Mari Mengenal Google Bisnis



Daftar Isi: 

1. Manfaat Google Bisnis
2. Cara Daftar Google Bisnis
3. Cara Mengoptimalkan  Google Bisnis Profile
4. Kelebihan Google Bisnis
5. Kekurangan Google Bisnis


Manfaat Google Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memanfaatkan Google Bisnisku sebagai bagian dari online marketing:

1. Mengembangkan Bisnis Secara Online dengan Gratis

Google Bisnisku adalah sebuah tool gratis dari Google. Selain itu, Google Bisnisku dapat membantu kamu meningkatkan online presence dan mendapatkan lebih banyak pemasukan. Tentu saja, ada banyak hal yang kamu harus optimasi sebelum mendapatkan hasil yang baik.

Salah satu langkah terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mengisi profil bisnis selengkap mungkin. Google menerangkan bahwa “bisnis lokal adalah hasil yang paling relevan dalam setiap pencarian, dan halaman bisnis yang mempunyai profil lengkap dan informasi akurat akan lebih mudah untuk ditampilkan di pencarian yang tepat.”

2. Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis

Dengan Google Bisnisku, kamu bisa memberikan informasi lokasi bisnis yang tepat, lengkap dan akurat di Google Maps. Fitur ini tentunya sangat memudahkan pelanggan kamu dalam mencari jalan menuju bisnismu. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis yang memerlukan interaksi langsung dengan pelanggan seperti restoran, supermarket, toko buku, bengkel, atau rumah sakit.

3. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Ketika kamu mencari sebuah tempat atau destinasi dengan kategori tertentu di Google, misal: restoran, toko buku, toko bangunan, dan sebagainya, kamu akan diberikan sebuah panel visibilitas di bagain atas halaman yang berisi bisnis yang ada dalam dengan kategori tersebut.

Biasanya, panel ini terdiri dari 3 bisnis lokal dan informasi mereka. Isi dari panel ini berasal dari entri Google My Business. Dengan profil Google Bisnis yang lengkap dan teroptimasi, panel ini dapat membantu bisnis kamu untuk muncul di pencarian yang tepat.

Dengan profil Google Bisnisku yang lengkap, pelanggan dapat melihat nomor telpon, jam buka, website, dan beberapa informasi penting lainnya yang sangat berguna saat mereka ingin mengunjungi atau menghubungi bisnismu.

4. Memberikan Informasi Penting Mengenai Bisnis

Google Bisnisku adalah sebuah wadah untuk memberikan informasi penting tentang bisnis kamu kepada pelanggan. Berikut ini adalah informasi yang mereka kamu tampilkan di halaman Google Bisnisku:

  • Jam buka
  • Jam-jam sibuk
  • Rute menuju bisnis
  • Foto lokasi
  • Tombol ‘call now’ dan ‘website’ di perangkat mobile
  • Deskripsi singkat bisnis

5. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Dengan Google Bisnisku, kamu juga bisa memanfaatkan produk Google lainnya yaitu Google Hangout. Google Hangout memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan sepuluh sampai lima belas customers di saat yang bersamaan.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

6. Mendapat Insight Tentang Pelanggan

Saat kamu menggunakan Google Bisnisku, kamu akan menemukan tab “Insights” yang akan memberikan data lengkap website untuk bisnis kamu. Kamu bisa mengkustomisasi data apa yang ingin kamu monitor.

  • Visibility menunjukkan jumlah tampilan yang didapatkan oleh profil, postingan, dan foto di Google Bisnisku milik kamu.
  • Engagement menunjukkan bagaimana pengunjung atau pelanggan kamu berinteraksi dengan postingan-postingan di halaman Google Bisnis kamu.
  • Audience menunjukkan demografi pengunjung yang mengikuti akunmu di Google Bisnisku. Bagian ini memperlihatkan umur, gender, dan negara asal pengunjung akun kamu.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang audience kamu, kamu dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan penjualan kamu.

7. Mengenal Traffic Website dan Pelanggan Bisnis

Google Bisnisku memiliki integrasi dengan Google Analytics yang memungkinkan kamu untuk menyambungkan kedua tools ini.

Insight pada Google Bisnisku lebih terfokus pada traffic yang didapatkan oleh akun Google Bisnisku. Dengan integrasi ke Google Analytics, kamu akan dapat mengakses laporan lebih terperinci dan mendalam tentang traffic website kamu.

