Mengenal Manfaat Website Untuk Bisnis




Daftar Isi: 

1. Tips Membangun Website Bisnis
2. Rekomendasi Website Bisnis
3. Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya


Tips Membangun Website Bisnis

Website merupakan wajah dari bisnis. Layaknya sebuah kantor pemasaran, akan lebih baik jika website mencerminkan jati diri perusahaan. Bukan hanya dari segi tampilan, melainkan juga dari sisi kemudahan akses bagi pengunjungnya.

A.  Memilih Domain dan Hosting

Pembuatan website diawali dengan menentukan domain dan hosting. Hampir sama seperti saat membeli kartu perdana dan smartphone. Domain adalah kartu perdana, sedangkan hosting adalah ponsel pintarnya. Kartu perdana bernomor cantik akan lebih mudah dihafal dan diingat. Begitu pula dengan ponsel, semakin baik spesifikasinya, maka akan semakin memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya tanpa kendala.

Sama seperti saat menentukan nama perusahaan atau nama produk, nama domain sebaiknya unik, menarik, dan mudah diingat. Nama domain yang bagus akan meningkatkan peluang bagi bisnis Anda untuk dapat dikenal lebih banyak orang.

Anda harus jeli karena banyak website baru bermunculan setiap hari. Siapkan beberapa nama untuk mengatasi kemungkinan berebut dengan pebisnis lain. Karena bisa jadi sejumlah pelaku usaha di belahan dunia lain sedang mempertimbangkan alamat situs yang sama.

Hosting merupakan wadah bagi website dan domain Anda. Jadi kebutuhan kapasitas hosting tentunya berbeda bagi tiap-tiap jenis usaha. Usaha jasa rental mobil membutuhkan kapasitas hosting lebih sedikit daripada toko online yang khusus menjual alat tulis.

Mengapa demikian? Karena toko alat tulis memiliki produk lebih banyak daripada rental mobil, sehingga membutuhkan etalase yang lebih luas. Otomatis ini akan berpengaruh pada pemilihan kapasitasnya.

B.  Desain Mudah Dicerna, Responsif, dan Menarik

Bukan hanya soal tampilan unik dan menarik, desain dinilai baik karena memudahkan pengguna. Begitu pula dalam membuat desain website. Desain website disebut baik apabila memberi pengalaman unik sekaligus mudah diakses bagi pengunjung.

Saat ini masyarakat lebih banyak mengakses internet melalui ponsel pintar. Artinya, desain website pun harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat yang dipakai oleh pengguna internet. Dengan begitu diharapkan pengunjung akan bisa merasakan pengalaman yang sama ketika membuka website dari komputer, laptop, smartphone, bahkan tablet.

Bagian lain dari desain website adalah konten, yaitu suguhan informasi untuk calon konsumen. Baik itu mengenai produk, wawasan umum, maupun profil usaha itu sendiri. Konten bisa berupa foto, video, artikel, atau kombinasi ketiganya. Sebuah konten dikatakan baik jika memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan secara jelas dan rinci, tanpa berbelit-belit. Sekaligus bisa menarik minat mereka untuk mulai melakukan transaksi.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat desain website. Bayangkan Anda menjadi calon konsumen yang sedang melihat-lihat produk di situs tersebut. Jika Anda merasa tertarik dengan tampilan dan isinya, lalu dipermudah dengan segala fitur yang tersedia di sana, berarti misi telah berhasil.

Rekomendasi Website Bisnis

Menemukan desain yang paling tepat untuk website Anda sendiri membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda perlu melakukan riset cukup panjang, mempelajari perilaku dan kebutuhan konsumen, dan bagaimana desain website akan dibuat. Memakan waktu, tenaga, dan pikiran, meski hasilnya juga belum tentu sempurna.

Website bisnis bertebaran di internet, Anda hanya membutuhkan kata kunci yang tepat agar mudah menemukannya. Jika masih kesulitan, silakan menyimak rekomendasi berikut.

1.      Robin Mastromarino

Situs ini adalah milik individu yan menggeluti dunia pemograman dan pengembangan website. Informasi tersebut telah terpampang jelas ketika pertama kali membuka halaman utama situs ini. Pengunjung akan disuguhi info tentang pemilik website dan bidang usaha apa saja yang bisa dia layani. Pun dengan tampilan menarik berupa kata-kata ringkas. Dengan latar belakang berupa foto menarik yang diberi efek sedemikian rupa. Jarang ditemui di situs bisnis lainnya.

2.      Ortiz Leon

Ortiz Leon merupakan sebuah perusahaan jasa desain arsitektur berbasis di Spanyol. Perusahaan ini dikenal ahli dalam membuat bangunan megah dan modern. Website bisnisnya secara umum menampilkan desain bertema senada dengan bidang usaha arsitektur yang digeluti.

