Mari Mengenal Google Trends
Pengertian Google Trends
Google menyediakan suatu layanan yang mampu membantu para penggunanya dalam mencari topik terbaru. Nah, Google trend adalah layanan yang dimaksud, dengan suatu tool dengan berbagai fungsi, terutama untuk para marketer.
Dewasa ini, banyak orang yang berlomba untuk meningkatkan traffic website nya agar bisa mengembangkan bisnis. Nah, salah satu cara yang tepat untuk mewujudkannya adalah dengan mencari suatu hal yang sedang hangat diperbincangkan agar bisa dikemas menjadi konten menarik.
Lalu, apa sebenarnya Google Trends itu? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Google Trends di bawah ini hingga selesai.
Google Trends adalah sebuah tool yang sangat berguna untuk mengatasi kebuntuan dalam membuat ide konten.
Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten-konten di blog maupun website, pastinya Anda pernah mengalami kehabisan ide untuk menentukan topik artikel.
Karena tool untuk riset kata kunci atau keyword yang ditawarkan tidak semuanya gratis, maka menggunakan Google Trends akan sangat membantu Anda.
Namun, perlu diingat bahwa Google Trends ini tidak seperti kebanyakan tool untuk riset keyword yang ada.
Dalam penggunaannya, Google Trends sebenarnya jauh lebih mudah digunakan, tetapi belum banyak yang mengetahui sebenarnya apa itu Google Trends.
Agar lebih dapat memahaminya, Anda bisa mempelajari pengertian dan cara menggunakan Google Trends pada artikel ini. Simak ya, GudPeople.
Google Trends adalah sebuah situs milik Google yang berperan sebagai tool untuk menyediakan data tentang tren dan seberapa sering sebuah kata kunci dicari di mesin pencarian Google.
Selain itu, Google Trends juga menyediakan data tentang volume pencarian dan informasi mengenai geografi pencarian keyword.
Mengingat search engine Google adalah yang paling populer di dunia, tak heran apabila Google Trends akan menyediakan tren-tren keyword yang cukup akurat berdasarkan peristiwa yang sedang hangat.
Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006 dengan versi terbaru yang rilis pada tahun 2018, Google Trends membawa sejumlah fitur yang sangat penting yaitu memberi tahu hal yang sedang ramai dibahas, kemudian mengidentifikasi topik dan subtopik yang diperbincangkan, serta menemukan tren pencarian geografis di wilayah Anda.
Google Trends bisa dibilang menjadi satu-satunya tool gratis yang bisa digunakan oleh pengguna yang sedang mencari ide keyword untuk konten website dengan sajian data yang lengkap.
Google Trends adalah salah satu layanan Google yang mampu menyediakan data serta grafik terkait tingkat popularitas yang sedang terjadi di dalam halaman pencarian atau mesin pencarian Google.
Sebenarnya, layanan ini sudah diluncurkan sejak tahun 2006. Hingga sekarang, layanan tersebut masih terus dilakukan pengembangan.
Hal yang menarik dari google trends adalah bahwa layanan ini mampu menampilkan topik hangat dan juga bisa digunakan untuk riset keyword. Dengan menggunakan Google Trends, Anda bisa mencari keyword yang banyak digunakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan kinerja antar setiap keyword, sehingga Anda bisa memilihnya dengan tepat.
Hal penting lainnya dari Google Trends adalah tampilannya yang sangat simple, sehingga memudahkan siapa saja yang ingin menggunakannya.
Layanan ini juga bisa Anda nikmati secara gratis. Jadi, Anda bisa mencari berbagai informasi yang Anda perlukan lewat Google Trends. Tentunya hal tersebut akan mempermudah Anda yang sedang mengembangkan website.