8. Meningkatkan Engagement

Pelanggan yang sudah mengunjungi toko, restoran, atau bisnis kamu dapat meninggalkan ulasan dan penilaian pada halaman Google Bisnisku milik kamu.

Interaksi ini akan meningkatkan kualitas profilmu dengan memberi tanda ke mesin pencari Google bahwa bisnismu masih aktif.

Semakin banyak pelanggan yang meninggalkan ulasan baik, tentunya akan meningkatkan reputasi bisnis kamu di halaman Google. Jumlah ulasan dan kualitas ulasan yang baik adalah salah satu faktor penentu sebelum pelanggan baru mengunjungi bisnis kamu.

9. Merespon Ulasan dengan Cepat

Kamu dapat merespon semua ulasan yang ditulis oleh pelanggan secara cepat dan terbuka di Google Bisnisku.

Dengan merespon ulasan, pelanggan lain akan melihat bahwa kamu memikirkan pendapat mereka mengenai bisnismu. Jadi, jangan takut untuk merespon ulasan buruk, karena dengan merespon keluhan pelanggan, kamu menunjukkan bahwa bisnismu akan terus berkembang menjadi lebih baik.

10. Membantu Pengelolaan Online Presence

Hanya dengan login ke dashboard Google Bisnisku, kamu sudah bisa mengakses semua tools Google. Google memang menawarkan alat-alat ini untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu di dunia digital.

Selanjutnya, kami akan membahas bagaimana cara daftar Google Bisnisku.

Untuk mempermudah proses, kamu perlu siapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Lokasi toko atau kantor:
    Pastikan bahwa bisnismu memiliki lokasi fisik, ya! Informasi ini diperlukan untuk menentukan titik yang dapat digunakan untuk penunjuk arah oleh pelanggan di Google Maps
  • Informasi pasti:
    Pastikan kamu mempunyai informasi yang sudah dipastikan dan tidak akan berubah seperti nama bisnis, nomor telpon, email, dan website.
  • Interaksi pelanggan:
    Google Bisnisku mengutamakan bisnis yang kesehariannya memerlukan interaksi dengan pelanggan.


Cara Daftar Google Bisnis

Di sini kamu akan mempelajari cara daftar Google Bisnisku. Untuk memulai, kamu memerlukan akun Google.

Kamu dapat menggunakan akun Gmail personal untuk mengatur profil Google Bisnisku. Tapi lebih ideal lagi kamu mempunyai email dengan domain bisnis kamu menggunakan produk bisnis G-Suite.

  • Sign in ke akun Google, kemudian kunjungi halaman Google Bisnisku, dan klik tombol Mulai Sekarang.
  • Isi nama bisnis.
  • Isi alamat bisnis dengan akurat dan benar.
  • Pilihan area pengiriman
  • Pilih titik letak bisnis kamu di Google Maps
  • Pilih kategori bisni dan isi informasi kontak bisnis
  • Verifikasi akun Google Bisnisku.

Dewaweb---Verifikasi-Google-BisniskuHal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah verifikasi kepemilikan atau hubungan kamu dengan bisnis yang baru saja didaftarkanKamu dapat memilih dari beberapa metode verifikasi:

  • Kartu pos
  • Telpon kantor
  • Email
  • Kepemilikan website
  • Verifikasi partai

Tetapi di antara 5 metode verifikasi, hanya metode kode pos yang  dapat digunakan oleh semua bisnis. Metode verifikasi lainnya memerlukan beberapa prasyarat dari Google yang harus dipenuhi . Maka dari itu, cara terbaik adalah dengan memverifikasi menggunakan kartu pos.


Cara Mengoptimalkan Google Bisnis Profile

Untuk mengoptimalkannya, Anda dapat mengedit beberapa fitur berikut ini : 

Edit Profile

Saat Anda mengklik bagian Edit Profile, Anda dapat mengedit info dasar, seperti About, Kontak, Lokasi, Jam, dan Lainnya. 

1. Jam 

Menurut Barometer Konsumen Google, 40% pencari bisnis ingin menemukan jam operasi untuk bisnis lokal. Itu berarti Anda harus menjaga jam Anda tetap terkini, terutama jam liburan. Memperbarui jam kerja Anda sangat mudah diubah melalui Google Search. 

Ketika Anda memilih jam, Anda mendapatkan informasi lebih rinci yang bisa Anda perbarui. Anda tidak hanya dapat mengubah jam operasional, tapi juga dapat memilih opsi untuk: 
- Buka dengan jam utama. 
- Buka tanpa jam utama. 
- Tutup Sementara (Tunjukkan bahwa bisnis Anda akan dibuka kembali di masa mendatang). 
- Tutup Permanen (Tunjukkan bisnis Anda sudah tidak ada lagi). 
- Anda bahkan memiliki opsi untuk menambahkan lebih banyak jam. 