Halaman pertama berisi promosi, ajakan untuk bekerja sama. Diikuti dengan galeri portofolio tentang sejumlah projek yang berhasil dikerjakan. Juga berita-berita, baik mengenai perkembangan projek baru, maupun segala hal terkait perusahaan. Kesan pertama yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi website ini adalah, modern dan berkelas.

3.      One Iota

Sederhana, tetapi terkesan modern dan efisien. Membuka website ini hanya memakan waktu tunggu selama beberapa detik. Panel menu tersaji di laman pembuka, tepat di bawah logo. Lengkap dengan jargon pemanis yang sekaligus memperjelas model bisnis yang biasa ditangani oleh perusahaan ini.

Pada pojok kiri kanan bagian atas juga terdapat menu kontak dan laman media sosial dari perusahaan pengembang aplikasi digital ini. Geser terus ke bawah dan pengunjung akan menemukan informasi layanan secara lebih lengkap.

4.      ETQ

Website toko sepatu dari Belanda ini dibuat minimalis dengan halaman utama berupa agenda promo. Secara umum, situs online shop ini hanya menggunakan kombinasi antara warna hitam, putih, dan abu-abu. Panel menu berada di sisi kiri atas dan hanya muncul sesuai keinginan pengunjung.

Foto resolusi tinggi mendominasi fitur kontennya, baik pada halaman depan maupun ketika diklik detailnya. Pada laman detail, tampilan foto produk dari berbagai sisi membuatnya semakin menarik. Disertai dengan deskripsi lengkap, dan panel-panel untuk mulai bertransaksi. Seperti panel untuk memilih ukuran, kuantitas, dan menambahkan produk dalam daftar belanja,

5.  Computing History

Akita, sebuah perusahaan layanan IT dan cloud service berbasis di Inggris, membuat satu laman khusus mengenai metamorfosis komputer. Satu-satunya halaman dalam situs tersebut terdiri dari beberapa tampilan, yang bisa dilihat dengan menggulung (scroll) ke bawah. Setiap tampilan memberikan informasi tentang perkembangan computer dari masa ke masa, sejak zaman Collosus, komputer pertama di dunia.

Website ini cukup unik dan menarik karena hanya memberikan informasi. Tapi dari sini, pengunjung bisa mengetahui bidang layanan yang dimiliki perusahaan, yakni terkait dengan komputer. Website jenis ini bisa diaplikasikan untuk situs kampanye sosial, ataupun membangun wawasan tentang produk unggulan dari usaha Anda.

6.   This Is Your Kingdom

Hotel berbintang perlu menampilkan kesan elegan dalam website-nya. Ketika membuka situs ini, halaman pembuka menyajikan segala hal yang bisa dinikmati selama berada di penginapan. Mulai dari kamar untuk bermalam, fasilitas yang tersedia, sampai rekomendasi aktivitas saat menginap di hotel ini.

Pada halaman ini, deskripsi produk tidak terlalu detail. Penjelasan hanya berupa foto-foto –yang tentunya mewakili produk- dan sejumlah kalimat pembuka yang menarik, membikin pengunjung makin penasaran. Plus, situs ini juga memberikan pengalaman bagi pengguna untuk merencanakan agenda liburannya sendiri.

7.  Gitman

Gitman merupakan penjual kemeja pria yang juga melayani jasa menjahit baju sesuai pesanan. Situs bisnis yang dijalankannya mudah dicerna. Tampilan halaman pembuka langsung memberikan penawaran kepada pengunjung, berupa promo diskon dan tombol Call to Action. Jika sejak awal pengunjung telah memperoleh tawaran menarik, maka minat mereka untuk membeli produk akan semakin besar.

Sejumlah koleksi unggulan juga bisa ditemukan pada halaman utama ini, hanya dengan menggeser ke bawah. Kemudian dilanjutkan dengan informasi-informasi lain, seperti tata cara pemesanan, bukti otentik tentang standar mutu perusahaan, serta kiprahnya selama berkecimpung di dunia mode.

8.  Joho’s Bean

Segala hal yang mungkin dimuat dalam sebuah website, ada dalam tampilan laman pembuka situs Joho’s Bean. Produsen kopi bubuk asal Austria ini membuat website-nya begitu interaktif, melalui konten audio video dan desain panel-panelnya yang vintage.

Ketika masuk, Anda akan disuguhi latar belakang berupa video yang menggambarkan aktivitas petani Brasil di sebuah kebun, di mana biji kopi Joho’s Bean dibudidayakan. Dan dengan satu klik, terungkaplah semua varian produk kopi mereka di laman baru dengan suasana berbeda, vintage dan elegan.