Cara Menggunakan Google Trends untuk Reset Keyword
Ada beberapa cara untuk menggunakan atau memanfaatkan Google Trends untuk riset keyword :
Cara 1 : Melihat Popularitas Keyword
Pertama aplikasi ini dapat digunakan untuk melihat popularitas dari sebuah keyword yang ingin di riset. Berikut ini langkah – langkahnya :
Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/ untuk riset keyword bahasa dan negara Indonesia. Untuk mengganti negara tinggal pilih disebelah atas pojok
Masukkan keyword. Contoh “laptop asus“. Saat mempelajari riset keyword tentunya sudah dijelaskan tentang brainstroming atau mencari kata – kata yang terkait dengan keyword yang ingin diriset. Nanti gabungan dari keyword utama dan kata – kata terkait tersebut yang akan digunakan untuk riset keyword menggunakan Google Trend ini. Contoh “harga laptop asus“
1. cara riset keyword dengan Google Trends
Kalian dapat juga mengatur waktu menjadi 1 jam, 4 jam, sehari, 7 hari, 30 hari hingga 2004 – sampai sekarang
- Gulir kebawah dan lihat bagian Kueri terkait
- Disebelah Kueri terkait ada pilihan menu
- Meningkat, artinya keyword – keyword yang sedang banyak dicari
- Teratas, artinya keyword dengan volume besar
- Klik icon download untuk menyimpan dalam bentuk CSV.
- explore keyword menggunakan google trends
- Dapat dilihat dalam 90 hari terakhir laptop asus terbaru 2020 sedang banyak dicari.
Cara 2 : Membandingkan Keyword
Dengan Google Trends kalian dapat menbanding keyword lebih dari 2, berikut cara membaca grafik google trends lebih dari 2 keyword :
- Klik Tambah Perbandingan
- Masukkan keyword yang ingin dibandingkan
laptop asus core i3
laptop asus core i5
laptop asus core i7
Kemudian dapat setting negara, rentang waktu, kategori dan cara penelurusan ( web, image, google shopping atau youtube .
2. Membandingkan Keyword Menggunakan Google Trends
Gulir kebawah untuk melihat detail pebandingan perincian berdasarkan subwilayah, minat menurut subwilayah dan kueri terkait. Kalian melihat wilayah mana saja yang lebih dominan dari keyword – keyword tersebut.
Pebandingan perincian berdasarkan subwilayah Google Trends
Cara 3 : Mendapatkan Keyword Trending Terbaru
Dengan Google Trends kalian dapat mengetahui keyword apa saja yang sedang trending atau banyak dicari tanpa mengetikan keyword.
Namun cari ini minimal hanya dapat melihat rentang 30 hari. Begini cara lihatnya :
- Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/explore?date=today%201-m&geo=ID
- Bagian istilah penelusuruan kosongkan
- Cara ini untuk negara Indonesia, kalian dapat memilih juga negara yang diinginkan
- Sampai disini kalian sudah mendapatkan 25 keyword yang sedang ramai dicari.
- mencari keyword yanga banyak dicari melalui Google Trends
Cara 4 : Mendapatkan Keyword Trending Terbaru Berdasarkan Penelusuran
Kalian juga dapat melihat keyword yang sedang trending diatas namun dilihat dari jenis penelurusan web, gambar, berita dan shopping.
Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/explore?date=today%201-m&geo=ID
Bagian istilah penelusuruan kosongkan. Jika ingin mengetahui lebih detail keyword yang ditentukan dapat memasukkan keyword tersebut. Contoh ingin mengetahui keyword dari laptop asus
- Pilih negara yang diinginkan
- Pilih jenis penelurusan web, gambar, berita atau shopping
Keyword yang akan muncul sesuai dengan jenis penelusuran yang dipilih. Web lebih ke informasi dan panduan, Gambar lebih ke keyword untuk gambar, Berita akan terlihat keyword terkait berita – berita dan Google Shopping akan muncuk keyword untuk orang yang ingin membeli barang atau menggunakan jasa.
Cara 5 : Melihat Keyword Trending Harian
Kalian dapat juga melihat apa saja keyword yang sedang trending saat ini.
- Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/trendingsearches/daily?geo=ID
- Pilih negara pada bagian menu atas
- Akan tampil apa saja yang sedang trending saat ini.
- Melihat Keyword Trending Harian Google Trends
Cara 6 : Melihat Keyword Trending Tahun Sebelumnya
Kalian juga dapat melihat keyword – keyword yang trending tahun sebelumnya.
- Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID
- Pilih negara yang diinginkan diatas pojok
- Pilih menu garis 3 diatas pojok
- Pilih menu Setahun Search
- Akan tampil keyword – keyword trending tahun sebelumnya.
- keyword trending tahun lalu
Kalau digali lagi kalian dapat juga mendapatkan keyword yang sangat spesifik. Contoh keyword bedasarkan kota tententu dan rentang waktu tertentu.
Anda juga dapat melihat keyword atau kata kunci yang sedang trending berdasarkan negara, melalui Google Trends Visualizer. Dengan alat ini, Anda sangat dimanjakan ketika melihat keyword yang sedang trending.
Cara Menggunakan Google Trends
Google Trends bisa Anda gunakan untuk kepentingan pemasaran yang beragam. Umumnya, banyak orang yang menggunakan tools ini untuk kepentingan SEO dan konten pemasaran.
Tapi, banyak juga dari mereka yang menggunakan Google Trends untuk mencari inspirasi dalam membuat kampanye iklan. Karena, Google Trends mampu menangkap apa saja yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Nah, berikut ini cara menggunakan Google Trends:
1. Buka situs Google Trends
Pertama, silahkan buka situs Google Trends yang ada pada link ini.
2. Ubah Lokasi
Di area sisi kanan atas, silahkan ubah lokasinya terlebih dahulu sesuai yang Anda inginkan. Bila Anda ingin tahu tren yang sedang berkembang di negara lainnya, Anda tinggal menentukan saja di pilihan tersebut.
3. Tuliskan Kata Pencarian
Jika sudah, Anda tinggal masukan kata pencarian yang ingin Anda ketahui. Dilansir dari laman resmi Business Insider, Anda harus menuliskan kata kunci atau keyword yang jelas dan detail.
Misalnya, jika Anda mencari perusahaan Apple, maka tulislah “perusahaan apple”. Selain itu, layanan ini juga akan memberikan pilihan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda.
Di sini, Anda bisa melihat tabel grafik tren pengguna dalam mencari kata kunci Apple sebagai perusahaan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Selain itu, pada bagian bawahnya juga Anda akan mendapatkan pembagian ketertarikan pengguna dalam mencari kata kunci Apple berdasarkan areanya.
Bagian paling bawah adalah hal yang sangat penting lainnya. Karena, Anda bisa melihat topik dan juga kueri yang berhubungan dengan perusahaan Apple. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mengembangkannya legi menjadi suatu konten yang menarik.
Agar bisa membandingkan kinerja antar keyword, silahkan masuk keyword tersebut di dalam kolom bandingkan yang terdapat pada bagian atas halaman.
Penutup
Walaupun Google Trends memang banyak mengalami perkembangan setiap waktu, namun fungsi dasarnya hampir sama. Terdapat banyak sekali insight menarik melalui berbagai data yang bisa Anda peroleh dari Google Trends.
Tapi pada akhirnya, kemampuan akan analisa yang baiklah yang akan menentukan bagaimana konten Anda bekerja dengan baik. Bila hasil Analisa tersebut bisa dilakukan dan diterapkan dengan bijak, maka berbagai keuntungan bisnis pasti bisa Anda peroleh secara maksimal.
Namun, jangan lupa untuk terus mencatat berbagai keuntungan bisnis yang Anda peroleh di dalam laporan keuangan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini dan bisa Anda jadikan sebagai referensi yang kuat untuk menentukan keputusan bisnis di masa depan.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar