Mengenal Content Marketing



Daftar Isi: 

1. Jenis-Jenis Content Marketing
2. Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing
3. Manfaat Content Marketing Untuk Bisnis
4. Berbagai Bentuk Content Marketing


Jenis-Jenis Content Marketing

A. Jenis Content Berdasar Manfaat dan Tujuannya

1. Content Informatif 

Konten baik gambar maupun tulisan yang memberikan informasi. Misalnya apa bisnis anda, bagaimana cara pemesanan, dimana lokasi toko atau alamat, apa visi misi perusahaan, dan informasi tentang profil usaha.

Saya kira ini adalah konten paling dasar yang sudah seharusnya bisa anda buat dengan mudah. Informasi sangat banyak sekali dan sangat bermanfaat bagi pembaca.


2. Content Edukatif

Banyak orang selalu mencari tahu, selain ingin tahu mereka juga ingin belajar sesuatu apa yang bagi mereka bermanfaat. Seperti artikel yang anda baca ini adalah salah satu jenis konten edukatif. Apalagi untuk suatu jenis produk atau jasa yang baru, anda harus memulai dengan konten edukatif.

Jenisnya seperti tips, cara, bagaimana, pengertian, dan apapun yang berkaitan dengan tema bisnis anda, sehingga bisa menambah nilai dari media digital marketing yang anda gunakan

Pentingnya konten informatif dan edukatif

Kedua jenis konten diatas terkesan kurang menjual atau tidak menawarkan produk, namun sebenarnya sangat penting sekali, punya sisi yang sangat positif yaitu membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap media anda.

Terlebih di dunia online yang belum saling tahu antara penjual dan pembeli, anda harus bisa menunjukan konten yang bermanfaat bagi mereka sebelum mereka tertarik membeli.


3. Content Marketing

Jika ingin berjualan di media online, salah satu senjata digital marketing tentu saja content marketing. Bukan berisi tentang penawaran produk anda, namun content marketing punya karakter yang bisa mengarahkan dan menyakinkan konsumen untuk membeli

Struktur konten marketing yang tepat: 

  • Text paragraf awal 50% fokus pada masalah yang dihadapi konsumen, memberikan edukasi dan informasi bagaimana solusi dari masalah mereka.
    Bagaimana jika bukan produk solusi?
    Anda bisa bercerita tentang apa yang menarik dari produk anda tersebut
  • Kemudian paragraf kedua 40% mengarahkan audiens untuk mulai tertarik dengan produk yang anda tawarkan tersebut, seperti kelebihan, pengalaman pengguna, dan testimonial
  • Selanjutnya 10% text paragraf terakhir adalah call to action untuk menarik order atau kontak

Jenis content yang mengajak interaksi audiens, biasanya lebih ke sosial media, khususnya Facebook dan Instagram. Di sosial media bisa mengajak interaksi adalah content paling utama, karena semakin tinggi tingkat interaksi maka akun anda semakin tinggi nilainya.

Terkadang bagi akun business, agak susah membangun content interaksi ini karena seringkali dianggap content jualan, sehingga followers malas untuk berinteraksi.

Semakin kecil engagement atau interaksi sosial media, maka semakin kecil nilai akun sosial media anda di algoritma.

5. Content Story atau Review

Ini adalah content yang sangat kuat nilainya di mata pembaca, jika anda bisa benar-benar membuat story dengan nyata, maka pembaca akan bisa berkali-kali lipat meningkat ketertarikannya terhadap produk anda.

Anda bisa membuat tentang pengalaman pengguna, atau tentang review produk yang anda jual untuk membagikan pengalaman dan gambaran kepada calon konsumen yang belum pernah menggunakan.

Jenis review ini bisa dalam bentuk text tulisan, namun juga lebih menarik lagi jika ada video jika produk anda mempunyai nilai dalam visualisasi.

B. Distribusi Content di Media Digital

1. Website atau Landing Page

Untuk konten informatif dan edukatif bisa didistribusikan di halaman khusus atau blog artikel seperti Digital Learning.

Utamakan jenis yang paling sesuai dengan produk bisnis dan bermanfaat bagi konsumen, misalnya informasi prosedur pemesanan, kebijakan retur barang, kelebihan produk, dan manfaat dan cara penggunaan atau perawatan.

Selanjutnya adalah content support yang bisa ditaruh pada blog atau artikel. Keberadaan blog sangat penting untuk meningkatkan traffic atau pengunjung website dan juga visibilatas dan kredibilitas website anda dimata mesin pencari, seperti Google.


2. Sosial Media

Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter dan Pinterest pilih yang paling menurut anda paling mudah dan maksimal dalam pendistribusian content. Pilih 1 atau 2 saja jika belum terbiasa, namun jika anda punya team, akan lebih bagus jika dimanfaatkan semua.

Di sosial media harus lebih singkat, sekedar inti pokok bahasan saja. Utamakan foto, gambar atau video yang lebih menarik, text baru akan dibaca jika foto anda menarik.


3. Youtube

Khusus untuk jenis content video, anda bisa mendistribusikan di youtube channel. Punya video content yang bagus di jaman sekarang akan jauh lebih maksimal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen anda.

Usahakan untuk membuat content video youtube sebagai penunjung website dan sosial media anda, jika anda ingin bersaing di ranah Digital Marketing era sekarang.


4. Influencer

Dengan menggunakan influencer (orang yang mempunyai banyak followers di sosial media dan juga subscriber akun youtube)  dan content anda dipublish oleh mereka, maka ada dua  tiga keuntungan:

  • Lebih banyak mendapatkan perhatian dari followers atau subcriber sang influencer
  • Meningkan dari segi brand awareness produk anda
  • Mendapatkan pembeli dari hasil influencer

Menggunakan influencer adalah trend yang paling baru, silahkan baca 15 Trend Digital Marketing di Indonesia


5. Blogger

Blogger adalah orang yang mempunyai blog bagus, dengan tulisan-tulisan yang berkualitas dan pembahasan yang dalam. Anda bisa membayar blogger untuk membuat review dan memposting di halaman blog mereka. Biasanya disebut blog contextual review;

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari blogger

  • Artikel review akan selamanya ada dan kapan saja bisa dibaca orang
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendapatkan backlink yang bermanfaat untuk SEO

Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Tertarik untuk terjun langsung dalam dunia content marketing?

Nah, ada baiknya kamu mengasah kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan seorang content marketer yang dijabarkan di bawah ini:

1. Komunikasi

Skill dalam berkomunikasi sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun.

Namun, pada content marketing kamu harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan dan tulisan (verbal, dan nonverbal).

Mengapa demikian? Dalam pekerjaan ini, kamu akan berhadapan dengan banyak orang.

Konten yang dibuat pun harus bisa menyentuh banyak orang.

Tidak hanya menyoal konten dan audiens, kamu juga akan bekerja di dalam tim sehingga komunikasi yang baik harus tetap dibina agar tidak ada kesalahpahaman.

Mempelajari cara berkomunikasi bahkan bisa dimulai dari caramu menulis email kepada klien atau rekan kerja, lho!

2. Menulis

Salah satu bentuk konten yang dibuat dalam content marketing adalah tulisan.

Tulisan yang dibuat bisa dalam bentuk artikel, copywriting, status di media sosial, atau naskah video.

Kamu harus bisa beradaptasi untuk menulis dalam bermacam-macam gaya yang sesuai dengan target audiens.

Untuk latihan menulis, kamu harus banyak-banyak membaca dari berbagai sumber dan menelaah mana style yang pas untuk produkmu.

Latihan menulis tanpa membaca berbagai sumber lain akan membuat skill-mu mandek di situ saja. Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya sehingga kamu bisa selalu penuh ide dan karya.

3. Bercerita

Podcast atau video merupakan salah satu bentuk konten yang dapat kamu coba dalam content marketing.

Nah, untuk mengajak audiens agar selalu menonton video atau mendengarkan podcast, dibutuhkan keterampilan bercerita yang lihai.

Kalau kamu punya keterampilan dan bakat dalam bidang ini atau ingin mengasahnya, ikuti kelas public speaking atau kelas radio.