2. Produk 

Anda harus mencantumkan produk yang Anda tawarkan ke untuk menunjukkan bisnis Anda bergerak di bidang apa. Sangat mudah untuk membuat daftar produk. Klik tombol Mulai dan jawab pertanyaan sederhana seperti : 
- Nama Produk. 
- Kategori – Jika Anda belum menyiapkan kategori, Anda dapat membuatnya. 
- Harga atau Kisaran Harga. 
- Deskripsi Produk. 
- Foto. 

Setelah Anda memasukkan semua informasi, cukup klik Publikasikan untuk menampilkan produk di Google Business Profile Anda. 

3. Menambahkan foto 

Pencari lokal senang melihat gambar. Menurut Google, bisnis dengan foto mendapatkan 42% lebih banyak permintaan petunjuk arah. 

Maka dari itu, penting untuk mengunggah gambar bisnis Anda, seperti gedung, papan nama, produk, layanan, anggota tim, aktivitas yang dilakukan perusahaan Anda. 

Promote

Ketika Anda memiliki bisnis, Anda selalu dalam mode pemasaran dan memikirkan strategi promosi.

Klik tombol Promosikan dan Anda akan mendapatkan banyak pilihan untuk membantu mempromosikan bisnis Anda menggunakan fitur Google Business Profile. Di sini, Anda memiliki berbagai cara untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda.

Anda juga dapat mengklik tautan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Ads, menambahkan foto, mendapatkan tautan singkat untuk meminta ulasan, dan membuat postingan. 

Customers

Bagian Customers memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan Anda dengan cara yang lebih mudah dari sebelumnya.

Dari bagian ini, Anda dapat melihat dan membalas ulasan yang Anda terima dari pelanggan dan klien, melihat dan menanggapi pesan (ingat untuk membalas dalam 24 jam), dan bahkan menjawab pertanyaan yang diajukan orang di bagian Tanya Jawab.

Fitur Pengeditan Lainnya

Jika fitur-fitur sebelumnya masih belum cukup, ada lebih banyak fitur pengeditan yang tersedia untuk Anda. 

Di kotak gulir, Anda dapat mengedit lebih banyak informasi, seperti menambahkan gambar eksterior, melihat riwayat panggilan, serta menambahkan pos pembaruan dengan cepat dan mudah. 

Perhatikan bahwa apa yang Anda lihat mungkin berbeda bergantung pada kategori Anda atau fitur apa yang telah Anda “aktifkan” di Google Business Profile Anda.


Kelebihan Google Bisnis

Di antara yang menjadi kelebihan dari google bisnis adalah sebagai berikut;

  • Memudahkan sebuah tempat bisnis ditemukan oleh customer.
  • Membantu kita dalam bersaing dengan kompetitor yang sudah go-online.
  • Membuat kita selangkah ke depan daripada mereka yang belum go online.
  • Memberi kesempatan kepada customer untuk memberikan testimony (ulasan) secara langsung.
  • Meluaskan jangkauan pemasaran dari toko.
  • Membantu maksimalkan website toko online.

Dari sekian banyak kelebihan itu tentu masih ada kelebihan lain yang mungkin kita rasakan. Meskipun begitu, kita wajib tahu juga apa saja kekurangannya agar dapat menutupi kekurangan tersebut. Simak poin-poinnya di bawah ini.


Kekurangan Google Bisnis

  1. Kekurangan Google My Bisnis

  • Rawan mendapatkan ulasan negative (kampanye negatif)
  • Juga rawan terhadap penutupan bisnis oleh pihak kompetitor.
  • Verifikasi yang cukup lama dan tidak ada kepastian.
  • Gampang tergeser oleh kompetitor karena cukup ketat.
  • Sulit untuk membuat presisi titik koordinat yang tepat.

Itulah poin-poin penting dari kelebihan dan kekurangan google bisnis yang selama ini telah penulis rasakan. Mungkin dari semua kelebihan dan kelemahan tersebut kita dapat makin mengoptimalkannya untuk kemajuan bisnis. Ingat terus, ambil kelebihannya dan atasi kelemahannya. Semoga bermanfaat dan salam inspirasi.




Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111 


Komentar

Postingan populer dari blog ini