. Untuk membuatnya menjadi artistik dan informatif, Anda bisa menggunakan jasa creative media service.
2. Daftar isi
Untuk membuat profil menjadi lebih rapi dan terstruktur, daftar isi menjadi elemen yang krusial. Dalam daftar isi terdapat pembagian bab, urutan bab, jumlah halaman, dan pembagian halaman.
3. Kalimat pembuka
Saat masuk ke halaman profil perusahaan, kalimat pembuka merupakan bagian yang akan tampil pertama. Isi dari kalimat pembuka ini relatif. Bisa berisi sambutan dari pemilik mauapun direktur dari perusahaan.
4. Informasi jajaran direksi
Jajaran direksi merupakan sekumpulan orang yang berperan penting pada jalannya perusahaan. Calon investor maupun konsumen perlu mengetahu profil direksi tersebut. Biasanya, direksi dengan banyak pengalaman akan lebih menarik minat investor, terlebih pernah menjadi bagian dari perusahaaan terkemuka. Informasi ini biasanya selalu update, karena tidak sedikit jajaran direksi yang berganti setiap tahunnya.
5. Visi dan misi perusahaan
Visi dan misi merupaan dua elemen krusial yang wajib ada. Keduanya merupakan tolok ukur dari perusahaan yang perlu diketahui oleh konsumen dan calon investor. Desain dari visi dan misi perlu disesuaian dengan nilai yang menjadi ciri khas perusahaan.
6. Sejarah perusahaan
Adanya narasi seperti sejarah perusahaan cukup penting dalam pembuatan company profile. Cerita sejarah perlu dikemas unik yang di dalamnya juga terdapat tujuan perusahaan. Dari sejarah tersebut, biasanya juga ada milestone kejadian yang menjadi titik kebangkitan perusahaan.
7. Produk dan jasa perusahaan
Desain juga harus mengandung produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Profil bisa dikemas unik dengan menampilkan gambar produk atau jasa serta memberikan keterangan singkat dari produk tersebut.
8. Sumber daya manusia
Selain produk, sumber daya manusia juga menjadi bagian penting dalam perusahaan. Tampilkan kompetensi dan nilai-nilai unggul yang dimiliki oleh sumber daya manusia.
9. Portofolio dan pencapaian
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan investor, perusahaan bisa meletakkan hasil karya atau pekerjaan yang sudah diselesaikan. Berikan tampilan foto yang menarik dan penjelasan singkat. Pencapaian perusahaan mulai dari kancah internasional, nasional, maupun lokal penting untuk ada dalam desain. bagian ini akan memberikan gambaran singkat seberapa kompetennya perusahaan dalam memberikan pelayanan.
10. Kontak informasi
Setelah pembaca mulai tertarik pada produk atau jasa perusahaan, yang selanjutnya akan dicari adalah kontak informasi. Kontak bisa berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email, website, media sosial, dan customer care.
1. Bisa diakses siapa saja, kapan saja dan dimana saja
Hanya memerlukan koneksi internet, anda bisa mencari informasi dari seluruh dunia dengan mudah tanpa batasan. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan website company profile akan membuat orang lebih mudah untuk melihat siapa, dimana dan kapan informasi mengenai usaha anda.
2. Akses informasi yang cepat dan mudah
Di era digital seperti saat ini sangat mudah bagi kita untuk mengakses internet. Hanya memerluka perangkat dan koneksi internet anda sudah bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet.
3. Jangkauan pasar lebih luas
Belakangan ini, pengguna internet di Indonesia maupun negara lain terus meningkat dengan pesatnya, pastinya hal ini tidak boleh terlewat oleh anda yang berprofesi sebagai pengusaha. Anda bisa memanfaatkan internet untuk memperluas target pasar anda dan bermitra dan jasa ekspedisi untuk mempermudah proses pengiriman barang jika pembeli berada di tempat yang lumayan jauh.
4. Lebih elegan
Jika perusahaan anda memiliki website company profile, akan membuat perusahaan anda semakin profesional dan modern. Secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru yang belum mengetahui tentang perusahaan anda. anda juga harus memperhatikan isi website company profile.
5. Promosi
Dibandingkan jika anda menyebar brosur atau iklan di koran, tentu saja promosi dengan website jauh lebih cepat dan murah di era digital seperti saat ini.
6. Proteksi Brand dari perusahaan anda
Nama domain anda tidak mungkin sama dengan nama domain milik perusahaan lain, sehingga nama domain yang anda daftarkan bisa digunakan sebagai brand perusahaan, produk atau bisnis yang anda jalankan.
1. Sulit mencapai target pengunjung
Ada ribuan website aktif yang ada di internet, sehingga jika anda ingin website anda berada di halaman pertama mesin pencari, maka anda harus menggunakan teknik SEO untuk optimasi website anda. Tak hanya itu, anda harus menentukan target kata kunci yang ingin anda fokuskan
2. Feedback yang lumayan rumit
Jika pelanggan ingin memberikan komentar, seorang pelanggan harus masuk terlebih dahulu ke kolom komentar dan terkadang pelanggan harus register/login terlebih dahulu sebelum bisa mengirimkan komentar.
3. Harus ada staff admin
Agar website anda selalu memiliki informasi yang terbaru, anda harus menyiapkan seorang staff admin untuk mengurus keperluan website anda. Tentu saja dengan adanya staff admin anda harus mengeluarkan biaya tambahan.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111.
Komentar
Posting Komentar