Kamu juga harus mendengarkan banyak radio, menonton video, atau mendengarkan podcast lain agar mengetahui bagaimana cara menghibur audiens tanpa visual.

4. Peka

Kamu harus selalu peka pada tren yang muncul saat ini. 

Ikuti perkembangan apa yang saat ini sedang terjadi atau digemari banyak orang sehingga kontenmu tidak terlihat basi.

Kamu juga harus kreatif dalam melihat tren saat ini.

Pilih dengan baik tren mana yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan awareness pada produkmu dan mana yang tidak perlu.


Manfaat Content Marketing Untuk Bisnis

Bisa dibilang, content marketing adalah salah satu cara pemasaran yang sangat efektif apabila dikelola dengan baik.

Anda pasti sering mendengar berbagai pepatah tentang hal-hal yang berkaitan dengan konten, seperti “Satu gambar bermakna ribuan kata,” yang berarti ada begitu banyak pesan di balik sebuah gambar, atau “Buku adalah jendela dunia,” yang berarti tulisan juga bisa memberikan dampak yang luar biasa.

Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda bisa mencapai berbagai tujuan, tak terkecuali dalam hal bisnis.

Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mempromosikan bisnis Anda melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan exposure dan engagement. Jika diuraikan, ada beberapa poin yang sebenarnya perlu Anda ketahui mengenai tujuan dan manfaat content marketing.

Berikut tujuan content marketing untuk bisnis Anda:

1. Menciptakan Persona Bisnis Profesional

Bisnis yang memiliki konten yang menarik akan menciptakan kesan bahwa mereka benar-benar serius menjalankan bisnisnya. Calon pelanggan pun bisa melihat bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

Pelanggan yang merasakan kesan ini saat kali pertama membaca atau menyimak konten Anda pasti akan menaruh kepercayaannya pada bisnis Anda. Dengan demikian, mereka pun akan terus kembali melihat konten Anda, yang pada akhirnya bisa turut meningkatkan konversi.

2. Brand Anda akan Semakin Dikenal

Selanjutnya, setelah pelanggan mendapatkan kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda, mereka pun akan dengan senang hati melakukan promosi secara sukarela.

Baik langsung maupun tidak langsung, mereka berkenan memperkenalkan bisnis Anda kepada teman-teman maupun keluarganya. Hingga akhirnya, proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis Anda pun makin dikenal secara luas.

3. Menghasilkan Traffic yang Lebih Tinggi

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, apabila bisnis Anda semakin dikenal, otomatis traffic yang masuk ke website Anda pun akan meningkat. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda, karena traffic yang tinggi tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pemasukan.

Selain itu, kalau Anda juga menerapkan content marketing strategy melalui website atau blog, peringkatnya juga akan meningkat di Google dalam hal SEO.

4. Meningkatkan Angka Penjualan

Seiring dengan meningkatnya traffic ke website Anda, peluang konversi juga bertambah. Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa “merayu” atau membujuk pengunjung untuk membeli produk Anda.

Nah, maka dari itu, penting bagi Anda untuk memaksimalkan konten dari berbagai sisi, baik konten gambar, copywriting, maupun video di berbagai channel bisnis Anda yang bisa dijangkau calon pengunjung.

5. Mempertahankan Tingkat Retensi

Pelanggan yang menyukai konten Anda dijamin akan terus kembali mengunjungi website atau media yang Anda gunakan untuk berbagi konten. Misalnya saja, Anda membuat strategi content marketing melalui media sosial seperti Instagram.

Kalau bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang pasti akan follow akun Anda, dan tetap mengikuti konten yang Anda upload di sana. Jadi, semua tujuan content marketing ini sebenarnya bagaikan rantai yang saling terkait.

6. Memperluas Jaringan Partnership

Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentu saja tujuan dan manfaat content marketing adalah mengembangkan relasi dan partnership dengan bisnis lainnya.

Dengan menerapkan strategi content marketing bagi bisnis, Anda pun bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, hingga akhirnya melakukan ekspansi bisnis. Memang luar biasa content marketing ini!


Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111 

Komentar

Postingan populer dari blog ini