Mari Mengenal Keywoard Research
Daftar Isi:
1. Pengertian Keywoard Research
2. Nilai Suatu Keywoard Research
3. Tools Keywoard Research
Pengertian Keywoard Research
Saat belajar tentang search engine optimization (SEO), salah satu hal yang penting untuk dipelajari adalah keyword.
Lalu, apa, sih, keyword untuk SEO itu?
Ternyata, keyword memiliki peran yang sangat penting dalam SEO.
Kalau ingin mahir, kamu wajib memahami dulu tentang keyword dan bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin untuk kesuksesan upaya SEO-mu.
Dalam artikel ini, Glints akan jelaskan semuanya dari awal.
Yuk, pelajari tentang keyword mulai dari definisinya hingga bagaimana implementasinya dalam SEO.
Melakukan keyword research atau riset keyword demi SEO adalah hal wajib yang harus kamu lakukan saat pertama kali membangun situs website.
Dengan melakukan riset keyword kamu bisa membuat konten berkualitas yang mampu menarik pengunjung sehingga mendatangkan banyak trafik. Jangan sampai konten yang sudah kamu publish itu tidak menghasilkan apa-apa.
Agar konten kamu mampu mendatangkan trafik yang tinggi smak artikel kali ini sampai selesai ya, karena kita akan membahas keyword research mulai dari pengertian hingga rekomendasi tools riset keyword gratis yang harus kamu coba. Penasaran? Langsung saja ke pembahasannya!
Keyword research adalah riset yang dilakukan sebagai bentuk optimasi SEO untuk mendapatkan kata kunci terpopuler. Kegiatan mencari kata kunci ini akan mendapatkan hasil berupa keyword populer yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat konten berkualitas dan bersaing dengan situs lain.
Contohnya, kamu membuat artikel dengan topik “Digital Marketing”. Coba lihat penelusuran mesin pencari, pasti terdapat kata lain seperti “materi digital marketing”, “contoh digital marketing”, “jurusan digital marketing”, “belajar digital marketing” dan masih banyak lagi.
Namun, meningkatkan trafik ataupun menjadikan website berada dihalaman pertama hasil pencarian bukanlah satu-satunya tujuan yang harus kamu capai. Bayangkan jika kamu sudah merasa ahli SEO dan ingin menjual sesuatu di konten.
Kamu mengatakan banyak kata kunci dengan menyebut semua keywords dengan pencarian terbanyak melalui Google keywords Planner. Tapi, setelah website kamu berada di posisi teratas tidak ada satupun pengunjung yang minat dengan produk maupun jasa yang kamu tawarkan.
Sayang sekali bukan? Jadi, sebaiknya konten di website selain menduduki peringkat pertama hasil pencarian, konten tersebut juga berhasil mencuri perhatian pengunjung sehingga mereka melakukan tindakan seperti meng-subscribe maupun melakukan pembelian.
Menurut definisi Moz, keyword atau kata kunci adalah ide dan topik yang mendefinisikan tentang kontenmu.
Dalam dunia SEO, keyword merupakan kata-kata ataupun kalimat yang digunakan pencari ketika ingin menemukan informasi.
Hal ini juga disebut sebagai “search query“.
Kalau konten yang kamu buat memuat keyword yang cocok dengan pencarian para pengguna, konten tersebut tentunya memiliki kesempatan semakin baik untuk muncul di search engine result page (SERP).
Oleh karena itu, ketika menentukan sebuah keyword untuk konten, kamu harus tahu apakah banyak orang menggunakan kata kunci tersebut.
Percaya atau tidak, ratusan konten di website Anda bisa jadi sia-sia jika Anda tidak melakukan riset keyword sebelumnya. Karena itu, penting bagi Anda memahami apa itu keyword research sebelum mulai membangun website Anda.
Riset keyword bukan hanya tentang cara menggunakan keyword tool dan semacamnya. Lebih penting lagi, adalah bagaimana agar hasil riset tersebut berdampak bagi bisnis Anda.
Untuk itu, Anda dapat menyimak penjelasan tentang keyword research dalam 4 langkah berikut.
Keyword research adalah upaya riset untuk menemukan keyword yang sering Audiens Anda cari dan berpotensi menguntungkan bagi bisnis Anda.
Keyword atau kata kunci adalah kueri yang orang ketikkan ketika melakukan pencarian di Google atau mesin pencari lainnya.
Jadi, bukan hanya tentang mencari keyword dengan volume pencarian paling tinggi. Yang terpenting justru apakah keyword itu baik untuk Anda optimasi dan dapat menguntungkan bagi bisnis Anda.
Contoh, Anda memiliki jasa press release di kompas dan media nasional lainnya. Daripada memilih keyword “kompas” yang punya pencarian di atas 1 juta, lebih baik memilih keyword “pasang iklan di koran kompas”.
Sebenarnya, apa itu keyword? Keyword atau kata kunci adalah kata-kata atau frasa yang diketik oleh pengguna di mesin pencarian untuk mencari informasi terhadap satu topik. Keyword juga umum audiens kenal sebagai SEO keyword, focus keyword, keyphrase, atau search queries.