9. Travel Portland

Apabila familiar dengan WordPress, desain website semacam ini bisa Anda pilih. Simpel, atraktif, dan mampu memuat berbagai macam informasi. Layaknya sebuah website berita, Travel Portland menggunakan tampilan menu yang diikuti dengan tajuk-tajuk pilihan. Lengkap dengan konten terbaik yang sedang tren dan disukai banyak orang.

Website ini berisi informasi wisata di Kota Portland, Amerika Serikat. Di dalamnya terdapat bermacam-macam konten. Misalnya tentang penginapan, sarana transportasi, lingkungan sekitar, agenda festival dan wisata yang sedang diselenggarakan, objek wisata, dan aktivitas seru lainnya.

10.    Airbnb

Banyak situs merekomendasikan website Airbnb sebagai salah satu referensi desain terbaik. Airbnb membangun website demikian responsif sehingga memudahkan pengunjung dalam menggunakannya. Pengembang menyadari bahwa orang mengunjungi website-nya semata-mata untuk mencari penginapan dengan penawaran terbaik. Karenanya, hal itu yang menjadi fokus utama.

Hasil pencarian tersaji lengkap, memberikan informasi tentang harga dan tipe penginapan di kota tujuan. Bahkan sebelum memulai pencarian, Airbnb telah menyuguhkan rekomendasi wisata-wisata populer di seluruh dunia, lengkap dengan info akomodasi yang tersedia.

11.   Muslimarket

Beralih ke negeri sendiri. Salah satu situs yang menjadi rekomendasi kali ini adalah e-commerce Muslimarket. Untuk toko daring, desain situs Muslimarket terbilang bersih.

Jika umumnya gebyar promo begitu menonjol dan terkesan riuh, situs belanja produk fashion muslim ini berhasil mengatasinya. Muslimarket menampilkan desain yang rapi, tanpa meninggalkan gemerlap promosi dan rekomendasi produk pada halaman utamanya.

Menunya juga cukup responsif dan lengkap, berada tepat di sisi kiri.. Tulisan berwarna hitam dengan dasar kolom putih, kontras dengan gambar warna-warni di sebelahnya. Hasilnya menu kategori terlihat lebih jelas, mudah ditemukan, dan tentu saja mudah diakses.

12.   Prelo

Prelo adalah situs e-commerce yang khusus menjual barang-barang bekas layak pakai. Seperti halnya Muslimarket, Prelo juga berhasil menghadirkan desain website modern yang rapi dan bersih.

Halaman utamanya berfungsi sebagai sarana promosi, untuk menarik minat pembeli. Juga dibubuhi sejumlah panel kecil yang digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan layanan terbaru dari Prelo. Semakin lengkap dengan paparan produk-produk rekomendasi, masih di halaman utama. Sementara itu, panel menu di bagian atas sejak awal telah menggoda pengunjung untuk menggali lebih jauh.

13.   Citraland Surabaya

Situs bisnis yang satu ini memakai konsep desain cukup sederhana. Memanfaatkan foto-foto beresolusi tinggi dan tipografi untuk menampilkan berbagai informasi unggulan pada halaman utama. Komplek perumahan di Surabaya ini tegas dalam menyampaikan maksudnya.

Daftar menu memang berukuran kecil, tetapi pemilihan kolom yang lebar membuatnya tampak lebih menonjol. Alhasil, meski pengunjung tidak akan terdistraksi oleh gambar-gambar interaktif yang berada di bawahnya. Pilihan yang bijaksana.

Setelah mulai membangun website sampai jadi, pastikan pula Anda merawatnya dengan baik. Seperti bangunan kantor, website juga perlu dibersihkan, ditata rapi, bahkan suatu saat mungkin perlu dicat ulang, atau direnovasi. Sebaiknya Anda mengeceknya secara berkala. Pastikan laman-laman masih berfungsi normal, dan konten-konten tersaji lengkap. Apabila ada sisipan pranala luar, pastikan tidak ada yang rusak.

Suatu saat Anda perlu mengubah website dengan tampilan yang lebih segar. Selain baru, sebaiknya tampilan anyar ini juga disertai perbaikan, berkaca dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website dapat dibedakan berdasarkan fungsinya yaitu untuk pribadi dan kepentingan organisasi/lembaga.

1. Blog dan Website Pribadi

Blog merupakan jenis website yang sangat populer. Blog adalah website yang biasa digunakan untuk mengunggah artikel, gambar, video, dan sebagainya. Pada dasarnya, blog sama dengan website. Jadi, blog adalah website pribadi, yang digunakan untuk kepentingan personal. Karena sifatnya personal, kita bisa membagikan apapun di blog pribadi.

Nah, blog ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi. Bahkan, dari blog bisa juga untuk mendapatkan tambahan uang. Beberapa orang bahkan menjadikan blog sebagai penghasilan

2. Website Bisnis

Website bisnis adalah website yang digunakan untuk kepentingan bisnis tertentu. Website bisnis ini memberikan informasi tentang jenis produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Website bisnis bisa menampilkan satu produk milik satu perusahaan saja. Akan tetapi bisa juga berisi tentang produk dari beberapa perusahaan yang berbeda.

Dengan menggunakan website, bisnis bisa semakin dikenal oleh masyarakat umum. Apalagi dengan memanfaatkan internet yang semakin maju, dengan menggunakan website bisnis akan lebih jauh dan lebih luas lagi jangkauannya.

3. Website Ecommerce

Sahabat wirausaha, mungkin website ecommerce ini tidak asing lagi bagi kita. Mungkin sahabat wirausaha pernah mendengar toko online? Nah, itu adalah salah satu contoh website ecommerce. Saat ini website ecommerce semakin banyak karena jualan online atau bisnis online yang semakin maju juga.

Di Indonesia banyak sekali website ecommerce. Misalnya ecommerce memilih Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Untuk jualan online di ecommerce, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat websitenya karena disediakan oleh pihak ecommerce. Kita bisa menumpang untuk jualan produk-produk kita. Jadi kita bisa memanfaatkan website itu untuk menjual produk secara online. Keuntungan lainnya kita tidak perlu mendesain website menjadi website online yang tentu saja rumit. Dengan memanfaatkan ecommerce kita bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya untuk jualan online.

Sekilas, website bisnis dan website ecommerce hampir sama. Website e-commerce adalah website yang dibuat untuk tempat orang dapat langsung membeli produk secara online. Website ini sama halnya dengan online shop.Pembeli dan penjual bisa bertransaksi di website ini. Jadi proses pembelian hingga pembayaran produk akan terjadi di website. Tidak usah khawatir dengan faktor keamanannya karena ecommerce memiliki kebijakan yang menjaminnya. Jadi sangat kecil kemungkinan transaksi tipu-tipu.

4. Website Entertainment

Website entertainment yaitu website yang dibuat untuk tujuan hiburan. Website ini bisa berisi gambar, video, film, musik atau apapun hal yang dapat menghibur. Laman apa saja yang termasuk dalam website entertainment?

Contohnya Youtube, Netflix atau website film lainnya. Bisa jadi website ini sangat populer lho. Ya, konten hiburan biasanya sangat diminati oleh banyak orang. Nah, jika sahabat wirausaha punya konten unik, menarik, dan menghibur tak ada salahnya memiliki website hiburan untuk menampilkan konten itu.

5. Website Media (Portal Berita)

Sesuai namanya, website media atau portal berita adalah website yang menampilkan berita. Di Indonesia beberapa website media yang terkenal yaitu; Detik, Republika Online, Kompas, liputan6, dan lainnya. Website portal berita menghasilkan uang melalui iklan yang muncul di situs, konsumen yang berlangganan, atau kombinasi keduanya.

6. Website Pendidikan

Website pendidikan adalah jenis website yang bertujuan utama menyediakan materi pendidikan kepada pengunjung website, atau memberikan informasi tentang institusi pendidikan.

Lembaga pendidikan seperti sekolah, kampus, lembaga kursus, dan lainnya bisa menggunakan website pendidikan. Website ini biasanya ditandai dengan penggunaan domain .sch.id, ac.id, edu. Namun untuk beberapa website seperti website kursus memiliki domain yang berbeda, bisa .com atau ekstensi lainnya. Contoh website pendidikan adalah www.ruangguru.com, www.zenius.net, www.guraru.org atau lainnya.

7. Website Nirlaba

Website nirlaba adalah jenis website yang digunakan untuk kegiatan sosial. Misalnya website penggalangan dana yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk kegiatan sosial yang diadakan. Mungkin sahabat wirausaha kenal dengan platform Kitabisa.com, ACT, atau Dompet Dhuafa.

Bagi lembaga organisasi nirlaba, memiliki website merupakan langkah penting untuk legitimasi organisasi sekaligus menjangkau lebih banyak orang untuk ikut serta kegiatan.Dengan website itulah kita mempromosikan proyek, mengajak pengunjung website untuk mengambil tindakan, hingga menerima sumbangan.

Nah, itulah jenis-jenis website yang ada saat ini. Apakah sahabat wirausaha tertarik membuat website?

Saat ini semuanya serba online. Orang pun banyak memilih belanja online daripada harus datang ke tokonya. Serba praktis kan hanya tinggal buka website atau aplikasi. Lalu kita bisa beli ini itu. Banyak juga pemilik bisnis atau usaha yang membuat website untuk mempromosikan produk mereka.



Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.wansolution.co.id 

KONSULTASI GRATIS 

(Admin)

0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3

Alamat Kantor:

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111


Komentar

Postingan populer dari blog ini