Semakin maksimal kita menggunakan kata kunci pada konten website, semakin tinggi kemungkinan website kita akan muncul pada halaman pertama Google.
Dijelaskan oleh SEMrush.com, istilah yang kata kunci gunakan pada mesin pencari semuanya dianggap sebagai kata kunci, baik istilah dengan satu kata atau frasa yang terdiri dari beberapa kata.
Contoh, kata “sambal” adalah keyword. Sama halnya dengan frasa, “sambal terpedas di dunia” yang juga merupakan kata kunci.
Misalnya, kamu memiliki bisnis les bahasa Inggris online. Kamu pun membuat website yang memiliki informasi mengenai biaya les bahasa Inggris, keunggulan les online jika orang bandingkan dengan offline, tips-tips lancar berbahasa Inggris, deskripsi paket-paket les sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan lainnya.
Nilai Suatu Keywoard Research
Untuk menentukan nilai suatu kata kunci, kamu harus menghargai keyword dibanding sekedar menganggapnya sebagai kata-kata yang bernilai sama.
Adaa keywords yang banyak dicari namun kurang bermanfaat. Ada juga kata kunci yang sedikit dicari namun bernilai tinggi. Karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana motif atau maksud mesin pencari seperti Google.
Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan contoh sederhana agar kamu bisa memahaminya dengan mudah, yaitu:
1. Transaksi
Orang-orang mencari melalui kata kunci dengan motif tertentu, ada yang siap bertransaksi maupun sekedar mencari informasi mengenai produk tersebut. Contohnya adalah kata kunci “Beli skincare original”, “Jual beli barang elektronik”.
2. Perbandingan Harga
Biasanya orang-orang tidak langsung membeli barang yang mereka inginkan, karena mereka akan membandingkan harga produk dari satu situs ke situs lainnya. Contohnya kata kunci “Harga Samsung A52” .
3. Navigasi
Pengguna internet biasanya mengetik kata kunci tertentu untuk mencari situs yang ingin mereka kunjungi. Kata kunci semacam ini berukuran besar, namun kurang bermanfaat. Contohnya keywords “Creepypasta” dan “Login Twitter”.
4. Informasi
Informasi adalah salah satu motif paling sering ditemukan di mesin pencari seperti Google, dimana banyak orang mencari informasi secara cepat.
Karena Google memahami otif ini, maka tak jarang Google memberikan jawaban secara tidak langsung di Quick Answer Box. Dalam pencarian dengan kata kunci berbahasa Inggris hal ini sudah sering terjadi, namun dalam pencarian Indonesia masih jarang terjadi.
Tools Keywoard Research
Ada banyak pilihan aplikasi untuk membantu kamu melakukan riset keywords, dan yang pasti kamu bisa menggunakannya secara gratis. Apa saja tools itu?
1. Google Keywords Planner
Tools yang dikembangkan Google ini menawarkan fitur statistik bagi setiap keywords, termasuk memberi kamu informasi mengenai besarnya pencarian dan perkiraan cost per click atau biaya rata-rata per klik.
Google Keywords Planner bisa membantu kamu memilih kata kunci dasar dengan tepat, namun bukan satu-satunya tools yang bisa kamu manfaatkan.
2. Keyword Tool
Keyword tool bisa memberikan 750 saran kata kunci bagi penggunanya. Aplikasi ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan user friendly. Sehingga bagi kamu yang masih awam, akan mudah sekali menggunakannya.
3. Ubersuggest
Ubersuggest memberikan data dari mesin pencari lainnya dan Google melalui kata kunci pertama, menambahkan huruf dan angka pada kata kunci tersebut serta menawarkan saran kata kunci juga.
4. Keyword Eye (Basic)
Aplikasi Keyword Eye merupakan salah satu tools paling menarik dibanding jenis lainnya. Karena aplikasi ini menampilkan “gumpalan kata kunci” dimana ukuran serta warna yang ditampilkan mewakili besar kecilnya pencarian juga alur kompetisinya.
Tools ini terdapat dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Di versi gratisnya kamu tetap bisa menggunakannya dengan batasan 20 kata kunci dalam sehari, laporan terkait 100 kata kunci hingga 25 jumlah database kata kunci dari Google.
Sederhananya, Keyword Eye menampilkan data yang cukup banyak namun mudah dipahami, bahkan untuk pemula seperti kamu.
Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik untuk melakukan riset keyword yang bisa kamu coba, yaitu:
- Kenali target pasar demi niche (tema) keyword yang menguntungkan.
- Fokus ke pencarian log taill keyword (kata kunci panjang yang tepat sasaran).
- Tentukan prioritas keywords berdasarkan kebutuhan.
- Cari lebih banyak secara terus menerus kata kunci yang kamu inginkan.
Kesimpulan
Nah, itulah pembahasan mengenai keyword research. Intinya riset keyword adalah salah satu kegiatan mencari kata kunci populer untuk memaksimalkan optimasi SEO sehingga konten di website kamu memiliki kualitas serta mampu menduduki ranking pertama mesin pencarian, terutama Google.
KONSULTASI GRATIS
(Admin)
0882-9037-8482 Cs1
0857-7612-5559 Cs2
0858-9165-8512 Cs3
Alamat Kantor:
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar